1. Reptil

Daftar Makanan Gecko yang Paling Cocok & Menyehatkan

Apakah Animalovers memiliki gecko dan bingung memberi makannya? Maka kamu berada di artikel yang tepat. 

Gecko jadi jenis reptil yang banyak diminati saat ini, karena memiliki motif kulit yang cantik dan beragam. Mereka umumnya punya nafsu makan yang besar dan dapat memakan serangga apapun yang menggeliat di hadapannya. Memberi makan berlebihan atau memberi jenis makan yang salah dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius pada gecko. Tentu Kamu gak mau dong sampai hal itu terjadi.

Agar gecko mu tetap sehat dan berumur panjang. Simak penjelasan tentang daftar makanan gecko yang paling sehat dan tepat berikut ini ya!

Daftar Makanan Gecko Paling Sehat

1. Cacing

Kamu bisa memberi Gecko cacing jenis maxworms, butterworms, ulat sutra, atau ulat tanduk yang kaya akan lemak. Jenis maxworms dan superworms punya kadar nutrisi dan lemak yang paling tinggi. Jadi cukup beri makan gecko-mu yang sehat dengan cacing jenis ini satu kali dalam seminggu, lebih dari itu bisa bikin gecko-mu obesitas.

2. Jangkrik

Makanan gecko
Gecko memakan jangkrik

Jangkrik jadi salah satu makanan paling mudah ditemui untuk gecko. Jangkrik juga  mudah untuk dipelihara dan dibudidayakan sendiri untuk jangka panjang, sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran untuk pakan gecko-mu.

3. Lalat

Lalat cocok untuk diberikan pada gecko berukuran kecil. Lalat buah jadi jenis yang paling mudah ditemukan dan dibeli. Namun tidak terlalu disarankan sering memberi lalat karena berpotensi membawa banyak penyakit.

4. Buah-buahan

Pada dasarnya gecko dan jenis tokek lainnya adalah pemakan serangga. Namun ada beberapa jenis gecko yang bisa memakan buah-buahan, seperti crested gecko dan day gecko. Gecko pemakan buah dapat diberi makan dengan anggur, aprikot, dan apel. Pastikan gecko memakan buah-buahan yang sudah dalam potongan kecil atau sudah dihaluskan. Karena potongan yang terlalu besar bisa bagi gecko Anda.

5. Produk Makanan Khusus Gecko

Gecko juga dapat diberi makan campuran buah, namun jika kamu masih pemula dalam memelihara gecko, tidak disarankan untuk mencampur sendiri buah yang akan diberikan pada gecko. Karena terlalu sulit mengukur nutrisi yang akan diberikan pada gecko. Kamu bisa memberi makanan khusus gecko siap saji yang mengandung nutrisi yang sama dengan yang di dapatkan gecko di alam liar.  

6. Air Minum

Selain makanan, siapkan juga wadah untuk minum gecko dengan ukuran yang dangkal, supaya gecko tidak tenggelam dan mencemari air minumnya.

Cara Memberi Makan Gecko secara Tepat

Perhatikan jenis serangga, makanan yang bisa dimakan dan tidak bisa dimakan, serta vitamin dan mineral ketika kamu memelihara gecko. Jadwal dan porsi makan gecko juga tergantung pada spesies, usia, dan tingkat aktivitas gecko-mu.

  • Gecko yang berumur kurang dari 1 tahun harus diberi makan setiap hari dengan ukuran serangga yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya.
  • Sementara Gecko dewasa yang sehat diberi makan setiap 2 hari sekali.
  • Gecko yang sakit harus diberi makan sehari sekali sampai mereka pulih kembali.
  • Beri Gecko makan pada sore hari atau menjelang malam antara pukul 5 hingga 7 malam. Karena di habitat aslinya, tokek hias ini mulai berburu makanan pada waktu tersebut. 

Panduan Memelihara Gecko, si Tokek Hias yang Lucu

  • Gecko hanya akan memakan serangga yang masih dalam kondisi hidup, karenanya jangan memberikan serangga mati atau serangga kering, dan tidak semua Gecko dapat diberi makan buah-buahan.
  • Serangga dengan yang berwarna cerah beracun untuk gecko.
  • Buatlah variasi menu harian untuk gecko, agar nutrisi yang diberikan pada gecko-mu lengkap dan gecko tidak merasa bosan.
  • Ketika gecko-mu bermasalah tidak mau makan, beri makan seperti biasanya dengan memberikan cacing/serangga ke dalam kandangnya, jadi gecko bisa memakannya nanti, namun harus diingat untuk tidak membiarkan cacing sampai mati atau membusuk di dalam kandang.
  • Segera bersihkan tempat makan gecko dari serangga atau buah yang membusuk.

Baca juga: Pelajari Cara Merawat dan Memberi Makanan Bunglon di Sini

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar gecko peliharaanmu dapat tumbuh besar dan sehat. Bagaimana? mudah bukan? Bikin Kamu makin semangat pelihara gecko ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Daftar Makanan Gecko yang Paling Cocok & Menyehatkan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]