1. Reptil

Pelajari Cara Merawat dan Memberi Makanan Bunglon di Sini

Fauna reptil yang eksotis memang memiliki pesona tersendiri. Keunikan mereka yang berbeda dari hewan-hewan peliharaan umum selalu menjadi daya tarik. Mulai banyak orang-orang yang memelihara hewan-hewan reptil ini. Bunglon adalah salah satu contohnya.

Dalam memelihara reptil tidak boleh sembarangan dan serampangan. Mulai dari cara perawatannya hingga jenis pakan yang bisa diberikan. Bagi pecinta bunglon pemula, penting untuk tahu hal-hal krusial tersebut.

Apa makanan bunglon? Adakah perbedaan makanan bunglon kecil dengan bunglon yang telah dewasa? Apa saja jenis makanan bunglon yang lazim dan mudah ditemukan? Simak penjelasan lengkapnya hanya di Animalogi!

Bunglon, Fauna Reptil yang Bisa Berkamuflase

Chameleon atau bunglon adalah salah satu jenis reptil dengan kamuflase sebagai salah satu ciri khas mereka. Uniknya, bunglon tidak merubah warna tubuh mereka berdasarkan kemauan mereka sendiri, hal ini terjadi sebagai respon dari suhu lingkungan sekitar, suasana hati, kesehatan, atau bahkan sebagai sarana komunikasi antar bunglon. 

Jadi, bunglon tidak dapat memilih perubahan warna yang terjadi pada diri mereka. Lalu, bagaimana bunglon mengganti warna tubuh mereka?

Kulit bunglon memiliki zat pigmen dengan aneka macam warna di dalamnya. Pigmen tersebut memiliki warna kuning, merah muda, merah, coklat, dan biru. Pigmen itu ada pada sel chromatophores. Otak bunglon nantinya akan mengirimkan sinyal-sinyal ke sel tersebut saat akan berubah warna.

Tidak seperti iguana yang memakan tumbuh-tumbuhan, bunglon justru sebaliknya. Hewan yang memiliki ukuran tubuh jauh lebih kecil daripada iguana ini merupakan insektivora. Makanan bunglon adalah serangga seperti jangkrik dan kecoa. 

Dengan lidahnya yang panjang dan lengket, ditambah matanya yang dapat memutar hingga 360 derajat, membuat bunglon hanya perlu menunggu mangsa mereka mendekat secara sendirinya lalu langsung melahapnya.

Makanan Bunglon (sumber: Pexels)
Makanan Bunglon (sumber: Pexels)

Aneka Makanan Bunglon

Bunglon adalah karnivora yang lebih condong ke insektivora atau pemakan serangga. Di habitat aslinya, serangga seperti jangkrik adalah makanan utama mereka. Tak hanya serangga, bunglon juga membutuhkan jenis makanan lain untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Berikut adalah uraian tentang macam-macam makanan bunglon yang wajib Animalovers ketahui.

1. Ulat

Meski sering dianggap sebagai hama, nyatanya ulat adalah salah satu makanan kesukaan bunglon. Ulat termasuk makanan bunglon yang mudah didapatkan. Animalovers bahkan tidak perlu repot-repot membeli ulat, karena hewan ini dapat ditemukan di mana saja. Mulai dari area pertanian hingga area perkebunan.

Ulat kaya akan nutrisi seperti protein. Daun-daun yang bolong adalah indikasi adanya ulat yang bersemayam di suatu tanaman. Berikan ulat ke bunglon hingga bunglon kenyang.

2. Jangkrik Kecil

Jangkrik memang seringkali digunakan sebagai pakan reptil. Termasuk bunglon. Bunglon sangat menyukai jangkrik yang masih hidup. Sama seperti pakan yang lainnya, Animalovers perlu memberikan jangkrik yang sesuai dengan ukuran mulu bunglon. 

Dalam dunia pertanian, jangkrik termasuk hama yang dapat merusak tanaman. Meskipun begitu, dalam beberapa penelitian jangkrik dapat memperbaiki mineral dalam tanah. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa jangkrik kaya akan nutrisi dan dapat bermanfaat bagi bunglon.

Animalovers dapat mendapatkan jangkrik di toko pakan burung terdekat atau dengan berburu jangkrik sendiri pada siang hari di area ladang dan pertanian.

3. Belalang Kecil

Makanan bunglon yang selanjutnya adalah belalang. Belalang termasuk salah satu serangga yang dipercaya akan kalsium dan baik untuk bunglon. Selain membelinya, Animalovers juga dapat menemukan belalang di area persawahan.

Karena terkadang ukurannya relatif besar, pastikan memberikan belalang dengan ukuran yang pas dengan bunglon agar nantinya bunglon dapat mencerna belalang tersebut dengan baik. 

4. Buah Mangga

Makanan bunglon adalah serangga beberapa jenis cacing. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa bunglon juga menyukai buah-buahan. Buah yang dapat dijadikan variasi makanan bunglon adalah buah mangga.

Mangga yang berdaging tebal memiliki rasa yang manis serta kaya akan vitamin A dan C. Tak hanya itu, buah mangga juga memiliki cukup kandungan kalsium yang berguna bagi bunglon. Jangan lupa untuk memotong mangga menjadi potongan-potongan kecil agar mudah dimakan bunglon.

5. Cacing Morio

Jenis makanan bunglon yang lain adalah cacing-cacingan. DIantara banyak jenis cacing yang bisa dijadikan pakan, cacing morio bisa menjadi pilihan. 

Cacing ini memiliki bentuk yang menyerupai ulat karena memiliki kaki-kaki di sisi ujung depan bagian tubuh mereka. Tekstur cacing morio yang lembut relatif mudah ditelan dan dicerna oleh bunglon. Cacing morio memiliki ukuran tubuh sekitar 5-6 cm.

6. Buah Tomat

Buah tomat dapat dijadikan variasi pakan bunglon. Sama seperti mangga, tomat kaya akan kandungan vitamin C. Buah yang sejatinya termasuk kategori sayur-sayuran ini juga sangat mudah ditemukan di indonesia. 

Tomat memiliki tekstur yang berair dan sedikit masam tetapi pastikan tomat yang diberikan tidak terlalu asam karena akan berdampak kurang baik bagi bunglon. Tekstur yang berair dapat membantu bunglon untuk tetap terhidrasi dengan baik. Sama seperti buah mangga, cincang dahulu buah tomat sebelum diberikan kepada bunglon.

7. Wortel

Tidak hanya kelinci yang menyukai wortel. Wortel  juga dapat menjadi pakan yang bergizi dan bernutrisi bagi bunglon karena kandungan vitamin dan mineralnya.

Sayuran ini amat mudah ditemukan di Indonesia. Animalovers bahkan dapat mendapatkannya setiap hari dengan membelinya di toko sayur terdekat. Berikan wortel yang segar pada bunglon, bersihkan kemudian cincang. Wortel memang bisa dijadikan pakan untuk bunglon. Namun, ingat bahwa makanan utama bunglon adalah serangga. Tetap beri mereka serangga sebagai makanan utama.

Ukuran Bunglon yang Kecil (sumber: Pexels)
Ukuran Bunglon yang Kecil (sumber: Pexels)

Cara Memberi Makanan Bunglon Sesuai Umurnya

Dikutip dari chameleontips, bunglon kecil umumnya membutuhkan nutrisi yang lebih banyak daripada bunglon yang sudah dewasa untuk mengoptimalkan pertumbuhan mereka, untuk bunglon kecil dan bunglon yang beranjak usia dewasa, berikan makanan 1-3 kali dalam sehari. Bunglon kecil/anakan dan remaja biasanya dapat mengonsumsi hingga 20 jangkrik kecil setiap hari.

Setelah kenyang, bunglon biasanya akan mengabaikan makanan mereka. Keluarkan makanan bunglon yang telah kenyang dari kandang setelah lebih dari 15 menit tidak dimakan. 

Ketika bunglon telah berusia 6 bulan, cukup berikan makan 1 kali sehari sampai bunglon kenyang. Usia bunglon dewasa adalah mulai 9-12 bulan. Bunglon dewasa bisa mengonsumsi hingga 12 jangkrik kecil per hari, tetapi beberapa bunglon dewasa tidak selalu makan setiap hari.

Selain jumlah makanan seperti jangkrik, ukuran serangga yang diberikan kepada bunglon juga harus diperhatikan. Jika ukurannya terlalu besar, dapat menyebabkan bunglon tersedak dan membahayakan nyawa mereka. Ukuran pakan yang ideal adalah tidak lebih besar dari jarak kedua mata bunglon. 

Baca Juga: Memelihara Sugar Glider? Ketahui 14 Makanan Sugar Glider Ini

Nah, itulah sekilas informasi tentang jenis makanan bunglon, baik makanan bunglon kecil maupun dewasa. Pastikan Animalovers tetap jeli dalam memenuhi asupan nutrisi dari bunglon kesayangan, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pelajari Cara Merawat dan Memberi Makanan Bunglon di Sini

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]