1. Burung

Mengenal Burung Kepodang Jawa, Si Cantik yang Bersuara Gacor

Burung merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai karena pesona dan suaranya. Salah satu jenis burung yang memiliki suara gacor adalah burung kepodang jawa. Penasaran mengenai fakta unik burung ini? Yuk kita bahas keunikan dari kepodang jawa yang indah ini bersama Animalogi. 

Burung Kepodang Jawa Bersuara Gacor

Dikenal sebagai burung pesolek yang handal, burung kepodang pada awalnya berasal dari daratan China yang kemudian menyebar ke India, Asia Tenggara, Filipina, hingga akhirnya masuk ke Indonesia. Persebaran burung kepodang di Indonesia banyak ditemui di daerah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Nusa Tenggara, dan Sulawesi. 

Burung kepodang memiliki habitat di hutan-hutan bercuaca sejuk seperti tropis dan subtropis. Ada berbagai jenis burung kepodang yang dapat dipelihara, salah satunya adalah kepodang jawa. Daya tarik utama dari burung kepodang jawa adalah warna bulunya yang keemasan dengan suara gacornya yang membuat siapapun ketagihan mendengarnya. 

Burung kepodang jawa terkenal sebagai simbol kejayaan dan kemakmuran bagi yang memelihara, hal ini terbukti dengan harganya yang cukup mahal. Fakta unik lainnya, masyarakat Jawa percaya bahwa memelihara burung ini akan membawa kemakmuran dan keselarasan.

Ciri-ciri Burung Kepodang Jawa Asli

Burung kepodang jawa
Keindahan bulu kepodang (Sumber: Wikiwand)

Secara fisik, burung kepodang jantan dan sumatera hampir memiliki bentuk yang sama. Namun, Animalovers tidak perlu bingung, ada beberapa ciri khas yang dapat membuat kamu mengenali kepodang jawa asli adalah sebagai berikut:

  • Memiliki suara yang gacor dibandingkan jenis burung kepodang lainnya. 
  • Berwarna emas dan terlebih cerah ataupun bersinar.
  • Warna kuning di tubuhnya terlihat cerah dan mencolok yang menjadi khas keindahan burung ini. 
  • Proses memaster kepodang juga lebih mudah dibandingkan dengan kepodang yang lainnya.
  • Tubuh burung kepodang jawa memiliki corak yang lebih bersih dibanding jenis kepodang lainnya dan mereka biasanya memiliki perawatan khusus karena harus lebih sering dimandikan.

Perbedaan Burung Kepodang Jawa dan Sumatera

Burung kepodang jawa asli
Burung kepodang jawa asli (Sumber: Flicker)

Pada dasarnya burung kepodang jawa dan sumatera memiliki kemiripan yang cukup signifikan sehingga ketika Animalovers ingin memutuskan membeli burung ini maka harus memperhatikan perbedaan antara kepodang jawa dan sumatera dengan teliti. Mengapa penting? Karena dipasaran kedua jenis ini sering disamakan sehingga agar tidak terkecoh, kenali juga perbedaan kepodang jawa dan sumatera yuk.

1. Suara

Ketika membeli burung kepodang jawa, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah suaranya. Burung kepodang sumatera memiliki suara yang cenderung agak pendiam dibanding jawa. Maka pada poin ini kamu harus mendengarkan suara kepodang apakah memiliki suara gacor atau tidak.

2. Warna

Keindahan kepodang jawa memiliki warna yang sangat mencolok, sedangkan kepodang sumatera memiliki warna yang cenderung pudar dan biasa saja.

3. Karakteristik Mandi

Terkenal sebagai burung pesolek yang memikat pecinta burung, kepodang jawa selalu ingin kelihatan cantik. Mereka biasanya akan lebih sering mandi untuk menjaga kebersihan dan keindahan bulunya. Dibandingkan dengan kepodang sumatera, bulu mereka terlihat biasa saja dan tidak mengkilap. 

4. Sebutan 

Ketika membeli kepodang jawa, Animalovers harus mengetahui sebutan burung ini di kalangan penjual agar tidak terkecoh. Kepodang sumatera biasa dikenal sebagai ganti aluh dan di pulau Jawa, jenis kepodang sumatera akan dikenal sebagai kepodang kapur. Jadi, jangan salah ketika penjual menggunakan nama lain dari kepodang ya.

Harga Burung Kepodang Jawa

Kepodang jawa terkenal sebagai burung pesolek nan indah bersuara gacor yang langka. Hal ini menjadi alasan mengapa harga kepodang jawa dibandrol dengan harga mahal. Harga kepodang jawa berkisar antara Rp800.000 – jutaan. Penting untuk mengetahui kepodang asli, karena terkadang penjual menjual kepodang sumatera untuk mengecoh pembeli. Untuk harga kepodang sumatera berkisar antara Rp100.000 – Rp300.000-an, sangat murah kan?

Baca juga: Burung Sriti: Mitos, Makanan, Harga Sarang, dan Cara Merawatnya

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai kepodang jawa yang terkenal karena suara dan keindahan bulunya. Apakah Animalovers tertarik untuk memelihara burung pesolek ini?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Burung Kepodang Jawa, Si Cantik yang Bersuara Gacor

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]