1. Anjing

Harga Anjing Pudel, Jenis, Sifat & Cara Merawatnya [LENGKAP]

Siapa yang tidak suka dengan anjing pudel? Hewan lucu yang satu ini adalah favorit di kalangan pecinta anjing. Tubuh mereka yang mungil menjadikan mereka seolah tidak bertumbuh dan tetap menggemaskan sepanjang waktu. Mari mengenal anjing anjing kecil dengan tingkah lucu ini yuk, Animalover!

Anjing Pudel, Si Lucu yang Pintar dan Energik

Gambar anjing pudel
(Sumber: Pixabay)

Bagi Animalovers yang menyukai hewan dengan ukuran tubuh yang kecil maka pudel adalah pilihan yang tepat. Mereka begitu lucu, manja, serta memiliki energi yang begitu banyak untuk membuat pemiliknya merasa ceria. Sebelum memelihara anjing pudel, ada baiknya nih kamu mengetahui lebih dalam mengenai asal usul anjing manis ini.

Menurut beberapa kinologi, pudel merupakan ras anjing yang berasal dari Jerman dan ada sejak zaman pertengahan sekitar tahun 1400-an. Anjing-anjing ini biasanya ditugaskan untuk mengambil hewan buruan yang masuk ke air. Disatu sisi terdapat klaim bahwa anjing lucu ini sebenarnya berasal dari Perancis, karena arti puddle dalam bahasa tersebut adalah “bebek betina” dikarenakan ukuran pudel yang mirip dengan bebek air. 

Wajahnya yang menarik perhatian membuat pudel biasanya memiliki kontribusi khusus dalam pertunjukan sirkus, namun pada beberapa jenis hanya dijadikan sebagai peliharaan saja tanpa ditampilkan. Pudel juga pernah menjalani tes kepatuhan dan mendapatkan hasil bahwa mereka sangat tunduk dan patuh kepada pemiliknya. Selain itu, anjing menggemaskan ini memiliki kecerdasan yang luar biasa jika pemilik rajin melatihnya.

Berbagai Jenis Anjing Pudel di Dunia

Pada dasarnya terdapat 3 jenis anjing pudel yakni standar, miniatur, dan mainan. Ketiga jenis ini biasanya memiliki ciri-ciri yang berbeda, sedangkan jenis pudel lainnya adalah hasil perkawinan silang dengan ras lainnya. Berikut penjelasannya.

1. Pudel Teacup

Gambar teacup poodle
(Sumber: Unsplash)

Salah satu jenis pudel yang jarang didengar pecinta anjir ras adalah pudel teacup. Berat dari pudel teacup biasanya berkisar antara 2 hingga 3 kg. Mereka biasanya banyak dijadikan sebagai anjing mainan karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan. 

Namun, jenis anjing pudel yang satu ini tidak terlalu banyak direkomendasikan untuk dibeli karena mereka tidak murni. Mereka pada dasarnya dikembangkan untuk dibuat semakin kecil sehingga ini berakibat pada tubuh mereka yang menjadi lebih cepat sakit. Sehingga, apabila ingin membeli jenis pudel teacup ada baiknya sobat Animalovers cek kesehatannya secara lengkap terlebih dahulu ya!

2. Pudel Klein atau Moyen

Gambar moyen pudle
(Sumber: Unsplash)

Jenis pudel klein atau moyen adalah salah satu varian yang tidak diakui sebagai bagian dari pudel di Amerika, namun banyak organisasi yang masih memperlakukan pudel yang satu ini sebagai pudel standar. Ukuran dari standar pudel cukup besar yakni sekitar 20-25 kg dengan tinggi 38-50 cm.

3. Pudel Mainan atau Toy Poodle

Gambar toy poodle
(Sumber: Unsplash)

Banyak pecinta hewan yang jatuh cinta dengan pudel mainan yang lucu ini. Mereka sangat ringan dan memiliki berat kurang dari 5 kg dan dapat dipelihara di apartemen ataupun rumah yang tidak terlalu luas. Karena ukurannya pula, hal ini dapat memudahkan mereka untuk dibawa kemanapun. Jenis ini pula yang paling banyak d

4. Pudel Miniatur

Gambar mini pudel
(Sumber: Pixabay)

Berdasarkan standar Amerika pudel miniatur biasanya memiliki ukuran sekitar 28 hingga 40 cm.  Pudel lucu yang satu ini sangat pas untuk menemani anak-anak di rumah karena kepribadian mereka yang begitu menyenangkan.

5. Pudel Standar

Gambar pudel standard
(Sumber: Pixabay)

Ukuran pudel standar sangat besar yakni berkisar antara 20-40 kg. Pudel terkenal cerdas, sehingga jenis biasanya sangat mudah untuk dilatih. Mereka sangat setia dan dapat menjadi hewan peliharaan yang penyayang. 

6. Pudel Royal Standard

Jenis pudel royal standard masih tergolong jenis yang tidak terlalu terkenal. Pudel mini yang satu ini diklasifikasikan sebagai bagian dari pudel standar. Bulu mereka sangat tebal dari pudel biasanya, yakni dengan berat badan 35-40 kg dengan tinggi badan 58-68 cm.

7. Pudel Campuran (Mixes)

Gambar anjing Labradoodle
Labrador retriever X Pudel (Sumber: Pixabay)

Pengembangan pudel dilakukan dengan perkawinan silang antar ras. Dari hasil perkawinan silang ini menghasilkan beberapa jenis yang unik, diantaranya adalah:

Beberapa jenis campuran pudel yang paling umum adalah 

  • Labradoodle (Labrador retriever X Pudel)
  • Cockapoo (Pudel X Cocker Spaniel)
  • Cavapoo (Pudel X Spaniel King Charles)
  • Shihpoo (Pudel X Shih Tzu)
  • Goldenoodle : (Pudel X Golden Retriever)
  • Pudel Bichon (Pudel X Bichon)

Sifat Anjing Pudel

Pada umumnya sifat anjing pudel sangat penyayang dan ceria. Mereka terlihat seperti memiliki banyak energi untuk bermain dan mencari tahu banyak hal layaknya anak kecil. Selain itu, mereka biasanya sangat setia terhadap pemiliknya dan berusaha untuk melindunginya.

 Namun, meskipun begitu biasanya anjing ini tidak terlalu suka diabaikan sehingga ada baiknya mereka selalu dapat berinteraksi dengan pemilik maupun anggota keluarga lainnya.

Hal Penting Ketika Merawat Anjing Pudel

Anak anjing pudel
Anak anjing pudel (Sumber: Pixabay)

Anjing pudel memerlukan perawatan khusus karena fisik mereka yang unik. Jika Animalovers tertarik untuk memelihara mereka, ada baiknya untuk mengetahui cara perawatan mereka terlebih dahulu. Berikut penjelasannya.

1. Menjaga Kondisi Bulu dan Gigi

Hal yang menarik dari pudel adalah bulunya yang lucu dan sangat menarik untuk dilihat. Sekilas, mereka terlihat seperti boneka dengan bulu keriting tersebut. Sebagai hal yang pertama terlihat dari seekor anjing, bulu adalah hal utama bagi pudel sehingga harus diperhatikan dan dirawat. Animalovers dapat menyisir bulu tersebut agar tidak kusut dan terlihat rapi.

Selain memperhatikan bulu, bagian tubuh yang perlu diperhatikan lainnya adalah gigi. Usahakan untuk membersihkan gigi pudel secara rutin agar mereka selalu sehat dan bersih.

2. Memberi Latihan Fisik yang Cukup

Sebagai anjing yang cerdas, pemilik dapat melatih pudel untuk melakukan beberapa aktivitas seperti mengajarkan mereka untuk menangkap sesuatu, menjaga sesuatu atau yang lainnya. Dalam memberikan latih fisik usahakan selalu memberikan reward ataupun diselingi dengan bermain agar sesi latihan tidak terlalu serius dan pudel menjadi lebih happy. 

3. Berinteraksi Secara Rutin

Jangan lupa untuk selalu berinteraksi dengan anjing pudel mini kesayangan kamu. Mereka tentunya selalu menantikan waktu untuk berinteraksi dengan pemiliknya setiap saat. Jika pemilik sibuk, mereka juga dapat berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain agar tidak kesepian.

4. Melakukan Vaksinasi

Vaksin adalah hal yang wajib agar hewan peliharaan tidak mudah terserang penyakit. Pastikan untuk memberikan vaksin kepada pudel kesayangan kamu ya, Animalovers!

Makanan Terbaik untuk Anjing Pudel

Dalam memberikan makanan, jangan lupa untuk memperhatikan gizi dan nutrisi untuk si lucu yang satu ini. Makanan anjing pudel adalah daging mentah, buah kering, bawang, dan makanan kering kemasan khusus pudel lainnya.

Harga Anjing Pudel Terkini di Indonesia

Harga anjing pudel berkisar antara Rp3.000.000 – Rp5.500.000, hal ini tergantung dengan kondisi dan kualitas dari pudel. Biasanya harga anjing pudel mini lebih mahal daripada anjing pudel biasa. Selain itu, apabila pudel sudah divaksin harganya juga akan semakin mahal dibanding yang tidak.

Baca Juga: Harga Anjing Maltese, Jenis, Ciri-Ciri, Sifat, & Cara Merawatnya

Memelihara pudel akan menambah keceriaan tersendiri di tengah keluarga. Mereka begitu ceria dan aktif sehingga akan menjadi teman yang baik untuk anak-anak ataupun teman. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Animalover untuk memelihara anjing pudel, ya! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Harga Anjing Pudel, Jenis, Sifat & Cara Merawatnya [LENGKAP]

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]