1. Ikan

Ikan Manfish: Harga, Jenis, Makanan, & Teknik Budidayanya

Manfish adalah salah satu ikan yang biasanya hidup di air tawar. Ikan ini begitu cantik dengan corak khas di tubuhnya sehingga memiliki banyak peminat. Apakah kamu salah satu peminat dari ikan ini? Jika iya, mari mengenal ikan cantik yang satu ini yuk!

Mengenal Ikan Manfish, Si Cantik Penghuni Air Tawar

Manfish adalah hewan yang memiliki habitat asli dari perairan Amazon, Columbia, dan Peru. Ikan ini kemudian menyebar hingga banyak dibudidayakan di berbagai budaya. Salah pengembangan terbesar manfish terdapat di Sukabumi, tepatnya di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT). 

Ikan dengan nama lan angelfish ini termasuk dalam jenis ikan karnivora sehingga mereka biasanya senang memakan pakan hidup seperti daphnia, udang kecil, dan bloodworms. Selain pakan hidup, mereka juga memakan pelet dan serpih yang dirancang khusus untuk ikan cantik ini.

Meski hidup di air tawar dan terkesan “bebas”, ikan yang satu ini sangat susah untuk dipelihara dikarenakan mudah terserang parasit. Kondisi seperti ini biasanya muncul ketika aquarium memiliki kualitas air yang buruk dan kotor. Pola makan dan makanan yang diberikan pun berpengaruh besar.

Kondisi tersebut menyebabkan manfish harus memiliki akuarium khusus agar kesehatannya semakin terjaga dan dapat tumbuh maksimal. Ikan ini dapat tumbuh besar hingga panjan 25 cm apabila dipelihara dengan benar. Hal yang harus diperhatikan agar manfish tumbuh dengan sehat adalah memiliki suhu air sekitar 23-25 derajat dengan pH 6,5 hingga 6,9.

Jenis Ikan Manfish yang Bisa Kamu Pelihara

Manfish memiliki banyak jenis dengan berbagai macam warna dan corak pada tubuhnya yang bisa Animalovers pelihara. Berikut penjelasannya.

1. Manfish Marble

Gambar ikan manfish marble
(Sumber: Wikimedia Commons)

Salah satu jenis hewan perairan yang paling banyak dipelihara dan dibudidayakan adalah manfish marble. Ikan yang satu ini memiliki motif warna hitam putih dengan pola random bergaris. Harga ikan manfish marble untuk bibit sangat murah yakni Rp7.000,00. hingga Rp20.000,00.

2. Manfish Gold

Gambar ikan manfish gold
(Sumber: Tropical Fish Site)

Sesuai dengan namanya yang mengandung kata gold maka jenis manfish yang satu ini berwarna kuning keemasan secara keseluruhan. Ekor dan sirip dari ikan ini membentuk segitiga. 

3. Manfish Silver

Silver angelfish
(Sumber: Tropical Fish Site)

Manfish yang satu ini memiliki warna abu-abu sesuai dengan namanya. Terdapat garis vertikal hitam pada tubuhnya yang membuat manfish terlihat sangat cantik.

4. Manfish Platinum

Gambar ikan manfish platinum
(Sumber: Unsplash)

Manfish platinum hampir mirip dengan manfish silver karena warna mereka yang sama-sama terlihat abu-abu terang. Sifat dari manfish platinum sedikit sensitif dan mereka mudah stres.

5. Manfish Blushing

Gambar ikan manfish blushing
(Sumber: Tank Fish)

Walau memiliki nama blushing, ikan ini tidak blushing kok. Mereka memiliki tubuh yang sedikit transparan dengan campuran warna peach pada bagian pinggir tubuhnya.

6. Manfish Zebra

Angelfish Zebra
(Sumber: Pixabay)

Manfish zebra memiliki ciri-ciri dengan motif dan warna garis-garis persis seperti motif zebra pada umumnya. Warna putih yang ada pada tubuh manfish zebra ini terlihat lebih pekat silvernya ektimbang dengan manfish silver. Harga manfish zebra yang satu ini tergolong murah yakni mulai Rp5.000,00 hingga Rp30.000,00. Apakah Animalover tertarik dengan budidaya ikan manfish zebra?

7. Manfish Koi

Gambar ikan angelfish koi
(Sumber: Aquarium Flash Sale)

Memiliki motif seperti koi membuat ikan ini sangat pas dinamakan dengan koi manfish. Ada banyak penggemar yang sangat senang dengan ikan yang satu ini karena motifnya yang unik dan lucu. Harga ikan koi manfish ini berkisar antara Rp15.000,00. – Rp75.000,00. 

8. Manfish Altum

Gambar ikan angelfish altum
(Sumber: Tropical Fish Site)

Salah satu jenis manfish termahal adalah altum manfish sekaligus termasuk dalam manfish paling besar. Mereka dapat tumbuh hingga 6 inchi dan harganya mencapai ratusan hingga jutaan rupiah. Keistimewaan dari manfish altum adalah mereka memiliki motif tegas  dan warna yang begitu unik sehingga mendatangkan banyak peminat. Mungkin hewan lucu yang satu ini dapat menjadi referensi Animalovers untuk budidaya ikan manfish.

9. Manfish Albino

Gambar ikan angelfish albino
(Sumber: Aqua Snack)

Setiap jenis albino biasanya memiliki warna tubuh yang pucat dan terlihat silver sehingga ikan angelfish yang satu ini sekilas mirip dengan jenis angelfish silver. Jika diperhatikan lebih jelas maka terlihat bahwa ikan albino yang satu ini memiliki mata yang merah. Harga ikan manfish albino berkisar dari Rp10.000,00. hingga Rp100.000,00.

10. Manfish Black Lace

Gambar ikan Black Lace angelfish
(Sumber: The Aquarium Guide)

Warna gelap menjadi daya tarik khusus untuk pecinta manfish. Motif dari ikan yang satu ini sangat unik karena coraknya terdapat pada bagian ujung ekornya seperti gambar dibawah ini.

11. Manfish Ghost

Gambar ikan ghost angelfish
(Sumber: Aqua Snack)

Hantu memiliki wajah yang pucat, begitupun dengan manfish ghost yang satu ini. Mereka berwarna silver pucat. 

12. Manfish Leopard

Gambar ikan manfish leopard
(Sumber: Aquatic Arts)

Ikan angelfish leopard memiliki motif titik titik hitam layaknya leopard namun dengan dasar warna hijau bukan oren. Ikan bermotif cantik yang satu ini sangat diminati dan dapat menjadi peluang usaha budidaya ikan manfish yang menjanjikan di Indonesia.

Daftar Harga Ikan Manfish di Indonesia

Harga ikan manfish tergantung dengan ukuran dan kualitasnya, semakin tinggi kualitas maka semakin mahal pula harganya. Berikut harga ikan manfish yang dapat menjadi referensi Animalovers untuk membelinya.

NoJenis Ikan ManfishHarga Ikan Manfish
1. Manfish MarbleRp7.000,00 – Rp20.000,00.
2.Manfish Gold Ro20.000,00 – Rp100.000,00.
3.Manfish SilverRp7.000,00 – Rp60.000,00.
4.Manfish PlatinumRp5.000,00 – Rp40.000,00.
5.Manfish BlushingRp20.000,00 – Rp65.000,00.
6.Manfish ZebraRp5.000,00 – Rp30.000,00.
7.Manfish KoiRp15.000,00 – Rp70.000,00.
8.Manfish AltumRp20.000,00 – Rp1.000.000,00.
9.Manfish AlbinoRp10.000,00 – Rp100.000,00.
10.Manfish Black LaceRp15.000,00. – Rp75.000,00.
11.Manfish GhostRp6.500,00. – Rp55.000,00.
12.Manfish LeopardRp5.000,00. – Rp30.000,00.

Makanan Ikan Manfish

Sebagai salah satu ikan karnivora, makanan ikan manfish adalah makanan hidup yang berbentuk kecil seperti udang kecil, daphnia, dan bloodworms. Selain itu untuk variasi, dapat memberikan pakan ikan manfish berupa pelet dan serpih khusus untuk manfish.

Teknik Budidaya Ikan Manfish

Gambar ikan manfish di alam
(Sumber: <a href="https://Photo by <a href="https://unsplash/@blackprojection?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Max Letek</a> on <a href="https://unsplash/s/photos/angelfish?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">UnsplashUnsplash)

Bagi Animalovers yang tertarik memelihara ataupun budidaya ikan manfish maka dapat memperhatikan beberapa cara ini, yakni:

1. Persiapan Induk Ikan Manfish

Hal yang pertama dalam memelihara manfish adalah mengetahui cara membedakan ikan manfish dan betina karena ikan yang satu ini terlihat mirip antara satu dengan yang lain. Berikut perbedaan fisik manfish jantan dan betina: 

  • Melihat manfish dari dahi, biasanya manfish jantan memiliki dahi yang jenong dibanding betina. 
  • Perut manfish betina biasanya lebih lebih lebar ketimbang jantan, hal ini berfungsi sebagai tempat memproduksi telur.
  • Tubuh manfish jantan cenderung lebih besar daripada betina.
  • Manfish betina memiliki saluran reproduksi yang menonjol pada alamat kelamin.

Ketika mengawinkan manfish, usahakan untuk memilih bibit dengan kualitas yang terbaik agar menghasilkan bibit unggul.

2. Proses Pemijahan

Proses pemijahan manfish dapat dilakukan di akuarium yang memiliki kedalaman air setinggi 30 cm. Berikan pula aerasi sebagai suplai oksigen. Nantinya telur manfish akan menempel pada substrat yang halus/ Animalover dapat menyiapkan tempat ini dengan memotong pipa PVC yang disiapkan pada akuarium pemijahan. Biasanya induk manfish memilih malam hari sebagai proses pemijahan.

3. Proses Penetasan Telur

Telur yang menempel pada substrat dapat dipindahkan ke akuarium khusus untuk penetasan telur. Tambahkan media air obat anti jamur dengan dosis 1 ppm. Pastikan suhu stabil dengan memasang water heater pada suhu 27-28 derajat. Proses penetasan telur biasanya berkisar 2-3 hari. Jika telur sudah menetas, dapat dilakukan perawatan larva selama 2 minggu.

4. Cara Menyebarkan Benih dan Membesarkan Ikan Manfish

Benih yang berumur 2 minggu tersebut kemudian dilakukan penjarangan dan pendederan hingga berumur satu bulan. Setelahnya dapat memanen benih tersebut untuk dibesarkan. Ketika membesarkan manfish dapat menggunakan bak fiber atau bak semen. Pakan ikan manfish  yang diberikan untuk yang masih rentan ini adalah cacing tubifex ataupun pelet.

Proses selanjutnya adalah memperhatikan kualitas air selama pemeliharaan manfish hingga mereka tubuh dewasa. Dalam memberi makan sangat penting untuk memperhatikan variasinya agar mereka dapat memiliki ukuran yang maksimal.

Baca Juga: [LENGKAP] Jenis Ikan Cupang & Gambarnya + Harga Terbaru 2022

Manfish yang unik ini adalah salah satu ikan yang digemari di Indonesia. Hal ini dapat menjadi peluang bagi Animalovers untuk memelihara dan budidaya ikan manfish. Jangan lupa ketika memelihara ikan ini selalu perhatikan kualitas airnya, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ikan Manfish: Harga, Jenis, Makanan, & Teknik Budidayanya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]