1. Anjing

Fakta Seputar Anjing Doberman, Si Penjaga yang Dapat Diandalkan

Merasa perlu memelihara anjing untuk menjaga rumah? Tenang, kali ini Animalogi akan membahas anjing doberman yang sangat cocok untuk kegiatan tersebut. Bukan hanya itu, jenis anjing ini juga dapat menjadi teman yang loyal dan akrab dengan pemiliknya. Sebuah paket komplit, bukan? Kalau begitu, langsung saja kita simak informasi lengkapnya berikut.

Anjing Doberman, Anjing Penjaga yang Gagah dan Cerdas

Doberman Pinscher (sumber: Pexels)
Doberman Pinscher (sumber: Pexels)

Anjing doberman pinscher adalah salah satu jenis anjing penjaga yang paling disukai. Bahkan di luar negeri anjing ini tidak hanya dijadikan sebagai penjaga rumah, tapi juga penjaga peternakan.

Kata pinscher sendiri berasal dari bahasa Perancis lho, Animalovers. Artinya adalah “untuk merebut” atau “menggigit”. Konon nama ini dipilih sehubungan dengan kegunaan anjing ini yang biasa diandalkan untuk menangkap hama dan pengganggu di peternakan.

Doberman tergolong anjing yang memiliki tubuh sedang-besar. Ukuran berat normal untuk anjing jantannya berkisar antara 40 – 45 kilogram, sedangkan tingginya 67 – 71 sentimeter. Untuk doberman betina ukurannya sedikit lebih kecil, yaitu 32 – 35 kilogram dan 64 – 67 sentimeter.

6 Fakta Seputar Anjing Doberman

Masih banyak hal menarik yang bisa kita ketahui dari jenis anjing penjaga ini. Ingin tahu apa saja itu? Berikut adalah tujuh fakta seputar ras anjing doberman yang sayang jika Animalovers lewatkan.

Doberman (sumber: Pexels)
(sumber: Pexels)

1. Hasil Campuran Ras

Ketangkasan serta kecerdasan anjing doberman pinscher sebagai penjaga tidak semata-mata tercipta begitu saja. Itu karena anjing ini awalnya memang sengaja dikembangbiakkan dari hasil penyilangan beberapa ras anjing.

Belum diketahui dengan jelas ras anjing mana saja yang menjadi asal usul dari anjing  doberman pertama, yaitu Louis Doberman. Jika dilihat dari kemiripannya, para peneliti berasumsi bahwa ras-ras tersebut mungkin saja Pinscher Jerman, Beauceron, Rottweiler, dan Weimaraner.

Pendapat bahwa doberman merupakan anjing ras campuran juga didukung oleh fakta bahwa mereka memiliki karakteristik yang kompleks. Karena selain bisa menjadi anjing penjaga yang cenderung galak dan garang, doberman juga bisa menjadi peliharaan yang baik serta loyal.

Menurut The American Kennel Club, sebuah organisasi yang mengurusi silsilah anjing ras, doberman juga bisa saja berasal dari beberapa ras lain, seperti Old Shorthaired Shepherd, Black Terrier, Greyhound, Pointer, dan Great Dane.

2. Sangat Tangkas dan Cerdas

Alasan mengapa doberman seringkali menemani polisi adalah karena kecerdasannya. Kecerdasan ini dapat dilatih hingga titik di mana mereka mampu membantu polisi dalam proses pelacakan atau penyelidikan kasus.

Bahkan, Pemakaman Anjing Perang Nasional (National War Dog Cemetery) di wilayah Guam memiliki sebuah patung perunggu yang dibuat untuk menghormati jasa doberman yang banyak gugur selama misi pada pertempuran Guam II.

3. Memiliki Sensitivitas yang Tinggi

Sensitivitas sebenarnya adalah kelemahan dari anjing doberman pinscher. Kekurangan ini mereka dapatkan secara alami karena merupakan anjing hasil campuran ras. Area paling sensitif dari doberman adalah telinga dan ekornya.

Telinga doberman cenderung terkulai lemas dan ekornya pun cukup tipis serta panjang. Bentuk telinga dan ekor seperti itu dapat mengurangi efektivitasnya sebagai anjing penjaga. Apalagi, telinga yang terkulai juga lebih rentan terhadap serangan infeksi.

Saat ini, ada praktik docking atau pemotongan yang dapat membuat doberman memiliki telinga runcing dan ekor pendek. Praktik ini sudah umum dilakukan, terutama pada doberman yang disiapkan untuk menjadi anjing polisi. Meski begitu, sebagian pihak tetap menganggap bahwa praktik docking itu kejam dan tidak sepantasnya dilakukan.

4. Sangat Aktif

Sifat anjing doberman begitu aktif sehingga ia menyukai berbagai aktivitas fisik. Selain karena tubuh yang ramping, ketahanan serta kecepatan yang mereka miliki juga turut mendukung. Mereka bisa dilatih dengan berbagai kegiatan, seperti menyelam, mencari barang, membimbing tunanetra, dsb. Dengan berbagai latihan ini, potensi mereka pun menjadi lebih mudah terasah.

5. Berjasa Dalam Perang Dunia II

Tahukah kamu jika doberman juga memiliki peran penting saat Perang Dunia II? Pada masa yang genting itu, mereka biasa diberi tugas untuk menemani sekaligus menjaga para angkatan bersenjata di medan perang perang. Akibatnya, tak sedikit anjing jenis ini yang gugur saat bertugas.

6. Terlahir untuk Menjadi Anjing Penjaga

Kata “doberman” sendiri sebenarnya adalah nama belakang dari Herr Karl Louis Doberman. Pria Jerman ini bekerja sebagai seorang pemungut pajak yang kegiatan sehari-harinya cukup berisiko dan mengancam keselamatan.

Oleh karena itu, Doberman memerlukan seekor anjing yang dapat melindunginya dan terlihat mengintimidasi. Namun di satu sisi, ia juga menginginkan anjing yang loyal, terlihat anggun, serta dapat menjadi teman yang baik.

Dari sinilah ia mencoba menyilangkan berbagai jenis ras hingga menghasilkan jenis doberman yang saat ini kita kenal.

Jenis Anjing Doberman

Ada dua jenis anjing doberman yang saat ini dikenal luas di masyarakat. Kedua jenis ini memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Jadi, sebelum Animalovers memutuskan untuk memeliharanya, sebaiknya simak dulu penjelasannya berikut.

1. American Doberman

American Doberman (sumber: Doberman Blog)
American Doberman (sumber: Doberman Blog)

Sesuai namanya, American Doberman adalah jenis anjing doberman yang dikembangbiakkan di Amerika. Di sana, anjing ini biasanya lebih diperuntukan sebagai anjing pertunjukkan atau lomba. Mereka sangat baik jika berkaitan dengan kegiatan sehari-hari yang menuntut kelincahan dan kepatuhan.

Namun, dalam urusan penjagaan atau tugas yang berkaitan dengan polisi, kemampuan American Doberman masih di bawah jenis European Doberman. Mereka juga cenderung tidak terlalu kuat dan mengintimidasi. Jadi, untuk Animalovers yang tertarik menjadikan anjing doberman sebagai peliharaan, jenis ini sangat cocok.

Di bawah ini adalah beberapa ciri fisik dan sifat dari American Doberman.

  • Badan yang lebih kecil dan panjang
  • Tidak terlalu berotot
  • Leher yang ramping
  • Kaki yang kecil dan ramping
  • Warna mata yang lebih cerah
  • Kepala, moncong, dan rahang yang lebih kecil
  • Sifatnya cenderung lebih lembut
  • Dapat sangat dekat dengan pemilik
  • Lebih anggun dan elegan
  • Menyukai kegiatan santai, seperti duduk diam di kursi atau kasur

2. European Doberman

European Doberman (sumber: Pet Classifieds)
European Doberman (sumber: Pet Classifieds)

Jenis anjing doberman yang satu ini memiliki stamina dan kekuatan yang lebih baik daripada American Doberman. Oleh karena itu, mereka cenderung lebih dipercaya untuk menjadi anjing polisi atau anjing penyelamat. 

Untuk mengetahui bagaimana ciri fisik dan sifat jenis doberman dari Eropa, simak rinciannya berikut.

  • Badannya sedikit lebih tinggi dan berat
  • Struktur tulangnya lebih besar
  • Dadanya bidang
  • Leher yang lebih pendek dan besar
  • Kepala serta moncong yang lebih besar dan lebar
  • Warna mata lebih gelap
  • Efektif untuk menjadi anjing pekerja
  • Lebih tenang
  • Berani
  • Lebih waspada
  • Memiliki stamina dan dorongan yang lebih baik

Cara Merawat Anjing Doberman

Setelah mengetahui jenis anjing doberman, Animalovers juga perlu mengetahui cara merawatnya. Dengan begitu, doberman yang dipelihara dapat terhindar dari penyakit dan tumbuh lebih baik. Yuk, langsung saja kita simak informasinya di bawah ini.

1. Anjing Doberman Dewasa

Anjing Doberman Dewasa (sumber: PetPlace)
(sumber: PetPlace)

Sebagai anjing yang aktif dan lincah, doberman dewasa perlu sering diajak untuk melakukan aktifitas fisik di luar ruangan. Hal ini juga berguna untuk menjaga kebugaran serta kesehatan tubuhnya. Untuk itu, kamu bisa mengajaknya berjalan-jalan ke luar di pagi atau sore hari.

Jika tidak sempat pergi ke luar, pastikan jika doberman mempunyai ruang gerak yang cukup selama berada di dalam rumah. Perhatikan juga nutrisi makanan dan kebersihan sekitarnya. Makanan yang tidak bernutrisi dan lingkungan yang kotor akan membuat doberman rentan terserang penyakit.

Animalovers bisa memberi makanan yang mencukupi keperluan asupan protein serta lemak anjing penjaga yang satu ini. Salah satu pilihannya adalah berbagai jenis daging (daging sapi, ayam, atau domba) dan ikan.

2. Anakan Anjing Doberman

Anakan Anjing Doberman (sumber: Dog Food Smart)
(sumber: Dog Food Smart)

Merawat anakan anjing doberman sedikit lebih sulit. Itu karena mereka masih memerlukan pelatihan dan perhatian khusus yang dapat membantu tumbuh kembangnya. Perkenalkan anakan anjing doberman kepada banyak hal agar mereka dapat membiasakan diri dan beradaptasi.

Salah satu yang patut untuk dilakukan adalah grooming. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan anakan doberman. Bukan hanya itu, grooming yang dilakukan sejak dini juga akan membuat doberman dewasa menjadi lebih terbiasa dengan kegiatan ini.

Harga Anjing Doberman di Indonesia

Sebelum memeliharanya, Animalovers juga perlu mengetahui berapa harga anjing doberman sesuai dengan berbagai kondisinya. Untuk itu, Animalogi telah menyiapkan daftarnya berikut ini.

Kondisi  DobermanHarga
Doberman Murni 8 BulanRp13.000.000
Doberman Stambum JantanRp7.500.000
Doberman Stambum BetinaRp6.500.000
Doberman Non StambumRp.1.000.000
Puppy DobermanRp3.500.000
Puppy Doberman Mix RottweilerRp2.200.000

Keterangan: Stambum merupakan surat keterangan lahir atau akte untuk anjing yang dikeluarkan oleh Perkumpulan Kinologi Indonesia (Perkin).

Itulah informasi mengenai fakta, jenis, cara merawat, dan harga anjing doberman. Jika kamu mencari anjing yang cerdas dan dapat diandalkan, maka doberman adalah pilihan yang tepat. Jadi, jangan lupa untuk persiapan dengan sebaik-baiknya sebelum mengadopsi anjing ini, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Fakta Seputar Anjing Doberman, Si Penjaga yang Dapat Diandalkan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]