1. Ikan

Cari Tahu Cara Budidaya Ikan Gabus, Harga, & Jenisnya

Ikan gabus adalah salah satu ikan yang paling banyak dicari karena manfaatnya. Selain dimakan, gabus juga banyak dipelihara karena motifnya yang cantik. Untuk kamu yang penasaran dengan ikan yang satu ini, yuk simak penjelasannya berikut!

Ikan Gabus, Ikan dengan Berbagai Manfaat

ikan gabus lokal
(Sumber: Wikipedia)

Gabus adalah salah satu jenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini biasanya terkenal dengan berbagai nama di setiap daerah, misal di Kapuas hulu namanya dolak, di Riau terkenal sebagai bocek dan masih banyak nama lainnya. Dalam Bahasa Inggris ikan ini terkenal dengan nama common snakehead, sedangkan nama ilmiahnya adalah Channa Striata

Ikan ini dapat hidup dengan ukuran besar dan panjang sekitar 1 meter. Ciri-ciri dari gabus yang paling menonjol adalah pada bagian kepalanya. Mereka memiliki kepala gepeng yang sangat mirip dengan ular. Hal ini jugalah yang menjadi alasan mengapa mereka memiliki nama common snakehead

Selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi, gabus memiliki beragam manfaat. Mereka sangat banyak mengandung sumber protein dan dapat mempercepat luka penyembuhan pasca operasi. Mereka juga sangat mudah didapatkan dan dipancing di sungai, danau, dan rawa-rawa. Penyebarannya kebanyakan berada di Sumatera dan Kalimantan yang kerap kali diasinkan sebelum diperdagangkan antara pulau.

10 Jenis Ikan Gabus Terfavorit

Gabus adalah ikan yang paling populer untuk dipelihara baik bagi pecinta ikan gabus hias ataupun yang ingin membudidayakannya. 

1. Gachua

Gachua
(Sumber: Wikipedia)

Jenis ikan gabus gachua sering disebut dengan dwarf snakehead. Ukuran badan mereka sangat kecil yakni kurang lebih 20 cm. Makanan ikan gachua ini biasanya memangsa ikan-ikan kecil.

2. Andrao

andrao
(Sumber: Wikipedia)

Ikan gabus hias yang sangat cocok untuk kamu yang memiliki akuarium kecil adalah channa andrao. Ikan ini hanya memiliki ukuran sekitar 11 cm saja dengan warna tubuh yang cantik.

3. Channa Diplogramma

Channa Diplogramma
(Sumber: Wikipedia)

Jenis yang satu ini memiliki motif yang cukup menawan dan indah. Mereka biasanya memiliki motif dengan dua garis horizontal yang membentang dari kepala hingga ekor. Ukuran ikan ini juga termasuk besar yakni sekitar 44 cm sehingga kamu mungkin akuarium yang cukup besar. 

4. Channa Auranti

Channa Auranti
(Sumber: Wikipedia)

Ikan channa auranti sangat mirip dengan ikan channa barca yang merupakan ikan gabus hias termahal di Indonesia, yang membedakan hanyalah ukurannya saja. Ukuran channa auranti berkisar 40 cm. Motif mereka sangat cantik jika diletakkan di akuarium dan di pajang di ruang tamu.

5. Channa Asiatica

Channa Asiatica
(Sumber: Channa Asiatica)

Nama lain dari channa asiatica adalah green snakehead. Keberapan mereka diperkirakan berasal dari di Lembah sungai Chang Jiang dan lembah sungai Xun di provinsi Guangxi dan Guangdong. 

Ikan ini memiliki corak yang sangat indah dengan white spot dan red spot. Mereka dapat tumbuh dengan ukuran sampai 35 cm. Ketika memelihara ikan ini harus diperhatikan bahwa mereka sangat agresif terhadap ikan lain, jadi usahakan agar memeliharanya dalam aquarium yang terpisah.

6. Channa Maruliu

Channa Maruliu
(Sumber: Wikipedia)

Ikan gabus hias yang satu ini sangat cantik dan menawan. Mereka memiliki badan yang unik dengan motif bulat berwarna hitam yang dikelilingi oleh warna oren. 

Mereka memiliki ukuran yang cukup besar yakni sekitar 40cm dan aktif berenang. Ketika memelihara ikan ini, usahakan untuk meletakkannya di akuarium yang cukup besar ya, Animalovers agar mereka dapat tumbuh dengan maksimal.

7. Bleheri

Channa Bleheri
(Sumber: Wikipedia)

Ikan ini dikenal dengan sifatnya yang sangat kalem dan mudah berbaur dengan ikan lainnya. Tidak akan menjadi masalah jika kamu ingin menggabungkan ikan bermotif cantik ini dengan ikan kecil lainnya. Ukuran mereka pun tidak terlalu besar yakni sekitar 17-23 cm. 

Hal yang memikat dari ikan ini adalah siripnya yang sangat cantik yakni memiliki motif garis berwarna oren. 

8. Channa Argus

Channa Argus
Channa Argus (Sumber: Wikipedia)

Motif dari ikan channa argus sangat unik dan menawan sehingga membuat terlihat seperti ular dalam versi ikan. Habitat mereka biasanya berada di Sungai Amur hingga Pulau Hainan.

9. Channa Pleuro

Channa Pleuro
(Sumber: Wikipedia)

Jenis yang  satu ini memiliki motif yang sangat cantik dan indah dengan bulat-bulat hitam yang ada di tubuhnya. Ada beberapa variasi warna dari ikan ini yakni biru cerah dan coklat. Ukurannya cukup besar yakni sekitar 40 cm. 

10. Amphibeus

Channa Amphibeus
(Sumber: Marulioides)

Mereka ditemukan pertama kali pada tahun 1854 di perairan India. Ukuran ikan yang satu ini dapat mencapai 90 cm sehingga harus memiliki aquarium yang extra besar ketika memeliharanya.

Cara Budidaya Ikan Gabus

Manfaatnya yang begitu banyak membuat ikan ini banyak diincar sehingga menghasilkan keuntungan ekonomis. Ikan ini juga banyak disajikan di banyak restoran mewah yang biasanya didapatkan dari nelayan-nelayan.

1. Memiliki Kolam yang Sesuai

Ketika membudidayakan ikan usahakan untuk membuat kolam yang tidak sempit agar mereka dapat berkembang dengan maksimal. Ukuran kolam dapat dibuat sekitar 2 m x 5 m dengan tinggi ari sekitar 150 cm atau 1,5 m.

2. Memilih Induk Ikan Gabus Berkualitas Bagus

Kamu harus memilih indukan ikan yang berkualitas agar menghasilkan bibit unggul. Untuk mendapatkan induk ini kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan ternak lainnya untuk mendapatkan supply induk yang bagus.

3. Memulai Proses Pemijahan Ikan Gabus

Proses pemijahan dilakukan seperti ikan pada umumnya. Kamu dapat memasukkan sekitar 20-30 ikan gabus dewasa yang dapat dikawinkan secara bersamaan. Selalu perhatikan kenyamanan ikan dengan memastikan suhu yang pas dan air yang bersih.

4. Proses Penetasan Benih 

Proses pemijahan adalah proses dimana dimana pelepasan sperma pada telur agar menghasilkan pembuahan. Agar menambah kenyamanan ikan ketika melakukan proses ini sebaiknya menambahkan beberapa tanaman seperti eceng gondok agar lebih dingin dan ikan lebih rileks. Lalu, biarkan telur yang dihasilkan diangkat dan dibawa menggunakan sekupnet halus dan biarkan menetas secara alami.

5. Menebar Benih

Telur-telur yang sudah menetas kemudian dipindahkan pada aquarium bening berukuran sekitar 70 x 50 x 50 cm dengan ketinggian air 50 cm. Usahakan agar suhu air menjadi dingin yakni sekitar 20 – 23 derajat celcius. Berikan jarak pada setiap kumpulan telur, telur-telur ini nantinya akan menetas dalam waktu 24 jam. 

Beri makan lava-lava mungil ini 3 kali sehari dengan pakan nauplii artemia. Setelah 5 hari kamu dapat memberikan pakan daphnia sebanyak 3 kali sehari.

6. Memberikan Pakan Ikan Gabus

Pakan ikan gabus sangat mudah didapatkan, mereka biasanya memakan ikan kecil, cacing suteras, ikan rucah, keong sawah, udang, cacing tanah, dan siput. Semua makanan mereka dapat dibeli dengan mudah di toko-toko ikan terdekat.

7. Proses Panen Ikan Gabus

Ikan akan dapat kamu panen setelah proses 6 bulan. Kamu dapat menjual ikan dari yang sedang ke yang terbesar, karena biasanya orang-orang menyukai ukuran yang sedang. Selalu ingat, ketika mereka sudah berukuran besar agar memisahkan ukuran ikan yang besar dengan yang kecil karena ikan gabus terkadang memakan ikan yang masih kecil. 

Keuntungan Budidaya Ikan Gabus

Dari ikan gabus kamu akan mendapatkan keuntungan yang lumayan banyak apabila berhasil panen. Tidak perlu khawatir jika kamu takut ikannya tidak laku, karena ikan ini selalu dicari oleh banyak orang dan restoran karena dagingnya yang tebal, enak, dan bergizi.

Tentunya, dengan perawatan yang sedikit berhati-hati kamu akan mendapatkan hasil yang setimpal dengan kerja keras kamu.

Harga Ikan Gabus Terbaru 2022

Harga ikan gabus ini berkisar antara 15.000 – Rp70.000 per kg tergantung jenis dan ukuran. Semakin bagus kualitasnya maka sebagian mahal harganya. 

Baca juga: 8 Jenis Ikan Guppy & Cara Merawatnya Agar Hidup Lama

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai ikan gabus yang memiliki sejuta manfaat dan keuntungan ekonomi. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kamu untuk memelihara ikan ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cari Tahu Cara Budidaya Ikan Gabus, Harga, & Jenisnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]