1. Fakta Unik

Rekomendasi 10 Makanan Burung Lovebird Terbaik & Bergizi

Burung Lovebird adalah salah satu jenis burung yang saat ini sedang banyak digemari oleh para pecinta burung. Pada kesempatan kali ini, Animalogi akan membagikan Rekomendasi 10 Makanan Burung Lovebird Terbaik & Tergampang. Yuk, simak informasi lebih dalamnya hanya di Animalogi!

1. Millet Putih

Millet putih
Millet putih (Sumber: Lazada)

Rekomendasi pakan burung lovebird pertama adalah Millet Putih. Perlu diketahui bahwa makanan pokok Lovebird adalah biji- bijian. Buah dan sayuran merupakan makanan tambahan untuk burung. Millet Putih adalah makanan utama dari Lovebird. Tekstur biji yang mudah dicerna dan kaya akan zat besi, protein, asam amino, dan vitamin B menjadikan makanan ini sangat cocok untuk burung.

Milet Putih tidak perlu kamu campurkan dengan biji – bijian lainnya, bahkan campurkan dengan makanan tambahan burung. Hal ini dikarenakan makanan tambahan tersebut hanya berfungsi untuk menambah kebutuhan nutrisi yang tidak didapat pada biji – bijian. Karena itu, kamu perlu memberi makanan tambahan pada waktu-waktu tertentu saja.

Kamu juga dapat memperhatikan pemberian pakan ini supaya bervariasi dan burung tidak bosan. Milet Putih ini cocok untuk kamu jadikan makanan utama yang harus dikonsumsi burung lovebird setiap hari.

Sebagai saran, kamu perlu mencari milet produksi lokal karena teksturnya yang lebih kecil sehingga dapat dikonsumsi burung dengan mudah. Harga pakan ini juga murah dan tersedia di banyak toko burung. Makanan Burung Lovebird satu ini sudah tergolong sehat dan murah.

2. Biji Kenari

Makanan burung Lovebird selanjutnya adalah biji kenari. Kenari masih tergolong sebagai biji – bijian yang sering dimakan oleh Lovebird. Biji kenari mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan Lovebird. Kandung tersebut mencakup hidrat arang, lemak, serta protein.

Beberapa kandungan nutrisi tersebut dapat meningkatkan kesegaran tubuh burung, memperindah suara, serta menambah stamina burung. Bukan hanya itu, biji kenari juga menyimpan kandungan yang membantu burung untuk semakin sering berkicau.

Kandungan lemak yang tersimpan pada biji kenari dapat menghindarkan burung Lovebird dari kemungkinan obesitas. Kamu dapat mencampurkan biji kenari dengan sedikit takaran milet. Kelebihan biji kenari adalah tidak berbau, bersih, dan kering.

3. Biji Oat

Biji oat
Biji oat (Sumber: Tokopedia)

Makanan burung Lovebird berikutnya adalah Biji Oat. Biji Oat adalah salah satu jenis pakan yang memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah menenangkan serta mempercepat proses burung saat bulu-bulunya rontok atau fase mabung. Selain itu, biji oat juga dapat memperbaiki jaringan bulu burung supaya terlihat lebih indah.

Biji Oat dapat membantu burung untuk memperbaiki sistem kerja organ pencernaan burung, memperkecil gangguan dari kolesterol jahat dan memperlancar aliran darah burung Lovebird. Kamu juga dapat memberikan Biji Oat ketika Lovebird mu sakit dan perlu meningkatkan berat badan supaya lebih sehat.

Biji Oat atau Haver ini juga dapat kamu berikan pada indukan Lovebird yang berada pada masa memberikan makanan pada anaknya atau meloloh. Ketika anak burung menerima suapan biji oak dari sang induk, hal ini dapat mempercepat pertumbuhan anak burung.

4. Kecambah Atau Toge

Makanan burung Lovebird berikutnya adalah Kecambah atau Toge. Kecambah merupakan salah satu pakan yang dapat membantu Lovebird semakin sering berkicau. Banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam pakan ini. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan burung serta baik untuk kesehatan burung.

Kecambah juga merupakan makanan burung yang bagus ketika sedang memasuki musim hujan. Kecambah akan meningkatkan kekebalan tubuh Lovebird. Gizi yang terkandung mencakup vitamin, mineral, dan kalsium mampu meningkatkan kesuburan untuk induk Lovebird

Kecambah mampu menambah stamina dari Lovebird kesayanganmu. Jika kamu ingin Lovebird milikmu sering berkicau dengan suara yang lantang, kecambah adalah pakan yang cocok. Perlu diingat bahwa pakan ini tidak perlu kamu berikan secara rutin karena kadar airnya yang besar.

5. Kangkung

Setelah membahas biji – bijian, kita akan menuju sayur. Makanan burung Lovebird berikutnya adalah kangkung. Kangkung adalah sayuran yang mengandung banyak sekali nutrisi. Para pemilik Lovebird biasanya banyak memakai kangkung jika Lovebird akan ikut kontes. 

Sayuran ini dapat meningkatkan kualitas suara burung. Khasiat kangkung lebih optimal jika diberikan ketika kangkung dalam keadaan segar dan sudah dicuci. Perlu diperhatikan bahwa tidak baik untuk memberikan kangkung setiap hari dan kepada lovebird yang sedang merawat anaknya.

6. Buah Apel

Rekomendasi makanan burung Lovebird selanjutnya adalah Buah Apel. Buah apel merah lebih disukai Lovebird daripada apel hijau. Apel merah memiliki rasa yang lebih manis dengan tekstur yang lebih empuk. Apel merah memiliki manfaat untuk melindungi lovebird supaya tidak mudah terserang penyakit. Kamu perlu mengupas apel terlebih dahulu dan mencucinya sampai bersih sebelum diberikan pada burung.

7. Gabah Beras Merah

Gabah beras merah
Gabah beras merah (Sumber: Shopee)

Selanjutnya adalah Gabah beras merah. Gabah beras merah merupakan makanan burung Lovebird yang mengandung banyak karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh burung Lovebird supaya pertumbuhannya lancar dan stamina burung tetap terjaga. Kamu perlu mencampurkan gabah ini dengan milet supaya Lovebird tidak bosan dengan rasanya.

8. Pelet

Pelet adalah makanan burung lovebird yang paling umum digunakan oleh para kicau mania. Banyak sekali merk pelet yang tersedia dan terbukti bagus untuk pertumbuhan Lovebird. Jika menggunakan presentasi, pelet adalah 75 – 80 persen dari pakan burung Lovebird. Pelet merupakan jenis makanan yang sangat baik dan perlu dibiasakan juga bagi burung yang terbiasa memakan biji-bijian

9. Jagung 

Rekomendasi makanan Lovebird selanjutnya adalah Jagung. Jagung adalah salah satu camilan pelengkap makanan utama. Jagung terutama jagung manis memberikan kebutuhan karbohidrat yang sangat bagus untuk burung. Selain itu juga terdapat nutrisi yang dapat menjaga kesehatan mata burung. Kamu perlu mengupas jagung terlebih dahulu sebelum diberikan pada Lovebird kesayanganmu.

10. Telur Rebus Dan Cangkang Telur

Rekomendasi makanan burung Lovebird terakhir adalah telur rebus dan cangkangnya. Pakan ini mengandung protein yang sangat tinggi dan membantu burung semakin sering berkicau. Cangkang telur sendiri mengandung banyak sekali kalsium yang bagus untuk pembentukan tulang dan paruh burung Lovebird supaya kuat. Sebagai saran, kamu dapat memberikan cangkang telur pada indukan burung Lovebird yang sedang bertelur.

Telur rebus sendiri memberi manfaat pada suara kicau lovebird supaya semakin merdu dan berkicau lama. Telur adalah sumber protein yang cocok untuk burung satu ini karena Lovebird tidak memakan serangga. Kamu dapat menggunakan berbagai telur, mulai dari telur ayam, sampai telur bebek.

Demikian penjelasan Animalogi mengenai Rekomendasi 10 makanan burung Lovebird terbaik dan tergampang. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat untuk kamu dan Lovebird kesayanganmu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Rekomendasi 10 Makanan Burung Lovebird Terbaik & Bergizi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]