1. Kucing

Penyebab & Cara Mengobati Kucing Mencret, Kamu Wajib Tahu!

Bayangkan tiba tiba kucing mencret, benar-benar situasi yang tidak terduga dan merepotkan bukan? Animalogi kali ini hadir untuk membuat kalian, Animal Lovers, mengenal gejala, penyebab, dan cara mengobati kucing mencret. Seperti apa informasi selengkapnya? Simak artikel di bawah ini!

Gejala Kucing Mencret

Terdapat berbagai gejala ketika kucing mencret atau diare. Berikut adalah gejalanya jika mencret akibat gangguan usus besar:

  • Kucing menghasilkan kotoran dalam jumlah besar.
  • Kotoran kucing berair.
  • Kucing sering buang air
  • Kucing sering muntah atau mengalami penurunan berat badan yang drastis

Gejala untuk diare pada kucing akibat gangguan usus kecil sedikit berbeda dari akibat gangguan usus besar. Berikut adalah beberapa gejalanya:

  • Kucing mengeluarkan kotoran yang sedikit
  • Kotoran dalam bentuk cairan atau kurang padat
  • Kucing menjadi sering buang air dan mengejang
  • Kotoran mengandung lendir

Gejala-gejala di atas wajib kamu ketahui. Semakin cepat kamu menyadari gejalanya, semakin cepat kamu menghindarkan kucing dari kondisi yang lebih parah.

Penyebab Kucing Mencret

Terdapat berbagai penyebab dari kucing yang mengalami diare atau mencret, berikut adalah beberapa penyebabnya:

Parasit

Penyebab pertama adalah parasit. Parasit yang ada dalam tubuh kucing mengiritasi saluran pencernaan mencakup usus kecil sampai usus besar. Jika terdapat banyak sekali parasit dalam tubuh kucing, kucing akan lebih sering mengalami mencret. Biasanya kondisi ini marak pada kucing-kucing berusia muda.

Virus dan Bakteri

Penyebab berikutnya adalah virus. Infeksi virus dapat menyebabkan pencernaan kucing terganggu sehingga kucing menjadi diare. Diare akut menjadi indikator adanya bakteri yang menyerang usus kecil kucing. Kamu perlu menjaga pola makan kucing dan membawanya ke dokter hewan jika diperlukan.

Pola Makan

Penyebab selanjutnya adalah pola makan. Seperti kamu ketahui, kucing sering memakan apa saja yang mereka temui, bahkan kucing sering juga memakan benda lain seperti tali, rumput, dan lain-lain. Hal seperti ini yang menyebabkan kucing mengalami mencret atau diare. 

Kucing memang cenderung lebih berhati-hati dengan apa yang mereka makan. Akan tetapi, tak jarang juga mereka memakan benda-benda lain seperti rumput, tali, dan lainnya.

Kamu perlu memperhatikan makanan kucing karena sering juga terjadi alergi pada makanan kucing yang diberikan. Banyak pemilik kucing yang belum menyadari hal ini. Kebanyakan alergi makanan dapat berdampak ke diare kronis pada kucing.

Makanan Kualitas Rendah

Penyebab kucing mencret selanjutnya adalah karena mengkonsumsi makanan dengan kualitas rendah. Beberapa makanan kucing yang dijual di pasaran biasanya mengandung bahan-bahan seperti mata, kulit binatang, kuku, paruh, kepala, sampai bulu burung.

Sebelum menjadi bahan makanan kucing, bahan-bahan tersebut sebelumnya diproses terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang berbahaya. Bahan tersebut adalah sumber protein yang cukup besar untuk kucing. Namun, beberapa kucing mungkin mengalami masalah pencernaan setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Jika kucing kamu memiliki pencernaan yang sensitif, maka tidak disarankan untuk memberikan makanan kucing dengan bahan-bahan di atas. Kamu perlu mencari makanan kucing dengan tingkat higienis yang sama seperti makanan manusia.

Sembelit

Untuk penyebab alami, mungkin kucing sudah tua dan mengalami masalah usus besar. Hal ini kemudian menyebabkan sembelit. Kucing semakin sering mengeluarkan kotoran dalam bentuk cair.

Cara Mengobati Kucing Mencret

Berikut adalah beberapa cara mengobati kucing diare yang dapat kamu lakukan secara mandiri.

Melakukan Puasa Makan Selama 24 Jam

Salah satu cara untuk mengobati kucing diare adalah dengan makanan cepat saji, kucing dianjurkan untuk melewati satu kali makan dengan waktu maksimal 12 jam di antara waktu makan. Hal ini membantu sistem pencernaan kucing istirahat dan kembali pulih.

Meskipun kamu membuat kucing puasa, kamu perlu menyediakan akses untuk air minum kucing. Kemungkinan kucing akan lebih banyak minum dari biasanya. Metode ini tidak cocok untuk anak kucing yang masih kecil.

Probiotik

Selanjutnya adalah dengan pemberian obat kucing mencret yang mengandung probiotik. Probiotik sendiri adalah obat yang mampu mempercepat waktu pemulihan penyakit diare. Jika kamu susah untuk menemukannya, kamu dapat memberi yogurt alami kepada kucing sebagai pengganti probiotik, tidak perlu banyak hanya perlu satu sendok teh saja.

Larutan Elektrolit

Cara mengobati berikutnya adalah dengan larutan elektrolit. Kamu dapat membuat larutan sendiri di rumah sebagai langkah awal untuk mengobati kucing mencret. Pertama, kamu perlu menyiapkan 900 ml air matang, tambahkan satu sendok makan gula, dan setengah sendok makan garam. Setelah itu, kamu perlu mencampurkan dan aduk semua bahan tersebut sampai larut. Setelah itu, kamu dapat memberikannya pada kucing. Kamu dapat menggunakan pipet jika kesusahan memberikan larutan elektrolit.

Baca juga: Mengenal Bahaya PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada Hewan

Demikian pembahasan Animalogi mengenai gejala, penyebab, dan cara mengobati kucing. Semakin cepat kamu mengetahui gejalanya, semakin cepat kucing kesayanganmu terhindar keadaan yang lebih parah. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Penyebab & Cara Mengobati Kucing Mencret, Kamu Wajib Tahu!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]