1. Kucing

Harga Kucing Munchkin, Jenis, Fakta, & Cara Merawatnya

Pecinta kucing pasti pernah memperhatikan kucing dengan kaki pendek nan lucu. Jenis kucing tersebut adalah munchkin, mereka sangat lucu dan banyak dipelihara untuk menemani aktivitas di rumah. Mari mengenal si kucing berkaki pendek ini yuk!

Kucing Munchkin, Jenis Kucing Pendek Super Lucu

Gambar kucing munchkin
(Sumber: Pexel)

Tahun 1944 seorang dokter hewan yakni H.E. Williams mendeskripsikan bahwa terdapat ras kucing liar yang memiliki kaki pendek yang hidup di Inggris. Namun, kucing ini menghilang pada saat perang kedua dan kemudian ditemukan lagi pada tahun 1953 di kota Volgograd di Rusia. Kucing lucu ini kembali menghilang selama 30 tahun.

Pada tahun 1983 kucing ini ditemukan di Amerika oleh Sandra Hochenedel, ia menemukan dua kucing tersebut terjebak di bawah truk dan dikejar oleh anjing dalam kondisi hamil. Ketika melahirkan, beberapa anak kucing memiliki bentuk berkaki pendek. Pada saat itulah kemudian kucing ini 

Memiliki kaki berukuran sangat pendek membuat munchkin sangat lucu ketika berjalan. Mereka begitu menarik perhatian ketika berjalan dan menarik banyak pecinta hewan untuk memeliharanya. Namun, tahukah kamu bahwamunchkin ada dikarenakan mutasi genetik alami?

Pada dasarnya kucing yang memiliki kaki pendek biasanya juga memiliki gangguan pada tulang punggung, tetapi munchkin tidak memiliki hal tersebut hingga dapat dikatakan bahwa mutasi genetiknya berhasil.

Penjelasan dari seorang ahli genetik Dr. Solveig Pflueger mengatakan bahwa sebenarnya kaki pendek pada ras munchkin disebabkan oleh mutasi gen autosom dominant. Penelitian telah dilakukan selama tujuh tahun dan tidak pernah ditemukan gangguan tulang belakang pada ras ini yang dapat menyebabkan cacat.

Fakta Unik Kucing Munchkin

Gambar anakan munchkin
(Sumber: Pexel)

Ada beberapa fakta unik loh mengenai kucing munchkin yang mungkin jarang diketahui oleh pecinta kucing. Yuk, simak faktanya!

1. Lahir dari Kelainan Genetik

Tidak seperti hewan pada umumnya yang lahir secara secara ‘sempurna’, munchkin lahir dari mutasi genetik yang jarang terjadi pada hewan. Mereka memiliki badan yang sehat namun dengan kaki yang tidak seperti kucing pada umumnya. Semakin lama, kucing yang memiliki kaki pendek ini semakin berkembang dan banyak disukai.

2. Tidak Punya Ras Khusus

Lahirnya munchkin karena mutasi genetik dan terlihat ‘cacat’ membuat kucing ini tidak diakui sebagai ras baru. Hal ini dikarenakan Fédération Internationale Féline (FIFe) yakni federasi dari 42 organisasi penyayang kucing menganggap fisik dari munchkin hanyalah sebatas “penyakit genetik”. Sehingga dapat dikategorikan bahwa munchkin tidak memiliki ras asli.

3. Penemuan Nama “Munchkin” Tidak Jelas Asal Usulnya

Munchkin tidak memiliki ras yang jelas, begitupun dengan namanya. Salah satu sumber menyebutkan bahwa nama dari munchkin diambil dari nama karakter dari film The Wizard of Oz yang bernama Munchkins ketika film ini populer.

4. Pengembangbiakan Kucing Munchkin Cukup Kontroversial

Dikarenakan hasil mutasi genetik, pengembangbiakkan kucing ini sangat kontroversi karena dianggap sebagai kucing “cacat”. Maka secara tidak langsung apabila dikembangbiakkan maka dianggap mengembangbiakkan kucing cacat. Padahal secara keseluruhan munchkin tidak memiliki masalah pada tubuhnya selain kakinya yang pendek.

Ciri-Ciri Kucing Munchkin Paling Khas

Gambar kucing munchkin lucu
(Sumber: <a href="https://Photo by <a href="https://unsplash/@dongphuchaitrieu?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Đồng Phục Hải Triều</a> on <a href="https://unsplash/s/photos/munchkin-cat?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">UnsplashUnsplash)

Munchkin memiliki ciri-ciri kaki yang sangat pendek. Untuk kucing jantan biasanya akan memiliki berat sekitar 3-4 kg dan betina sekitar 2-3.5 kg. Bulu kucing ini pada dasarnya kucing ini sama seperti kucing pada umumnya yakni terkadang pendek dan panjang dengan berbagai warna, tergantung dari induk kucing yang melahirkan.

Jenis Kucing Munchkin Terpopuler di Dunia

Peminat yang cukup tinggi membuat kucing mungil ini banyak dipelihara dan dikembangkan dengan cara kawin silang. Dari hasil pengembangan tersebut terdapat berbagai macam jenis kucing munchkin sebagai berikut.

1. Original Munchkin

Gambar munchkin asli
(Sumber: Wikipedia)

Original munchkin adalah kucing domestik yang memiliki kaki pendek. Biasanya jenis ini murni domestik dan tidak dihasilkan dari persilangan antar ras. Badan mereka biasanya terlihat sedikit panjang dengan wajah seperti kucing pada umumnya yakni lucu dan menggemaskan.

2. Skookum

gambar kucing skookum
(Sumber: Wikipedia)

Jenis kucing munchkin yang paling banyak digemari adalah skookum yakni hasil dari persilangan antara munchkin dengan ras laperm. Terdapat dua jenis tampilan fisik dari skookum yakni berbulu panjang dan pendek yang sedikit keriting. Kucing manis ini tidak seperti kucing lainnya yang senang mengeong, skookum termasuk kucing yang agak pendiam.

3. Bambino

Gambar kucing bambino
(Sumber: The Spruce Pets)

Bambino adalah hasil persilangan dari munchkin dan spiynx. Mereka biasanya tidak memiliki bulu dan kulitnya berwarna krem ataupun hitam. Hal ini membuat mereka biasanya membutuhkan perawatan ekstra karena kulit yang terbuka. Pemilik harus rajin untuk memberikan keringat/minyak yang dikeluarkan kucing mungil ini. Selain itu mereka harus mereka harus memakai tabir surya dan 

4. Napoleon

Gambar kucing napoleon
(Sumber: Munchkin Cat Guide)

Perkawinan antara ras persia yang menggemaskan dengan munchkin yang lucu menghasilkan double cute cat. Jenis kucing munchkin yang satu ini memiliki bulu persia dan kaki yang sangat pendek, walau terkadang juga tidak. Mewarisi gen persia, biasanya Napoleon akan sangat rentan terkena beberapa penyakit seperti penyakit ginjal polikistik dan katarak.

5. Lambkin

Gambar kucing lambkin
(Sumber: Wikipedia)

Persilangan munchkin dengan selkirk rex menghasilkan kucing pendek gemuk dengan bulu keriting yang dinamakan Lambkin. Bulu yang cukup tebal membutuhkan perawatan agar menjadi bulu mereka tetap terawat dan sehat, diperlukan pula jadwal mandi yang teratur untuk menghilangkan kotoran yang menempel di tubuh mereka.

Makanan Kucing Munchkin

Sama seperti kucing domestik pada umumnya, makanan kucing munchkin adalah ikan tuna, ikan salmon, dan daging ayam. Pastikan kandungan gizi munchkin kesayangan Animalovers terpenuh ya dan juga jangan terlalu banyak memberikan makanan karena akan menyebabkan obesitas.

Harga Kucing Munchkin Terbaru di Indonesia

Bagi yang tertarik memelihara, harga kucing munchkin cukup mahal yakni sekitar Rp7.000.000,00 – Rp10.000.000,00. Untuk harga anakan kucing munchkin berkisar antara Rp5.000.000,00 – Rp7.500.000,00. Harga kucing munchkin tentu akan lebih mahal jika mereka sudah divaksin.

Cara Merawat Kucing Munchkin

Gambar kucing munchkin
(Sumber: Pexel)

Merawat munchkin sangat mudah kok, namun para pemilik wajib memperhatikan beberapa hal ini agar mereka bisa hidup dan lebih nyaman.

1. Bersihkan Bulunya dengan Rutin, Terutama Bagian Bawah Tubuhnya

Munchkin memiliki dua ukuran bulu yakni panjang dan pendek. Khusus untuk munchkin dengan bulu panjang, dapat melakukan perawatan dengan membersihkan bulu pada bagian bawah perutnya untuk menghindari noda. Hal ini juga akan membuat bulu munchkin terlihat sangat terawat dan tidak kusut.

2. Sediakan Tempat Bermain yang Nyaman

Agar munchkin semakin nyaman, sediakan tempat bermain lengkap dengan mainnya. Kucing mungil yang satu ini memang tidak terlalu aktif namun mereka pada dasarnya senang bermain.

3. Berikan Makanan Sehat dan Bernutrisi

Selalu memberikan makanan bernutrisi agar munchkin selalu sehat. Pastikan memberikan porsi makanan yang pas agar kucing tidak obesitas, mengingat kucing yang satu ini tidak terlalu aktif.

4. Lakukan Vaksinasi Terhadap Kucing

Vaksin sangat penting untuk kucing agar mereka tidak mudah terserang penyakit. Apabila kamu memeliharamunchkin yang lucu ini, jangan lupa memberikan mereka vaksin agar selalu sehat.

Baca juga: Info Harga Kucing British Shorthair & Longhair, Jenis, Ciri, & Makanan

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai harga kucing munchkin, jenis, fakta, beserta cara merawatnya. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kamu untuk memelihara kucing berkaki lucu tersebut ya, Animalovers!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Harga Kucing Munchkin, Jenis, Fakta, & Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]