1. Burung

Yuk, Kenali Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

Salah satu burung yang banyak ditemukan di alam adalah jalak suren. Mungkin bagi sebagian orang, tidak bisa membedakan perbedaan jalak suren jantan dan betina. Pengetahuan untuk membedakan ini cukup penting apabila kalian ingin memeliharanya di rumah. Terkenal dengan kemampuan ulung untuk menirukan suara orang lain, tak heran penggemar burung ini meningkat setiap tahunnya. Yuk, simak perbedaan keduannya di sini!

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

Mengenal Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina
Mengenal Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

Sekilas, jalak suren antar keduanya terlihat sama. Namun, jika kita perhatikan seksama mereka memiliki ciri-ciri yang berbeda satu sama lain. Perbedaan itu terlihat dari bagian tubuhnya, seperti, bentuk kepala, jambul, ukuran tubuh, tampilan ekor, dan sebagainya.

Bentuk Kepala

Perbedaan jalak suren jantan dan betina yang pertama adalah bentuk kepalanya. Burung jalak suren jantan mempunyai bentuk kepala lebih besar dan cenderung bulat. Sementara itu, burung jalak suren betina memiliki bentuk kepala yang lebih ramping. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk memeliharanya, cobalah perhatikan perbedaan ini ya!

Jambul

Salah satu ciri khas yang menonjol dan menarik dari burung ini adalah jambul. Burung jalak suren jantan memiliki jambul yang lebih panjang dan mengembang. Di sisi lain,  jalak suren betina yang memiliki jambul lebih pendek dan tidak mengembang. Perbedaan ini bisa kalian amati seksama manakala kedua burung tersebut dijejerkan. 

Bentuk Paruh

Perbedaan jalak suren jantan dan betina selanjutnya bisa terlihat dari bentuk paruhnya. Bentuk paruh si jantan terlihat kokoh dan lebih panjang. Lain halnya dengan burung suren betina yang mempunyai bentuk paruh relatif lebih pendek. 

Baca Juga: Mengenal Burung Sogok Ontong: Ciri, Cara Merawat, & Harganya

Ukuran Tubuh

Apabila dilihat dari ukuran tubuhnya. Burung jantan memiliki tubuh yang cenderung lebih besar, memanjang,  dan bulat. Pada bagian bawah tubuhnya terdapat bulu putih yang lebih bersih. Sedangkan untuk jalak suren betina kebalikannya. Bagian bawah tubuh cenderung lebih pendek dan terasa halus jika disentuh. 

Tampilan Ekor

Keindahan burung yang pertama adalah tampilan ekor. Ekor suren jantan dewasa cenderung lebih lebar, lebih panjang dengan bulu yang menyatu. Lain halnya dengan betina yang berekor pendek . Jika kalian masih bingung untuk membedakannya, bisa dengan membedakannya melalui tampilan ekor. Perbedaan ini masih bisa untuk kenali untuk pecinta burung yang masih pemula. 

Baca Juga: Fakta Unik Burung Madu Sriganti, Si Mungil Bersuara Merdu

Warna Bulu

Perbedaan jalak suren jantan dan betina selanjutnya adalah warna bulunya. Jalak suren jantan mempunyai bulu yang lebih cerah. Selanjutnya, bulu di sekitar area mata lebih cerah. Sementara itu, bulu jalak suren betina ini memiliki bulu yang terlihat lebih kusam. 

Bentuk Kelamin

Perbedaan keduannya bisa langsung diketahui dengan jelas dari bentuk kelamin. Pada area kelmin dapat dipastikan bahwa jalak suren jantan memiliki lingkaran berwarna biru atau ungu gelap. Sementara itu, pada dubur atau bentuk kelamin betina, tidak akan terlihat tanda lingkaran berwarna gelap. 

Kualitas Kicauan

Nah, burung jalak merupakan burung yang memiliki kualitas kicauan yang bagus dan nyaring. Suara gacor jantan lebih terdengar lantang dan menarik perhatian. Lalu, adapun kicauan burung betina terdengar lebih tinggi. Dengan hanya mendengarkan suara gacor kedua jenis itu, kalian bisa mengerti perbedaan jalak suren jantan dan betina. 

Baca Juga: 7 Jenis Burung Hantu di Indonesia yang Unik & Bisa Dipelihara

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai perbedaan jalak suren jantan dan betina. Bagaimana, sudah paham bukan? Ternyata tidak sesulit itu untuk membedakan kedua jenis jalak ini. Nantikan artikel seputar hewan peliharaan selanjutnya hanya di Animalogi. Semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Yuk, Kenali Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Makanan burung selendang biru memiliki kesamaan dengan burung-burung lainnya. Ia termasuk ke dalam keluarga Muscicapidae dengan nama latin Cyornis unicolor. Sementara itu, dalam bahasa Inggris, ia dikenal dengan nama pale blue-flycatcher.  Burung ini bukanlah burung kontes, namun burung selendang biru termasuk jenis burung kicau yang digemari masyarakat. Penyebarannya pun meluas di wilayah Asia Tenggara, seperti, […]

    Trending

    Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu cara  menyehatkan jiwa dan menentramkan pikiran. Bagi pecinta ikan hias, tentunya akan selalu antusias dengan perkembangan peliharaannya. Tapi, apa jadinya jika  ikan mengalami jamuran? Tenang saja, kalian perlu membawanya ke dokter hewan atau memberikannya obat yang tepat di petshop terdekat. Namun sebagai pemilik, ada baiknya kalian perlu mengetahui penyebab […]
    Memiliki anabul seperti kucing adalah sebuah kenikmatan yang luar biasa bagi sebagian orang. Tak dipungkiri, banyak dari mereka yang merasa “tidak bisa hidup” tanpa kehadiran mereka. Bahkan saat pemilik kucing berada di luar kota, tak segan-segan untuk mengirimkan hewan kesayangannya demi lebih dekat dengannya. Tapi, apakah kalian tahu bagaimana cara mengirim kucing ke luar kota […]