1. Ikan

8 Jenis Ikan Channa Bercorak Indah, Harga, & Cara Merawatnya

Ikan channa termasuk sebagai ikan predator yang memiliki tubuh indah. Coraknya yang cantik membuat banyak pecinta ikan tertarik untuk memeliharanya. Berikut informasi lengkap mengenai jenis ikan channa dan cara merawatnya secara lengkap. 

Jenis Ikan Channa Bercorak Indah

1. Channa Argus

Channa Argus
Channa Argus (sumber: Wikipedia)

Jenis ikan channa yang pertama adalah channa argus. Jenis ini memiliki ciri yang unik dengan bercak hitam yang indah dan memukau untuk dipelihara. Mereka dianggap sebagai spesies invasif yang memiliki habitat hidup di Pulau Hainan. Harga ikan channa argus memilikir rentan sekitar Rp250.000-Rp4.000.000

2. Channa Auranti

Channa Auranti
Channa Auranti (sumber: Wikipedia)

Auranti merupakan jenis ikan channa yang terkenal sangat mahal. Coraknya yang berwarna ungu indah membuat ikan ini banyak dicari dan diincar. Memelihara ikan ini dapat menghias aquarium dengan sangat cantik.

3. Channa Asiatica

Channa Asiatica
Channa Asiatica (sumber: Wikipedia)

Memiliki nama lain green snakehead, channa asiatica sangat terkenal dikalangan pecinta ikan. Corak putih dan merahnya dapat bertumbuh hingga 35 cm. Sebagai catatan, jangan lupa untuk memisahkan ikan ini dengan ikan lainnya di akuarium karena mereka sangat agresif terhadap ikan lainnya.

4. Channa Bleheri

Channa Bleheri
Channa Bleheri (Sumber: Wikipedia)

Berbeda dengan jenis ikan channa yang sebelumnya, channa bleheri memiliki tingkah yang kalem dan damai. Mereka dapat hidup di akuarium bersama dengan ikan lainnya. Ukuran mereka juga cukup kecil yakni 17-23 cm. Tertarik memelihara ikan yang satu ini?

5. Channa Melasoma

Warna coklat kekuningannya yang khas sepertinya mampu menarik pecinta ikan untuk menatap ikan cantik ini. Mereka memiliki sirip yang sangat lembut namun dibalik fisiknya tersebut ternyata mereka sangat ganas loh Animalovers! Harga ikan channa melasoma memiliki rentan sekitar Rp150.000 – Rp3.000.000. 

6. Channa Aurantimaculata

Jenis channa selanjutnya adalah channa aurantimaculata yang memiliki corak coklat dan tubuh berwarna biru dasar. Mereka terkenal sangat agresif sehingga ada baiknya jika Animalovers ingin memelihara ikan ini harus dipisah dengan ikan lainnya.  

7. Channa Yellow Sentatum

Channa Yellow Sentarum
Channa Yellow Sentarum (sumber: Wikipedia)

Ikan yellow yang satu ini berasal dari Indonesia tepatnya terletak di Danau Sentarum di Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Karakteristik mereka sangat indah dengan mata merah garang dan tubuh hitam berbintik.

8. Channa Burmanica

Channa-Burmanica
Channa Burmanica (sumber: Wikipedia)

Animalovers suka dengan ikan berwarna cerah? Maka channa burmanica adalah pilihan yang tepat untuk dipelihara. Warna channa burmanica sangat indah yakni biru muda dengan kolaborasi peach yang kalem sesuai dengan tingkah laku mereka. Ukuran mereka juga tergolong sangat kecil yakni hanya sekitar 8 cm saja.

Cara Merawat Ikan Channa 

Ikan channa termasuk ke dalam kategori ikan predator sehingga Animalovers harus memahami perawatan yang tepat untuk ikan ini. Berikut adalah cara merawat ikan channa dengan benar:

1.  Jaga Ikan Agar Tidak Stress

Ikan channa yang baru dibeli harus diperlakukan dengan hati-hati, mereka biasanya butuh penyesuaian terhadap lingkungan baru. Maka selalu pastikan suhu dan kondisi akuarium baik untuk ikan.

2. Berikan Makanan 

Channa merupakan ikan yang senang memakan serangga. Biasanya mereka suka memakan jangkrik, nah Animalovers dapat memotong jangkrik menjadi beberapa bagian. 

3. Gunakan Pasir Malang

Sebagai dasar akuarium, Animalovers dapat menggunakan pasir malang yang memiliki kualitas terbaik. Pasir ini dapat menyerap amonia dan kotoran sehingga ikan dapat menjadi lebih bersih. 

Baca juga: Cari Tahu Cara Budidaya Ikan Gabus, Harga, & Jenisnya

Nah itu tadi jenis-jenis ikan channa yang bercorak indah beserta cara merawatnya. Semoga dapat membantu Animalovers untuk memilih jenis yang cocok untuk dipelihara ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Jenis Ikan Channa Bercorak Indah, Harga, & Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]