1. Kucing

Cari Tahu Ciri Fisik Kucing Anggora Asli & Berbagai Jenisnya

Kucing anggora adalah salah satu kucing yang paling banyak pecinta hewan pelihara. Mereka sangat lucu dengan mata menggemaskan yang imut. Untuk Animalovers yang ingin memelihara kucing lucu ini yuk simak informasi lengkap mengenai anggora!

Anggora, si Lucu yang Menggemaskan

Gambar kucing anggora
(Sumber: Unsplash)

Anggora adalah salah satu jenis kucing ras tertua di dunia yang berasal dari Turki. Kucing ini merupakan hasil seleksi alam di pegunungan Ankara yang memiliki iklim sangat dingin sehingga mengakibatkan mutasi yang membuat bulu mereka menjadi sangat lebat dan panjang.

Sebenarnya belum dapat diketahui secara pasti asal usul kucing ini dari ras apa. Namun beberapa teori mengatakan bahwa anggora berasal dari kucing liar Asia yang bernama kucing pallas. Namun, pernyataan tersebut dibantah karena perbedaan sifat antara anggora dan pallas. 

Muncul teori lain yang mengatakan bahwa anggora berasal dari kucing liar Afrika yang dijinakkan oleh suku Tatar dan kemudian dibawa ke Turki oleh para pedagang di Mesir Kuno. Melalui hal tersebut kemudian anggora hidup dan dikembangbiakkan di daerah pegunungan yang tertutup.

Pada abad 15 ketika terjadi perang Salib, para tentara membawa kucing berbulu indah ini ke Eropa. Dapat dikatakan bahwa anggora sangat populer pada masa renaisans. Kucing ini semakin terkenal ketika Raja Louis XV memelihara anggora. Hal ini membuat banyak anggora diimpor ke Eropa. Beberapa kontes kucing yang ada pada saat itu pun telah membuat perubahan di mana jenis kucing ras menjadi lebih murni dan terlihat spesifik.

Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli

Gambar anakan anggora
(Sumber: Unsplash)

Sebelum memelihara ataupun membeli, ada baiknya Animalovers mengetahui ciri-ciri kucing anggora asli agar tidak terkecoh dengan jenis ras lain. Hal ini terjadi karena beberapa orang masih tidak mengetahui perbedaan antara anggora dan persia. Berikut adalah ciri-cirinya.

1. Badan dan Kepala

Jika dilihat secara sekilas bentuk kepala anggora tidak bulat, mereka terlihat seperti bentuk segitiga. Jika Animalovers bingung perbedaan kucing anggora dan persia maka dapat melihat bagian kepala dimana persia memiliki kepala bulan yang hampir sempurna.

2. Mata Kucing

Salah satu hal yang memikat dari anggora adalah mata mereka yang bulat seperti bola dan kacang almond. Mereka sangat menggemaskan dengan mata berbinar yang lucu ketika membutuhkan perhatian.

3. Warna Bulung

Warna bulu anggora pada dasarnya berwarna putih dengan ukuran bulu yang cukup panjang. Bulu yang panjang ini harus sering disisir agar tidak kusut.

4. Hidung Mancung

Berbeda dengan persia yang memiliki hidung pesek, anggora memiliki hidung yang mancung dengan posisi tidak terlalu dekat dengan mata.

5. Bentuk Tubuh

Tubuh anggora dapat dikategorikan agak sedikit gendut, namun pada umumnya mereka memiliki badan yang panjang dan berukuran normal. Beberapa kasus membuat mereka bertubuh gendut adalah karena makan berlebihan dan kemungkinan obesitas.

Jenis Kucing Anggora Favorit

Berdasarkan perkembangannya, anggora telah menghasilkan beberapa jenis. Berikut jenis kucing anggora yang dapat Animalovers pelihara.

1. Kucing Anggora Murni

jenis kucing anggora
(Sumber: Unsplash)

Jenis yang satu ini adalah murni tanpa campuran dari ras manapun. Mereka biasanya berwarna putih dengan bulu lebat yang indah sehingga kelihatan sangat anggun. 

2. Kucing Anggora Mix Persia

persia mix anggora
(Sumber: Petme Pet Shop)

Beberapa pecinta kucing yang sangat menyukai anggora dan persia memilih untuk mengawin silangkan kedua jenis ini dan menghasilkan kucing unik. Hidung kucing yang satu ini tidak terlalu pesek biasanya dan terlihat seperti jenis kucing persia medium.

3. Anggora Mix Domestik

Gambar kucing anggora mix dom
(Sumber: Unsplash)

Jenis anggora yang satu ini hasil dari perpaduan dengan domestik. Ketebalan bulu yang dihasilkan dari jenis ini biasanya beragam, ada yg memiliki bulu panjang persis seperti ras murni atau yg pendek dan lebih cenderung seperti domestik.

Cara Merawat Kucing Anggora

Agar anggora selalu tampak anggun dan cantik, ada beberapa cara merawat kucing anggora yang harus kamu ketahui, di antaranya sebagai berikut:

1. Rutin Memotong Kukunya

Pertumbuhan kuku anggora lumayan cukup cepat sehingga pemilik harus rutin memotong kukunya agar selalu bersih. Hal ini juga menghindarkan pemilik ketika dicakar dengan kuku yang kotor.

2. Rajin Menyisir Bulu

Pemilik dapat menyisir bulu dengan sisir khusus untuk hewan agar bulu mereka selalu halus dan terawat. Bulu yang kusut akan mengurangi nilai estetika dari penampilan anggora.

3. Menyikat Gigi

Hal ini sangat opsional dan dapat dilakukan jika pemilik memiliki waktu senggang. Kebersihan mulut sangat penting agar gigi anggora menjadi sehat dan bersih.

4. Selalu Mandi Dengan Terjadwal

Kucing angora asli
(Sumber: Pixabay)

Kucing berwarna putih biasanya lebih cepat kotor dibanding kucing berwarna lain sehingga mereka perlu lebih cepat mandi jika melakukan aktivitas mereka yang menyebabkan bulu kotor. Memandikan anggora tidak perlu setiap minggu kok, karena biasanya kucing yang terlalu sering dimandikan akan lebih mudah stress, jadi sebutuhnya saja.

5. Membersihkan Telinga

Telinga yang kotor akan membuat anggora tidak nyaman dan gatal, sehingga setelah memandikannya usahakan untuk membersihkan telinga mereka ya. 

6. Berikan Makanan Bergizi

Anggora sangat senang dengan makanan basah seperti daging ikan tuna, ikan salmon, dan ayam. Memberikan makanan basah tidak perlu setiap hari karena hal ini dapat membuat anggora menjadi kegemukan. Usahakan untuk memberikan dry food juga ya sehingga makanan mereka dapat lebih bervariasi.

Makanan Kucing Anggora

Anggora
(Sumber: Unsplash)

Anggora tidak pilih-pilih soal makanan, Animalovers dapat memberikan makanan kucing anggora dengan  berbagai jenis ikan dan daging. Ketika memberikan ikan usahakan untuk tidak menggorengnya ya, namun dengan cara merebus. Pisahkan pula tulang ikan dengan dagingnya agar mereka tidak menelan duri. Berikan dry food berkualitas bagus karena makanan akan mempengaruhi pertumbuhan bulu anggora.

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Kucing anggora
Kucing anggora (Sumber: Unsplash)

Untuk Animalovers yang masih bingung dengan kedua jenis kucing anggora dan persia, dapat melihat tabel perbedaan di bawah ini.

AnggoraPersia
Bentuk wajahBerbentuk segitigaBerbentuk bulat
Warna BuluPutihPutih, hitam, coklat
Bentuk badanLangsing dan panjangBulat dan gemuk
HidungMancungPesek
Warna mataBiru, hitamHitam, hijau,

Harga Kucing Anggora 2022

Dibandingkan persia, anggora memiliki harga yang lebih murah karena mereka sudah banyak dikembangbiakkan. Berikut harga kucing anggora terbaru 2022 yang dapat menjadi referensi Animalovers dalam memutuskan untuk membeli kucing anggora.

JenisHarga
Harga kucing anggora mix domRp350.000
Harga anak kucing anggora murniRp700.000
Harga anak kucing anggora jantanRp450.000
Harga kucing anggora mix persiaRp2.500.000
Harga kucing anggora peaknoseRp1.500.000
Harga kucing anggora dewasaRp1.000.000

Baca Juga: Harga Kucing Munchkin, Jenis, Fakta, & Cara Merawatnya

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai kucing anggora asli dan berbagai jenis lengkap dengan harganya. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Animalovers untuk memutuskan memelihara anggora.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cari Tahu Ciri Fisik Kucing Anggora Asli & Berbagai Jenisnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]