1. Anjing

Harga Anjing Beagle: Sifat, Jenis, Makanan & Cara Merawatnya

Apakah Animalovers memiliki hobi berburu? Maka anjing beagle adalah hewan peliharaan yang pas untuk menemani pergi ke hutan. Tidak seperti anjing pemburu lain yang terlihat sangar, Beagle sangat lucu dan imut sehingga terkadang wajah polosnya dapat menghibur pemiliknya. Yuk simak penjelasan lengkap mengenai sifat anjing beagle lengkap dengan jenis, harga, dan cara merawatnya.

Anjing Beagle, Si Mungil yang Handal Berburu

Sejarah anjing beagle
(Sumber: Pixabay)

Beagle adalah anjing pemburu yang berasal dari Inggris. Mereka diklasifikasikan sebagai ras anjing terkecil dalam kelompok anjing pemburu. Berdasarkan fisiknya, beagle terbagi atas beberapa jenis yakni beagle sedang, beagle kecil, beagle rubah, dan beagle terrier yang memiliki bulu yang cukup kasar. 

Anjing mungil ini sudah ada sejak tahun 1500-an dan dihasilkan dari perkawinan silang antara ras harrier dengan english hond. Beberapa abad kemudian anjing ini mendapatkan pengakuan American Kennel Club (AKC) dan diakui sebagai ras. Keunggulan dari hewan mungil adalah mereka memiliki indra penciuman yang cukup tajam sehingga sangat cocok untuk dijadikan teman berburu.

Menurut sejarahnya, beagle hampir mengalami kepunahan pada tahun 1923 dikarenakan masyarakat tidak terlalu menyukai berburu bersama beagle. Melihat keadaan tersebut Philip kemudian menjadi pioner agar kembali mempopulerkan beagle kembali sehingga hal ini berdampak pada meningkatnya populasi keluarga yang mengadopsi beagle. 

Selain digunakan sebagai hewan berburu, beagle juga sering digunakan pihak kepolisian di berbagai negara sebagai anjing pelacak. Fisik mereka yang mungil tidak menghalangi anjing bermata coklat ini untuk menjadi anjing yang serba bisa.

Fakta tentang Anjing Beagle

1. Ras Mungil yang Handal

Salah satu keunikan dari beagle adalah mereka bertubuh lebih kecil dibanding anjing pemburu lainnya sehingga hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Mereka begitu cekatan, pintar, dan mengandalkan daya penciuman yang mereka yang sangat tajam.

2. Si Cerdas dan Penyayang

Anjing pemburu biasanya terlihat sangat galak dan sangar, namun beagle sangat berbeda. Mereka cerdas dan sangat penyayang, sehingga sangat cocok untuk dijadikan peliharaan di tengah-tengah hangatnya keluarga.

3. Termasuk Ras Kuno

Ras Beagle mendapatkan pengakuan sebagai anjing ras pada tahun 1885 dan ditemukan pada tahun 1500-an. Hal ini membuat mereka termasuk ke dalam golongan ras kuno yang masih hidup hingga saat ini.

4. Indra Penciuman yang Kuat

Anjing pada umumnya memiliki indra penciuman yang sangat kuat, namun indra penciuman yang dimiliki beagle lebih kuat dan sensitif sehingga mereka sering membantu pihak terkait di TKP. Wajahnya yang menggemaskan dan badannya yang mungil tentu sering mencuri perhatian di manapun mereka berada.

Ciri-ciri Anjing Beagle 

Ciri-ciri beagle
(Sumber: Pixabay)

Bagi Animalovers yang tertarik untuk memelihara si lucu ini, ada baiknya mengetahui ciri-ciri anjing beagle asli. Berikut ciri-cirinya:

  • Mata berwarna coklat jernih yang besar.
  • Moncong berukuran panjang dan berbentuk seperti persegi.
  • Telinga yang panjang dan jatuh ke bawah.
  • Ekor lucu yang selalu tegak ke atas.
  • Kombinasi warna bulu biasanya putih, hitam, dan coklat.
  • Hidung berwarna hitam.
  • Beratnya mencapai 11 kg dengan tinggi 26-30 untuk begina dan 41 cm untuk jantan.

Sifat Anjing Beagle

Sebagai hewan peliharaan yang banyak disukai, sifat anjing beagle banyak mengundang perhatian. Anjing beagle sangat ceria dan sangat senang bersosialisasinya. Mereka biasanya sangat penurut dan aman untuk dilepas bermain dengan anak-anak kecil. Bagi Animalovers yang memiliki anak, maka jenis beagle mungkin akan menjadi peliharaan yang pas mengisi kehangatan dan teman untuk si kecil.

Jenis-jenis Anjing Beagle

Sebagai ras kuno yang banyak dikembangbiakkan, terdapat berbagai jenis anjing beagle yang dapat dipelihara. Mereka memiliki ukuran yang berbeda namun biasanya dengan sifat yang sama.

1. Beagle Reguler

Beagle reguler
Anjing Beale Reguler (Sumber: Pixabay)

Jenis reguler dapat dikategorikan sebagai ras murni dari beagle. Mereka biasanya berukuran sekitar 33-38 cm dan memiliki penciuman yang baik. Anjing ini biasanya memiliki kecenderungan untuk banyak makan dan rentan obesitas sehingga ada baiknya untuk selalu mengawasi makanan yang diberikan. Mereka juga sangat hangat dan perhatian kepada siapapun.

2. American Eagle

American Eagle
(Sumber: Dog Breed Info)

Perkawinan silang antara beagle dan american eskimo menghasilkan american beagle yang lucu. Mereka biasanya memiliki bulu tebal yang indah dan nampak seperti mantel. Anjing ini biasanya salah satu favorit banyak pecinta anjing karena mata secara fisik mereka sangat unik dan lucu. 

3. Labbe

Anjing labbe
(Sumber: Dog Breed Info)

Perpaduan antara labrador dan beagle menghasilkan hewan lucu bernama labbe. Kedua anjing tersebut memang biasanya dikategorikan sebagai anjing pemburu sehingga pencampuran tersebut melahirkan anjing labbe yang unggul. 

4. Sharp Beagle

Sharp eagle
Gambar anjing eagle (Sumber: Dog Breed Info)

Salah satu keunikan jenis anjing beagle yang satu ini adalah mereka memiliki bulu tebal berwarna hitam atau coklat yang sangat halus. Anjing ini dihasilkan dari persilangan beagle dan shar-pei. Mereka memiliki sifat yang ceria dan terkadang sangat cepat bosan terhadap sesuatu sehingga pemilik harus pintar untuk mengajaknya bermain dan berlatih.

5. Bogle

Gambar anjing boggle
Gambar anjing bogle (Sumber: Wikipedia)

Jenis ini sangat populer dikalangan anjing pemburu karena memiliki memiliki fisik yang sangat bagus dengan tubuh kuat, berotot, dan sangat atletis. Padahal mereka biasanya tidak memiliki perawatan yang begitu rumit. Hal ini menjadikan bogle sebagai salah satu hewan yang banyak disukai pecinta anjing. Bogle bukan ras asli dari beagle, mereka adalah campuran dari beagle dan boxer.

6. Puggle

Gambar Anjing Puggle
(Sumber: Pixabay)

Poodle yang imut dikawinkan dengan ras beagle menghasilkan jenis puggle yang sangat imut. Mereka benar-benar lucu dan terlihat seperti anjing mainan. Anjing lucu ini biasanya sangat aktif dan sangat cocok untuk menemani hari-hari di rumah.

7. Pocket Beagle

Gambar anjing pocket beagle
Gambar pocket beagle (Sumber: Wikimedia Commons)

Si mungil yang satu ini sangat cocok untuk diajak berburu dengan dimasukkan ke dalam saku. Mereka biasanya senang berburu, sehingga Animalovers yang senang menjelajahi alam ataupun butuh bantuan ketika berburu maka si mungil yang satu ini adalah pilihan yang tepat.

Cara Merawat Anjing Beagle

Perawatan sangat penting bagi beagle agar mereka tumbuh dengan sehat, terlatih, dan kuat. Sebenarnya dalam perawatannya tidak ada yang sulit kok, Animalovers hanya perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini, yuk disimak.

1. Berikan Makanan Sesuai dengan Usia

Makanan anjing beagle adalah ikan, daging, buah, dan oatmeal. Anjing beagle dewasa tentunya membutuhkan makanan lebih banyak dibandingkan dengan anakannya sehingga pemilik dapat menyesuaikan sering pertumbuhan mereka. 

Beberapa jenis anjing beagle sangat senang makan sehingga terkadang pemilik yang baik hati akan terus memberi makan mereka. Hal ini perlu dihindari ya Animalovers karena beagle dapat menjadi kegemukan karena terlalu banyak makan. Beri makan mereka secukupnya saja ya!

2. Rutin Menyikat Gigi dan Memandikannya

Menyikat gigi dan mandi adalah dua hal penting ketika memelihara anjing agar mereka selalu bersih dan wangi. Animalovers tidak perlu memandikannya setiap hari kok, hanya sesekali saja ketika mereka terlihat kotor. Untuk menyikat gigi, usahakan dengan jadwal rutin ya agar gigi mereka selalu sehat dan bersih.

3. Berikan Latihan Fisik

Selain itu pemilik juga dapat memberikan hadiah ketika mereka sudah mampu melakukan sesuatu. Beagle biasanya sangat senang apabila hadiah tersebut adalah makanan ataupun usapan manja di kepala.

Sebagai hewan pemburu, ada baiknya beagle diberikan latihan fisik sejak masih kecil agar seiring berjalannya waktu anjing beagle dewasa akan terlatih. Mereka biasanya menganggap latihan fisik sebagai salah satu kegiatan bermain jadi usahakan agar tidak terlalu serius dalam memberikan pelatihan ya.

4. Jangan Meninggalkan Beagle Sendirian 

Sebagai anjing yang senang bersosialisasi, usahakan untuk tidak meninggalkan beagle sendirian. Pemilik dapat bergantian dengan anggota keluarga yang lain untuk menemani si mungil yang lucu ini. 

Mengapa mereka tidak boleh sendirian? Kamu pasti mempertanyakan hal tersebut, alasan mereka tidak boleh sendirian adalah mereka mudah terserah stres dan merasa diabaikan. Sehingga, ada baiknya untuk bergantian dengan anggota keluarga yang lain untuk menemaninya.

5. Pastikan Lingkungan Aman

Beagle sangat aman dengan anak-anak, namun perlu diketahui mereka tidak aman dengan hewan ternak yang kecil seperti ayam, bebek, dan kelinci. Hal ini dikarenakan mereka masih memiliki jiwa memakan hewan, jadi ada baiknya untuk memastikan beberapa hewan tersebut tidak ada dilingkungan sekitar beagle.

Harga Anjing Beagle Terbaru 

Harga anjing beagle
(Sumber: Pixabay)

Biasanya harga anjing beagle yang memiliki sertifikat akan lebih tinggi dibanding yang tidak. Mereka juga biasanya tidak semahal anjing ras lainnya, berikut daftar harga anjing beagle.

Jenis Anjing BeagleHarga Anjing Beagle
Anakan beagle Rp800.000,00
Beagle jantan dewasaRp1.000.000,00
Beagle usia 2 bulanRp1.500.000,00.
Beagle dengan bulu 3 warnaRp3.500.000,00.
Beagle mini mix dachshund dogRp5.000.000,00.
Beagle betina stambum Rp2.500.000,00.
Beagle jantan stambum Rp2.250.000,00.

Baca Juga: Harga Anjing Pomeranian, Jenis, Ciri-Ciri, & Cara Merawatnya

Anjing beagle mungkin salah satu peliharaan yang pas untuk Animalovers yang saat ini sedang mencari hewan peliharaan. Mereka begitu lucu, cekatan, dan pintar sehingga tidak akan mengecewakan siapapun. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kamu mengenai informasi anjing beagle ya, Animalovers!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Harga Anjing Beagle: Sifat, Jenis, Makanan & Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]