1. Kucing

Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik & Cara Pemilihannya

Animalovers merasa kesulitan untuk mencari pasir yang terbaik untuk si kucing? Kali ini, Animalogi akan memberikan kamu beberapa rekomendasi pasir kucing terbaik serta bagaimana cara memilihnya supaya aman untuk tumbuh kembang kucing dan tidak bau. Simak informasi selengkapnya hanya di Animalogi!

Tips Memilih Pasir Kucing Terbaik

Sebelum memberikan rekomendasi tentang beberapa produk pasir kucing terbaik, Animalogi akan memberikan kamu beberapa tips untuk memilih pasir kucing yang baik. Berikut adalah tips-tipsnya:

Mempertimbangkan Jenis Bahan

Kamu perlu mengetahui bahwa jenis bahan pasir untuk kucing bukan hanya satu saja. Terdapat banyak jenis pasir untuk kucing, mulai dari jenis zeolit sampai ampas kedelai. Setiap jenis pasir ini memiliki ciri khas, karakteristik, dan kelebihannya masing-masing. Sebelum kamu membeli, kamu perlu untuk mengenali karakteristik setiap jenis bahannya supaya tahu pasir mana yang cocok untuk kucing kesayangan.

Menggunakan Pasir Bebas Debu

Kebiasaan kucing adalah mengubur kotorannya. Kebiasaan ini dapat membuat pasir berhamburan bahkan sampai menimbulkan debu. Debu ini dapat membuat rumah dan area sekitar kandang kucing menjadi kotor. Selain itu, debu ini tidak baik untuk pernapasan kucing dan juga manusia. Kamu perlu mencari mencari produk pasir untuk kucing yang sudah mencantumkan keterangan pasir bebas debu di kemasannya.

Memilih Pasir dengan Butiran Kecil

Kucing lebih menyukai tipe pasir yang memiliki butiran halus dan kecil. Butiran ini serupa dengan butiran pasir-pasir pada umumnya. Kucingmu akan merasa nyaman ketika menyentuh pasir ini karena teksturnya yang halus dan kecil menyerupai pasir yang ada di alam. Tentu, pasir yang kamu pilih juga memudahkan kucing untuk mengubur kotorannya.

Mengetahui Aroma Pasir

Setelah mengetahui tentang tekstur pasir, kamu juga perlu mengetahui aroma yang ditawarkan. Indra penciuman kucing jauh lebih tajam daripada manusia. Kucing tidak mau membuang kotoran pada tempat yang sudah kamu sediakan jika pasir tersebut memiliki aroma yang terlalu menyengat. Kamu dapat memilih tipe aroma pasir yang tidak terlalu menyengat.

Aroma yang dapat kamu pilih dapat menggunakan aroma buah-buahan, aroma bunga, aroma alami, sampai unik lainnya. Aroma buah-buahan adalah salah satu aroma yang banyak dipilih. Aroma bunga memiliki bau yang menyengat, kamu perlu berhati-hati ketika memilihnya. Aroma Alami cenderung tidak begitu menyengat dan mampu menahan bau. Aroma unik lainya sangat cocok bagi kamu yang bosan dengan aroma itu-itu saja.

Berbagai Jenis Pasir Kucing

Berikut adalah beberapa jenis dari pasir kucing wangi:

Kayu

Pasir kucing yang terbuat dari kayu adalah pasir untuk kucing yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Pasir yang terbuat dari serat kayu ini sangat cocok bagi kamu pecinta alam yang memperhatikan dampak lingkungan dari penggunaan pasir dari bahan Zeolit. Pasir dari serat kayu ini memiliki daya serap yang tidak kalah kuat dari jenis lainnya.

Ampas Kedelai

Siapa sangka, ampas kedelai yang sudah tidak terpakai dapat menjadi pasir untuk kucing. Ampas kedelai cukup banyak digunakan menjadi pasir kucing. Bahan ini dinilai sebagai bahan yang ramah lingkungan karena berasal dari bahan daur ulang. Kelebihannya adalah tidak menimbulkan debu dan dapat terurai secara alami.

Zeolit

Zeolit adalah jenis pasir kucing yang sangat sering digunakan. Biasanya pasir dari Zeolit tersedia dalam berbagai jenis tekstur, mulai dari yang kasar sampai yang lembut. Bahan ini memiliki kelebihan dapat mengikat zat amonia, sumber bau tidak sedap. Pasir jenis Zeolit mudah untuk kamu dapatkan di toko hewan dan harganya cukup terjangkau.

Bentonit

Bentonit
Bentonit (Sumber: https://m.made-in-china/)

Pasir dengan Bentonit adalah salah satu jenis bahan yang juga cukup banyak digunakan. Pasir Bentonit mudah menggumpal jika terkena air seni kucing. Bahan Bentonit memiliki daya serap yang sangat baik. Bahan ini memiliki tekstur yang kecil dan halus sehingga nyaman untuk kaki si kucing.

Rekomendasi Produk Pasir Kucing Wangi

Animalogi akan memberikan beberapa rekomendasi produk terbaik, sebagai berikut: 

Best in Show Maxi Cat Sand

Best in Show Maxi Cat Sand
Best in Show Maxi Cat Sand (Sumber: Lazada)

Maxi Cat Sand adalah produk pasir untuk kucing yang berasal dari Australia. Pasir ini memiliki kualitas premium dan terbuat dari bahan Bentonit yang mudah menggumpal. Gumpalan tersebut membuat pasir mudah dibersihkan karena tidak mudah hancur. Produk ini memiliki sekitar sembilan pilihan aroma, mulai dari aroma daun pandan sampai aroma buah-buahan.  Aroma tersebut cukup tahan lama sehingga area litter box akan tetap wangi dan kamu dapat membersihkannya dengan cepat. Harga pasir kucing ini mulai dari Rp115.000.

Cub n Kit Scented Cat Litter

Cub n Kit Scented Cat Litter
Cub n Kit Scented Cat Litter (Sumber: Tokopedia)

Cub n Kit Scented Cat Litter adalah produk yang memiliki kualitas premium dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu dapat membeli produk ini mulai dari harga Rp27.500 untuk 5 liter pasir. Produk ini memiliki daya gumpal yang cukup baik. Pasir ini dapat dikatakan sangat praktis dan ekonomis.

Vetsand Zeolite Cat Litter

Vetsand Zeolite Cat Litter
Vetsand Zeolite Cat Litter (Sumber: Shopee)

Vetsand Zeolite Cat Litter adalah produk pasir kucing yang terbuat dari bahan Zeolit. Produk ini membuat kamu tidak perlu khawatir jika ruangan menjadi bau karena bahan ini dapat menyerap bau tidak sedap. Bahan Zeolit mampu mengikat zat amonia dari kotoran kucing

 Tekstur produk terbuat dari butiran berbentuk bulat yang sangat nyaman untuk kaki kucing. Pasir ini memiliki harga mulai dari Rp47.000. 

Demikian pembahasan Animalogi tentang rekomendasi pasir kucing terbaik dan bagaimana cara memilihnya. Kamu perlu memperhatikan dengan baik pasir jenis mana yang cocok untuk kucing kesayangan. Semoga artikel kali ini dapat membantu kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik & Cara Pemilihannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]