1. Ikan

Mengenal Ikan Lele Albino Berwarna Unik yang Mulai Hilang

Jika mendengar nama ikan lele tentu bukan hal yang asing bagi Animalovers. Lele merupakan Ikan yang biasa dijadikan menu santapan sehari-hari oleh warga Indonesia.

Lele yang Kita temui umumnya berwarna hitam. Namun, tahukah Animalovers tahu ada lele yang berwarna putih dan menjadi ikan hias dalam aquarium? Namanya lele albino, sudah pernah dengar? Jika belum, simak ulasan secara lengkap di Animalogi!

Sekilas Mengenai Ikan Lele Albino

Ikan lele albino atau disebut juga Ikan lele bule memiliki klasifikasi sebagai berikut:

Ordo : Ostariophysi

Sub-Ordo : Siluroidea

Famili : Claridae

Genus : Clarias

Spesies : Clarias batrachus

Asal dari : India, Sri Lanka, Malaysia, Filipina

Nama Inggris : Plak Du Dam/Albino Clarias/Catfish

Nama Latin : Lele Bule

Ciri-ciri fisik yang ada pada ikan hias ini yaitu seluruh tubuhnya berwarna putih dan belang dan tubuhnya memanjang mirip torpedo. Lele bule ini juga memiliki alat pernapasan tambahan yang disebut aborescen organ yang terletak di sebelah atas rongga insang.

Sebagaimana umumnya ikan lele, lele albino juga memiliki empat pasang kumis, dan senjata patil yang terletak di sebelah depan sirip dada. Yang unik dari lele bule ini adalah mampu berjalan jauh tanpa air menggunakan bantuan patilnya. 

Lele bule termasuk ikan hias yang harganya masih lumayan tinggi, sebab keberadaannya di pasaran masih langka. Harga lele albino bervariasi tergantung ukurannya, mulai dari Rp100.000 untuk ukuran 20 cm hingga mencapai Rp500.000 untuk monster lele albino.

Di Pulau Bangka juga ditemukan kelik puteh, yakni ikan lele berwarna putih di sekujur tubuhnya dengan mata berwarna merah yang mirip dengan spesies Clarias Batrachus atau ikan lele albino, namun belum dapat dipastikan apakah kelik putih merupakan jenis spesies lele albino Clarias batrachus.

Baca juga: Mengenal Taksonomi Ikan Baung, Jenis, & Cara Budidaya

Makanan Ikan Lele Albino

Untuk pakan, lele albino sama seperti lele hitam yang makan apa saja dan tidak mudah sakit. untuk ukuran lele albino 3-5 cm, dapat diberi makan cacing sutra atau kutu air, namun jika sudah besar cukup berikan pelet.

Cara Memelihara Ikan Lele Albino

ikan lele albino
Ikan lele albino (sumber: Sangkuti Farm)

Ikan lele albino selain dapat dipelihara sendiri, juga dapat dibudidayakan, simak berikut tips berikut ini.

  • Ikan lele albino yang masih kecil, dapat diletakan di akuarium kecil dan dicampur dengan jenis ikan hias lainnya. Namun, jika sudah mulai bertumbuh besar, lele albino dapat memakan ikan hias yang ukurannya lebih kecil darinya.
  • Gunakan tutup pada akuarium karena lele albino dapat melompat keluar.
  • Buatlah bak atau kolam budidaya lele albino berukuran 2 x 1 m dengan kedalaman 40 cm.
  • Jangan biarkan tanaman air dalam kolam tumbuh hingga menutup rapat permukaan kolam. Ikan lele bule akan mati kelabakan jika tempat tinggalnya tertutup rapat oleh tanaman air.
  • Calon indukan lele albino harus bertubuh mulus dengan bentuk tubuh normal dan sehat, dengan usia indukan paling tidak 10-12 bulan dengan bobot minimal 20 gram per ekor.
  • Pasangan indukan yang lolos seleksi jangan sampai jenis kelaminnya sama. Lele albino jantan memiliki ciri kelamin yang menonjol, gerakan lincah, dan bertubuh langsing. Ciri indukan betina lele albino yaitu kelaminnya bulat, tubuhnya membengkak terutama perutnya dan gerakannya lambat.
  • Buatlah sarang di dasar kolam dengan tinggi kira-kira 20 cm. Tambahkan eceng gondok di depan sarang agar suasananya lebih alami dan masukkan sedikit ijuk ke dalam sarang sebagai tempat telur menempel.

Baca juga: Rekomendasi Resep Umpan Lele Paling Jitu, Wajib Dicoba!

Demikian sedikit ulasan tentang ikan lele bule atau lele albino. Apakah Kamu tertarik untuk memeliharanya?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Ikan Lele Albino Berwarna Unik yang Mulai Hilang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]