1. Anjing

Jenis Anjing Husky, Harga, Sifat, dan Cara Merawat [LENGKAP]

Beberapa orang yang pertama kali melihat anjing husky akan mengira bahwa hewan berbulu putih abu-abu itu adalah serigala. Sebenarnya hal itu tidak salah loh. Tahukah kamu bahwa nenek moyang husky adalah serigala? Jika kamu baru mengetahuinya, tentu ini akan menjadi pengetahuan baru untuk kamu. Selain itu, husky banyak dikawin silangkan sehingga menghasilkan jenis anjing husky yang beragam.

Anjing ini memiliki wajah yang sedikit seram, namun jika kamu mengenalnya lebih dekat anjing husky memiliki kepribadian yang ramah dan penurut loh. Buat kamu yang penasaran dengan anjing berwajah seram namun berhati lembut ini, yuk mari mengenal jenis anjing husky, harga, sifat, dan cara merawatnya.

Sekilas tentang Anjing Husky, Anjing yang Sering Dikira Serigala

Anjing husky sebagai anjing pekerja
Anjing husky sebagai anjing pekerja (Sumber: Pixabay)

Kamu mungkin heran mengapa anjing jenis husky mirip dengan serigala. Agar kamu tidak penasaran kita bahas mengenai sejarahnya ya. Keberadaan anjing husky adalah hasil dari mutasi genetik dan evolusi yang terjadi sejak ribuan tahun lalu. Anjing ramah ini dikembangkan oleh masyarakat Chukchi di daerah Asia Timur pada abad 18 dan dijadikan sebagai hewan penarik kereta untuk membawa beban diatas salju.

Pada tahun 1909 anjing yang memiliki bulu tebal layaknya mantel ini dibawa ke Alaska untuk bertanding dalam pertandingan jarak jauh. Dari pertandingan ini anjing husky kemudian terkenal karena daya tahan tubuh dan kecepatan larinya. Pada tahun 1960 an terjadi perkawinan silang antara serigala abu-abu dan anjing yang marak terjadi di Inggris.

Perkawinan ini menghasilkan keturunan dimana sifat anjing lebih dominan ketimbang serigala sehingga husky dapat dipelihara. Tidak heran mengapa banyak yang sempat mengira bahwa anjing ini adalah srigala. Meski memiliki wajah seram seperti serigala namun husky memiliki sifat yang ceria dan penurut. Jika kamu mengenalnya secara langsung maka dapat dipastikan anjing bermata biru ini akan merebut hatimu.

Perbedaan Serigala dan Anjing Husky

Perbedaan husky dan serigala
Husky dan serigala (Sumber: Love Your Dog)

Serigala memiliki sifat tegas yang dapat menyerang manusia secara langsung apabila terancam. Mereka sangat cerdas dan sering berkelompok. Kemampuan berburunya dalam mencari makan tidak perlu diragukan lagi.

Hasil dari persilangan anjing dan serigala menghasilkan husky dengan sifat yang cenderung dominan dari anjing yakni ceria, penyayang, dan selalu nurut dengan pemiliknya. Mereka memiliki daya tahan tubuh yang kuat dengan bulu dua lapis yang sangat tebal.

Meski memiliki garis keturunan dari serigala, anjing husky tidak sama dengan serigala yang menyeramkan. Mereka ramah, jinak dan senang bersosialisasi. Tidak seperti serigala yang merasa manusia adalah ancaman, husky merasa manusia adalah sahabat.

Sifat Anjing Husky yang Membuatnya Jadi Favorit

Anjing husky yang ramah
(Sumber: Pixabay)

Jangan tertipu dengan wajah seramnya, anjing husky sangat ramah kok. Sifatnya yang ramah dan lucu membuatnya menjadi favorit banyak orang. Apabila kamu masih sedikit takut dengan wajah seramnya, mari kita bahas sifat anjing husky. 

1. Sangat Lincah dan Aktif

Anjing husky bermain
(Sumber: Pixabay)

Anjing husky memiliki jiwa yang bebas dan aktif. Apabila kamu ingin memelihara anjing ramah ini maka kamu harus bisa menyiapkan waktu untuk bermain bersama. Ia begitu lincah sehingga dibutuhkan ruang untuk membuatnya mengeluarkan ekspresinya. Kelincahannya ini membuat husky bisa diikutsertakan dalam pertandingan ketangkasan hewan. 

2. Mudah Penasaran Akan Sesuatu

Anjing husky
(Sumber: Pixabay)

Memiliki kecerdasan yang tinggi, husky selalu penasaran dengan sesuatu yang menarik perhatiannya. Sebagai pemilik husky mungkin kamu akan melihat bahwa anjing ini layaknya anak kecil yang sedang kepo akan sesuatu. Kamu mungkin harus sabar melihat tingkatnya selalu penasaran ini.

3. Tidak Banyak Menggonggong, Tapi Mengoceh/Melolong

Anjing husky yang sedang melolong
Anjing husky yang sedang melolong (Sumber: Unsplash)

Okey, mungkin kamu berpikir sangat baik jika mereka tidak menggonggong namun mereka melolong. Kebiasaan ini adalah hasil naluri alamiah sebagai keturunan serigala. Dapat dikatakan bahwa anjing husky cukup berisik, terlebih karena mereka sangat aktif. Apabila kamu tinggal di apartemen dan berencana mengadopsi mungkin kamu dapat berpikir ulang karena lolongan anjing husky bisa mengganggu tetangga kamu. Namun, jika kamu tinggal di rumah maka memilih anjing husky adalah hal yang tepat

4. Punya Metabolisme Tubuh Diatas Rata-Rata

Anjing husky lucu
(Sumber: Pixabay)

Sebagai hewan yang sering hidup di alam liar, anjing husky memiliki pertahanan diatas rata-rata. Mereka mampu bertahan hidup dengan makanan yang sedikit atau bahkan tidak makan namun tetap memiliki kekuatan yang besar. Badannya yang besar menyimpan energi yang cukup besar sehingga tetap bertahan dalam kondisi alam yang berat dan terjal. 

5. Ramah ke Orang Asing

sifat anjing husky yang ramah ke orang asing
Anjing husky yang ramah (Sumber: Pixabay)

Banyak orang yang lumayan takut melihat anjing husky untuk pertama kalinya karena wajahnya yang seram dan menakutkan. Jika kamu mendekat secara perlahan, kamu akan menemukan sebuah keramahan yang begitu tulus dari anjing manis ini. Tubuhnya yang besar akan disandarkan pada kamu seolah kamu dan husky adalah teman. Keramahannya ini telah mencuri hati banyak orang.

Jenis – Jenis Anjing Husky

Seperti yang dijelaskan seperti yang dijelaskan sebelumnya pada sejarah husky, mereka pada awalnya dihasilkan dari perkawinan silang antara anjing dan serigala. Setelah lahirnya husky, anjing jenis ini kemudian dikawin silangkan dengan ras anjing lain yang membuatnya melahirkan banyak jenis anjing husky.

1. Siberian Husky

Anakan Siberian Husky
Anakan Siberian Husky (Sumber: Pixabay)

Salah satu jenis anjing husky yang paling terkenal dan umum adalah Siberian Husky. Husky yang satu ini berasal dari Rusia. memiliki ciri berbadan sedang dan bulu berbagai warna mulai dari hitam, putih, abu-abu, merah-putih, silver-abu-abu. Bulu anjing husky memiliki ketebalan dan ketahanan yang membuatnya tetap hangat pada suhu ekstrim.

Jika kamu memiliki pekarangan rumah yang luas dan senang berpetualang, maka siberian husky adalah pilihan yang tepat untuk dipelihara sekaligus menjadi sahabat. Mereka memiliki sifat yang sangat ramah, terutama kepada anak-anak dan sangat senang hidup dalam sebuah keluarga.

2. Klee Klai

Anjing Klee Kai
Anjing Klee Kai (Sumber: Hello Bark)

Klee Klai adalah anjing dari ras spitz yang dikembangkan sejak tahun 1970-an. Dari segi fisik dan sifat anjing ini menyerupai anjing husky. Sifat dari anjing Klee Klai ini pun tidak jauh berbeda dengan husky. Penampilannya yang memiliki bulu sangat tebal mencerminkan bahwa ia adalah keturunan anjing utara yang hidup di cuaca ekstrim. Tidak seperti husky yang senang melolong, anjing klee klai cenderung lebih pendiam dan sangat cocok untuk tinggal di apartemen.

3. American Eskimo Dog

American Eskimo
American Eskimo (Sumber: Pixabay)

American eskimo dog adalah salah satu jenis anjing husky terpopuler dan banyak disukai oleh kalangan pecinta hewan. Tidak seperti Siberian Husky yang memiliki banyak warna pada bulunya, anjing American Eskimo memiliki bulu tebal berwarna seputih salju yang begitu cantik. Anjing ini memiliki ukuran tinggi sekitar 38.1 cm hingga 50.8 cm dengan berat 8 hingga 15 kg.

4. Chinook

Anjing Chinook
Anjing Chinook (Sumber: Pet Crates Direct)

Jenis anjing husky yang satu ini tidak terlihat sedikit berbeda dan lebih condong mirip dengan labrador retriever. Chinook dihasilkan dari perkawinan silang antara husky dengan massif. Keberadaan dari Chinook sendiri tidak sebanyak Siberian Husky dan jenis anjing husky lainnya, mereka sangat langka dan sedikit susah untuk ditemukan. 

5. Labrador Husky

Laborator Husky
Laborator Husky (Sumber: Pixabay)

Anjing Labrador Husky merupakan persilangan antara Labrador Retriever dan husky. Anjing jenis husky yang satu ini asli berasal dari Kanada. Bentuk anjing labrador memiliki ukuran yang besar dan termasuk salah satu anjing husky terbesar dengan berat yang bisa mencapai 45 kg. Sifat mereka ramah, namun jiwa pemangsa mereka jauh lebih kuat sehingga anjing ini tidak cocok dipelihara didalam rumah yang terdapat hewan seperti kucing, karena akan membahayakan mereka.

6. Norwegian Elkhound

Norwegian Elkhound
Norwegian Elkhound (Sumber: Pet Finder)

Sesuai namanya, Norwegian Elkhound berasal dari Norwegia yang sering digunakan untuk berburu rusa. Jenis anjing husky ini sangat kuat dan bisa membantu banyak hal bagi pemiliknya seperti menjaga rumah, menggembala hewan ternak, dan membela pemiliknya. Anjing ini sangat aktif dan senang menggonggong. 

7. MacKenzie River Husky

MacKenzie River Husky
MacKenzie River Husky (Sumber: Spirit Dog Training)

MacKenzie River Husky dipercaya telah ada sejak 100 tahun lalu di bawah lingkaran Akrilik. Anjing pekerja yang satu ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada Siberian Husky. Mereka mampu mengangkat berat melebihi berat badan mereka sendiri dan melintasi medan yang terjal.  Ada kepercayaan bahwa MacKenzie River Husky masih memiliki garis keturunan dari anjing mercu jog.

8. Akita Inu

Akita Inu
Akita Inu (Sumber: Pixabay)

Akita inu memiliki nama lain yang sering disebut Akita Jepang (The Japanese Akita). Jenis anjing husky yang satu ini telah ada sejak tahun 1600-an yang memiliki kemampuan berburu beruang, menjaga rumah, dan bisa berpartisipasi dalam adu anjing. Memelihara akita inu berarti harus menyiapkan ruang yang besar karena badannya yang besar yakni dengan tinggi sekitar 60-70 cm dan berat badan 34-55 kg.

9. Pomeranian Husky

Pomeranian husky
Pomeranian Husky (Sumber: Pomsky Owners Association)

Tidak seperti husky pada umumnya yang memiliki badan besar, Pomeranian Husky merupakan anjing husky kecil yang sangat lucu dan menggemaskan. Anjing husky yang satu ini merupakan kombinasi antara ras husky dan pomeranian. Mereka memiliki sifat yang mandiri dan senang bersosialisasi sehingga sangat pas untuk dijadikan hewan peliharaan baik di rumah maupun di apartemen. 

Pomeranian Husky adalah jenis husky yang masih tergolong baru dikembangkan, mereka muncul pada tahun 2009. Lalu pada tahun 2021 anak anjing Pomeranian Husky pertama lahir dan menjadi anjing mainan yang paling populer di dunia. 

10. Keeshond

Keeshond
Keeshond (Sumber: Pixabay)

Keeshond masih termasuk dalam ras Samoyed yang memiliki tipe spitz yang sangat populer di Belanda. Keeshond sangat senang bersosialisasi dan begitu lincah sehingga unggul dalam olahraga. Anjing lucu ini memiliki ukuran tubuh dengan tinggi sekitar 43-45 cm sekitar 15 kg.

Info Makanan dan Harga Anjing Husky Terbaru 2022

Harga anjing husky
(Sumber: Unsplash)

Makanan anjing husky sangat beragam, mereka sangat menyukai daging baik yang mentah maupun yang matang. Daging yang disukai oleh husky adalah ayam, sapi, dan domba. Dalam memberikan makanan anjing husky, pemilik harus bisa memberikan vitamin E. Pemberian makanan disesuaikan dengan umur husky, untuk anak anjing husky diberikan makan 2-3 kali sehari, dan untuk anjing husky dewasa 1-2 kali.

Harga anakan anjing husky yang terbaru untuk stambum yakni sekitar Rp4.200.000 dan untuk yang non stambum sekitar Rp1.500.000,00. Sedangkan untuk harga anjing husky dewasa stambum adalah sekitar Rp5.100.000,00 dan non stambum sekitar Rp2.000.000,00. Khusus harga anjing husky kecil seperti Husky Pomeranian berdasarkan referensi dari Animalso memiliki harga yang cukup mahal sekitar Rp10.000.000,00.

Cara Merawat Anjing Husky

Anjing husky adalah salah satu anjing pekerja yang sangat bisa diandalkan dalam berbagai hal. Kemampuan bertahan hidupnya yang tinggi di suhu ekstrem membuatnya tidak membutuhkan perawatan yang intensif. Untuk menjaga kesehatannya agar bertahan hidup lama, kamu dapat memperhatikan cara merawat anjing husky. 

1. Sisir Rambut dan Giginya dengan Rutin

Anjing husky dengan bulu tebal
(Sumber: Pixabay)

Husky memiliki 2 lapis bulu yang sangat tebal untuk menjaganya agar tetap hangat. Bulu yang tebal ini harus rajin disisir agar tidak kusut dan tetap menjaga keindahannya. Selain itu, jangan lupa untuk menyikat giginya secara rutin untuk menjaga kebersihan mulut husky kesayangan kamu.

2. Sediakan Tempat Luas untuk Bergerak

Ukuran tubuh husky yang lumayan besar membuatnya membutuhkan ruang yang luas untuk bergerak, ini mengapa rumah yang kecil dan apartemen yang sempit kurang cocok untuk husky. Sifat anjing husky yang ceria dan  senang berada ditengah-tengah keluarga membuatnya jarang keluar sehingga harus disediakan ruang luas untuknya bisa bermain dan berekspresi.

3. Hati-Hati Saat Memberi Makan 

Anjing husky sedang makan
(Sumber: Forever Husky)

Husky merupakan anjing yang cukup pemilih dalam hal makanan, apabila tidak sesuai dengan seleranya maka terkadang ia tidak ingin makan. Kamu harus memperhatikan apa makanan favoritnya agar asupan makanannya terpenuhi. 

Untuk makanan anjing husky biasanya mereka menyukai berbagai macam daging namun ada kalanya mereka bosan dengan satu variasi daging. Kamu dapat mengganti makanannya secara rutin.

4. Berikan Vaksin dan Vitamin dengan Rutin

Vaksin adalah salah satu hal wajib untuk husky agar mereka menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Kamu tentu tidak inginkan husky kesayanganmu terserang penyakit kan? maka dari itu jangan lupa untuk membawa husky ke dokter dan memberikannya vaksin. Selain itu, husky membutuhkan vitamin E yang diberikan secara rutin maupun melalui kandungan makannya untuk menjaga kesehatannya.

5. Latih Kemampuannya dengan Intensif

(Sumber: Pixabay)

Husky adalah anjing yang biasanya melakukan pekerjaan berat, mereka terbiasa untuk dilatih melakukan sesuatu. Membiarkan husky hanya bermain tanpa melatih kemampuannya membuat anjing ini akan gemuk.

Meski terlihat sedikit garang, husky adalah anjing ceria yang sangat senang bersosialisasi. Hewan berbulu tebal ini sangat cocok untuk hadir ditengah hangatnya keluarga kamu. Semoga artikel ini membantu kamu dalam mempertimbangkan kamu untuk memelihara anjing ini ya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Jenis Anjing Husky, Harga, Sifat, dan Cara Merawat [LENGKAP]

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]