1. Hewan Lainnya

Harga Kelinci Rex, Jenis, Variasi Warna, & Cara Merawatnya

Kelinci merupakan salah satu jenis hewan yang paling banyak dipelihara. Mereka sangat lucu dengan telinga panjang dan wajah polosnya. Salah satu jenis kelinci yang dapat kamu pelihara adalah rex. Mari mengenal kelinci bermotif hitam-putih ini yuk, Animalovers!

Kelinci Rex, Ras Kelinci dengan Bulu Super Lembut

Gambar kelinci rex
(Sumber: Rabbit Care Tips)

Rex adalah kelinci yang memiliki tampilan dengan bulu yang mewah yang bertekstur seperti beludru. Kelinci jenis ini sudah ada sejak tahun 1919 yang berasal dari kecil liar berwarna abu-abu liar yang kemudian dikembangbiakkan oleh peternak dan para pebisnis bulu.

Pada tahun 1942 kelinci ras yang lucu ini tampil secara publik di Paris International Rabbit Show dan diakui sebagai ras standar pada tahun 1924. Setelah acara tersebut, rex kemudian diimpor ke Amerika. 

Tidak seperti kelinci pada umumnya, rex masuk kategorikan sebagai kelinci cerdas yang dapat terlatih. Mereka dapat mempelajari ketika mereka dipanggil ataupun diperintah, namun tentunya dalam hal-hal yang ringan. 

Kelinci berbulu lembut ini juga sangat menyenangkan ketika diajak bermain, namun perlu diketahui terdapat waktu dimana rex menjadi sangat sensitif ketika memasuki musim kawin. Mereka bisa menggigit pemiliknya, hal yang bisa dilakukan ketika kasus ini terjadi adalah dengan memberikan mereka kasih sayang dengan lembut untuk menenangkan ras stress mereka.

Ciri-Ciri Kelinci Rex

  • Berat rex berukuran biasa berkisar antara 3,6-5 kg dan untuk kelinci yang berukuran mini sekitar 1.4-2 kg.
  • Memiliki bulu yang sedikit tebal.
  • Telinga rex biasanya berbentuk lebar dan tegak.
  • Memiliki nama lain sebagai kelinci karpet.
  • Terdapat banyak variasi warna mulai dari hitam, putih, merah, biru, dan bahkan ada yang memiliki 3 kombinasi warna sekaligus. Warna kelinci rex yang mahal adalah berwarna hitam, putih, dan orange. 

Perbedaan Kelinci Rex dan Mini Rex

Gambar mini rex rabbit lucu
(Sumber: Wikimedia Commons)

ARBA mengidentifikasi mini rex sebagai jenis kelinci yang baru. Jenis ini pertama kali dikembangkan oleh Monna R. Berryhill dari Texas. Pada tahun 1986 Berryhill kemudian memperkenalkan kelinci mini rex tersebut dan sejak itu mini rex menjadi hewan peliharaan favorit pecinta kelinci. Jika dibandingkan dengan rex biasa/standar dengan mini rex perbedaan terdapat pada ukuran tubuh mereka. Mini rex cenderung sangat kecil ketimbang dengan rex standar.

Secara keseluruhan mereka sama, perbedaannya hanya karena bentuknya yang mungil dan menggemaskan. Rex standard tetap menjadi favorit karena fisiknya yang lebih proporsional dengan bulu yang sangat mewah dan menawan.

Jenis Kelinci Rex

Pengembangbiakkan banyak dilakukan karena bulu rex sangat bagus dan dapat digunakan pada industri fashion. Dari hasil pengembangbiakkan tersebut menghasilkan beberapa jenis, berikut penjelasannya.

1. Kelinci Rex Standar

Gambar kelinci rex standart
(Sumber: ARBA)

Menjadi kelinci pertama yang dikembangkan, rex standar sangat disukai karena bulunya yang halus seperti beludru. Mereka sangat elegan dan terkesan merah. Maka tidak heran jika harga rex sangat mahal.

2. Kelinci Rex Mini

Gambar kelinci mini rex
Mini Rex (Sumber: Wikipedia)

Bagi animalovers yang menyukai hewan-hewan yang berbentuk mungil dan mini mungkin rex mini adalah pilihan yang tepat. Mereka begitu lucu dan dapat merebut hati siapapun yang melihatnya. Bulunya pun tidak kalah indah dengan rex standar, mereka sangat cocok dipelihara dan bermain dengan anak-anak.

3. Kelinci Rex Karpet

Gambar kelinci rex standart
(Sumber: Love to Know)

Kelinci rex termahal adalah rex karpet, mereka lebih mahal dibanding dengan jenis rex yang lain karena kualitas bulu yang begitu cantik. Ukuran tubuh mereka sangat besar dan terlihat seperti indukan dengan tekstur bulu yang yang halus dan lebih lembut sehingga sangat digemari oleh pecinta hewan.

4. Kelinci Rex Cross

Gambar jenis rex cross
(Sumber: Pet Help Full)

Perkawinan antara rex lokal dan rex ras asli akan menghasilkan rex cross. Mereka memiliki bulu yang seperti anggora dan sangat lembut. Keunggulan dari kelinci ini meski hasil dari perkawinan silang adalah bulu mereka tidak rontok.

5. Kelinci Rex Lokal

Gambar rex rabbit lokal
(Sumber: Vet Book)

Jika rex dikawin silangkan dengan jenis rex lainnya maka akan menghasilkan rex lokal. Banyak yang beranggapan bahwa rex lokal tidak sebagus rex lainnya, padahal bulu rex lokal sangat bagus dan memiliki tampilan yang menggemaskan. 

Cara Merawat Kelinci Rex

Merawat rex tidak sulit kok, mereka biasanya sangat penurut ketika tidak sedang memasuki musim kawin. Agar rex dapat dirawat dengan maksimal, yuk perhatikan cara merawatnya sebagai berikut.

1. Kondisi Kandang Kelinci Rex

Pastikan kondisi kandang kelinci tidak terlalu sempit agar mereka dapat berkembang lebih besar dan lebih leluasa bergerak. Selain itu, selalu jaga kebersihan kandang agar mereka bulunya selalu bersih, indah, dan tumbuh semakin lebat.

Perlu diperhatikan pula bahwa kandang harus di dalam rumah (indoor) agar mengurangi potensi hipotermia dan overheat (serangan panas). Memelihara rex di dalam ruangan akan membuat mereka lebih nyaman karena dapat terhindar dari serangan predator karena kelinci bisa mati ketika mereka ketakutan melihat predator ataupun hanya mendengar suara yang keras.

Memelihara rex di luar ruangan bisa berbahaya bagi rex sendiri karena mereka akan lebih antisosial dan agresif. Jadi, sebaiknya siapkan kandang di dalam ruangan yang aman ya, Animalover!

2. Makanan Kelinci Rex

Biasanya makanan kelinci res adalah jerami berkualitas tinggi seperti jerami kacang tanah dan rendeng. Animalovers dapat membuat variasi makanan dengan mencampurkannya dengan sayuran seperti wortel, buah-buahan, dan pelet yang sehat.

3. Kebersihan Kelinci Rex

Gambar kelinci mini rex lucu
(Sumber: Here Bunny)

Kebersihan adalah kunci utama agar kelinci selalu sehat dan tidak mudah sakit. Pastikan rex selalu bersih. Kelinci biasanya tidak perlu mandi karena mereka dapat membersihkan badannya sendiri seperti kucing, namun jika sudah kotor Animalovers dapat memandikannya secara perlahan.

4. Perawatan Kelinci Rex

Salah satu hal yang menarik dari rex adalah bulu mereka yang begitu indah nan cantik, hal ini perlu dirawat untuk menjaga keindahan mereka. Selalu sisir bulu rex agar tidak kusut dan terlihat terjaga. Bulu mereka mudah rontok kok, jadi Animalovers dapat melakukan perawatan ini sesekali saja, namun agar maksimal lakukan dengan rutin ya.

5. Tempat Bermain Kelinci Rex

Rex sangat senang bermain, mereka biasanya senang bersembunyi di tempat-tempat kecil. Animalovers dapat membuat tempat sembunyi dari kayu untuk rex. Mereka juga senang bermain dengan pemiliknya jadi usahakan meluangkan waktu untuk mengelus-elus si lucu yang satu ini ya!

Harga Kelinci Rex Terbaru 2022

Hewan peliharaan yang satu ini tergolong murah kok, harga kelinci rex biasanya berkisar antara Rp100.000,00.-Rp300.000,00. Biasanya harga anakan kelinci rex lebih mahal yakni sekitar Rp250.000,00-Rp350.000,00.

Baca Juga: Jenis Anjing Husky, Harga, Sifat, dan Cara Merawat [LENGKAP]

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai harga kelinci rex, jenis, variasi warna, dan cara merawatnya. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi informasi kamu ya, Animalovers!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Harga Kelinci Rex, Jenis, Variasi Warna, & Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]