1. Anjing

7 Karakteristik Anjing Pug, Harga, Makanan, & Jenis-Jenisnya

Pug adalah salah satu anjing ras kecil yang populer dikalangan pecinta hewan. Anjing mungil ini banyak dipelihara karena badannya yang lucu dan mudah dibawa kemana-mana. Jika kamu tertarik ingin memelihara anjing pug dan sedang mencari informasinya, kamu berada di artikel yang tepat. Yuk mari kita bahas lebih dalam mengenai anjing yang menggemaskan ini.

Anjing Pug, Ras Anjing Berwajah Super Lucu

Anjing Pug berwajah lucu
Anjing pug berwajah lucu (Sumber: Pixabay)

Pada abad 16 pug yang berasal dari Tiongkok dibawa ke Eropa. Pada saat itu, anjing pug diadopsi oleh keluarga kerajaan Oranje dari Belanda dan kerajaan Sutura dari Britani dan menjadikan anjing ras ini sangat populer. Bahkan pada abad ke 19, Ratu Victoria jatuh cinta dengan anjing ini dan memperkenalkannya kepada anggota keluarga kerajaan yang lain.

Wajahnya yang super duper menggemaskan membuat banyak pecinta anjing menjadikan hewan ini sebagai peliharaan kesayangan. Pug memiliki bentuk telinga yang terlihat lucu, badannya mungil memiliki empat kaki yang kuat dan lurus. Kakinya begitu kecil dan jari-jarinya terpisah antara satu dengan yang lain. Anjing mungil ini terlihat semakin lucu dengan tingkahnya yang tenang dan terkadang sedikit nakal layaknya hewan pada umumnya. 

Kepribadiannya yang hangat dan sangat penyayang menjadikan anjing ini sangat cocok dipelihara di tengah sebuah keluarga. Anjing ini sangat menyukai anak-anak dan memiliki perasaan yang sensitif sehingga mengetahui perasaan orang lain. Dikarenakan sifatnya yang setia, anjing ini memiliki julukan “bayangan” karena paling senang mengikuti pemiliknya. 

Perbedaan Anjing Pug dan Bulldog

Perbedaan anjing Pug dan Bulldog
Perbedaan anjing pug dan bulldog (Sumber: Freepik)

Meski terlihat mirip dengan wajah yang keriput, pug dan bulldog adalah dua jenis ras anjing yang berbeda. Perbedaan anjing dan bulldog adalah terletak pada sejarah dan keunikannya. Kedua anjing ini, yakni pug dan bulldog adalah dua jenis anjing yang berasal dari dua benua yang berbeda. Pug berasal dari Cina sedangkan bulldog berasal dari Inggris. Pug kemudian menyebar ke Prancis dan Inggris yang menjadi hewan peliharaan kesayangan istana kerajaan. 

Ditinjau dari segi sifat, bulldog dan pug memiliki sifat yang berbeda, jika pug sangat senang berinteraksi dengan siapapun hal ini sangat berbeda dengan bulldog yang cenderung “malas” dan merasa tidak perlu bermain. Keduanya memiliki sifat yang berlawanan, pug sangat interaktif sedangkan bulldog merasa sangat pasif.

7 Karakter Anjing Pug yang Wajib Dipahami Pemilik

Anjing Pug sedang bermain
Anjing pug sedang bermain (Sumber: Pixabay)

Karakter adalah salah satu poin utama mengapa pug sangat diincar oleh banyak pecinta hewan. Anjing mungil ini sangat aktif dan lengket dengan pemiliknya. Jika kamu ingin mengetahui karakter anjing pug lebih dalam sebagai pertimbangan untuk memeliharanya, mari kita bahas secara rinci.

1. Betah Tinggal di Rumah

Pug adalah anjing yang betah di rumah, ia senang bermain dengan para penghuni rumah. Anjing ini sangat cocok untuk menemani seseorang yang tinggal di rumah seorang diri ataupun bersama keluarga. Namun, meski anjing ini betah tinggal di rumah bukan berarti ia senang ditinggal sendiri, perlu diketahui anjing ini tidak terlalu senang ditinggal terlalu  lama.

2. Mudah Mengenali Pemiliknya

Tentu pemilik pug memiliki tempat spesial di mata anjing ini, meski baru sebentar, ia cepat adaptasi dan mampu mengetahui siapa pemiliknya. Sebagai anjing yang memiliki kecerdasan rata-rata, mudah bagi seekor pug mengenai pemiliknya.

3. Manja/Menunjukkan Rasa Sayang ke Para Pemilik di Rumah

Terkenal sebagai “bayangan” membuat hal ini sebagai deskripsi bagaimana loyalnya anjing pug kepada pemiliknya. Ia memiliki perasaan yang sangat sensitif dan bisa mengetahui apa yang dirasakan oleh pemiliknya. Ia sangat ekspresif dalam menunjukkan rasa cintanya kepada sang pemiliknya, ini mengapa anjing ini sangat dicintai oleh pemiliknya.

4. Mudah Dimandikan

Tidak seperti kucing yang selalu mengamuk ketika dimandikan, anjing kecil ini sangat penurut dan senang. Cara memandikannya pun cukup mudah yakni hanya menggosok badannya hingga bersih, area yang perlu diperhatikan adalah wajah, dikarenakan adanya lipatan di wajahnya membuat pemilik harus sering memperhatikan apakah ada kotoran atau tidak di wajahnya.

5. Bisa Diajak Bermain

Foto Anjing Pug Bermain
Anjing pug bermain (Sumber: Pixabay)

Anjing pug tergolong anjing yang aktif dan senang bermain. Karakter anjing pug yang sangat antusias untuk bermain membuat pemiliknya harus berhati-hati karena pug tidak bisa terlalu lelah. Anjing ini terlalu bersemangat dan hal ini terkadang membuatnya celaka, jika kamu ingin mengajaknya bermain di luar rumah kamu harus memperhatikannya terus menerus.

6. Tidak Galak ke Orang Asing

Sebagai anjing yang mudah beradaptasi, pug adalah anjing yang ramah kepada siapapun. Anjing Pug mini dan lucu ini mudah akrab dan senang dengan siapapun. Karakter anjing pug yang selalu terbuka dengan orang baru menjadi sebuah poin utama mengapa banyak orang yang jatuh cinta pada pug.

7. Butuh Perawatan Kesehatan Ketat

Sebagai anjing kecil yang lucu, anjing pug harus diperhatikan kesehatannya secara berkala. Pemilik harus rajin menyikat gigi, menggunting kuku, dan membersihkan wajahnya. Perawatan ini perlu dilakukan agar pug selalu bersih dan tidak kotor.

Selain itu perlu diperhatikan mengenai asupan gizi pug agar anjing tersebut tidak kegemukan. Jika pug kegemukan hal ini sangat membahayakan karena ia akan jadi mudah terkena penyakit pernapasan. Pemilik anjing juga harus membawa pug sesekali untuk berolahraga, namun jangan sampai pug kelelahan.

Info Makanan dan Harga Anjing Pug Terbaru

Anjing Pug makan
Anjing pug makan (Sumber: Pug Dog Lover)

Pug tidak hanya perlu mengkonsumsi 100 kalori untuk pug anakan dan 80 kalori untuk  pug dewasa. Makanan anjing pug adalah daging segar seperti daging ayam, daging sapi, atau daging tuna, ia juga menyukai beras merah, kacang polong, sayuran, dan buah-buahan.

Untuk pemberian makan harus sesuai dengan ukuran anjing tersebut, jangan sampai memberi makan anjing pug secara berlebihan ya karena dapat menyebabkan obesitas bagi pug. Kamu dapat memberikannya makanan 2 kali sehari.

Harga anjing pug sendiri adalah berkisar antara Rp1.000.000,00 – Rp3.500.000,00. Harga ini tergantung dengan umur anjing pug yang akan dibeli.

Jenis-Jenis Anjing Pug Terbaik untuk Anda Punya di Rumah

Jika kamu masih mencari referensi untuk jenis anjing pug yang terbaik maka Animalogi merekomendasikan fawn pug, black pug, dan brindle pug. Simak penjelasan masing-masing jenis ini, yuk.

1. Fawn Pug

Foto Fawn Pug
Foto Fawn Pug (Sumber: Pixabay)

Fawn Pug adalah jenis anjing pug yang paling populer. Anjing jenis fawn pug memiliki warna yang cenderung cerah seperti warna putih dan yang menjadi jenis paling umum yang ditampilkan berbagai gambar. Biasanya banyak pemilik anjing yang sangat menyukai warna anjing ini sebagai pertimbangan untuk diadopsi. 

2. Black Pug

Jenis anjing pug kedua adalah black pug, anjing ini memiliki warna yang hitam dan putih di dadanya.  Pada awalnya jenis black pug tidak sepopuler dari jenis fawn pug, namun ketika Ratu Victoria mencintai jenis black pug maka secara drastis jenis ini sangat populer dan mencuri perhatian masyarakat.

Foto Black Pug
Black Pug (Sumber: Pixabay)

3. Brindle Pug

Brindle pug adalah jenis anjing pug yang memiliki warna yang bercampur antara warna cerah dan warna gelap. Warnanya yang berbeda-beda membuat anjing jenis ini dipercaya sebagai anjing dengan ras pug yang tidak murni dan telah bercampur dengan ras lain. 

Foto Briddle Pug
Briddle pug (Sumber: Pixabay)

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai karakteristik anjing pug, harga, makanan dan jenis-jenisnya. Anjing pug sangat cocok untuk orang yang masih baru belajar merawat anjing kecil karena perawatan anjing pug tergolong tidak rumit dibanding anjing kecil lainnya. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kamu dalam memutuskan untuk memelihara anjing pug.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Karakteristik Anjing Pug, Harga, Makanan, & Jenis-Jenisnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]