1. Burung

Yuk, Mengenal Makanan Burung Selendang Biru Terbaik

Makanan burung selendang biru memiliki kesamaan dengan burung-burung lainnya. Ia termasuk ke dalam keluarga Muscicapidae dengan nama latin Cyornis unicolor. Sementara itu, dalam bahasa Inggris, ia dikenal dengan nama pale blue-flycatcher. 

Burung ini bukanlah burung kontes, namun burung selendang biru termasuk jenis burung kicau yang digemari masyarakat. Penyebarannya pun meluas di wilayah Asia Tenggara, seperti, Semenanjung Malaysia dan China. Di Indonesia sendiri, burung ini bisa kalian temukan bebas di alam liar, tepatnya di daerah pegunungan Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. 

Secara umum, burung ini memiliki warna bulu biru muda dan bagian gelap di sisinya. Selain itu, kakinya yang ramping dan tubuhnya yang kecil memudahkannya untuk bertengger di dahan pohon. Jika kalian ingin memeliharanya, berilah pakan terbaik supaya kicaunya terdengar nyaring dan bagus. Adapun makanan burung selendang biru yang perlu kalian ketahui, seperti:

Makanan Burung Selendang Biru

Pakan adalah hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin memelihara burung kicau terutama selendang biru. Suaranya yang khas akan tetap terjaga ketika nutrisi yang didapatkan seimbang. Berikut ini kami rangkum beberapa pakan terbaik yang cocok untuk pertumbuhannya.

Jangkrik

Jangkrik
Jangkrik

Konon, jangkrik adalah pakan terbaik untuk burung. Seperti yang kita ketahui, hewan ini memiliki protein tinggi yang bagus untuk stamina burung. Hewan yang menyukai tempat gelap ini mampu meningkatkan nafsu makan burung tersebut.

Adapun cara untuk memberinya makan adalah dengan melepas kaki jangkrik terlebih dahulu supaya tidak menyangkut di tenggorokan burung. Dengan memberikan jangkrik 2-3 ekor pada pagi dan petang, cukup memenuhi nutrisi harian si burung.

Baca Juga: Yuk, Mengenal Jenis-Jenis Jangkrik yang Ada di Alam!

Ulat Hongkong

Pakan terbaik untuk burung selendang biru adalah ulat hongkong. Banyak para penggemar burung hias membeli ulat ini untuk pakan burung mereka. Mengapa demikian? karena ulat hongkong memiliki kandung omega 3 dan protein yang tinggi untuk melengkapi nutrisi harian. Selain itu harganya yang ramah di kantong, tak segan-segan untuk diincar oleh penggemar burung hias.  

Ulat Kandang

Makanan burung Selendang Biru selanjutnya adalah ulat kandang. Menurut beberapa referensi, ulat kandang dapat memberikan cairan tubuh sehingga burung dapat terhidrasi dengan baik. Berikan pakan secara teratur, supaya kesehatannya tetap terjaga dengan baik. 

Baca Juga: Jenis Burung Kecil: 10 Burung yang Merdu dan Punya Bulu Cantik

Voer

Ingin mendapatkan nutrisi yang lengkap? gunakan saja voer. Voer merupakan makanan unggas dan tidak sebatas hanya untuk pakan burung saja, Selanjutnya, pakan memiliki tekstur yang lunak dan mudah dicerna, sehingga aman untuk pencernaan si burung. Ia juga memiliki unsur-unsur gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Nah, gizi yang terkandung dalam voer adalah mineral, protein, dan vitamin.

Kroto

Kroto
Kroto

Orang awam menyebut kroto adalah adalah telur semut. Kalian tidak perlu susah-susah untuk mencarinya di pasaran. Cukup cari di sela-sela dinding rumah dan berikan makan ke burung tersebut secara teratur. 

Pakan ini hanya bisa kalian jadikan selingan karena ia adalah pakan alternatif. Beberapa referensi tidak menyarankan untuk diberikan pakan ini setiap hari, melainkan 2 atau 3 kali dalam seminggu sudah cukup. 

Buah-Buahan

Siapa sangka burung kicau ternyata menyukai buah-buahan? Termasuk burung selendang biru. Umumnya buah yang sering digunakan adalah pisang atau pepaya. Asal kalian tahu, burung-burung yang hidup di alam liar mayoritas memakan buah-buahan yang berukuran kecil dan lembut.  Buah-buah yang dimaksud seperti pepaya atau pisang. 

Makanan burung selendang biru ini cukup berperan penting dalam pertumbuhannya karena di dalam buah-buahan mengandung banyak mineral baik. Nah, dalam pemberian pakan, potong kecil-kecil buahnya terlebih dahulu supaya burung tidak tersedak. 

Ayam Rebus

Ayam Rebus
Ayam Rebus

Semua orang mengerti jika ayam mengandung protein tinggi. Memberikan burung ayam rebus adalah pilihan yang baik,lho. Ayam mampu membangun tulang dan otot burung menjadi lebih padat dan kuat. Selain itu, kandung mineral yang terdapat dalam ayam mampu menambah imunitas tubuh. Sebaiknya beri ayam rebus setiap minggu supaya daya tahan burung tetap dalam kondisi prima. 

Daging Bebek

Daging bebek adalah makanan burung selendang biru yang patut diperhitungkan dalam pemberian asupan gizi seimbang. Nah, daging ini terkenal dengan kandungan protein yang lebih besar daripada ayam rebus. Untuk memberikannya ke burung, hal yang perlu kalian lakukan adalah dengan memotong daging dan cacah menjadi lebih halus. Hal ini untuk menghindari peristiwa tersedak saat burung sedang memakannya. 

Baca Juga: Simak Cara Memancing Belut di Sini, Tangkapan Melimpah!

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai makanan burung selendang biru. Kalian tidak perlu khawatir tentang perkembangannya apabila makanan dan nutrisi yang didapatkannya seimbang. Pemberian makan sebaiknya disesuaikan dengan kesukaan dan tingkah lakunya supaya burung merasa nyaman. 

Nantikan artikel seputar hewan, pakan, informasi yang menarik lainnya hanya di Animalogi. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Yuk, Mengenal Makanan Burung Selendang Biru Terbaik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Makanan burung selendang biru memiliki kesamaan dengan burung-burung lainnya. Ia termasuk ke dalam keluarga Muscicapidae dengan nama latin Cyornis unicolor. Sementara itu, dalam bahasa Inggris, ia dikenal dengan nama pale blue-flycatcher.  Burung ini bukanlah burung kontes, namun burung selendang biru termasuk jenis burung kicau yang digemari masyarakat. Penyebarannya pun meluas di wilayah Asia Tenggara, seperti, […]

    Trending

    Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu cara  menyehatkan jiwa dan menentramkan pikiran. Bagi pecinta ikan hias, tentunya akan selalu antusias dengan perkembangan peliharaannya. Tapi, apa jadinya jika  ikan mengalami jamuran? Tenang saja, kalian perlu membawanya ke dokter hewan atau memberikannya obat yang tepat di petshop terdekat. Namun sebagai pemilik, ada baiknya kalian perlu mengetahui penyebab […]
    Memiliki anabul seperti kucing adalah sebuah kenikmatan yang luar biasa bagi sebagian orang. Tak dipungkiri, banyak dari mereka yang merasa “tidak bisa hidup” tanpa kehadiran mereka. Bahkan saat pemilik kucing berada di luar kota, tak segan-segan untuk mengirimkan hewan kesayangannya demi lebih dekat dengannya. Tapi, apakah kalian tahu bagaimana cara mengirim kucing ke luar kota […]