1. Kucing

Kucing Maine Coon: Harga, Ciri-ciri, Fakta, dan Cara Merawatnya

Memelihara kucing adalah hal yang menyenangkan, selain menghibur mereka juga dapat menjadi teman ketika sedang sendiri. Buat Animalovers yang bingung ingin memelihara hewan jenis apa, mungkin maine coon dapat menjadi pilihan yang tepat. Yuk kita bahas informasi lengkap mengenai kucing ras yang memiliki badan besar ini.

Si Kucing Raksasa, Maine Coon

Gambar kucing
(Sumber: Pixabay)

Tahukah kamu bahwa maine coon memiliki mitos yang mengatakan bahwa kucing ini adalah hasil dari persilangan antara kucing setengah liar dengan rakun? Mitos ini muncul karena bentuk dan warna ekor dari maine coon yang sangat menyerupai rakun. Bahkan nama ras dari kucing ini yakni “coon” berasal dari kata racoon.

Tidak dapat diketahui pasti mengenai asal kucing ini. Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa bahwa sebenarnya maine coon berasal dari 6 ekor kucing milik Ratu Prancis bernama Marie Antoinette. Kucing itu dikirim ke Wiscasset ketika ratu melarikan diri dari revolusi prancis.

Terdapat kepercayaan lain bahwa maine coon adalah hasil persilangan antara kucing domestik dengan kucing berbulu panjang dari negara lain. Mereka berasal dari ras anggora Turki dan kucing hutan Norwegia yang kemudian dibawa oleh pedagang Inggris ke Amerika Serikat. Lalu, kucing tersebut kemudian dibawa oleh bangsa Viking hingga terjadilah persilangan.

Pada tahun 1950 pecinta kucing ini resmi membuat sebuah organisasi bernama Maine Coons Breeders and Fanciers Association (MCBFA). Berkat adanya organisasi ini, akhirnya sejak tahun 1980 banyak organisasi lainnya yang mengakui keberadaan ras ini.

Ciri-ciri Kucing Maine Coon 

Kucing maine coon mix dom
(Sumber: Pixabay)

Sebelum memelihara maine coon, ada baiknya Animalovers mengetahui ciri-ciri fisik dan sifatnya. Kucing ini masuk kategori sebagai kucing yang memiliki ciri agak berbeda dan lebih besar dari kucing lainnya. Secara sekilas kucing ini terlihat seperti persia versi “raksasa” sehingga apabila dikawin silangkan ciri-ciri maine coon mix persia sangat sulit untuk dideteksi karena mereka benar-benar mirip. Berikut penjelasannya mengenai ciri-ciri maine coon murni.

1. Ciri Fisik 

  • Memiliki bobo dari 6 hingga 15 kg.
  • Panjang kucing 48 -100 cm
  • Telinga besar dan berjumpai
  • Mata yang sangat besar berwarna kuning dan hijau, untuk maine coon berwarna putih terkadang berwarna biru.
  • Ekor yang Panjang dan bulu halus seperti kemoceng.
  • Tubuh yang panjang, tinggi, dan proporsional.
  • Pada bagian leher bulu sangat lebat.
  • Kucing jantan memiliki surat panjang seperti singa.
  • Wajah berbentuk segitiga seperti anggota

2. Ciri Sifat

  • Manja terhadap pemiliknya
  • Senang bersosialisasi
  • Senang berburu

5 Fakta Jenis Kucing Maine Coon

maine coon mix perisa
(Sumber: Pixabay)

Ada beberapa fakta unik lho tentang maine coon yang wajib kamu ketahui. Untuk Animalovers yang penasaran, yuk kita bahas fakta-fakta kucing maine coon.

1. Kucing Terbesar dari Dibandingkan Kucing Lain

Diantara ras kucing lainnya, maine coon terkenal paling besar. Ia terlihat seperti kucing versi raksasa jika disandingkan dengan kucing-kucing biasa. Sehingga dibutuhkan ruang yang lebih banyak untuk pertumbuhannya. Jadi, jika ingin memeliharanya, pastikan kamu memiliki ruangan yang cukup besar, ya. Kucing maine coon terbesar di dunia bahkan dicatat memiliki panjang 1,2 meter.

2. Memiliki Kelebihan Jari

Penyakit ini dikenal dengan nama polidaktili yakni kelebihan jari dari yang seharusnya tidak ada. Penyakit ini menjadi penyakit bawaan kucing sehingga mengakibatkan mereka memiliki jari yang lebih banyak. Beberapa orang melihat jari yang lebih tersebut justru sebagai penambah tingkat kegemasan dan keimutan dari maine coon.

3. Bisa Berenang

Tidak seperti kucing pada umumnya, maine coon sangat senang bermain air dan mereka juga bisa berenang, lho. Untuk Animalovers yang memiliki anak kecil yang senang bermain maka kucing ini sangat cocok dipelihara karena dapat menjadi teman yang pas untuk menemani si kecil. Merek pada dasarnya sangat menyukai kegiatan di luar rumah, jadi bagi kamu yang aktif mungkin ditemani oleh si maine coon lucu ini akan terasa menyenangkan.

4. Sangat Senang Bersosialisasi

Kamu tidak perlu khawatir mengenai sifat maine coon, selalu senang bermain di luar ruangan, kucing besar ini sangat senang bersosialisasi. Memelihara maine coon sama dengan mendapatkan sahabat baru.

5. Tidak Suka Ketinggian

Meski wajahnya sangat macho dan bisa berenang, kucing ini memiliki sifat yang penakut terhadap ketinggian ternyata. Mereka biasanya sangat menghindari tempat-tempat di ruang terbuka seperti tidak akan memanjat pohon seperti kucing lain. Pada dasarnya, pernyataan ini adalah hipotesis lalu kemudian dibenarkan sendiri oleh kucing maine coon.

Cara Merawat Kucing Maine Coon

ciri-ciri kucing maine coon
(Sumber: Pixabay)

Walaupun memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kucing lainnya, perawatan mereka tetap sama kok. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, ya. Berikut cara merawat maine coon.

1. Selalu Menjaga Kebersihan Kandang

Melihat dari ukuran maine coon yang cukup besar, selalu sesuaikan kandang agar mereka dapat tumbuh dengan maksimal. Selain itu selalu perhatikan kebersihan kandang agar maine coon dapat nyaman dan bulunya terjaga dari kotoran.

2. Perhatikan Kebersihan Kucing

Selalu ganti bak pasir kucing agar kotorannya tidak mengenai kucing. Selain itu selalu rutin untuk membersihkan telinga dan matamaine coon agar selalu selalu bersih dari kotoran.

3. Mandikan Kucing Maine Coon Secara Rutin

Mungkin bagi beberapa Animalovers merasa sangat sulit untuk memandikan kucing besar yang satu ini, namun kamu tidak perlu khawatir karena kucing ini sangat menyukai air. Kamu dapat memandikannya ketika mereka sudah kotor saja ya, karena kucing biasanya secara mandiri “membersihkan dirinya” sendiri. Untuk catatan, jangan menggunakan sabun di bagian wajah ya karena berbahaya untuk mereka.

4. Sisir Bulunya

Bulumaine coon sangat mirip dengan bulu anggora dan persia, sangat lebat dan halus. Agar tidak kusut, selalu sisir bulu mereka agar tidak kusut dan tetap terlihat terawat. 

5. Berikan Makanan Bernutrisi

Makananmaine coon pada umumnya sama seperti kucing lainnya yakni ayam, kalkun, dan ikan. Mereka juga dapat memakan makanan dry food, untuk makanan dry food dapat kamu beli di tempat toko hewan terdekat. 

Harga Kucing Maine Coon 

Sebelum membeli kucing, tentu kamu harus mengetahui harga kucing maine coon terlebih dahulu. Harga kucing maine coon berkisar antara R3.000.000 – Rp7.500.000. Kucing maine coon termasuk kucing dengan harga termahal di Indonesia.

Baca juga: Harga Kucing Himalaya, Jenis, Ciri-Ciri, dan Sifatnya [LENGKAP]

Nah itu tadi informasi lengkap mengenai maine coon. Semoga artikel ini dapat membantu dan menjadi referensi kamu dalam mempertimbangkan memelihara maine coon ya, Animalovers!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kucing Maine Coon: Harga, Ciri-ciri, Fakta, dan Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]