1. Anjing

Harga Anjing Golden Retriever 2022, Jenis, Makanan, & Cara Merawat

Apakah kamu sedang mencari anjing peliharaan yang pas? Anjing golden retriever mungkin bisa menjadi pilihan yang pas untuk kamu pelihara. Ras anjing yang satu ini adalah salah satu hewan yang memiliki tubuh berukuran besar yang sering dijadikan peliharan kesayangan.

Selain memiliki sifat yang penyayang dan bersahabat, anjing lucu ini begitu tangkas dan sangat pintar. Keceriaan yang selalu ditampilkan golden river membuat orang disekitarnya juga merasakan keceriaan yang sama. Yuk, mari mengenal lebih lanjut si anjing pintar ini.

Anjing Golden Retriever, Anjing Pemburu Lucu dan Bersahabat

Anjing golden retriever yang ahli berburu
(Sumber: Pixabay)

Siapa pecinta anjing yang mampu menolak pesona anjing golden retriever? Ketangkasan dan kecerdasannya yang tinggi membuat anjing lucu ini mampu untuk diandalkan dalam hal apapun. Ia dapat menjadi teman sekaligus penjaga yang akan membuat rumah kamu aman.

Anjing ini terkenal akan kecerdasan dan kemampuannya untuk berburu. Hal ini berkaitan dengan asal-usul anjing golden river yang memang dikembangbiakkan untuk dijadikan anjing pemburu. Berdasarkan sejarah pada awalnya anjing lucu ini diperkenalkan oleh Sir Dudley Coutts Marjoribanks MP atau yang dikenal sebagai Lord Tweedmouth yakni seseorang yang memiliki hobi berburu. 

Pada tahun 1854 Lord Tweedmouth membangun Guishan Estate yang merupakan tempat peristirahatan ketika ia berburu. Ia kemudian mendambakan peliharaan yang bisa diajak berburu dan mampu mengantarkan hasil buruan padanya. Maka atas niatnya itu, ia memilih anjing retriever untuk dijadikan teman berburu. Disaat yang bersamaan ia juga menerima hadiah seekor anjing yellow retriever yang dinamakan sebagai Nous. 

Kedua anjing tersebut kemudian dinikahkan oleh Lord Tweedmouth. Dari hasil perkawinan tersebut menghasilkan 3 ekor anjing lucu bernama Crocus, Cowslip, dan Primrose. Dari ketiga ekor anjing ini lah yang menjadi asal-usul lahirnya anjing golden retriever.

Perkawinan silang terus dilakukan dari 1889-1890 untuk menghasilkan anjing pemburu yang sempurna. Pada tahun 1894 Lord Tweedmouth meninggal dunia, namun pengembang biakan terus dilakukan hingga pada akhirnya anjing ini menyebar hingga ke Amerika dan Kanada.

Pertumbuhan Anjing Golden Retriever

Anakan anjing golden retriever
Anakan anjing golden retriever (Sumber: Pixabay)

Penyebaran anjing golden yang berbeda membuat hewan lucu ini memiliki perbedaan sesuai dengan asalnya. Anjing tipe Inggris akan memiliki tubuh yang sedikit lebih gemuk dan terkadang lebih pendek dibanding tipe Amerika. Agar dapat mengenal perbedaannya, kamu dapat memperhatikan tabel perbedaan anjing golden retriever Amerika, Kanada, dan British.

Perbedaan anjing golden retriever Amerika, Kanada, dan British

AmerikaKanadaBritish
Tinggi (Jantan)56- 61 cm56-61 cm56-61 cm
Tinggi (Betina)52- 58 cm52-58 cm52-58 cm
Berat (Jantan)30 – 35 kg30 – 35 kgTidak ada spesifikasi
Berat (Betina)25 – 30 kg25 – 30 kgTidak ada spesifikasi
WarnaBulu berwarna emas berkilau. Tubuh berwarna pucat dan terkadang berwarna gelap.Berwarna emasWarna emas, merah, krem, dan mahoni.
(Sumber: Golden Heart)

Potensi Kemampuan Anjing Golden Retriever

Sebagai anjing lucu yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata, golden retriever mampu melakukan banyak hal loh. Dengan cara melatih golden river sambil bermain, anjing manis ini dengan gembira membantu pemiliknya. Buat kamu yang penasaran dengan potensi kemampuannya, berikut potensi kemampuan golden retriever.

1. Bisa Menjadi Teman Bermain untuk Anak

Anjing golden retriever yang bersahabat
Anjing golden retriever yang bersahabat (Sumber: Pixabay)

Wajahnya selalu ramah dan ceria membuat anak-anak akan sangat betah bermain dengan anjing golden yang pintar ini. Bagi mereka, bermain dengan anak-anak adalah suatu kesenangan tersendiri, selain bermain anjing ini juga akan memiliki inisiatif untuk menjaga anak-anak ketika bermain dengannya.

2. Penjaga Rumah

Anjing golden retriever yang cerdik
(Sumber: Pixabay)

Memiliki insting untuk selalu nurut dengan pemiliknya membuat anjing ini selalu bisa diandalkan. Ia dapat dijadikan penjaga rumah yang handal dan membantu pemiliknya untuk merasa aman.

3. Berburu

Anjing golden retirever berburu
Anjing golden retirever berburu (Sumber: Wag Walking)

Pada dasarnya golden retriever memang dikembangbiakkan sebagai anjing pemburu sehingga tidak heran dengan kemampuan berburunya yang cukup tajam. Anjing lucu ini sering dijadikan teman berburu oleh pemiliknya untuk mengambil hewan buruan yang sudah ditembak.

4. Anjing Penyelamat

Anjing golden retirever cerdik
(Sumber: Highlanc Canince)

Penyayang dan memiliki jiwa penyelamat membuat anjing golden retriever adalah seekor anjing paket komplit. Perasaan yang sensitif dan mengetahui datangnya marabahaya menjadikan anjing dengan bulu keemasan ini memiliki jiwa heroic. Tidak heran anjing ini dapat merebut perhatian banyak orang.

5. Anjing Pelayan

Anjing golden retriever merupakan anjing yang bisa diandalkan
(Sumber: Pixabay)

Ras anjing dengan bulu yang berkilau ini dapat dijadikan pelayan yang sangat penurut loh. Di Amerika dan Jepang sendiri kemampuan yang satu ini dimanfaatkan dengan cara melatih anjing golden retriever. Kecerdasannya yang diatas rata-rata tentu membuat anjing ini tidak terlalu sulit.

6. Anjing Pengawas

Anjing golden retriever sebagai anjing pengawas
(Sumber: Pixabay)

Satu lagi potensi kemampuan golden retriever yang membuat kamu mungkin semakin tertarik memelihara adalah kemampuan sebagai anjing pengawas. Cara melatih anjing golden retriever yang mudah dan instingnya yang tajam membuat anjing ini adalah anjing yang tidak hanya sekedar hewan yang bisa diajak bermain namun juga menjaga.

Potensi kemampuannya ini bisa menjadikan hewan ini sebagai anjing penggembala yang mampu menjaga domba-domba pemiliknya. Sangat pintar dan terlihat menarik untuk dipelihara bukan

Ciri-Ciri Anjing Golden

Ciri-ciri anjing golden retriever
(Sumber: Pixabay)
  • Memiliki ekor yang sejajar dengan ukuran punggungnya.
  • Sesuai dengan namanya “golden”, bulu anjing ini akan bersinar keemasan di bawah sinar matahari.
  • Bulu yang panjang dibagian bawah kaki depan dan bagian badan.
  • Bulu pada bagian atas panjang dan lurus.
  • Bulu yang tebal dan tahan air.
  • Telinga berwarna coklat gelap dan kadang berwarna hitam.
  • Warna mata gelap begitupun juga dengan lingkaran mata.
  • Bentuk telapak kaki mirip seperti kucing.
  • Ukuran rata-rata tinggi 55cm – 61cm 

Sifat Anjing Golden yang Khas

Anjing golden retriever yang senang bermain
(Sumber: Pixabay)
  • Pembelajar yang cepat. 
  • Sangat ramah dan mudah berteman.
  • Sifat anjing biasanya bertahan hingga dewasa dan tidak berubah-ubah.
  • Mereka mudah bosan dengan hal yang kegiatan yang sama, sehingga kamu dapat memberi mereka kegiatan yang bervariasi.
  • Golden retriever sangat menyukai bersosialisasi
  • Mereka sangat senang membawa sesuatu di mulutnya
  • Terkadang mereka bersifat seperti anak-anak, seperti merajuk dan manja.

5 Jenis Anjing Golden Terfavorit di Dunia

Berdasarkan pengembangbiakkannya yang beragam menghasilkan banyak jenis anjing golden di dunia. Jenis-jenis ini muncul dari hasil mutasi genetik dan perkawinan silang. Berikut lima jenis anjing golden yang mungkin bisa menjadi pertimbangan kamu untuk mengadopsi salah satu jenisnya.

1. Field Bred Golden Retriever

Field Bred Golden Retriever
(Sumber : Pixabay)

Salah satu golden retriever terbaik adalah field breed golden. Tubuh anjing jenis anjing golden yang satu ini sangat atletis dan mereka paling mudah dilatih. Anjing jenis ini sangat lincah dalam berburu. Bulu dari field bred golden biasanya berwarna coklat dan merah.

Anjing pintar ini banyak dipelihara dalam keluarga dan sangat senang ketika dilatih untuk melakukan pekerjaan. Mereka sangat ceria dan lumayan aktif bersuara.

2. Show Golden Retriever

Show Golden Retriever
(Sumber: Golden Heart)

Jenis anjing golden retriever yang paling banyak dipelihara selanjutnya adalah show golden retriever. Mereka memiliki bulu yang sangat tebal dan panjang serta tulang yang besar. Dari segi sifat, show golden dikatakan lebih ramah dan memiliki sedikit energi dibandingkan dengan field bred golden retriever. 

3. English Cream Golden Retriever

(Sumber: Pixabay)

English cream golden retriever adalah jenis anjing golden yang memiliki bulu berwarna putih. Anjing yang satu ini memiliki banyak sebutan, diantaranya adalah anjing golden retriever krim inggris, anjing golden retriever putih, dan platinum retriever Eropa langka. Anjing cream golden retriever memiliki bulu berwarna putih, dan beberapa pendapat mengatakan bahwa anjing ini lebih baik dibanding dengan anjing berwarna coklat lainnya. 

Harga anjing golden retriever jenis English cream ini cenderung lebih mahal dibanding jenis lainnya. Bahkan beberapa orang mengadopsinya hanya untuk sekedar menjual anaknya. Jika kamu salah satu pecinta hewan, jangan lakukan hal tersebut ya, karena pemilik hewan seharusnya mencintai hewan peliharaannya setulus hati.

4. Mini Golden Retriever (Mixdom Retriever dan Pudel)

Mini golden retriever
Mini golden retriever (Sumber: Perfect Dog Breeds)

Mini golden retriever adalah persilangan dari anjing golden retriever dan pudel. Anjing ini memiliki bentuk badan yang lebih kecil dari ukuran biasanya. Bentuk dan penampilannya yang lucu menjadikan anjing jenis ini memiliki harga jual yang cukup mahal. 

5. Black Golden Retriever

Black golden retriever
Black golden retriever (Sumber: Pixabay)

Jenis black golden retriever pada dasarnya bukan ras murni dari golden retriever. Kehadiran jenis ini dikarenakan mutasi genetik dan perkawinan silang sehingga menghasilkan warna yang pekat pada bulunya. 

Cara Melatih Anjing Golden Agar Makin Pintar

Anjing golden retriever menggemaskan
(Sumber: Pixabay)

Cara melatih anjing golden sangat mudah karena mereka memiliki kecerdasan yang tinggi. Mereka bahkan menganggap latihan adalah sebuah sesi yang bermain jika kamu tidak terlalu serius. Berikut cara melatih anjing golden retriever yang dapat membantu kamu untuk membuatnya semakin pintar dan menggemaskan. 

1. Siapkan Makanan Sebagai Reward Latihan

Anjing golden retriever sedang makan
(Sumber: Pixabay)

Anjing yang selalu ceria ini paling senang diberikan imbalan sehingga menyiapkan makanan adalah salah satu cara agar dia bersemangat dalam menjalani latihan. Kamu dapat menunjukkan makanan anjing golden seperti jeroan, nasi, dan sayuran kukus dan untuk cemilannya dapat berupa umbi-umbian atau kacang agar ia mengeluarkan potensi terbaiknya. Jangan lupa pula untuk selalu mengelus kepalanya sebagai tambahan agar energinya bertambah.

2. Belajar Sabar dan Jangan Membentak

Anjing golden retriever sedih
(Sumber: Pixabay)

Dalam proses belajar setiap anjing memiliki daya tangkap yang berbeda. Meski anjing golden retriever merupakan seorang anjing yang belajar cepat, tetap saja dibutuhkan latihan khusus. Terkadang layaknya manusia, anjing juga terkadang memerlukan proses untuk belajar. 

Selama proses itu sebisa mungkin jangan membentaknya ya. Hal ini dapat membuatnya merajuk dan terkadang frustasi. Sebagai pemilik yang menyayangi anjing, kamu tidak inginkan anjing kamu stress? Nah, maka dari itu kesabaran kamu sangat dibutuhkan dalam proses ini. Selalu semangati anjing kamu agar ia bisa ya!

3. Sesuaikan Fase dan Durasi Latihan dengan Usia Anjing

Anjing golden dewasa dan anakan
(Sumber: Pixabay)

Fase latihan harus disesuaikan dengan usia anjing, pemilik harus bisa menyesuaikan waktu latihan dengan waktu bermainnya. Fase latihan yang terlalu sering dapat membuat golden retriever kelelahan dan tertekan. Kamu dapat membuat latihan ini dengan jadwal yang tidak terlalu lalu, ya.

4. Adakan Sesi Training Setiap Hari

Sesi training anjing golden retriever
(Sumber: Pixabay)

Agar anjing kamu dapat cepat terlatih, kamu dapat melakukan sesuai training setiap hari dengan jadwal yang ditentukan. Usahakan dalam sesi training tidak terlalu serius dan tetap mengajak golden training layaknya seperti sedang bermain. 

5. Libatkan Anggota Keluarga Lainnya

(Sumber: Pixabay)

Kamu juga dapat melibatkan anggota keluarga yang lain dalam melatih anjing manis ini. Pada dasarnya anjing ini sangat senang bersosialisasi, sehingga melibatkan anggota lain tentu akan membuatnya senang. 

6. Maksimalkan Potensi Kecerdasan Anjing

Masimalkan potensi anjing golden retriever
(Sumber: Pixabay)

Kecerdasannya diatas rata-rata tidak akan berarti apa-apa jika pemilik tidak rutin untuk melatihnya. Pemilik pasti menginginkan anjingnya menjadi anjing yang unggul kan? Maka dari itu, pemilik dapat melatihnya belajar sambil bermain.

Cara Merawat Anjing Golden Retriever

Perawatan anjing golden retriever cukup mudah dibanding jenis ras anjing kecil. Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara merawat anjing golden, yuk mari kita bahas.

1. Siapkan Ruang Cukup untuk Anjing Bergerak Aktif

Memiliki ukuran tubuh yang cukup besar yakni sekitar 50 – 61 cm membuat anjing pintar ini membutuhkan ruang untuk bergerak. Ruang bebas ini berfungsi agar anjing golden dapat bergerak bebas di manapun mereka suka. Untuk sifat anjing golden retriever, mereka lebih senang aktif di dalam rumah ketimbang di luar. 

Anjing golden retriever di dalam rumah
(Sumber: Pixabay)

2. Rutin Memandikan/Membersihkan Bulu

Jika kamu memperhatikan bulu golden retriever yang terkena cahaya matahari maka bulunya akan terlihat seperti keemasan, sangat cantik bukan? Agar menjaga bulu anjing pintar ini tetap cantik maka diperlukan perawatan mandi yang rutin. Pemilik dapat menyikat bulu anjing ini sebanyak 2-3 kali seminggu dan memandikannya sebanyak satu bulan sekali.

Bulunya yang tebal juga sering rontok ketika ia beraktivitas, sehingga mungkin bulunya akan tersebar di dalam rumah. Jangan lupa untuk selalu membersihkan bulu, ya.

3. Sediakan Waktu untuk Bermain/Melatih Anjing

Anjing golden retriever berada dilapangan
(Sumber: Pixabay)

Anjing manis ini sangat senang bermain dan bersosialisasi, maka dari itu harus disediakan waktu yang cukup untuk ia berekspresi. Perlu diingat ya, jangan terlalu serius dalam melatih anjing karena bisa saja anjing berbulu emas ini bosan.

Bermain dengan anjing golden adalah salah satu hal wajib bagi pemilik, mereka tidak terlalu senang jika hanya dibiarkan atau bahkan ditinggal. Hal ini dapat membuat mereka menderita dan depresi. Pastikan kamu meluangkan waktu untuk bermain dengan sahabat anjingmu yang satu ini ya.

4. Jangan Terlalu Mengekang

Jika disamakan, golden retriever memiliki sifat yang mirip dengan anak kecil, penurut namun terkadang ada saat dimana ia tidak suka dikekang. Jadi, sebagai pemilik yang tidak ingin melukai perasaannya kamu harus bisa sabar dan tidak mengekang anjing yang ceria ini.

5. Siapkan Mainan Pendamping

Anjing golden retriever adalah salah satu anjing yang sangat senang bermain, memberinya mainan pendamping akan membuat hatinya senang. Kamu dapat menyiapkan beberapa mainan yang bisa dapat dikunyah, karena anjing lucu ini memiliki kebiasaan unik mengunyah apapun ketika ia bosan. 

Anjing golden retriever bermain
(Sumber: Pixabay)

Harga Anjing Golden Retriever Terbaru 2022

Harga anjing golden retriever
(Sumber: Pixabay)

Harga anjing golden retriever memiliki harga yang bervariasi, tergantung bagaimana kualitas fisiknya. Apabila anjing yang kamu beli memiliki sertifikat, maka harga anjing golden retriever berkisar sekitar Rp7.500.000,00 – Rp10.000.000,00 dan mungkin sedikit lebih mahal jika sudah divaksin. 

Harga anjing golden retriever yang tidak memiliki sertifikat lebih murah yakni sekitar Rp5.000.000,00 – Rp6.500.000,00. Untuk harga anakan anjing golden retriever adalah sekitar Rp3.000.000,00 – Rp7.500.000. 

Sebelum memelihara anjing, pastikan kamu memiliki waktu luang ya untuk bermain dengannya. Pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan di rumah kamu agar anjing manis ini semakin betah. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mengetahui merawat anjing golden retriever ya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Harga Anjing Golden Retriever 2022, Jenis, Makanan, & Cara Merawat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]