1. Burung

7 Jenis Burung Hantu di Indonesia yang Unik & Bisa Dipelihara

Burung hantu merupakan hewan yang banyak ditemui di Indonesia. Berdasarkan data dari Owls Research terdapat 250 spesies burung hantu di dunia. Mereka hidup di berbagai benua kecuali Antartika. Meski memiliki jenis yang banyak, hanya beberapa jenis-jenis burung hantu yang hidup di Indonesia.

Burung hantu biasanya menghabiskan waktu di siang hari untuk tidur dan lebih aktif di malam hari. Kali ini Animalogi akan membahas mengenai jenis-jenis burung hantu di Indonesia yang unik dan jinak alias dapat dipelihara.

Jenis Jenis Burung Hantu di Indonesia

1. Punggok Cokelat

Burung punggok cokelat
Burung punggok cokelat (Sumber: Wikimedia)

Jenis burung hantu yang pertama adalah punggok cokelat. Secara fisik mereka memiliki tubuh berukuran sedang dengan warna coklat muda yang indah. Matanya berwarna gelap. Jenis ini cukup jinak dan cukup ramah dan bisa dipelihara. Makanan jenis burung hantu punggok coklat adalah serangga, kepiting, kadal, dan kelelawar.

2. Celepuk Merah

Celepuk Merah
Celepuk Merah (Sumber: Alamendah)

Jenis burung hantu selanjutnya yang berasal dari Indonesia adalah celepuk merah yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Mereka dapat  ditemui di hutan-hutan dataran rendah. Keindahan burung ini terletak pada coraknya yang cantik dengan warna bulu kemerahan coklat dengan strip hitam dan putih. Meski dapat dipelihara, namun jenis ini tidak direkomendasikan untuk dipelihara karena habitat mereka yang mengecil dan semakin langka ditemukan.

3. Beluk Jampuk

Beluk jampuk
Beluk jampuk (Sumber: Ady Kristanto on Greeners

Beluk jampuk atau Barred eagle owl adalah salah satu burung hantu dari keluarga Strigidae. Mereka sangat mudah ditemukan di beberapa negara kepulauan seperti Malaysia, Indonesia, dan Singapura dan hidup di hutan dataran rendah lembab tropis. 

Secara fisik, beluk jampuk memiliki ukuran tubuh yang lumayan besar dengan kisaran 40-48 cm. Warna mereka didominasi oleh putih keabu-abuan dengan mata coklat gelap. Mereka cukup jinak dan lebih santai ketika di malam hari.

4. Serak Bukit

Burung hantu serak bukit
Burung hantu serak bukit (Sumber: Alamendah)

Memiliki warna coklat kemerahan yang indah, serak bukit mampu menarik banyak perhatian pecinta burung. Sekilas, wajahnya terlihat seperti ular sendok. Untuk makanannya, jenis serak bukit biasanya memakan hewan-hewan kecil seperti tikus, kadal, katak, dan serangga kecil lainnya. Mereka juga cukup easy going dan tidak agresif sama sekali.

5. Serak Jawa

Burung hantu serak jawa
Burung hantu serak jawa (Sumber: Wikipedia)

Berwajah lucu dan memiliki warna seputih salju membuat burung serak jawa banyak diincar oleh pecinta hewan. Kaki burung yang satu ini sangat pendek dengan sayap yang panjang dan bulat. Matanya berwarna hitam gelap dan warnanya cukup pucat. Kamu dapat menemukan hewan ini dengan mudah di hutan-hutan tropis khususnya pepohonan yang lebat.

6. Celepuk Gunung

Celepuk Rinjani
Celepuk Gunung (Sumber: Alamendah)

Jenis burung hantu di Indonesia yang cukup terkenal dan sering ditemui adalah celepuk gunung atau disebut juga mountain scops owl. Mereka memiliki fisik yang standar layaknya burung hantu seperti biasa yakni berukuran sedang dengan mata bulat yang terang. Satu hal yang unik dari burung ini adalah suara yang mereka hasilnya sangat unik karena memiliki nada pendek tinggi yang mirip dengan suara yang dihasilkan dari radar.

7. Beluk Watu Jawa

Beluk watu Jawa
Beluk watu Jawa (Sumber: Alamendah)

Jenis burung hantu yang terakhir adalah beluk watu jawa. Hewan ini merupakan burung hantu asli endemik Indonesia. Ukuran tubuhnya sangat kecil dibandingkan dengan jenis burung hantu lainnya yakni hanya sekitar 24 cm. Warna bulunya didominasi dengan warna coklat kekuningan dan pada bagian parahnya terdapat corah putih abstrak yang cantik.

Baca juga: 20 Jenis Katuranggan Perkutut Beserta Gambarnya

Nah itu tadi pembahasan lengkap mengenai jenis-jenis burung hantu di Indonesia. Setiap jenis burung memiliki keunikannya masing-masing yang membuat mereka menarik banyak perhatian pecinta burung. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Animalovers ya untuk mengetahui jenis-jenis burung hantu di Indonesia.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Jenis Burung Hantu di Indonesia yang Unik & Bisa Dipelihara

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]