1. Ikan

Mengenal Ikan Zebra: Taksonomi, Jenis, & Makanannya

Ikan zebra merupakan salah satu ikan yang berhabitat di air tawar dan banyak dipelihara karena perawatannya yang mudah. Jika Animalovers tertarik ingin memelihara ikan mungil bercorak garis dan berbagai warna ini dapat mengikuti artikel ini. Yuk kita bahas secara mendalam mengenai ikan ini.

Taksonomi Ikan Zebra

Siklus pertumbuhan ikan zebra
Siklus pertumbuhan ikan zebra (sumber: Wikipedia)

Ikan zebra merupakan salah satu ikan yang berasal dari keluarga siprinide. Kata zebra pada nama ikan ini didasari karena tubuhnya mirip dengan warna tubuh zebra. Ukuran tubuh mereka sangat kecil yakni berkisar 3-5 cm dengan kulit mirip seperti garis zebra berwarna hitam putih, jingga, dan kekuningan. 

Habitat ikan ini biasanya berada di sunga hangat yang memiliki arus peran. Mereka senang bersembunyi di pasir atau kerikir. Animalovers akan menemukan ikan ini diberbagai percabangan suangai dan sungai utama. Selain sungai, biasanya mereka juga berada di daerah persawahan dan lahan basah.

Berdasarkan taksonominya, ikan ini terdaftar dalam Sistem Informasi Taksonomi Terpadu, dengan nomor tercatat 163699. Ikan ini termasuk ke dalam marga Brachydanio dengan urutan asam deoksiribonukleat (DNA).

Perkembangan ikan akan dimulai ketika mereka berada pada tahap embrio, larva, hingga menjadi ikan muda dan beranjak dewasa. Warna-warna yang terdapat pada ikan ini dihasilkan oleh trombosit di sel pigmen iridofor mereka. 

Jenis Ikan Zebra

Ikan Zebra Pink

ikan zebra pink
Ikan zebra pink (sumber: Ikan Tani)

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki ciri khas berwarna pink yang indah. Nama ilmiah jenis ikan ini adalah Brichidanio reno atau zero danio dan berasal dari Myanmar. Zebra pink merupakan salah satu ikan yang banyak dibudidayakan. 

Ikan Zebra Tilapia

Ikan zebra tilapia
Ikan zebra tilapia (sumber: Loved Fish)

Jenis ikan ini hidup di daerah air tawar seperti sungai di Afrika Barat. Ukuran tubuh ikan ini lumayan besar karena dapat bertumbuh hingga 30 cm dengan karakteristik yang sangat agresif. Ketika Animalovers akan memelihara ikan ini, jangan menggabungkan ikan kecil karena zebra tilapia akan memakan semua ikan tersebut. 

Ikan Zebra Cichlid

Zebra Cichlid
Zebra Cichlid (sumber: Wikipedia)

Jenis selanjutnya adalah zebra cichlid(Archocentrus nigrofasciatus) . Mereka biasanya hidup di daerah air tawar dengan suhu yang hangat. Ikan ini banyak dipelihara karena perawatannya yang sangat mudah dan daya tubuh yang kuat. Ciri khas dari corak ikan ini adalah warna garis hitam putih yang mirip seperti seragam narapidana.

Ikan Zebra Danio

ikan zebra danio
Ikan zebra danio (sumber: Wikipedia)

Jenis zebra danio merupakan ikan hias yang paling populer. Mereka sangat mudah dipelihara dan biasanya harganya tidak mahal yakni sekitar Rp2500-an saja perekor di toko ikan hias. Mereka terkenal sangat kuat dan mudah dalam beradaptasi. Jenis ini sangat direkomendasikan untuk Animalovers pemula yang ingin memelihara ikan.

Makanan Ikan Zebra

Zooplankton sebagai makanan ikan zebra (sumber: Wikipedia)
Zooplankton sebagai makanan ikan zebra (sumber: Wikipedia)

Memelihara ikan ini sebagai ikan hias sangat mudah kok. Mereka biasanya memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan gampang dipelihara. Makanan ikan zebra adalah zooplankton dan lalat yang biasanya mereka dapatkan secara alami di habitat mereka yakni di sungai. 

Selain itu, ikan ini dapat memakan fitoplankton, alga berserat, dan telur krustasea. Agar tumbuh sehat, ikan harus diberi makan sesuai dengan ukurannya misalnya zebra dewasa diberi makan 400 mikron atau telur udang lain. Di alam liar biasanya ikan ini akan mencari makan dengan memangsa ikan kecil lainnya.

Baca juga: Mengenal Taksonomi Ikan Baung, Jenis, & Cara Budidaya

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai ikan zebra dan berbagai jenisnya yang cocok untuk dipelihara. Semoga artikel ini dapat menjadi panduan Animalovers untuk memelihara ikan ini ya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Ikan Zebra: Taksonomi, Jenis, & Makanannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]