1. Fakta Unik

Simak Cara Memancing Belut di Sini, Tangkapan Melimpah!

Sebagian orang berpikir mencari belut di persawahan adalah hal yang merepotkan. Padahal apabila kita mengetahui caranya, ada banyak cara memancing belut yang sebenarnya bisa diterapkan dengan peralatan yang sederhana. Selain itu, beberapa teknik perlu kalian kuasai supaya mendapatkan tangkapan dengan mudah dan tidak mengulur waktu. 

Memang secara umum, belut merupakan sejenis ikan yang hidup di perairan dangkal, berlumpur dan lingkungan yang lembab. Jadi, sangat mudah bagi belut untuk lolos dari tangkapan. Untuk mengatasinya, berikut adalah tips-tips cara memancing belut yang perlu kalian ketahui. Simak sampai bawah ya!

Cara Memancing Belut

Cara Memancing Belut
Cara Memancing Belut

Mendapatkan belut bisa dibilang gampang-gampang susah. Mungkin bagi sebagian orang, hal tersebut membutuhkan usaha dan kesabaran yang ekstra. Secara taksonomi, belut dengan nama latin Monopterus albus ini memiliki tubuh kecil, ramping dan memanjang. Panjangnya pun dimulai dari 8,5 cm sampai dengan 1,5 m yaitu belut marmer atau Synbranchus marmoratus

Dari penjelasan di atas, tak jarang banyak yang gagal untuk menangkapnya. Sehingga perlu adanya trik jitu yang perlu kalian pertimbangkan. Apa saja ya? 

Baca Juga: Mengenal 10 Jenis Ular Sawah, Ciri-Ciri & Cara Pencegahannya

Mencari Tahu Faktor Penyebab

Salah satu cara memancing belut adalah dengan memikirkan faktor penyebabnya, Biasanya belut susah untuk ditangkap karena cuaca dingin atau kondisi alam yang tidak menentu. Biasanya saat musim hujan, belut sukar keluar dari habitatnya untuk mencari makan. Jadi, sebisa mungkin carilah belut pada musim kemarau (panas).

Mencari Waktu yang Terbaik

Cara memancing belut lebih baik dilakukan saat malam hari. Pada siang hari, sebagian besar belut akan berlindung di dalam sangkarnya untuk tidur. Oleh karena itu, jika kalian ingin mendapatkan banyak belut, yang perlu kalian lakukan adalah mencarinya di malam hari karena pada waktu tersebut belut keluar untuk mencari makan. Jadi, kalian harus cermat ya! 

Memahami Habitatnya

Tentu bagi pencari belut, memeriksa lubang-lubang di sawah adalah salah satu cara yang efektif. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, belut menyukai tempat yang gelap, berlumpur dan tanah-tanah yang berlubang. Kalian bisa memancing belut di dekat habitatnya tersebut.

Apabila kalian ingin menangkap belut berukuran kecil, kalian bisa pergi ke sawah. Namun apabila kalian ingin mendapat tangkapan yang lebih besar, pergilah ke daerah sungai atau rawa. Belut-belut besar siap menjadi santapan makan malam! 

Menggunakan Peralatan yang Tepat

Pilih Kait Pancing yang Baik
Pilih Kait Pancing yang Baik

Mencari waktu dan habitat telah dilakukan dengan tepat. Tapi jangan sampai peralatan yang kalian pakai tidak memadai. Cara memancing belut  selanjutnya adalah menyiapkan tali pancing (tangsi), umpan, dan mata kail. Mengapa kalian harus menggunakan tali pancing? 

Mengingat pergerakan belut yang gesit dan cepat, kalian tentu membutuhkan tali kuat dan tidak mudah putus. Sedangkan untuk kail, sebisa mungkin gunakan bahan stainless steel. 

Memilih Umpan yang Tepat 

Selanjutnya adalah memilih umpan yang tempat. Pemilihan umpan yang tepat bisa membuat pancing kalian berhasil,lho. Kalian bisa menggunakan umpan-umpan alami yang ada di sekitar. Misalnya, anakan katak, daging siput, cacing tanah, dan sebagainya. Hindari memancing belut dengan umpan yang sama apabila belut tidak mau memakan umpan yang pertama. 

Baca Juga: Perbedaan Utama antara Kaki Seribu dan Kelabang, Yuk Pahami!

Kesimpulan

Cara memancing belut bisa kalian terapkan dari poin pertama sampai terakhir. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah untuk mendapatkan belut dengan cepat. Tak perlu memancing  berjam-jam, karena  kalian sudah tahu tipsnya. Sampai di sini dulu ya guys, nantikan artikel-artikel seputar tips,cara perawatan, informasi hewan lainnya hanya di Animalogi. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Simak Cara Memancing Belut di Sini, Tangkapan Melimpah!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sebagian orang berpikir mencari belut di persawahan adalah hal yang merepotkan. Padahal apabila kita mengetahui caranya, ada banyak cara memancing belut yang sebenarnya bisa diterapkan dengan peralatan yang sederhana. Selain itu, beberapa teknik perlu kalian kuasai supaya mendapatkan tangkapan dengan mudah dan tidak mengulur waktu.  Memang secara umum, belut merupakan sejenis ikan yang hidup di […]

    Trending

    Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu cara  menyehatkan jiwa dan menentramkan pikiran. Bagi pecinta ikan hias, tentunya akan selalu antusias dengan perkembangan peliharaannya. Tapi, apa jadinya jika  ikan mengalami jamuran? Tenang saja, kalian perlu membawanya ke dokter hewan atau memberikannya obat yang tepat di petshop terdekat. Namun sebagai pemilik, ada baiknya kalian perlu mengetahui penyebab […]
    Memiliki anabul seperti kucing adalah sebuah kenikmatan yang luar biasa bagi sebagian orang. Tak dipungkiri, banyak dari mereka yang merasa “tidak bisa hidup” tanpa kehadiran mereka. Bahkan saat pemilik kucing berada di luar kota, tak segan-segan untuk mengirimkan hewan kesayangannya demi lebih dekat dengannya. Tapi, apakah kalian tahu bagaimana cara mengirim kucing ke luar kota […]
    Salah satu burung yang banyak ditemukan di alam adalah jalak suren. Mungkin bagi sebagian orang, tidak bisa membedakan perbedaan jalak suren jantan dan betina. Pengetahuan untuk membedakan ini cukup penting apabila kalian ingin memeliharanya di rumah. Terkenal dengan kemampuan ulung untuk menirukan suara orang lain, tak heran penggemar burung ini meningkat setiap tahunnya. Yuk, simak […]