1. Fakta Unik

Harga Kucing Bengal Terbaru, Jenis, Fakta, dan Cara Merawatnya

Kucing Bengal adalah salah satu kucing dengan motif yang unik. Jika dilihat sekilas mereka terlihat seperti hewan mungil yang sangat buas. Namun, nyatanya mereka lucu dan jinak loh. Buat Animalovers yang tertarik ingin mengetahui hewan lucu ini lebih dalam, yuk simak penjelasannya.

Kucing Bengal, Si Leopard Mini yang Unik

Ciri-ciri kucing bengal
Kucing Bengal (Sumber: Pixabay)

Bengal adalah salah satu hewan yang dihasilkan dari perkawinan silang beberapa hewan. Mereka termasuk hewan yang biasa hidup di hutan, namun mereka tetap biasa dipelihara seperti kucing biasa. Hewan lucu dan unik ini berasal dikembangkan di Amerika Serikat.pada tahun 1970-an.

Lahirnya Bengal tidak terlepas dari campur tangan yang dipelopori oleh ahli genetik bernama dr. Centerwall. Ia mengawinkan kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Hasil dari dua jenis ini kemudian dikawinkan kembali dengan ayahnya dan lahirlah kucing ras bengal. Berdasarkan namanya, bengal berasal dari bahasa latin yang berarti leopard cat yaitu felinebengalenis. Kucing lucu ini sering disebut juga sebagai bengal tiger cat.

Salah satu sifat unik kucing ras yang satu ini adalah mereka sangat menyukai air, padahal kucing pada umumnya sangat membenci air. Mereka termasuk hewan yang ramah dengan siapapun, terutama pada anak-anak. Sehingga jika rumah Animalovers terdapat anak-anak, maka kucing ini akan sangat cocok untuk dipelihara.

Fakta Tentang Kucing Bengal

Gambar kucing bengal asli
(Sumber: Unsplash)

Termasuk Jenis Kucing Mahal

Salah hewan termahal di dunia adalah bengal, hal ini dikarenakan biaya perawatan mereka yang cukup mahal. Jika terdapat bengal dengan harga murah maka perbedaannya dengan yang mahal adalah silsilah atau keturunannya (pedigree papers)

Semakin murni bengal maka harganya semakin tinggi. Sebenarnya tidak hanya mengeluarkan biaya untuk membelinya saja yang mahal. Namun, perawatan mulai dari makanan dan lain-lainnya juga sangat mahal. Bahkan harga kucing bengal yang memiliki PED ICA (sertifikat/microchip) berkisar Rp.20.000.000,00. 

Hasil Mutasi Genetik

Bengal dihasilkan dari beberapa persilangan hewan hingga akhirnya menghasilkan kucing dengan motif unik. Selain itu dalam pengembangannya setelah lahirnya bengal mereka tetap dikawin silangkan hingga kemudian menghasilkan beragam jenis kucing dengan motif yang unik.

Kucing Langka yang Susah Didapatkan

Salah satu alasan mengapa harga bengal sangat mahal adalah karena mereka sangat langka. Proses pengembangbiakkan mereka pun cukup sulit sehingga harga jualnya mahal. Untuk mendapatkan kucing ini harus melalui proses 3 kali keturunan agar mendapatkan kucing yang pas dan dapat dipelihara.

Memiliki Kecerdasan Diatas Rata-rata

Sebagai salah satu kucing hutan, bengal memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi dibanding dengan hewan lainnya. Mereka sangat aktif dan ingin mengetahui banyak hal. Kucing ini termasuk ke dalam kucing hutan sehingga mereka sangat senang apabila diajak ke alam bebas seperti hutan, gunung, dan tempat bernuansa lainnya.

Termasuk Salah Satu Hewan dengan Insting Predator

Termasuk ke dalam kucing hutan, pemilik harus menjauhkan bengal dari hewan-hewan seperti kelinci, ayam, dan sejenisnya karena mereka memiliki insting predator dan dapat memangsa hewan-hewan tersebut. Agar lebih aman, pemilik dapat memasukkan bengal ke dalam ruangan dan hanya sesekali dibawa keluar.

Ciri-ciri Kucing Bengal

jenis kucing bengal
(Sumber: Pixabay)

Jika Animalovers tertarik dengan hewan mahal yang satu ini, ada kalanya sebelum membeli mengetahui ciri-ciri kucing bengal asli. Yuk, simak penjelasannya.

  1. Warna Bulu yang Unik

Salah satu hal yang memiliki dari bengal adalah pola dan motif bulu mereka yang sangat unik seperti hewan buas versi mungil. Bulu mereka dapat mengkilap apabila pemilik rajin untuk menyisirnya. Selain itu, kualitas bulu juga ditentukan oleh makanan yang diberikan. Semakin bergizi makannya, maka semakin mengkilap bulunya.

  1. Fisik yang Besar

Hewan lucu yang satu ini dapat memiliki berat 10 kg meski badannya terlihat atletis. Bagi animalovers yang senang membawa hewan peliharaan untuk menjelajahi hutan maka bengal adalah hewan yang pas untuk dibawa pergi.

  1. Mata Berwarna Hijau

Selain memiliki motif warna yang unik, bengal memiliki mata yang begitu cantik. Mata mereka biasanya terlihat berwarna hijau jernih. 

  1. Badan Atletis

Meski berat dari bengal dapat mencapai 10 kg mereka akan terlihat sangat atletis dan tidak gemuk. Hal ini dikarenakan mereka biasanya aktif bergerak. Perlu diketahui pula, ketika memelihara bengal maka harus menyiapkan ruangan yang cukup besar agar mereka dapat bergerak bebas.

  1. Kepala yang Besar dan Panjang

Kepala dari Bengal terlihat seperti kepala kucing domestik, yakni dengan bentuk besar namun terlihat panjang. Mereka tidak chubby seperti ras persia dan terlihat sedikit berotot sehingga berpengaruh pada wajah mereka.

Jenis Kucing Bengal

Pengembangan dari bengal dilakukan agar mendapatkan motif dan keturunan yang berkualitas. Berikut beberapa jenis kucing bengal yang dapat Animalovers pelihara.

  1. Kucing Bengal Rosetted Spotted
Gambar Kucing Bengal Rosetted Spotted
(Sumber: Pixabay)

Jenis kucing bengal yang satu ini memiliki pola bintik-bintik pada seluruh tubuhnya dan merupakan favorit banyak pecinta hewan. Dari jenis kucing bengal rosetted spotted menghasilkan 5 jenis berdasarkan motifnya yakni arrow rosetted, pawprint rosetted, donut rosetted, donut rosetted with chaining, dan cloud rosetted

  1. Kucing Bengal Marble
Gambar Kucing Bengal Marble
(Sumber: Pixabay)

Selain bintik-bintik terdapat jenis kucing bengal yang memiliki motif seperti kucing marble. Mereka biasanya berwarna abu-abu kehitaman dengan garis-garis besar-besar di seluruh tubuhnya. 

Cara Memelihara Kucing Bengal

Bagi Animalovers yang tertarik dengan hewan hutan yang lucu ini, berikut beberapa informasi mengenai cara merawat bengal dengan benar.

  1. Berikan Makanan Bergizi

Kualitas ataupun kelembutan bulu bengal ditentukan oleh makanannya. Selalu berikan makanan berkualitas tinggi agar bengal selalu sehat dan memiliki bulu yang mengkilap ya, Animalovers.

  1. Mandikan Secara Rutin

Hewan lucu yang satu ini ternyata sangat menyukai air loh, jadi tidak perlu perang ketika memandikannya. Mereka tidak perlu dimandikan setiap minggu, hanya cukup 2 – 4 minggu sekali karena kucing biasanya memiliki cara untuk membersihkan tubuhnya sendiri.

  1. Selalu Bersihkan Mata, Telinga, dan Hidungnya

Mata, telinga, dan hidung adalah area dimana kotoran dapat menumpuk sehingga selalu pastikan bengal bersih dan terawat ya, Animalovers.

  1. Berikan Mainan Kecil

Jika tidak dapat membawa hewan lucu ini ke alam bebas secara rutin, ada kalanya pemilik memberikan mainan kecil untuk dimainkan di dalam ruangan agar mereka tidak bosan. Selalu temani juga kucing bermain agar mereka sangat senang karena hewan lucu yang satu ini sangat gemar bersosialisasi.

  1. Jangan Terlalu Sering Membiarkan Kucing di Luar Ruangan

Sebagai hewan yang masih memiliki insting predator, jangan terlalu sering membawa kucing ke luar ruangan terutama ketika tidak ada pengamanan. Mereka sangat aman bersama anak kecil, namun tidak dengan hewan-hewan unggas seperti ayam. Jadi, ada baiknya jika tidak sedang diawasi lebih baik berada di dalam ruangan saja.

Harga Kucing Bengal Terbaru

Motif kucing bengal
(Sumber: Pixabay)

Sebagai salah satu kucing termahal di dunia, harga kucing bengal sangat mahal. Harga kucing bengal berusia 4 bulan dengan sertifikat dan keturunan/silsilah yang jelas maka berharga Rp.20.000.000,00. Untuk harga kucing bengal impor biasanya sangat mahal dan mencapai Rp.25.000.000,00 – Rp.70.000.000,00.

Baca Juga: Harga Kucing Persia, Jenis, & Cara Merawatnya [LENGKAP]

Nah itu tadi informasi lengkap mengenai si kucing hutan lucu bernama kucing bengal. Motif yang unik serta pengembangannya yang masih terbatas dan tergolong langka membuat hewan lucu ini memiliki harga yang cukup fantastis. Apakah animalovers tertarik memelihara kucing atletis yang satu ini?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Harga Kucing Bengal Terbaru, Jenis, Fakta, dan Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]