1. Burung

10 Jenis Burung Nuri, Si Cantik yang Cerdas & Bersuara Merdu

Tertarik dengan burung cantik yang bersuara merdu? Ternyata selain burung beo, kamu juga bisa memelihara burung nuri, lho. Jenis burung yang satu ini tidak kalah, baik dari sisi kecerdasan maupun keindahan penampilannya. Kalau begitu langsung saja kita lihat pembahasan seputar nuri berikut ini.

Burung Nuri, Si Cantik Bersuara Merdu Nan Memikat

Burung Nuri, Si Cantik Bersuara Merdu Nan Memikat (sumber: Pexels)
Burung Nuri, Si Cantik Bersuara Merdu Nan Memikat (sumber: Pexels)

Burung nuri atau loriini adalah salah satu spesies parrot arboreal yang berukuran kecil hingga sedang. Spesies ini masih termasuk dalam genus Electus. Ciri khas yang paling mudah dikenali dari nuri adalah bentuk paruhnya yang melengkung dan lebih besar di bagian atasnya.

Kata loriini atau lory sendiri awalnya berasal dari penyebutan dalam bahasa Melayu, yaitu lūri. Nama ini diketahui berdasarkan buku milik Johan Nieuhof, seorang penulis asal Belanda yang melakukan perjalanan ke Hindia Belanda. Namun saat ini, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tidak menggunakan kata lūri dan justru menggantinya dengan nuri.

Burung ini dikenal dan sangat digemari karena warnanya yang sangat variatif. Bukan hanya itu, nuri juga memiliki suara indah yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta binatang.

Fakta Unik Seputar Burung Nuri

Animalovers, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas fakta unik seputar burung bersuara indah ini. Penasaran apa sajakah itu? Yuk, simak pembahasannya berikut.

Fakta Unik Seputar Burung Nuri (sumber: Mascotas)
Fakta Unik Seputar Burung Nuri (sumber: Mascotas)

1. Bisa Hidup Lama

Jika kamu menginginkan peliharaan yang mampu hidup lama, maka nuri dapat menjadi pilihan yang tepat. Burung berparuh melengkung ini rata-rata memiliki kesempatan hidup hingga lebih dari 30 tahun. Itu jika mereka mendapat perawatan yang baik dan terjamin.

Nuri dengan ukuran lebih yang besar memiliki harapan hidup yang lebih panjang. Contohnya seperti jenis African Grey yang mampu hidup hingga 60 tahun. Tidak hanya hidup lama, nuri juga bisa sangat setia pada pemiliknya.

2. Menggunakan Kakinya Untuk Makan

Keunikan lain dari burung nuri adalah cara makannya. Jika baru pertama kali melihat, Animalovers pasti akan merasa heran karena nuri ternyata makan seperti manusia. Mereka menggunakan satu kaki untuk mengangkat makanan dan setelah itu menggigitnya menggunakan paruh. Cara ini bisa mereka lakukan karena kaki nuri dapat mencengkram benda dengan kuat layaknya milik manusia. 

3. Merupakan Pasangan yang Setia

Ketika nuri sudah menemukan pasangannya, maka mereka akan terus hidup bersama dalam segala situasi. Hal ini tentu berbeda dengan kebanyakan hewan lain yang hanya bersama pasangannya ketika masa kawin.

Jika di alam liar, pasangan burung nuri akan tinggal di satu sarang yang sama dan membesarkan anak mereka berdua. Tugas mencari makan pun biasa dilakukan bersama. Mereka tidak akan meninggalkan satu sama lain, kecuali jika salah satu pasangannya mati lebih dulu atau mereka tidak kunjung mempunyai keturunan.

4. Cukup Cerdas Untuk Menirukan Suara

Tidak ada yang meragukan merdunya suara burung nuri. Namun, tahukah kamu jika mereka juga bisa menirukan suara? Hal ini bisa terjadi karena nuri termasuk hewan dengan kecerdasan yang tinggi. Selain itu, mereka juga mempunyai alat vokal bernama syrinx yang mampu mengarahkan udara ke jalur yang berbeda sehingga proses menirukan suara menjadi mungkin.

Kemampuan yang spesial ini juga turut menjadi faktor dari tingginya harga burung nuri. Banyak orang yang merasa bahwa burung yang satu ini dapat menjadi peliharaan yang sangat menghibur karena kecerdasannya.

5. Paruhnya Kuat

Berhati-hatilah saat Animalovers sedang bermain dengan burung nuri. Itu karena burung ini mempunyai paruh yang kuat. Mereka bisa saja menggigit jarimu dan menghasilkan luka yang cukup fatal. Kekuatan paruh burung nuri bahkan disebut-sebut mampu untuk membuka sangkar yang terbuat dari logam, lho.

Jenis Burung Nuri

Kita sudah mengetahui keunikan apa saja yang dimiliki burung bersuara merdu ini. Selanjutnya, Animalovers juga wajib tahu ada jenis burung nuri apa saja yang hingga kini masih bertahan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Kepala Merah

Nuri Kepala Merah (sumber: Petsoid)
Nuri Kepala Merah (sumber: Petsoid)

Sesuai namanya, burung nuri kepala merah memiliki bulu berwarna merah dari bagian kepala hingga leher. Burung ini merupakan satwa asli yang berasal dari Sulawesi dan Maluku Utara. Namun sayang, karena populasinya yang semakin sedikit, jenis nuri ini pun dilindungi oleh pemerintah dan tidak bisa dipelihara secara bebas.

Dari segi kecerdasan, burung ini juga termasuk jenis yang sangat pintar. Mereka dapat menguasai kemampuan berbicara seperti burung beo bila dilatih dengan baik.

Selain warna merah di bagian kepala, kamu juga bisa mengenai jenis ini lewat warna abu di sekitar mata dan kuning serta hijau di bagian sayapnya.

2. Kepala Hitam

Nuri Kepala Hitam (sumber: World Life Expectancy)
Nuri Kepala Hitam (sumber: World Life Expectancy)

Burung nuri kepala hitam juga merupakan spesies yang dilindungi. Mereka kebanyakan hidup di wilayah Papua, Ternate, dan Ambon. Jika bagian kepalanya seragam berwarna hitam, maka lain halnya dengan warna sayap, ekor, dan badan mereka. Burung nuri kepala hitam ini cenderung memiliki warna yang lebih bervariasi ketimbang si kepala merah. Ada yang badannya berwarna kuning, hijau, merah, dan bahkan biru tua.

3. Kepala Coklat

Nuri Kepala Coklat (sumber: Pinhome)
Nuri Kepala Coklat (sumber: Pinhome)

Nuri yang satu ini cocok untuk kamu jadikan peliharaan. Warnanya juga sangat unik, yaitu coklat di bagian kepala dan sentuhan warna lain seperti kuning yang muncul di beberapa bagian tubuhnya.

Si kepala coklat awalnya berasal dari wilayah Afrika. Namun saat ini sudah banyak juga yang mulai mengembangbiakkannya untuk dijual secara legal. Mereka juga termasuk burung yang aktif dan lincah. Dengan sedikit latihan, kemampuan menirukan suara mereka pun dapat kamu kembangkan.

4. Talaud

Nuri Talaud (sumber: Mongabay)
Nuri Talaud (sumber: Mongabay)

Jenis talaud adalah nuri yang warna didominasi oleh merah dan biru. Hewan ini juga harus dilindungi karena populasinya yang terus menurun. Di alam liar, hewan ini lebih senang hidup secara berkelompok dan mencari makan secara bersama-sama.

5. Perut Merah

Nuri Perut Merah (sumber: Harga Merek)
Nuri Perut Merah (sumber: Harga Merek)

Nuri yang berikut ini hampir seluruh tubuhnya berwarna merah. Pada bagian sayapnya terdapat beberapa corak warna lain, seperti biru dan hitam. Ukuran mereka pun cukup besar dengan rata-rata panjang 45 – 46 sentimeter. Tidak seperti nuri kebanyakan, suara si perut merah ini tidak terlalu merdu. Namun, keindahan tubuhnya tetap membuat para pecinta burung jatuh hati.

6. Maluku

Si cantik yang satu ini biasanya hidup di daerah perhutanan, mulai dari hutan mangrove, hutan primer, dan hutan sekunder. Selain itu, mereka juga bisa beradaptasi dan tinggal di wilayah perkebunan kelapa. Populasi nuri Maluku saat ini berpusat di Kepulauan Ambon, Banda, Saparua, Watubela, dan Haruku.

Sebagian besar jenis ini memiliki warna yang cerah, seperti hijau dan kuning. Namun, ada juga tambahan warna lain yang turut memperindah rupanya, seperti warna merah, biru, dan hitam.

7. Pelangi

Nuri Pelangi (sumber: HoBinatang)
Nuri Pelangi (sumber: HoBinatang)

Burung nuri pelangi bisa kamu jumpai di daerah Papua. Di sana mereka hidup dengan populasi yang sudah tidak banyak lagi, sehingga perlu dilindungi oleh pemerintah. Warna bulu dari burung ini sangat spektakuler, dari bagian kepala hingga ekornya bisa bervariatif dan penuh warna. Hal ini jugalah yang membuat mereka disebut sebagai burung nuri pelangi.

Untuk sekedar melihat atau berinteraksi langsung dengan jenis ini, kamu bisa mengunjungi kebun binatang atau penangkaran khususnya di Papua. Selain indah dipandang, jenis ini juga pintar menirukan suara sehingga berinteraksi dengannya pasti menjadi hiburan yang menyenangkan.

8. Dora

Nuri Dora (sumber: Sangkarlapis)
Nuri Dora (sumber: Sangkarlapis)

Jenis dora merupakan salah satu jenis nuri terindah yang masih bertahan. Kepala dari nuri dora umumnya memiliki warna biru dan merah yang terlihat sangat indah. Sedangnya, bagian tubuhnya lebih bervariasi, seperti dadanya yang berwarna merah cerah dan sayap hingga ekor yang didominasi warna hijau.

9. Jardine

Nuri Jardine (sumber: Pixabay)
Nuri Jardine (sumber: Pixabay)

Jardine atau burung nuri hijau juga termasuk jenis yang bisa kamu pelihara. Ukuran rata-rata jardine cukup besar, sehingga kamu juga perlu menyiapkan kandang burung nuri yang besar. Meski begitu, burung ini sangat aktif dan dapat kamu ajak untuk bermain kapan saja.

Dengan ukurannya yang besar, angka harapan hidup jenis jardine pun cukup tinggi. Jika diberi perawatan yang baik, mereka bahkan bisa bertahan dari 30 hingga 60 tahun lamanya.

Pada mulanya, jenis ini ditemukan di beberapa negara Afrika, seperti Kenya, Kongo, Liberia, Ghana, dan Tanzania. Saat ini, mulai banyak orang yang mengembangbiakkan nuri jardine sehingga kamu bisa mendapatkannya secara legal.

10. Bayan

Nuri Bayan (sumber: Alamendas Blog)
Nuri Bayan (sumber: Alamendas Blog)

Jenis dengan nama latin Eclectus Roratus ini memiliki suara yang sangat merdu. Mereka juga bisa dilatih untuk menirukan berbagai suara. Saat ini nuri bayan banyak ditemukan di daerah Nugini, Solomon, Samba, dan Maluku.

Warna burung nuri bayan jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Bayan jantan umumnya berwarna hijau cerah, sedangkan betinanya didominasi oleh warna merah.

Cara Merawat Burung Nuri

Cara Merawat Burung Nuri (sumber: Pexels)
Cara Merawat Burung Nuri (sumber: Pexels)

Merawat burung jenis ini sebenarnya cukup susah-susah gampang. Kamu harus siap memberikan perhatian ekstra agar kesehatan nuri terjaga dengan baik. Agar terhindar dari stres, sebaiknya kandang burung nuri tidak dibuat tertutup dan diletakkan di tempat yang ramai.

Letakkan juga sebuah tempat untuk nuri bertengger di dalam kandang. Yang tidak kalah penting adalah ukurannya, jangan sampai kandang itu terlalu kecil dan sangat membatasi ruang gerak nuri.

Ketika lapar, biasanya burung nuri akan mengeluarkan suara yang khas. Saat itu, sebaiknya kamu segera memberinya makan sebelum ia menjadi terlalu lapar. Kebersihan tubuh nuri juga sangat penting untuk diperhatikan, usahakan untuk memandikannya sehari sekali dengan cara menyemprotkan air langsung ke tubuhnya. Hindari saja bagian sensitif, seperti telinga.

Setelah memastikan kenyamanan dan kesehatan nuri, kamu baru bisa mulai mengajarinya berbicara. Lakukanlah dengan cara memutar kaset rekaman secara berulang di dekat kandangnya. Dengan begitu, lambat laun nuri akan beradaptasi pada suara tersebut dan mulai menirunya.

Makanan Burung Nuri

Pada dasarnya, nuri adalah jenis burung yang bisa memakan segala hal. Namun umumnya, kamu tidak perlu memberi daging dan cukup menyediakan buah-buahan, sayur, atau pellet saja.

Untuk memberi makanan burung nuri berupa buah-buahan, sebaiknya kamu memotongnya kecil-kecil agar nuri bisa dengan mudah memakannya. Beberapa jenis buah yang mereka sukai di antaranya: pepaya, apel, dan pisang.

Makanan Burung Nuri (sumber: Pet Keen)
Makanan Burung Nuri (sumber: Pet Keen)

Selain lezat, buah-buah ini juga memiliki gizi yang bagus untuk tumbuh kembang burung. Namun, ada satu buah yang tidak boleh diberikan pada nuri, yaitu alpukat. Itu karena buah ini dapat menjadi racun dan merusak kesehatan nuri.

Jika ingin memberikan sayuran, usahakan sayur tersebut merupakan produk organik yang tidak mengandung senyawa kimia. Lalu untuk minumnya, air putih saja sudah dapat memenuhi kebutuhan burung ini. Namun, akan lebih baik lagi jika sesekali nuri diberikan susu yang mengandung gizi cukup tinggi.

Harga Burung Nuri

Setelah mengetahui semua informasi tentang burung cantik ini, pasti kamu merasa semakin tertarik untuk memeliharanya, bukan? Karena itu, Kuliner Kota sudah menyiapkan daftar harga burung nuri yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Simak daftarnya di bawah ini.

JenisHarga
Nuri Kepala Hitam AnakanRp500.000
Nuri Kepala Hitam RemajaRp850.000
Nuri Kepala Hitam untuk AtraksiRp950.000 – Rp2.000.000
Nuri Kepala Hitam Lancar BicaraRp1.500.000 – Rp2.500.000
Nuri MerahRp800.000
Nuri Merah HijauRp650.000
Nuri Maluku> Rp1.000.000
Nuri AmbonRp800.000
Nuri BayanRp600.000 – Rp1.000.000
Nuri PapuaRp900.000 – Rp1.500.000
Nuri PelangiRp600.000

Demikian informasi seputar burung nuri. Memelihara burung jenis ini memang membutuhkan persiapan sebelumnya.Namun, dengan keindahan tubuh dan suara merdunya, semua usaha yang kamu keluarkan pun worth it banget, lho. Jadi tunggu apalagi, sudah siapkah kamu untuk memelihara nuri?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Jenis Burung Nuri, Si Cantik yang Cerdas & Bersuara Merdu

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]