1. Burung

20 Jenis Katuranggan Perkutut Beserta Gambarnya

Katuranggan perkutut merupakan jenis burung yang dulunya banyak dipelihara oleh orang-orang dalam pemerintah pada masa kerajaan. Burung ini dipercaya memiliki mitos dan dampak yang positif bagi pemiliknya. Bagi Animalovers yang tertarik memelihara burung ini, yuk berikut informasi lengkapnya katuranggan perkutut beserta gambarnya!

20 Jenis Perkutut Katuranggan

Akhir-akhir ini banyak pecinta burung mencari katuranggan perkutut untuk dipelihara. Jenis burung perkutut katuranggan dipercaya oleh banyak orang dapat membawa keberuntungan dan membuat pemiliknya menjadi terkenal. Hewan ini penuh dengan mitos yang berkonotasi positif, sehingga tidak heran jika mereka banyak diincar. 

Untuk Animalovers yang tertarik memelihara burung ini, yuk berikut informasi mengenai perkutut katuranggan beserta gambarnya!

1. Keruk Bumi

Perkutut-katuranggan kerak bumi
Perkutut-katuranggan kerak bumi (Sumber: Olx)

Jenis perkutut katuranggan yang pertama adalah keruk bumi. Dari ciri perkutut katuranggan yang satu ini adalah memiliki fisik yang sangat lucu dan menarik. Kakinya melengkung ke arah dalam, namun beberapa melengkung ke luar. Kaki unik mereka banyak disebut sebagai ciker atau tiket

2. Satrio Wicaksono

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar jenis perkutut katuranggan satrio wicaksono? Mungkin namanya terdengar seperti nama orang, namun mereka jenis hewan, kok. Jenis satrio wicaksono ini sangat banyak digemari oleh pecinta burung. Ciri-ciri utama dari burung ini adalah mereka memiliki bulu berwarna putih di bagian pangkal ekor.

3. Jogoboyo

Jogoboyo
Jenis perkutut katuranggan Jogoboyo (Sumber: Bukalapak)

Rekomendasi perkutut katuranggan selanjutnya adalah jogoboyo. Jenis ini sangat digemari dan lucu karena mereka memiliki kebiasaan unik, yakni selalu tidur di tanah. Beberapa burung yang termasuk jenis ini terkadang tidak bisa terbang sama sekali. Apakah Animalovers tertarik memelihara burung yang satu ini?

4. Cendolo Sabdo

Perkutut katuranggan cendolo sabdo memiliki ciri-ciri warna bulu yang gelap, namun ditengah-tengah badannya terdapat bulu putih yang unik. Meskipun bulu itu nantinya tercabut, bulu yang tumbuh setelahnya akan tetap berwarna putih.

5. Kol Buntet

Ciri-ciri burung kol buntet adalah memiliki ules hitam pekat seperti ayam cemani. Ules lurik tersebut kemudian terhubung dari leher hingga ke dubur burung. Meskipun nantinya perkutut mengalami proses mabung, ules itu tetap dan tidak akan hilang.

6. Gendawa Sabtu

Jenis gendawa sabtu memiliki tubuh yang sangat elok dan elegan. Mereka memiliki ciri khas berupa bulu putih yang berada di sekitar leher. Secara fisik mereka terlihat kalem dan penurut. Mungkin jenis ini menjadi pilihan yang pas untuk Animalovers pelihara.

7. Kantong Semar

Katurangan perkutut kantong semar
Katurangan perkutut kantong semar (Sumber: Kicau Kicau)

Jenis kantong semar memiliki bentuk tubuh yang unik. Leher mereka sangat pendek dengan ukuran tubuh yang cukup besar pada bagian perutnya berukuran cukup besar. Mereka memiliki sifat yang penurut dan cukup ramah.

8. Kusuma Wicitra

Secara fisik, jenis kusuma wicitra dan kantong semar memiliki ciri yang sangat mirip. Namun, ada satu hal yang dapat membedakan kedua jenis tersebut yakni warna putih pada sisi kaki kusuma wicitra. Sehingga ketika memilih jenis ini untuk dipelihara, pastikan pada bagian kaki terdapat sisi berwarna putih ya, Animalovers.

9. Mercu Jiwa

Jenis perkutut selanjutnya adalah mercu jiwa. Mereka memiliki mata yang sangat indah dan menarik mata banyak orang, mata mereka berwarna kuning cerah. Untuk tubuhnya memiliki warna abu-abu gelap.

10. Larasati

Sama seperti jenis mercu jiwa, burung perkutut juga memiliki mata berwarna kuning yang indah. Pada bagian tubuhnya terdapat bagian halus di dekat pangkal ekor yang senada dengan warna matanya yang merata.

11. Muncis

perkutut muncis
Perkutut muncis (Sumber: Perkututpedia)

Jika Animalovers lebih senang memelihara burung yang kecil, maka muncis adalah jenis yang tepat untuk dipelihara. Mereka sangat kecil dan beberapa bahkan hanya seukuran wadah pakan burung. Namun, meski badannya sangat kecil mereka sangat aktif kok!

12. Daringan Kebak

Daringan Kebak
Daringan Kebak (Sumber: Tokopedia)

Jenis Katuranggan perkutut selanjutnya adalah daringan kebak. Mereka memiliki ciri yang cukup unik dan terkenal juga sebagai perkutut kemben tepung atau berkalung tepung. Pada bagian leher mereka terdapat bulu lurik yang menyambung seperti tepung atau kebak. 

13. Pandawa Mijil

Ada fakta untuk mengenai jenis katuranggan yang satu ini. Mereka memiliki ciri bulu ekor yang selalu berjumlah ganjil seperti 13,15,17, 21. Cukup sulit untuk menemukan pandawa mijil, sehingga ada kemungkinan harganya cukup mahal.

14. Purnomo Sidhi

Jika beberapa jenis perkutut ini memiliki mata berwarna kuning, maka yg satu ini memiliki mata berwarna merah. Bulu mereka pun sangat indah dan sedikit kemerahan layaknya permata.

15. Kaki Bebek

Ada alasan mengapa perkutut yang satu ini dinamakan sebagai kaki bebek. Yup, kaki mereka mirip seperti bebek dengan jari-jari kaki yang memiliki selaput dan saling menempel.

16. Rupo Cahyo

Jenis rupo cahyo memiliki ciri khas dengan bulu yang sangat cantik dan elok. Bulu mereka memiliki warna abu-abu yang mengkilap dan indah. Sangat pas untuk dipelihara karena akan mencuri perhatian banyak orang ketika diletakkan di rumah.

17. Rajek Wesi

Perkutut katuranggan rajek wesi merupakan perkutut yang memiliki sisik di sebelah kakinya saja. Kaki yang sebelahnya lagi tidak memiliki sisik, sangat aneh dan unik bukan?

18. Rajawana

Kebalikan dari rajek wesi, katuranggan perkutut yang satu ini memiliki kedua kaki yang bersisik silang. Bulu mereka sangat berwarna abu-abu gelap dengan mata berwarna hitam.

19. Satrio Pinayungan

Jenis perkutut katuranggan satrio pinayungan ini sangat lucu dengan wajah yang terlihat seperti innocent. Mata mereka berwarna hitam gelap dan terdapat bulu putih di bagian kepala atas mereka yang berbentuk seperti lingkaran. Wajahnya yang kalem dan lucu sangat cocok dijadikan peliharaan.

20. Jambul Garuda

Jambul Garuda
Jambul Garuda (Sumber: Youtube/Koran Burung)

Nama jambul yang disematkan pada perkutut katuranggan ini tentu diberikan dengan alasan. Yup, terdapat jambul pada kepala mereka yang sangat mungil dan lucu. Bulu mereka memiliki tiga perpaduan warna yakni putih, hitam, dan coklat. Sangat cantik bukan?

Cara Memilih Perkutut Katuranggan yang Bagus

Cara memilih burung perkutut sangat membutuhkan penelitian dan pengetahuan yang luas mengenai hewan ini. Ketika membeli perkutut katuranggan, pembeli dapat memperhatikan hewan tersebut dari ciri fisiknya. Apakah terlihat cacat atau tidak.

Selah ciri fisik dirasa sangat baik maka hal yang selanjutnya diperhatikan adalah bagaimana mereka berinteraksi. Pilihlah burung perkutut katuranggan yang aktif dan cenderung ekspresif. Selain itu, pastikan pula ciri fisik dan sifat sesuai dengan yang Animalovers inginkan.

Bca juga: Burung Sriti: Mitos, Makanan, Harga Sarang, dan Cara Merawatnya

Nah itu tadi informasi lengkap mengenai jenis burung katuranggan perkutut beserta gambarnya. Semoga membantu Animalovers dalam memilih jenis yang tepat untuk dipelihara!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 20 Jenis Katuranggan Perkutut Beserta Gambarnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]