1. Hewan Lainnya

Harga Landak Mini, Jenis, Makanan & Cara Merawatnya

Landak mini adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang dapat kamu pelihara di rumah. Mereka sangat unik dengan duri-duri yang tajam dan dapat membentuk bola ketika mereka sedang terancam. Bagi Animalovers yang tertarik ingin memelihara hewan menggemaskan ini, tidak perlu takut terhadap durinya. Mereka tidak berbahaya, kok. Yuk, cek informasi lengkap mengenai si lucu berduri dengan badan mungil yang satu ini!

Peliharaan Berduri Cocok untuk Dipelihara oleh Kamu yang Sibuk

Harga landak mini
(Sumber: Pixabay)

Duri dari landak mini tidak beracun seperti landak biasanya sehingga mereka sangat aman untuk dipelihara. Mereka termasuk dalam mamalia berduri dari ordo erinaceomorpha. Ketika mereka sedang terancam atau mempertahankan diri, biasanya mereka akan melipat badan menjadi bentuk bola dan menunjukkan duri-duri mereka kepada mangsa.

Alasan mengapa landak lucu ini dapat dipelihara untuk orang yang sibuk karena mereka tidak terlalu butuh perhatian seperti kucing dan anjing. Mereka tidak akan stres jika pemilik meninggalkannya terlalu lama. Hewan lucu ini juga tidak seperti anjing yang dapat terkena penyakit jika merasa pemiliknya mengabaikannya. .

Selain itu, mereka cenderung hanya aktif di malam hari sehingga pemilik tidak perlu khawatir jika hewan kesayangan kamu akan kesepian ketika ditinggal bekerja. Si lucu menggemaskan ini juga tidak berisik, mereka biasa berdecit ketika sedang berkomunikasi atau ingin mengatakan sesuatu. Mereka biasanya tidak terlalu kotor, kok. Jadi, Animalovers tidak perlu terlalu khawatir jika mereka berantakan.

Fakta Landak Mini

Cara merawat landak mini
(Sumber: Pixabay)

Si mini yang lucu ini punya banyak fakta unik dibanding hewan lain, loh. Oleh karena keunikannya ini mereka banyak disukai oleh pecinta hewan. Yuk, simak fakta unik dari landak lucu berikut.

1. Kebal Terhadap Ular

Dalam darah mereka umumnya terdapat protein yang bisa menetralkan dan memberikan kekebalan alami ketika mereka terkena racun atau bisa ular. Namun, apabila jenis ular yang mengigir terlalu ganas hal ini bisa membuat landak lemas dan menyerah pada gigitan tersebut. Biasanya sebelum digigit, mereka akan mengeluarkan mekanisme pertahanan yakni dengan menunjukkan duri tajam kepada ular. 

2. Dapat Hidup Diberbagai Habitat

Si mungil yang aktif di malam hari ini sangat terkenal dengan kemampuan bertahan hidupnya yang cukup tinggi. Mereka dapat hidup diberbagai habitat. Kemampuan adaptasi mereka juga sangat tinggi sehingga tidak heran hewan lucu yang satu ini dapat ditemukan diberbagai tempat seperti gurun, hutan, gunung, dan lainnya. Penyebaran habitat mereka pun sangat merata karena kemampuan mereka, ditambah ternyata si mungil ini senang sekali menjelajah.

3. Duri Sebenarnya Rambut

Sejak lahir si mungil yang satu ini sebenarnya sudah memiliki “duri”. Namun, tahukah kamu bahwa duri tersebut sebenarnya adalah rambut? Hal ini sebenarnya modifikasi dari rambut yang terbuat dari keratin sehingga menutupi hampir seluruh punggungnya.

4. Mereka Berhibernasi

Landak yang hidup di daerah dengan cuaca dingin biasanya akan berhibernasi setelah makan dan menyimpan lemak cadangan yang banyak selama berminggu-minggu. Namun, untuk landak yang hidup di cuaca yang hangat seperti gurun dan Indonesia biasanya mereka biasanya akan terjaga sepanjang tahun. Mereka hanya sesekali tidur selama sehari penuh saja.

5. Dapat Menjadi Bola

Keunikan dari hewan mamalia yang satu ini adalah mereka akan membentuk bola ketika sedang terancam ataupun di bawah tekanan. Pada saat itu pula mereka akan meruncingkan duri mereka bahkan melepaskannya beberapa agar predator atau musuhnya menjadi takut.

6. Penyendiri

Jika dikategorikan berdasarkan kepribadian, maka landak lucu ini termasuk ke dalam hewan yang memiliki sifat introvert. Mereka sangat jarang ditemukan berkelompok dan cenderung tidak ingin diganggu atau memiliki teman. Sesekali mereka biasanya hanya akan membentuk kelompok dengan jumlah yang sangat kecil, kelompok ini biasanya disebut dengan group array.

Karakteristik Landak Mini

Landak mini lucu
(Sumber: Pixabay)

Sebelum memelihara landak mini, ada baiknya Animalovers mengenal karakter mereka secara mendalam. Berikut informasi mengernai karakter mereka.

1. Pemalu

Si imut yang satu ini biasanya sangat pemalu dan senang bersembunyi di tempat-tempat yang gelap. Mereka rata-rata hanya aktif ketika malam hari, sehingga waktu tersebut akan menjadi waktu yang pas jika ingin berinteraksi dengan mereka. Mendekati mereka pun harus perlahan agar mereka tidak merasa terancam.

2. Duri Tidak Mudah Rontok

Landak mini biasanya memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehingga duri yang merupakan rambut mereka tidak akan mudah rontok begitu saja. Namun perlu diketahui apabila landak kesayangan kami mengalami kerontokan duri, itu pertanda bahwa mereka sedang stres. Kemungkinan stres biasanya diakibatkan suasana yang tidak aman bagi mereka ataupun dikarenakan penyakit.

3. Memiliki Penglihatan yang Buruk

Pada awal kelahirannya landak tidak dapat melihat alias mereka buta. Seiring perkembangan waktu mereka akhirnya bisa melihat. Akan tetapi, walaupun mereka sudah dewasa penglihatan mereka tetap dapat dikategorikan buruk dibandingkan dengan hewan lainnya.

4. Mereka Senang Menjelajah

Jika kekurangan mereka adalah penglihatan yang buruk, maka kelebihan yang mereka miliki adalah indra penciuman yang sangat kuat. Landak mini biasanya senang menjelajah melalui bau yang ditemui dan membuatnya penasaran. Mereka juga memiliki cakar yang menjadi alat untuk mereka menggali lubang.

5. Landak Jantan Suka Memakan Anaknya

Predator yang harus diwaspadai ketika landak lucu ini lahir adalah induk jantan itu sendiri, mereka biasanya senang memakan anak landak. Ini mengapa induk betina akan berusaha untuk melindungi bayinya dari serangan induk jantan agar anaknya tidak dimakan.

Jenis Landak Mini

Landak berbadan mungil ini memiliki berbagai macam jenis setelah mengalami perkembangan. Berikut jenis landak mini dan penjelasannya.

1. Apricot

Landak mini apricot
(Sumber: Pixabay)

Memiliki duri berwarna krem, lancak lucu ini merupakan salah satu jenis landak mini yang banyak dipelihara. Hidung dan telinga mereka biasanya berwarna mereka muda dengan bagian bawah perut berwarna putih gading.

2. Cinnamon

Landak mini cinnamon
(Sumber: Pexel)

Berwarna sedikit kecoklatan, landak dengan wajah imut ini sangat siap untuk menjadi hewan peliharaan yang lucu dan menyenangkan untuk diajak ngobrol.

3. Cinnicot

Gamabr cinnicot
(Sumber: Pixabay)

Landak juga sering dikawin silangkan loh, salah satunya adalah cinnicot, mereka berasal dari jenis apricot dan cinnamon. Hasil dari perkawinan ini menghasilkan landak yang mirip antara salah satu jenis induknya. Mata mereka biasanya berwarna merah dan terkadang tidak dapat dibedakan jenis yang mana apricot ataupun cinnamon. 

4. Charcoal

Gambar landak mini charcoal
(Sumber: Pixabay)

Sesuai dengan namanya charcoal, landak ini biasanya berwarna hitam dan sangat lucu. Pada bagian tubuhnya di punggungnya berwarna hitam dengan duri berwarna putih. Mungkin, si lucu yang satu ini dapat menjadi pilihan yang pas untuk dipelihara.

5. Albino

Gambar mini landak albino
(Sumber: Wikimedia Commons)

Variasi albino adalah salah satu landak yang paling banyak dicari dan disukai. Mereka biasanya berwarna putih pucat dengan mata merah. Karena peminat yang tinggi menyebabkan jenis yang satu ini sangat susah didapatkan dan tergolong langka.

6. Pinto

Gambar landak mini pinto
(Sumber: Pixabay)

Mereka sangat lucu dan mirip dengan jenis charcoal. Matanya berwarna hitam dan wajahnya biasanya berwarna coklat yang membuat mereka semakin kelihatan menggemaskan. 

7. Platinum

Gambar landak platinum
Sumber: Pixabay

Pada dasarnya jenis yang satu ini hampir mirip dengan jenis landak mini albino, perbedaannya hanya terdapat pada bagian mata dan hidung yang berwarna coklat kehitaman saja. Namun, untuk seluruh tubuh tetap berwarna putih pucat.

Cara Merawat Landak Mini

1. Bersihkan Kandang Secara Rutin

Kebersihan kandang akan membawa kenyamanan bagi landak dan pemilik. Usahakan untuk membersihkan kandang 1 – 2 minggu sekali agar selalu bersih dan terawat.

2. Berikan Makanan Landak yang Berkualitas

Makanan landak mini
(Sumber: Pixabay)

Ketika memberikan makanan berkualitas, pemilik tidak perlu mengeluarkan budget yang dalam, kok. Makanan landak mini biasanya serangga, cacing, kaki seribu, hewan kecil, dan buah-buahan. 

3. Mandikan Secara Rutin

Pemilik harus berhati-hati ketika memandikan landak agar tidak terluka oleh duri mereka. Ketika memandikannya dapat menggunakan sikat dan menggosok duri di punggung secara perlahan.

4. Selalu Perhatikan Kesehatan Landak

Bagi Animalovers yang merasa aneh dengan perilaku landak ataupun menemukan kerontokan pada durinya dapat langsung ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya landak mini jarang mengalami kesehatan, hal ini dapat menjadi catatan agar ketika landak mengalami sesuatu yang aneh Animalovers dapat langsung memeriksakannya.

5. Ajak Mereka Bermain

Meski pemalu mereka tetap senang bermain dengan pemiliknya. Mereka biasanya berdecit dan jinak. Pemilik dapat membeli mainan kecil agar dapat bermain bersama landak lucu yang manis ini.

Harga Landak Mini 2022

Bagi Animalovers yang tertarik untuk memelihara si mungil ini, dapat mengecek tabel harga landak mini terbaru yang didapatkan dari berbagai referensi.

Jenis landakHarga Landak Mini 2022
Harga landak mini anakanRp145.000,00.
Harga landak mini dewasa betinaRp135.000,00.
Harga landak mini dewasa jantanRp135.000,00.
Harga landak mini anakan jinakRp150.000,00.

Baca juga: Harga Kucing Munchkin, Jenis, Fakta, & Cara Merawatnya

Nah itu tadi informasi lengkap mengenai harga landak mini, fakta, dan cara merawatnya. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kamu ya dalam mempertimbangkan untuk memelihara si lucu yang memiliki duri ini ya, Animalovers.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Harga Landak Mini, Jenis, Makanan & Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]