1. Ikan

Si Cantik Ikan Louhan: Jenis, Harga, dan Cara Merawatnya

Ikan louhan adalah salah satu ikan bermotif cantik yang termahal di dunia. Mereka biasanya dipelihara di akuarium untuk menunjukkan warna sisik mereka. Pada dasarnya, mereka berasal dari Malaysia dan Indonesia sehingga penggemar ikan ini pun tersebar di seluruh Indonesia. 

Louhan, Si Jenong Dengan Motif yang Indah

Ciri-ciri ikan louhan
(Sumber: Wikipedia)

Ikan louhan telah dikembangkan sejak tahun 1993. Banyak orang Malaysia yang mengagumi ikan ini. Ciri-ciri utama yang paling terlihat pada ikan ini adalah dahinya yang menonjol dan ekornya yang indah. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Taiwan yang kemudian menganggap mereka sebagai pembawa keberuntungan dalam geomansi.

Pada tahun 1994, ikan iblis merah cichlid yang diimpor dari Amerika Tengah ke Malaysia dan hasil hibrida parrot cichlid juga pada waktu yang sama diimpor dari Taiwan ke Malaysia. Kedua ikan itu kemudian dibesarkan secara bersama dan itulah awal dari kelahiran louhan yang cantik dan indah. 

Ketika ikan ini lahir, banyak perkawinan silang untuk menghasilkan jenis dan warna yang indah. Hal ini membuat louhan menjadi populer dengan cepat. Karena kepopulerannya, ikan ini pun terus disempurnakan dan banyak diimpor ke daerah-daerah barat. 

Ciri Ciri Ikan Louhan

Louhan
(Sumber: Wikipedia)

Louhan memiliki ciri utama yang terlihat dengan benjolan di kepalanya yang mereka terlihat sangat jenong. Agar dapat membedakannya dengan ikan lain, Animalovers dapat cek ciri-cirinya sebagai berikut.

1. Dahi yang Menonjol Atau Jenong

Mereka biasanya memiliki jenongan dengan warna yang sangat kontras. Semakin menonjol maka akan semakin cantik louhan. Beberapa negara mengatakan bahwa memiliki ikan ini dapat memberikan keuntungan dan membawa rezeki. 

Terdapat referensi bahwa tonjolan pada dahi akan mempengaruhi kualitas ikan. Tonjolan ikan dibagi menjadi dua, yakni tonjolan besar (water head) dan tonjolan kecil (bonehead). 

2. Sirip dan Bentuk Tubuh Lebar

Ciri yang selanjutnya adalah memiliki tubuh yang pipih dan lebar. Mereka akan terlihat seperti bulatan yang cantik dengan sirip yang lebar. Ada juga beberapa jenis sirip dari ikan louhan, contohnya seperti sirip yang menutup atau wrap tail dan sirip yang mirip seperti kipas. Louhan yang sehat biasanya akan memiliki sirip sangat mekar. Sebaliknya, jika mereka sakit maka siripnya pun akan terlihat tidak sehat.

3. Sifatnya Cukup Agresif

Ikan louhan memiliki sifat yang sangat agresif kepada jenis ikan lainnya. Ikan ini tidak segan untuk membahayakan ikan lain hanya demi melindungi wilayahnya. Namun, mereka tetap dapat hidup dengan jenis ikan yang lain kok selama ikan tersebut bukan predator.

4. Ada Banyak Varian Motif & Warna

Ikan ini memiliki banyak warna dan motif yang berbeda-beda. Keindahan warna dan motifnya inilah yang membuat louhan menjadi ikan yang sangat menarik.

8 Jenis Ikan Louhan

Louhan memiliki banyak jenis motif dan berbagai ukuran setelah dikembangkan dengan perkawinan silang. Berikut 8 jenis ikan louhan cantik yang dapat kamu pelihara:

1. Louhan Super Red Dragon

Jenis ikan yang pertama adalah louhan super red dragon yang memiliki ciri-ciri jenong paling besar diantara ikan lainnya. Mereka biasanya berwarna merah pada bagian kepalanya.

2. Louhan Kemalau

Ikan ini sangat populer di kalangan penggemar louhan. Warna matanya sangat merah yang senada dengan warna seluruh badannya. 

3. Louhan Kamfa

Kamfa atau yang dikenal dengan chinghwa adalah jenis ikan louhan memiliki motif menarik. Terdapat garis-garis abstrak berwarna putih yang sangat cantik. Matanya mirip dengan jenis kemalau. 

4. Louhan Super Red Synspilum

Ikan louhan termahal adalah super red synspillum. Ikan ini sangat langka dan jarang ditemukan, sehingga tidak heran jika harganya sangat fantastis. Selain itu, mereka sangat cantik dan banyak diincar oleh pecinta ikan hampir di seluruh Indonesia. Apakah Animalovers tertarik memelihara ikan yang satu ini?

5. Louhan King Kamfa

Ikan yang satu ini adalah hasil pengembangan breeder Thailand. Mereka berkualitas unggul dan juga menjadi incaran banyak pecinta louhan. Ciri-ciri dari ikan ini adalah berwarna merah dengan motif hitam abstrak yang berada di seluruh tubuhnya. 

6. Louhan Zhen Zhu

Zhen zhu atau cencu adalah louhan lokal yang banyak dipelihara. Mereka memiliki pola dengan bintik pada seluruh tubuhnya dengan warna merah yang mendominasi tubuhnya. Pada bagian ekor dan kepalanya terdapat warna merak. Jenis yang ini adalah paling umum di antara louhan lainnya. 

7. Louhan Golden Base

Nama lain louhan golden base adalah mutasi karena akan ada suatu fase dimana mereka akan kehilangan seluruh warnanya dan hanya berwarna hitam saja. Nantinya, warna hitam ini akan memudar lagi dan louhan akan menjadi warna kuning dan merah yang sangat cantik. Warna mata mereka biasanya merah dengan motif abstrak garis pada seluruh tubuhnya. 

8. Louhan Thai Silk

Louhan Thai Silk
Louhan Thai Silk (Sumber: Kibrispdr)

Nama ‘Thai’ yang terdapat pada louhan yang satu ini kelihatannya telah memperjelas dari mana asal mereka. Ikan ini banyak berkembang di Thailand. Keunikan dari ikan yang satu ini adalah mereka memiliki mutiara pada tubuhnya. Mutiara ini akan menutupi tubuhnya, maka semakin rapat mutiara ini maka jenis ini akan menjadi ikan louhan termahal. 

Cara Memelihara Ikan Louhan

harga louhan
(Sumber: Wikipedia)
  • Perhatikan ukuran aquarium agar louhan dapat berkembang dan bergerak bebas, usahakan agar akuarium berukuran besar.
  • Makanan ikan louhan adalah udang, lele, anak ikan mas, ikan kecil, cacing sutra, cacing darah, dan jangkrik.
  • Selalu pastikan memberikan makanan ikan louhan dengan jumlah yang tepat (tidak terlalu banyak dan tidak tidak terlalu sedikit)
  • Selalu perhatikan suhu air agar mereka tidak stress. Suhu yang baik bagi louhan berkisar antara 29 – 30 derajat celcius. Jangan lupa untuk selalu mengganti air akuarium agar kualitas air selalu terjaga.
  • Kontrol pH air agar kamu dapat mengetahui apakah kualitas air yang ada di aquarium adalah baik atau buruk. 
  • Agar indah, Animalovers dapat meletakkan berbagai tanaman, batu, dan pasti di akuarium.
  • Louhan tidak terlalu suka dengan lingkungan yang berisik karena itu akan membuat mereka stres. 

Makanan Ikan Louhan

Untuk makanan, dapat kamu temukan beli di berbagai toko yang menjual perlengkapan ikan. Makanan ikan louhan biasanya adalah ikan kecil, udang, lele, anak ikan mas, cacing, dan jangkrik.

Harga Ikan Louhan Louhan Terbaru 2022

Jenis IkanHarga
Harga ikan red dragonRp800.000-Rp1.200.000
Harga ikan louhan kemalauRp600.000-Rp1.500.000
Harga ikan louhan kamfaRp3.500.000-Rp4.500.000
Harga ikan louhan super red synspilumRp2.500.000-Rp3.500.000
Harga ikan louhan king kamfaRp750.000-Rp1.400.000
Harga ikan louhan zhen zhuRp200.000-Rp750.000
Harga ikan louhan golden baseRp700.000-Rp1.300.000

Baca juga: [LENGKAP] Jenis Ikan Cupang & Gambarnya + Harga Terbaru 2022

Nah itu tadi informasi seputar louhan yang dapat menjadi referensi kamu untuk memelihara ikan dengan motif cantik ini. Selalu perhatikan cara merawatnya ya, Animalovers agar mereka dapat hidup dalam jangka waktu yang lama.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Si Cantik Ikan Louhan: Jenis, Harga, dan Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]