1. Fakta Unik

Mengenal Hamster Anggora, Karakteristik, Makanan & Cara Merawatnya

Siapa di sini pecinta hewan? Pasti tidak asing lagi dengan hewan kecil dan imut alias hamster, bukan? Sebagai hewan peliharaan, hamster menjadi salah satu hewan favorit selain kucing dan anjing. Nah, ternyata hamster ada banyak jenisnya, lho. Salah satunya adalah hamster anggora.

Daripada penasaran, kalian akan kami ajak untuk mengenal hewan kecil ini mulai dari karakteristik, habitat, makanannya hingga bagaimana cara merawatnya. 

Apa Itu Hamster Anggora?

Mengenal Hamster Anggora
Mengenal Hamster Anggora

Hamster anggora adalah salah satu hewan menggemaskan yang termasuk ke dalam golongan hewan pengerat. Namun, perlu kalian tahu jika mereka bukanlah golongan dari jenis tikus ataupun kelinci. Hamster peliharaan ini merupakan salah satu dari spesies hamster yang dapat hidup sekitar dua sampai empat tahun lamanya.

Hamster termasuk ke dalam famili Cricetidae dan herbivora alias pemakan sayur atau biji-bijian. Nama lainnya adalah hamster syrian long hair. Mengapa disebut long hair? karena mereka memang memiliki bulu yang panjang dan lebat seperti kucing anggora. Itulah mengapa mereka disebut sebagai hamster Anggora. 

Jika kalian yang berminat untuk menjadikannya peliharaan, kunjungi toko hewan terdekat di kota kalian dan ajaklah mereka bermain. Konon, mereka suka bermain bersama tuannya. 

Ciri-Ciri Hamster Anggora

Ciri-Ciri Hamster Anggora
Ciri-Ciri Hamster Anggora

 

Hamster memiliki banyak spesies. Nah, bagaimana cara membedakan hamster anggora dengan hamster lainnya? Tenang saja, kalian pasti akan bisa membedakannya dalam beberapa menit.

Hamster anggora memiliki ukuran tubuh kurang lebih 8 centimeter dengan berat kurang dari 100 gram. Hewan pengerat berjenis kelamin jantan ini memiliki karakteristik tubuh yang agak besar.  Hamster ini juga memiliki warna yang beragam, seperti gold, silver, cream, satin, dan lain-lain. 

Hamster anggora jantan memiliki bulu 18 cm lebih panjang serta tebal dari pada betina. Tak hanya itu, mereka juga memiliki sifat yang suka menyendiri. Jadi, jika kalian ingin mengenal hewan ini dengan baik, maka jangan ragu untuk melakukan kontak fisik dengannya setiap hari, supaya mereka merasa aman. Cara ini juga terbukti ampuh untuk menjalin kedekatan emosional antara dia dan pemiliknya

Makanan Hamster Anggora

Makanan Hamster Anggora
Wortel Adalah Makanan Hamster Anggora

Tak jauh beda dengan hamster lainnya, mengingat mereka termasuk ke dalam kategori herbivora, ia pemakan biji-bijian, sereal, dan sayuran. Biasanya kalian bisa menemukan makanan ini di supermarket atau toko hewan peliharaan. 

Untuk melengkapi kebutuhan hariannya, jangan lupa berikan hamster anggora pakan dengan nutrisi seimbang. Contohnya adalah seperti vitamin, sayur segar dan buah-buahan karena secara tidak langsung, pakan memberikan pengaruh cukup besar terhadap kesehatan baik tubuh atau bulunya. 

Contoh buah dan sayuran yang bisa kalian beri antara lain melon, apel dan pisang. Selain itu, kalian bisa beri mereka biji-bijian yang bergizi seperti biji kenari, beras merah, kacang kedelai, kacang hijau dan kacang tanah. Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti kacang tanah, kalian hanya perlu membatasi jumlahnya karena kacang tanah memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. 

Sama seperti manusia, hamster anggora ternyata sensitif dan rentan terhadap penyakit diabetes. Jika kalian ingin hewan peliharaan ini tetap sehat, jangan terlalu banyak memberi makan buah dengan kadar gula tinggi. Tak hanya itu saja, kebersihan air juga harus diperhatikan karena pencernaan mereka cukup sensitif. 

Baca juga:

Cari Tahu Ciri Fisik Kucing Anggora Asli & Berbagai Jenisnya 

Fakta Anjing Kintamani, Jenis, Makanan, Sifat, & Cara Merawat

Reproduksi Hamster Anggora

Perkembang biakkan hamster anggora sama seperti hamster lainnya. Mereka memperbanyak keturunan dengan cara seksual pada usia kira-kira empat minggu. Pada minggu-minggu tersebut, betina akan mengalami birahi dan mengeluar lendir putih dari vulva. Lendir putih yang berbau khas ini akan menarik perhatian laki-laki. 

Jika sudah kawin, maka dianjurkan untuk memisahkan jantan serta betina di wadah atau kandang yang berbeda, karena mereka terutama betina cenderung lebih sensitif. Nah, setelah dua minggu setelah kawin, hamster berjenis kelamin betina akan melahirkan sekitar lima sampai sepuluh bayi. Bayi-bayi hamster tersebut berwarna merah muda, tidak berbulu dan kulitnya begitu tipis.

Dalam beberapa kasus, sang betina bisa menyerang anaknya karena beberapa faktor. Jika kalian ingin bayi hamster jenis ini tetap hidup, maka lebih baik pisahkan mereka dari induknya supaya bayinya senantiasa sehat. 

Bagaimana Cara Merawat Hamster Anggora

Pasir Sebagai Alas Kandang
Pasir Sebagai Alas Kandang

Nah, kita hampir di penghujung pembahasan. Tapi pada poin ini kalian akan kami jelaskan bagaimana sih cara merawat hamster anggora dengan baik supaya mereka tumbuh dengan sehat. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Pemilihan Kandang

Salah satu faktor penting dalam kenyamanan hewan baik hamster atau hewan lainnya adalah kandang yang sesuai. Terkadang kita sering acuh tak acuh dalam memperhatikan kondisi kandang yang sesuai. Seharusnya pemilihan kadang harus mempertimbangkan ruang gerak mereka dan jumlahnya dalam satu kandang. 

Luas ukuran kandang hamster anggora atau syrian long hair idealnya adalah 2,2 m2 dengan tinggi kira-kira 60 centimeter. Dengan ukuran segitu, hewan ini mampu untuk bergerak bebas dan leluasa. Kalian juga bisa menambahkan beberapa properti seperti roda mainan dan tempat tidur tanpa membuat kandang menjadi terasa sempit. 

Bagaimana dengan pemberian lampu? sebenarnya tidak harus memberinya lampu tambahan, hanya dengan meletakkannya di tempat yang cukup terang, kering, dan sejuk bisa membuatnya hidup bahagia. 

Alas Kandang yang Tepat

Setelah pemilihan kandang, maka alas kandang juga harus benar. Umumnya alas kandang yang dipakai adalah pasir atau serbuk kayu. Namun sangat dianjurkan untuk memilih alas kandang berupa pasir. Mengapa demikian? karena serbuk kayu cukup memungkinkan membuat bulu hamster menjadi kotor dan mengganggu alat respirasi hamster. Selain itu, serbuk kayu bisa membuat bulu menjadi kusut. 

Pasir yang bisa kalian gunakan adalah jenis pasir harum atau zeolit. Pasir ini juga dikenal ampuh dalam mengurangi bau tak sedap dari kandang hamster. Gantilah pasir sekitar minimal seminggu sekali atau sekiranya pasir tersebut telah menggumpal. Kalian bisa membelinya mulai dari satu kilo hingga satu karung sesuai dengan kebutuhan.

Rajin Membersihkan Bulunya

Kandang dan alas kandang sudah baik, sekarang kalian harus memperhatikan bulunya. Bulunya yang panjang dan lebat, membuat kalian harus serajin mungkin merapikannya. Jangan biarkan ada bulu yang kusut, sehingga bisa membuatnya tidak nyaman. 

Kalian bisa menggunakan sisir kutu atau sikat kecil untuk merapikan bulunya. Sisir kutu membantu kalian membersihkan kutu serta menjaga kesehatan kulit hamster anggora. Tak hanya itu, periksa juga apakah ada benda-benda yang menyangkut di bulunya secara berkala. 

Taburi Bulu dengan Bedak

Untuk membuat bulunya tampak berkilau dan sehat, cobalah menaburi bulunya dengan bedak. Bedak berfungsi untuk menghindarkan bulu dari penyakit jamur mengingat hamster anggora memiliki bulu yang mudah berminyak dan lembab. Maka dari itu, penaburan bedak bisa kalian lakukan setiap dua hari sekali. 

Nah, itulah karakteristik, makanan, bentuk reproduksi, dan cara merawat hamster anggora. Sebenarnya merawatnya tidaklah sulit, hanya saja membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Kita sebagai pemilik atau pecinta hewan tentu harus bertanggung jawab untuk menjaga hewan peliharaan. Hal ini juga merupakan perwujudan kasih sayang sesama makhluk hidup ya, kawan. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Hamster Anggora, Karakteristik, Makanan & Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]