1. Kucing

Yuk, Cari Tahu Cara Memandulkan Kucing Secara Alami di Sini!

Salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh cat lovers adalah bagaimana membuat anabul sebisa mungkin tidak mengalami kehamilan. Hal ini bisa dilakukan pawrents karena beberapa faktor seperti, kesehatan,kebiasaan anabul, maupun kebersihan lingkungan. Cara memandulkan kucing secara alami sebenarnya bisa kalian lakukan sendiri, lho.

Seperti yang kita tahu bahwa kucing merupakan hewan mamalia yang sekali melahirkan bisa sampai 3-4 anak. Tentunya hal ini sangat merepotkan bagi sebagian pemilik kucing. Berikut kami rangkum solusi tepat supaya kucing kalian bisa mandul dengan aman. Tidak perlu menggunakan biaya mahal, asalkan tips-tips di bawah ini kalian lakukan dengan rutin dan telaten. Simak sampai habis ya!

Cara Memandulkan Kucing Secara Alami

Dari tips di bawah ini, pilihlah cara yang bijak sesuai dengan kebiasaan dan kondisi anabul kalian. 

Karantina

Karantina Kucing
Karantina Kucing

Cara yang paling sering dilakukan oleh cat lovers adalah dengan melakukan mengurung kucing betina di dalam rumah. Sebenarnya cara ini cukup bijak dan tidaklah terlalu menekan si anabul. Tetaplah jaga kucing kesayangan kalian apalagi saat mereka mengeong keras maupun menggeliat di atas lantai. Menjaganya supaya tidak keluar rumah adalah cara terbaik untuk mencegahnya bertemu dengan kucing jantan, sehingga kemungkinan untuk hamil adalah nihil. 

Pijak Tubuhnya

Langkah selanjutnya adalah dengan memijat nyaman tubuhnya. Biasanya kucing birahi akan merasakan tidak nyaman atau gelisah sehingga dengan memijatnya dengan lembut akan membuatnya merasa nyaman kembali. 

Baca Juga: Cari Tahu Manfaat, Syarat & Biaya Steril Kucing Terbaru

Pisahkan dengan Kucing Jantan

Pisahkan Kucing Jantan dan Betina
Pisahkan Kucing Jantan dan Betina

Nah, jika kamu punya kucing banyak di rumah. Tak ada salahnya untuk memisahkan kucing jantan dan betina. Cara memandulkan kucing secara alami ini bertujuan supaya mereka tidak melakukan pembuahan. Sesederhananya, pisahkan mereka dengan cara memasukkan di kandang yang berbeda sampai birahi si betina mereda.Sehingga, kehamilan tidak ada terjadi. 

Campur Pakan dengan Ragi

Pernahkan kalian mendengar jika pakan yang tercampur dengan ragi adalah cara memandulkan kucing secara alami? Yap, hal ini ada benarnya lho. Dengan menambahkan sejumlah ragi ke dalam pakan akan membuat kucing tidak birahi. Melansir suaramerdeka.com,  terdapat jenis kucing tertentu yang merasa tidak suka dengan campuran makanan ini karena berbau cukup menyengat. 

Sebenarnya, hal ini aman untuk kalian lakukan ketika kucing belum atau tidak hamil. Namun, apabila kucing kalian sudah mengalami kehamilan, jangan memberi jenis pakan ini karena bisa membahayakan janin atau kucing akan mengalami keguguran. 

Pahami Masa Birahi Kucing

Cara memandulkan kucing secara alami adalah dengan memahami siklus birahi kucing betina. Meskipun terdengar sepele, cara ini cukup ampuh dan membuat pemilik tidak perlu terlalu cemas. Biasanya masa birahi kucing akan berlangsung selama 7-10 hari. Dengan berjalannya waktu, birahinya akhirnya mereda dan kucing bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. 

Menggunakan Feliway Diffuser

Feliway diffuser bukanlah hal asing bagi cat lovers. Yap, dengan menggunakan feliway diffuser, kucing kalian akan lebih tenang ketika mengalami birahi. Alat ini akan mengeluarkan zat feromon dari tubuh kucing. Bentuknya seperti harum ruangan namun melepaskan zat kimia. 

Bersihkan Pasir Kucing Secara Alami

Bersihkan Pasir Kucing
Bersihkan Pasir Kucing

Membersihkan pasir kucing adalah hal yang wajib kalian lakukan jika ingin menghilangkan potensi kucing hamil. Cara memandulkan kucing secara alami ini bisa kalian mulai dengan membersihkan pasir kucing secara teratur. Asal kalian tahu, kucing menggunakan air kencingnya untuk mengundang lawan jenis. Maka dari itu, dengan membersihkan pasir maka mencegah kucing jantan untuk mendatangi kucing kalian.

Baca Juga: Umur Berapa Kucing Boleh Dimandikan? Animalovers Wajib Tahu!

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan mengenai cara memandulkan kucing secara alami. So, untuk kalian  tidak perlu cemas jika kucing kalian mengalami siklus birahi. Dengan melakukan setidaknya satu tips di atas, kalian akan melihat bagaimana anabul kalian bisa tenang kembali. Oke, sampai di sini dulu ya! Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Yuk, Cari Tahu Cara Memandulkan Kucing Secara Alami di Sini!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sebagian orang berpikir mencari belut di persawahan adalah hal yang merepotkan. Padahal apabila kita mengetahui caranya, ada banyak cara memancing belut yang sebenarnya bisa diterapkan dengan peralatan yang sederhana. Selain itu, beberapa teknik perlu kalian kuasai supaya mendapatkan tangkapan dengan mudah dan tidak mengulur waktu.  Memang secara umum, belut merupakan sejenis ikan yang hidup di […]

    Trending

    Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu cara  menyehatkan jiwa dan menentramkan pikiran. Bagi pecinta ikan hias, tentunya akan selalu antusias dengan perkembangan peliharaannya. Tapi, apa jadinya jika  ikan mengalami jamuran? Tenang saja, kalian perlu membawanya ke dokter hewan atau memberikannya obat yang tepat di petshop terdekat. Namun sebagai pemilik, ada baiknya kalian perlu mengetahui penyebab […]
    Memiliki anabul seperti kucing adalah sebuah kenikmatan yang luar biasa bagi sebagian orang. Tak dipungkiri, banyak dari mereka yang merasa “tidak bisa hidup” tanpa kehadiran mereka. Bahkan saat pemilik kucing berada di luar kota, tak segan-segan untuk mengirimkan hewan kesayangannya demi lebih dekat dengannya. Tapi, apakah kalian tahu bagaimana cara mengirim kucing ke luar kota […]
    Salah satu burung yang banyak ditemukan di alam adalah jalak suren. Mungkin bagi sebagian orang, tidak bisa membedakan perbedaan jalak suren jantan dan betina. Pengetahuan untuk membedakan ini cukup penting apabila kalian ingin memeliharanya di rumah. Terkenal dengan kemampuan ulung untuk menirukan suara orang lain, tak heran penggemar burung ini meningkat setiap tahunnya. Yuk, simak […]