1. Fakta Unik

Mengenal Jenis Ikan Oscar sebagai Ikan Hias yang Populer!

Ikan atau pisces merupakan salah satu hewan vertebrata yang mudah kalian jumpai di lingkungan sekitar. Namun, pernahkah kalian mendengar ikan oscar? Nah, ikan oscar di sini bukan ikan yang mendapatkan piala oscar, lho ya. Ikan ini termasuk ke dalam jenis ikan tawar predator yang tentunya memiliki sifat yang agresif. 

Terlebih lagi, ikan ini dijual dengan  harganya juga tergolong fantastis layaknya ikan hias lainnya. Wah, makin penasaran dong? Kira-kira bagaimana karakteristik ikan ini dan apa saja spesiesnya yang ada di dunia. Simak sampai tuntas ya!

Jenis Ikan Oscar yang Populer

Meskipun termasuk pada ikan predator, ikan dengan nama latin Astronotus ocellatus  memiliki bentuk dan warna yang beragam. Sama seperti ikan arwana, dia tak segan-segan untuk memangsa ikan yang lebih kecil. Nah, berikut adalah jenis-jenis ikan oscar yang perlu kalian ketahui, antara lain:

Wild Oscar

Oscar Wild
Oscar Wild

Sesuai dengan namanya, ikan ini hidup di perairan liar. Sekilas, bentuknya mirip dengan  Albino Oscar namun mempunyai warna yang lebih gelap. Beberapa ditemukan dengan warna hitam atau abu-abu. Melansir kumparan.com, ikan jenis ini mudah untuk dikembangbiakkan dan memerlukan air yang bersih dan stabil.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Jenis Ikan Pembersih Akuarium, Ampuh!

Slayer Oscar

Jenis Ikan Oscar Slayer
Jenis Ikan Oscar Slayer

Tak hanya ikan cupang saja yang mempunyai slayer. Oscar jenis ini juga memiliki slayer di bagian tubuhnya. Slayer merupakan sirip panjang sehingga terkesan seperti tirai. Asal kalian tahu, jenis ikan tersebut memiliki kelainan genetik,lho. Meskipun begitu, warnanya yang tergolong unik ternyata membuat pecinta ikan hias tertarik untuk memeliharanya. 

Lemon Oscar

Lemon Oscar
Lemon Oscar

Hmm, apakah ikan ini berbentuk lemon? gemoy kayak gitu? nggak lah. Ikan jenis lemon oscar ini mempunyai warna kuning terang seperti lemon. Keunikan lainnya adalah terdapat bercak memanjang warna hitam di tepi siripnya. Selain itu, tubuhnya yang terbilang besar dan kepalanya yang lebar adalah ciri khas yang menonjol. Tak tanggung-tanggung, ikan ini  dibanderol mulai dari harga Rp290.000-Rp310.000.

Red Oscar

Red Oscar
Red Oscar

Jenis ikan oscar ini termasuk ikan yang paling sering dicari oleh pecinta ikan. Sifatnya yang cenderung galak dan agresif membuatnya terlihat gesit. Panjang tubuhnya berhasil mencapai 50 cm dalam beberapa kurun waktu tertentu. Ia juga senang memakan kepiting, udang kecil, dan hewan-hewan lainnya. 

Tiger Oscar

Tiger Oscar
Tiger Oscar

Ikan ini mempunyai corak seperti macan dan berkembangbiak secara alami. Selanjutnya, corak tubuhnya yang bagus dan terkesan gahar terlihat seperti mendominasi lingkungan sekitar. Karakteristiknya tak jauh beda dengan ikan sebelumnya yang cenderung agresif. 

Copper Oscar

Jenis Ikan Oscar Copper
Copper Oscar

Selanjutnya, adapun yang memiliki warna seperti tembaga dengan sirip berwarna oranye. Tak hanya itu, ia juga mempunyai bintik-bintik pada punggungnya. Jenis ikan oscar ini mampu tumbuh hingga sampai 35 cm. 

Batik Oscar

Batik Oscar
Batik Oscar

Jenis ikan oscar berikutnya adalah oscar batik. Ikan ini mempunyai corak yang indah. Warna yang mendominasi adalah hitam dengan corak merah. Sekilas, dia mirip dengan tiger oscar. Apabila diteliti lebih lanjut, perbedaannya cukup signifikan. 

Baca Juga: 8 Jenis Ikan Channa Bercorak Indah, Harga, & Cara Merawatnya

Golden Oscar

Jenis Ikan Oscar Golden
Golden Oscar

Selanjutnya, adalah golden oscar. Karakteristik ikan ini adalah mempunyai corak warna keemasan dengan warna hitam mendominasi di bagian tepi siripnya. Tak hanya itu, kepalanya mayoritas berwarna abu-abu. Untuk ikannya sendiri dibanderol dengan kisaran harga Rp35.000 sampai Rp75.000. 

Albino Red Oscar

Albino Red Oscar
Albino Red Oscar

Kalian tertarik dengan ikan oscar yang sedikit nyentrik? maka albino jawabannya. Ikan ini mempunyai ciri-ciri antara lain,  berwarna putih, bintik keemasan di sekujur badannya dengan mata yang lebar. 

Albino Oscar

Albino Oscar
Albino Oscar

Ikan ini sekilas terlihat mengerikan ya? Dengan tubuh tanpa pigmen warna membuatnya seperti ikan-ikan tidak pada umumnya? Abino oscar memiliki warna dasar putih sehingga ia terlihat seperti bangkai hidup. Hahaha, nggak begitu juga ya guys.

Melansir kumparan.com, ikan ini tergolong cukup mahal dan banyak dicari oleh pecinta ikan hias. Suka mengoleksi ikan ekstrim? Pelihara ini saja!

Black Tiger Oscar

Black Tiger Oscar
Black Tiger Oscar

Perbedaan dengan tiger oscar adalah ikan ini lebih banyak didominasi oleh warna hitam disertai dengan bintik-bintiknya berwarna jingga di tubuhnya. Secara fisik, black tiger oscar juga juga lebih besar daripada ikan oscar biasanya. Warnanya yang cenderung gelap membuatnya terlihat gahar di akuarium. 

Baca Juga: Mengenal Ikan Zebra: Taksonomi, Jenis, & Makanannya

Fire Red Oscar

Fire Red Oscar
Fire Red Oscar

Jenis ikan oscar terakhir yang mempunyai nilai yang fantastis adalah fire red oscar. Spesies ini paling langka dan paling dicari oleh penggemar ikan hias. Warnanya merah menyala mirip kobaran api yang hampir menutupi seluruh tubuhnya. 

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai jenis ikan oscar. Ternyata ikan ini mempunyai nilai yang jual yang bermacam-macam. So, menurut kalian manakah yang paling menarik? Letakkan komentar kalian di bawah ya! See you on the next article, semoga bermanfaat!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Jenis Ikan Oscar sebagai Ikan Hias yang Populer!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sebagian orang berpikir mencari belut di persawahan adalah hal yang merepotkan. Padahal apabila kita mengetahui caranya, ada banyak cara memancing belut yang sebenarnya bisa diterapkan dengan peralatan yang sederhana. Selain itu, beberapa teknik perlu kalian kuasai supaya mendapatkan tangkapan dengan mudah dan tidak mengulur waktu.  Memang secara umum, belut merupakan sejenis ikan yang hidup di […]

    Trending

    Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu cara  menyehatkan jiwa dan menentramkan pikiran. Bagi pecinta ikan hias, tentunya akan selalu antusias dengan perkembangan peliharaannya. Tapi, apa jadinya jika  ikan mengalami jamuran? Tenang saja, kalian perlu membawanya ke dokter hewan atau memberikannya obat yang tepat di petshop terdekat. Namun sebagai pemilik, ada baiknya kalian perlu mengetahui penyebab […]
    Memiliki anabul seperti kucing adalah sebuah kenikmatan yang luar biasa bagi sebagian orang. Tak dipungkiri, banyak dari mereka yang merasa “tidak bisa hidup” tanpa kehadiran mereka. Bahkan saat pemilik kucing berada di luar kota, tak segan-segan untuk mengirimkan hewan kesayangannya demi lebih dekat dengannya. Tapi, apakah kalian tahu bagaimana cara mengirim kucing ke luar kota […]
    Salah satu burung yang banyak ditemukan di alam adalah jalak suren. Mungkin bagi sebagian orang, tidak bisa membedakan perbedaan jalak suren jantan dan betina. Pengetahuan untuk membedakan ini cukup penting apabila kalian ingin memeliharanya di rumah. Terkenal dengan kemampuan ulung untuk menirukan suara orang lain, tak heran penggemar burung ini meningkat setiap tahunnya. Yuk, simak […]