1. Burung

Mari, Ketahui 5 Ciri Perkutut Jantan!

perkutut jantan
Burung Perkutut. Foto: halodoc.com

Perkutut merupakan jenis burung berkicau, yang indah dan mitosnya diyakini membawa keberuntungan. Alasan lainnya banyak orang yang memelihara perkutut jantan umumnya memiliki suara yang lebih merdu, dan mereka juga lebih mudah gacor. Pada artikel ini akan membahas ciri-ciri perkutut jantan lebih jelas, pastinya membantu untuk membedakannya dengan betina.

1 . Ekor dan Paruhnya Lebih Panjang

Memang lebih afdol, melihatnya secara langsung untuk memastikannya. Hal ini karena kalau kita lihat sekilas ekor dan paruhnya hampir sama. Namun untuk pejantan paruhnya panjang, tebal, dan melengkung serta ekornya relatif lebih panjang.

2. Suaranya Lebih Nyaring

Salah satu daya tariknya, karena suaranya yang nyaring dan merdu. Cara untuk mengetahuinya, bawalah ke tempat yang sepi, lalu perintahkan perkutut tersebut, dan suaranya bisa lebih nyaring. Selain itu, suaranya juga lebih panjang dan memiliki variasi nada yang lebih banyak. Tujuannya, tak lain untuk menarik perhatian betina.

Baca juga: 6 Macam Makanan Burung Kutilang Agar Makin Gacor dan Merdu

3. Supit Urang

Bagi yang belum tahu, supit urang merupakan tulang selangka. Pada perkutut jantan, terdapat pada bagian anus. Cara melihatnya, pegang burung lalu raba bagian belakang (anus). Tesktur supit urangnya, keras dan rapat.

4. Bagian Mata

Kalau jantan, bagian matanya berada pada posisi diantara garis paruh (jika ditarik garis lurus dari paruh ke arah mata). Selain itu, pada ekspresi matanya juga cenderung tajam dan seperti, melotot, sehingga mungkin bisa menimbulkan kesan menakutkan.

5. Bentuk Kepala

Sebenarnya, lebih mudah membedakannya pada saat sudah beranjak dewasa. Umumnya, bentuk kepala dari perkutut jantan, biasanya lebih besar, lonjong, dan datar. Ketika masih kecil, memang susah untuk membedakannya.

Baca juga: Yuk, Kenali Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

Tips Saat Memilih Perkutut yang Tepat

Berikut, tips saat memilih perkutut yang tepat.

  • Belilah perkutut di tempat yang terpercaya.
  • Lihat dokumen pendukung, seperti hasil pemeriksaan kesehatan.
  • Jangan terburu-buru, carilah sampai pastikan sudah sesuai dengan keinginan dan layak untuk dipelihara.
  • Cek bagian fisik, mulai dari bulu, mata, hingga suaranya.

Nah, itulah penjelasan lengkap ciri perkutut jantan. Kiranya, artikel ini bisa menjadi panduan untuk memudahkannya. Semoga terbantu ya!

Baca juga: 10 Jenis Burung Kicau yang Patut Untuk Kamu Pelihara

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mari, Ketahui 5 Ciri Perkutut Jantan!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Makanan burung selendang biru memiliki kesamaan dengan burung-burung lainnya. Ia termasuk ke dalam keluarga Muscicapidae dengan nama latin Cyornis unicolor. Sementara itu, dalam bahasa Inggris, ia dikenal dengan nama pale blue-flycatcher.  Burung ini bukanlah burung kontes, namun burung selendang biru termasuk jenis burung kicau yang digemari masyarakat. Penyebarannya pun meluas di wilayah Asia Tenggara, seperti, […]

    Trending

    Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu cara  menyehatkan jiwa dan menentramkan pikiran. Bagi pecinta ikan hias, tentunya akan selalu antusias dengan perkembangan peliharaannya. Tapi, apa jadinya jika  ikan mengalami jamuran? Tenang saja, kalian perlu membawanya ke dokter hewan atau memberikannya obat yang tepat di petshop terdekat. Namun sebagai pemilik, ada baiknya kalian perlu mengetahui penyebab […]
    Memiliki anabul seperti kucing adalah sebuah kenikmatan yang luar biasa bagi sebagian orang. Tak dipungkiri, banyak dari mereka yang merasa “tidak bisa hidup” tanpa kehadiran mereka. Bahkan saat pemilik kucing berada di luar kota, tak segan-segan untuk mengirimkan hewan kesayangannya demi lebih dekat dengannya. Tapi, apakah kalian tahu bagaimana cara mengirim kucing ke luar kota […]