1. Kucing

Cari Tahu Manfaat, Syarat & Biaya Steril Kucing Terbaru

Halo Animalovers! Kucing adalah salah satu peliharaan yang banyak dimiliki. Tingkahnya yang lucu, bentuknya yang gemas, dan bulunya yang indah menjadikan kucing sebagai salah satu teman manusia yang terbaik. Meskipun begitu, kucing juga dapat merepotkan jika tidak dalam kondisi steril

Pada kesempatan kali ini, Animalogi akan membahas tentang manfaat, syarat, serta biaya steril kucing. Bagi kamu para pecinta kucing, jangan lewatkan informasi kali ini karena artikel ini akan membantumu untuk mengenal proses sterilisasi pada kucing.

Apa itu Sterilisasi Kucing

Sebelum membahas biaya steril kucing, kita perlu mengenal tentang proses sterilisasi kucing. Sterilisasi kucing adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk membuat kucing tidak bisa bereproduksi. Hal ini dapat dilakukan dengan pengangkatan organ reproduksi kucing supaya tidak mampu menghasilkan keturunan.

Sterilisasi kucing disarankan untuk dilakukan ketika kucing masih berumur sekitar 4 bulan, tapi kamu juga perlu mengetahui bahwa waktu untuk setiap ras berbeda-beda. Prosedur sterilisasi pada kucing jantan dan betina berbeda. Biasanya istilah sterilisasi hanya digunakan pada kucing betina saja. Untuk kucing jantan, hal ini lebih dikenal sebagai kebiri.

Prosedur mensterilkan kucing biasanya dilakukan dokter hewan yang sudah berpengalaman di bidangnya. Sebelum kucing menjadi steril, kucing akan dibius terlebih dahulu supaya tidak merasa kesakitan. Setelah selesai, kucing menjadi tidak sadarkan diri dan kemudian melakukan recovery supaya dapat kembali beraktivitas seperti biasa.

Manfaat Steril Kucing

Manfaat Steril Kucing (sumber: Pexels)
Manfaat Steril Kucing (sumber: Pexels)

Setelah mengenal tentang sterilisasi kucing, kita akan mengetahui lebih dalam tentang manfaatnya. Manfaat terbesar dari proses ini adalah untuk menekan ledakan populasi kucing. Ledakan populasi suatu makhluk hidup dapat menciptakan ketidakseimbangan ekosistem. Oleh karena itu, kita perlu menjaga supaya ekosistem tetap seimbang.

Hal ini juga berlaku ke kucing peliharaan yang kamu punya. Sangat menyusahkan jika kamu harus mengurusi banyak kucing setiap kucingmu melahirkan, terlebih proses reproduksi tersebut tidak dapat kamu kontrol.

Sterilisasi kucing dilakukan dengan operasi bedah yang cukup sederhana. Kucing betina harus steril sebelum proses sebelum melahirkan pertama, yaitu ketika kucing belum masuk siklus seksual pertamanya yang dimulai ketika berumur sekitar 6 bulan. 

Proses steril kucing memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan. Steril kucing betina dilakukan dengan cara mengangkat rahim dan ovarium kucing sehingga kucing tidak dapat bereproduksi lagi. Selain itu, sterilisasi ini juga mampu menghindarkan kucing dari masalah kesehatan terutama yang berkaitan dengan pembiakan dan sistem reproduksi.

Steril kucing jantan atau kebiri membantu untuk mencegah masalah perilaku, seperti berkeliaran kemana-mana di luar rumah dan perkelahian. Resiko kebiri pada kucing jantan adalah sedikit mengalami masalah testis dan prostat. Tindakan kebiri ini dilakukan dengan cara mengangkat dua testis kucing melalui sayatan kecil di skrotum.

Kucing akan mendapat anestesi umum supaya tidak merasakan sakit. Kamu dapat membuat kucing berpuasa dari malam sebelumnya jika ingin meminimalkan potensi komplikasi anestesi. Proses kebiri ini tidak akan meninggalkan bekas yang besar karena sayatannya sangat kecil dan tidak perlu dijahit.

Banyak pecinta kucing di luar sana yang melakukan proses sterilisasi pada kucingnya. Meskipun banyak yang memilih untuk melakukannya, tidak sedikit orang yang kontra dengan sterilisasi kucing, terutama biaya steril kucing tergolong tidak kecil. Perlu diingat, proses ini memiliki manfaat dan keuntungannya tersendiri.

Biaya Steril Kucing

Biaya Steril Kucing (sumber: Pexels)
Biaya Steril Kucing (sumber: Pexels)

Biaya steril kucing sebenarnya sangat tergantung dengan jenis kelamin kucing. Biasanya, biaya steril kucing betina lebih mahal daripada biaya steril kucing jantan. Biaya steril kucing ini juga tergantung ras dan tempat untuk melakukan sterilisasi.

Sebelum melakukan sterilisasi, kamu perlu mengetahui biaya steril kucing terlebih dahulu. Kucing jantan ras kampung atau sering disebut sebagai kucing domestik berkisar Rp200.000-Rp300.000. Untuk biaya steril kucing ras tertentu mencapai harga sekitar Rp300.000-Rp350.000.

Setelah  mengetahui biaya steril kucing jantan, kita akan membahas tentang biaya steril kucing betina. Kucing betina lokal atau domestik memerlukan biaya sekitar Rp300.000-Rp350.000 untuk proses sterilisasi. Sedangkan untuk biaya steril kucing betina ras tertentu mulai dari harga Rp350.000-Rp1.000.000.

Perlu dicatat bahwa semua biaya steril kucing di atas belum mencakup biaya perawatan, bius, dan tindakan dokter hewannya.

Tidak dipungkiri, biaya steril kucing memang cukup mahal, tapi kamu juga dapat melakukan steril kucing secara gratis yang disediakan oleh pemerintah. Pusat Kesehatan Hewan di berbagai kota biasanya melakukan sterilisasi kucing dengan biaya gratis.

Program ini pernah diadakan sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli. Beberapa waktu yang lalu, Pusat Kesehatan Hewan Ragunan Jakarta mengadakan program steril kucing gratis. Kamu dapat mencari informasi tentang program ini di media sosial supaya dapat mendaftarkan kucing kesayanganmu.

Syarat Steril Kucing

Syarat Steril Kucing (sumber: Pexels)
Syarat Steril Kucing (sumber: Pexels)

Setelah mengetahui biaya steril kucing, kamu juga perlu mengetahui syarat-syarat tertentu sebelum kucing disterilkan. Kamu juga perlu melakukan konsultasi kepada dokter hewan untuk bertanya syarat-syaratnya.

Berikut adalah beberapa syaratnya:

  • Minimal kucing berumur 6 bulan dengan berat badan lebih dari 2 kg, untuk kucing betina dan jantan
  • Tidak dalam kondisi hamil atau menyusui untuk kucing betina
  • Kondisi sehat dan tidak memiliki penyakit
  • Kucing yang berusia 5 tahun harus disertai dengan hasil pemeriksaan darah dan mendapatkan surat layak untuk melakukan operasi 
  • Kucing yang akan steril direkomendasikan sudah mendapatkan vaksin utama (FHV, Calici, dan Panleu) serta obat cacing yang lengkap
  • Kucing perlu untuk puasa makan dan minum 6-8 jam sebelum operasi
  • Pemilik kucing diwajibkan untuk membawa pet cargo atau kandang
  • Kucing akan diberikan tanda sayatan miring berbentuk huruf V pada bagian telinga supaya menunjukkan kucing tersebut sudah steril
  • Kucing perlu melakukan proses pemulihan sekitar 14 hari sampai kembali pulih

Sebelum melakukan proses sterilisasi, kucing harus memenuhi syarat-syarat di atas. Waktu pelaksanaan sterilisasi tergantung dengan jenis kelaminnya. Biasanya, prosedur steril kucing jantan menghabiskan waktu yang relatif singkat, yaitu sekitar 30 menit saja. Prosedur steril kucing betina memakan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 60 menit karena prosesnya jauh lebih rumit dibanding sterilisasi kucing jantan.

Baca juga: Umur Berapa Kucing Boleh Dimandikan? Animalovers Wajib Tahu!

Demikian adalah penjelasan Animalogi tentang manfaat, syarat, dan biaya steril kucing. Memang sterilisasi kucing tidak murah dan memiliki banyak syarat, tapi kamu perlu melihat banyaknya manfaat dari proses ini. Semoga penjelasan ini membantu Animalovers sekalian!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cari Tahu Manfaat, Syarat & Biaya Steril Kucing Terbaru

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]