1. Kucing

Umur Berapa Kucing Boleh Dimandikan? Animalovers Wajib Tahu!

Banyak pecinta hewan yang masih sangat bingung ketika kucingnya melahirkan. Hal ini akan membuat pemilik khawatir dan bertanya-tanya di umur berapa kucing boleh dimandikan? Bagaimana cara memandikan kucing kecil? Bagaimana cara memandikan kucing agar tidak memberontak? Jika memiliki pertanyaan tersebut, maka Animalovers berada di artikel yang tepat. Yuk, kita jawab pertanyaan tersebut!

Umur Berapa Kucing Boleh Dimandikan?

Umur Berapa Kucing Boleh Dimandikan
Umur Berapa Kucing Boleh Dimandikan (Sumber: Pixabay)

Sebelum menjawab pertanyaan umur berapa kucing boleh dimandikan, Animalovers juga perlu tahu, apakah boleh memandikan anak kucing? Hal ini tentu saja membingungkan bagi pemilik kucing yang belum memiliki pengalaman memelihara kitten.

Berdasarkan penjelasan Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) University mengatakan bahwa hewan yang baru lahir memiliki kondisi yang sangat lemah. Selain itu, organ tubuh mereka pun belum berkembang sempurna dan dapat dikatakan dalam kondisi yang altricial atau sangat rentan. 

Suhu anak kucing yang baru lahir masih belum sempurna sehingga tidak boleh langsung dimandikan. Sistem homeostatis yang ada pada tubuh kucing pun berusaha mempertahankan suhu tubuhnya yang masih belum sempurna dengan kondisi yang sangat rentan.

Lalu, kapan waktu yang pas memandikan kucing?

Menurut dokter hewan, umur berapa kucing boleh dimandikan tidaklah pasti. Namun biasanya, kucing sudah boleh dimandikan setelah masa menyusui sudah selesai atau sekitar berusia 2 bulan.

Animalovers sebenarnya juga tidak perlu khawatir jika anak kucing akan jorok atau berbau tidak sedap karena ibunya, itu karena induknya akan rajin memandikan anaknya dengan cara menjilatnya. Jadi, sekalipun sudah mengetahui umur berapa kucing boleh dimandikan, sebaiknya kamu jangan tergesa-gesa dalam melakukannya, ya!

Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Anak kucing yang baru lahir memiliki tubuh yang sangat rentan dan masih bergantung pada induknya. Ketika anak kucing dilahirkan, pemilik atau manusia lainnya tidak boleh menyentuh kucing tersebut. Mengapa? Karena induk kucing tidak akan mengenali anaknya jika sudah dipegang oleh manusia yang akan mempengaruhi bau anaknya.

Induknya yang menjilatinya anaknya akan menimbulkan dan memberikan aroma khas pada anak kucing sehingga induk bisa langsung mengenalinya. Apabila sudah terkontaminasi bau manusia ia biasanya akan menolak untuk menyusui anaknya karena tidak mengenali baunya.

Untuk sebab itu juga, pada umur berapa kucing boleh dimandikan bisa sangat tergantung dari kapan kucing itu mulai hidup mandiri dan tidak lagi ketergantungan atau menyusui pada induknya.

Untuk Animalovers, ada baiknya menyentuh anak kucing ketika mereka sudah berusia satu minggu atau lebih. Sosialisasikan diri agar mereka mulai mengenali pemiliknya dan tidak takut terhadap manusia. Jangan lupa untuk menjemur mereka sesekali di bawah sinar matahari secara tidak langsung. 

Dampak Memandikan Anak Kucing yang Baru Lahir

cara merawat anak kucing
Anak kucing memiliki tubuh yang masih sangat rentan (Sumber: Pixabay)

Umur berapa kucing boleh dimandikan? Nah pertanyaan itu sudah terjawab, bahwa umur yang tepat untuk memandikan kucing adalah 2 bulan atau selepas mereka menyusui. Lalu, apa dampak memandikan anak kucing yang baru lahir?

Meski Animalovers mengetahui cara memandikan anak kucing kecil secara tepat, namun ternyata tetap ada dampak negatifnya loh. Memandikan kucing akan memberikan dampak pada kulit mereka yang sensitif, bahkan jika dimandikan dengan air hangat kuku sekalipun. Kulitnya dapat melepuh dan kesehatannya bisa terganggu.

Jika menggunakan air dingin pun akan membuat mereka kedinginan dan menjadi sakit. Kucing kecil masih belum mampu mengontrol suhu mereka dan dapat mengakibatkan terjadi hipotermia. Animalovers juga tidak disarankan untuk memandikan kucing menggunakan shampo khusus kucing karena akan membuat kulit mereka menjadi terluka dan menimbulkan ruam.

Untuk membersihkan tubuh mungil mereka jika terlihat kotor, cukup dengan cara memandikan mereka dengan menggunakan handuk bersih. Tidak perlu sampai diguyur air, lap bagian kotor secara perlahan dan penuh kelembutan.

Perlengkapan Memandikan Kucing Kecil

Sebelum mengetahui cara memandikan kucing ada baiknya Animalovers mengetahui perlengkapan alat memandikan kucing yang harus disiapkan:

  1. Shampo khusus kucing, jangan menggunakan shampo manusia ya karena sangat berbahaya. Pilih juga shampo yang tidak mengandung wangi atau parfume. 
  2. 2 wadah mandi untuk air hangat. Satu wadah untuk air yang dicampur shampo dan wadah yang satunya untuk air bersih membilas mereka.
  3. Air hangat kuku yang bersih, jangan menggunakan air dingin karena mereka akan kaget dan stress.
  4. Handuk bersih untuk mengeringkan bulu mereka yang basah. Untuk kucing ras seperti persia, mungkin perlu handuk yang tebal dengan daya serap yang tinggi untuk membantu mengeringkan tubuh mereka sehingga penggunaan hair dryer tidak terlalu lama.
  5. Mainan kucing agar mereka bisa lebih rileks dan tidak memberontak. Jangan lupa ajak bermain ketika sedang dimandikan. Mainan kucing dapat dikatakan sebagai salah satu cara memandikan kucing agar tidak memberontak. 
  6. Hair dryer merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk kucing dengan bulu tebal. Animalovers harus ekstra sabar untuk mengeringkan bulu mereka agar kering secara maksimal.

Cara Memandikan Kucing Agar Tidak Memberontak

Nah, setelah memastikan kondisi kucing dan umur berapa kucing boleh dimandikan maka kita akan melakukan persiapan cara memandikan kucing kecil. Yuk, persiapkan beberapa hal ini:

  1. Potong kuku kucing sebelum memandikannya, beberapa anak kucing sangat agresif ketika baru pertama kali dimandikan. Untuk antisipasi agar tidak terkena cakarannya, Animalovers sebaiknya membersihkan dan memotong kukunya.
  2. Persiapkan alat-alat mandi seperti handuk, shampo hewan, dua wadah untuk menampung air hangat (satu wadah untuk memandikan kucing, satunya lagi untuk membasuh kucing setelah selesai dimandikan dengan sampo), sisir, sikat, dan hair dryer. 
  3. Siapkan air hangat yang bersih. 
  4. Usap kepala kucing sebelum masuk ke kamar mandi untuk menenangkan mereka. Ada baiknya juga Animalovers menggunakan mainan untuk membuat mereka tetap tenang. 
  5. Mandikan kucing dengan perlahan membasahi bulunya dengan air. Jaga mereka agar tidak tenang dan agresif, karena kucing bisa stres jika terlalu dipaksa.
  6. Gosokkan shampo pada bulu kucing dan jangan lupa untuk sesekali mengajaknya bermain.
  7. Setelah selesai gunakan handuk untuk mengeringkan tubuhnya. Siapkan hair dryer dan keringkan secara maksimal bulunya. Ingat, jika bulu kucing tidak dikeringkan secara benar, hal ini akan memancing jamur pada tubuh mereka. 

Baca juga: Rekomendasi Shampo Manusia yang Cocok Untuk Kucing

Itu tadi informasi lengkap mengenai umur berapa kucing boleh dimandikan beserta cara memandikan kucing kecil. Semoga artikel ini dapat membantu Animalovers untuk menjaga kucing kesayangan ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Umur Berapa Kucing Boleh Dimandikan? Animalovers Wajib Tahu!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]