1. Ikan

Yuk, Mengenal Jenis-Jenis Koi sebagai Ikan Hias Populer

Apabila di artikel sebelumnya kita membahas tentang jenis ikan oscar. Nah, kali ini kita akan membahas jenis-jenis koi yang ada di dunia. Tahu nggak sih? menurut kepercayaan orang Cina, ikan koi merupakan simbol keberuntungan, sumber rezeki dan kebahagiaan? 

Spesies ikan ini ada beragam dan tak jarang banyak yang memeliharanya, lho guys.. Perawatannya yang lumayan mudah membuat orang-orang ingin memeliharanya di kolam atau akuarium rumah. Mengingat spesiesnya ada beragam. Tentunya harga yang ditawarkan di pasaran juga berbeda-beda. 

Jenis-Jenis Koi

Ikan koi mempunyai keindahan yang menawan. Pada zaman dahulu, masyarakat Cina sering memeliharanya karena bisa mendatangkan hal positif di kehidupan mereka.Berikut adalah jenis-jenis ikan koi yang perlu kalian ketahui, antara lain: 

Ogon

Ikan Koi Ogon
Ikan Koi Ogon

Jenis-jenis ikan koi yang pertama adalah Ogon. Ogon merupakan jenis ikan koi persilangan antara Shiro-Fuji dan koi berpunggung kuning. Ciri-ciri yang menonjol dari ikan ini adalah mempunyai corak berwarna emas di seluruh tubuhnya. Sehingga, terlihat eksotis saat di bawah sinar matahari. Nah, bagi kalian yang menyukai ikan ini, kalian bisa merogoh kocek sebesar 1,5 juta. 

Goromo

Ikan Koi Jenis Goromo
Ikan Koi Jenis Goromo

Selanjutnya adalah koi Goromo. Jenis ikan ini merupakan perpaduan Kohaku dan Akagi. Dengan panjang sekitar 12 cm-15 cm dengan corak yang terlihat menawan yakni hitam dan merah membuat siapapun ingin memilikinya. Cocok untuk kalian yang ingin memiliki akuarium yang terlihat vibrant dan “lebih hidup”.

Baca Juga: Ikan Sepat: Karakteristik, Jenis makanan, & Cara Merawatnya

Tancho

Jenis-Jenis Koi Tancho
Jenis-Jenis Koi Tancho

Ikan selanjutnya adalah koi Tancho. Pasti para pecinta ikan hias tidak asing lagi dengan ikan jenis ini. Dia hanya memiliki dua warna yaitu putih dan jingga. Melansir cppetindo.com, cara untuk membedakannya dengan ikan jenis lainnya adalah dilihat dari bagian kepala.

Koi Tancho mempunyai warna putih di sekujur badannya dengan bulatan jingga di bagian kepala. Apabila kalian tertarik memeliharanya, cukup rogoh koceh mulai dari Rp700.000 kalian akan mendapatkannya. 

Hariwake

Koi Hariwake
Koi Hariwake

Dari jenis-jenis ikan lain, Hariwake mempunyai warna yang sedikit berbeda dari yang  lain. Terkesan luxury karena terdapat kilau perak dan kuning keemasan  di bagian tubuhnya. Selain itu yang membuatnya menjadi lebih menarik adalah tampilan pada kedua kelopaknya. Pada kelopak matanya, terpoles warna putih dan kuning keemasan pada salah sisinya. 

Goshiki

Goshiki
Goshiki

Ikan koi dengan tubuh berwarna abu-abu, memangnya ada? Yap, pertanyaan kalian akan terjawab ketika menemukan ikan Goshiki. Dengan warna dasar cenderung abu-abu dan bulatan merah di bagian atas. Selanjutnya, siripnya berwarna putih dengan pola garis-garis pendek  Siapa sangka, ikan ini juga termasuk ke dalam ikan yang paling banyak diincar. Nikmati pengalaman memelihara ikan ini dengan harga mulai Rp700.000. 

Hikarimono

Hikarimono
Hikarimono

Wah, namanya cantik juga ya. Dalam bahasa jepang kata “hikari” adalah cahaya. Ikan koi hikarimono memiliki dasar berwarna putih pucat dengan pola hitam di punggungnya. Seperti yang kalian ketahui, ikan jenis ini cukup susah untuk didapatkan karena memang tergolong mahal. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp700.000, kalian bisa mendapatkannya seekor.

Baca Juga: 8 Jenis Ikan Guppy & Cara Merawatnya Agar Hidup Lama

Asagi

Koi Asagi
Koi Asagi

Selanjutnya adalah Asagi. Asagi merupakan ikan koi yang memiliki corak yang berbeda dari sebelumnya. Menjadi salah satu ikan yang paling terkenal karena coraknya yang unik, yakni perpaduan jingga dan biru metalik membuatnya banyak diminati. Jika ingin memiliki ikan ini kalian perlu mengeluarkan uang sebesar Rp1.100.000-Rp1.500.000. 

Showa Sanshoku

Jenis-Jenis Koi Showa Shansoku
Jenis-Jenis Koi Showa Shansoku

Showa Sanshoku merupakan ikan koi dengan tiga corak di badannya. Biasanya memiliki warna hitam dan merah. Meskipun begitu, di pasaran harga Showa Sanshoku dibanderol dengan harga mulai Rp200.000.

Ochiba Shigure

Ochiba Shigure
Ochiba Shigure

Selanjutnya, Ochiba Shigure mempunyai ciri khas yakni warna dasar putih pucat. Coraknya yang berwarna jingga membuat tampilan terlihat manis. Ikan koi ini hidup di perairan tawar dan tentunya cocok untuk menghiasi akuarium kalian. Harga ikan ini dibanderol mulai dari Rp200.000. 

Matsuba

Koi Matsuba
Koi Matsuba

Jika kalian penyuka ikan dengan warna kalem, tidak ada salahnya memelihara ikan ini. Ikan Matsuba masih satu famili dengan Shiro Matsuba, hanya saja Shiro Matsuba berwarna dasar putih. Lain halnya, dengan Matsuba mempunyai warna dasar merah dengan motif jaring-jaring hitam di bagian punggungnya.  

Kumonryu

Ikan Koi Kumonryu
Ikan Koi Kumonryu

Percaya nggak sih kalau ikan Koi Kumonryu memiliki motif seperti sapi? Hehehe, kalian nggak salah baca kok. Ikan koi ini memiliki corak hitam dan putih, serta mampu berubah-ubah sesuai dengan perubahan iklim. Tak jarang, banyak yang menyebut ikan Kumonryu sebagai “ikan naga”. 

Nagashima

Nagashima
Nagashima

Jenis-jenis koi selanjutnya adalah Nagashima. Ikan ini memiliki warna yang cerah dengan corak yang banyak. Seperti yang kalian tahu, ikan ini paling sering dipelihara oleh pecinta ikan hias. Meskipun ia adalah ikan yang populer, namun harganya tidak main-main. Mulai dari Rp800.000, kalian bisa membawa ikan cantik ini untuk dipelihara di rumah. 

Hi Utsuri

Hi Utsuri
Hi Utsuri

Ikan koi yang menarik lainnya adalah Hi Utsuri. Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki warna dasar hitam pekat dengan corak merah di sekujur tubuhnya. Kombinasi dwiwarna ini menghadirkan tampilan yang cantik sekaligus keren. 

Shiro Utsuri

Shiro Utsuri
Shiro Utsuri

Adapun ikan Shiro Utsuri. Dari warnanya terlihat ia memiliki badan yang berwarna putih dengan bercak-bercak hitam. Ikan tersebut sekilas mirip dengan Kumonryu namun ia terlihat lebih terang sedikit. Apabila kalian ingin memilikinya, cukup keluarkan uang sebesar Rp700.000. 

Kikusui

Kikusui
Kikusui

Ikan Koi Kikusui merupakan salah satu ikan yang memiliki warna dasar putih susu dengan corak jingga. Jenis ikan koi ini mempunyai warna yang indah dan menarik untuk dipelihara. Selain itu, ikan ini terlihat seperti dilapisi plastik. Menariknya, ikan ini akan berkilau apabila di bawah sinar matahari.  Nah, kalian bisa mendapatkan ikan ini di pasaran dengan harga mulai Rp300.000. 

Baca Juga: Mengenal Ciri Ciri Ikan Koi Dengan Berbagai Kondisi

Kesimpulan

Jenis-jenis koi ternyata ada beragam ya, tentu kalian akan takjub dengan coraknya yang indah. Nah, setelah mengetahui penjelasan di atas, apakah kalian ingin memeliharanya? Tak ada salahnya mencoba memeliharanya di rumah karena memang ikan ini memiliki warna yang bagus serta pemeliharaannya yang mudah.  Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Yuk, Mengenal Jenis-Jenis Koi sebagai Ikan Hias Populer

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sebagian orang berpikir mencari belut di persawahan adalah hal yang merepotkan. Padahal apabila kita mengetahui caranya, ada banyak cara memancing belut yang sebenarnya bisa diterapkan dengan peralatan yang sederhana. Selain itu, beberapa teknik perlu kalian kuasai supaya mendapatkan tangkapan dengan mudah dan tidak mengulur waktu.  Memang secara umum, belut merupakan sejenis ikan yang hidup di […]

    Trending

    Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu cara  menyehatkan jiwa dan menentramkan pikiran. Bagi pecinta ikan hias, tentunya akan selalu antusias dengan perkembangan peliharaannya. Tapi, apa jadinya jika  ikan mengalami jamuran? Tenang saja, kalian perlu membawanya ke dokter hewan atau memberikannya obat yang tepat di petshop terdekat. Namun sebagai pemilik, ada baiknya kalian perlu mengetahui penyebab […]
    Memiliki anabul seperti kucing adalah sebuah kenikmatan yang luar biasa bagi sebagian orang. Tak dipungkiri, banyak dari mereka yang merasa “tidak bisa hidup” tanpa kehadiran mereka. Bahkan saat pemilik kucing berada di luar kota, tak segan-segan untuk mengirimkan hewan kesayangannya demi lebih dekat dengannya. Tapi, apakah kalian tahu bagaimana cara mengirim kucing ke luar kota […]
    Salah satu burung yang banyak ditemukan di alam adalah jalak suren. Mungkin bagi sebagian orang, tidak bisa membedakan perbedaan jalak suren jantan dan betina. Pengetahuan untuk membedakan ini cukup penting apabila kalian ingin memeliharanya di rumah. Terkenal dengan kemampuan ulung untuk menirukan suara orang lain, tak heran penggemar burung ini meningkat setiap tahunnya. Yuk, simak […]