1. Ikan

Ikan Sepat: Karakteristik, Jenis makanan, & Cara Merawatnya

Ikan Sepat juga disebut sebagai Betta splendens atau Siamese fighting fish adalah jenis ikan air tawar tropis. Ikan ini berasal dari wilayah Asia Tenggara, terutama dari negara-negara seperti Thailand, Kamboja, dan Vietnam. Mereka merupakan ikan hias yang sangat populer di seluruh dunia. Penasaran bagaimana cara merawat dan jenis makanan ikan sepat apa yang cocok? Simak penjelasan berikut ini.

 

Karakteristik Ikan Sepat

Bentuk tubuh

Bentuk tubuh ikan sepat sangat unik dengan sirip ekor yang panjang dan indah. Sirip ikan sepat menjadi daya tarik utama yang membuatnya populer dengan beragam bentuk dan ukuran. Selain itu juga, varietas ikan ini punya banyak kombinasi warna dan pola, seperti biru, merah, kuning, putih, hijau, dan ungu. 

Sifat agresif

Nama lain dari ikan sepat yaitu “Siamese fighting fish” yang mengacu pada sifat alaminya yang cenderung agresif terhadap sesama ikan jantan. Sehingga, jika lebih dari satu ikan sepat jantan ada dalam satu aquarium, maka mereka akan bertengkar satu sama lain.

ikan sepat
Sumber: dlevine

Ukuran tubuh

Ukuran ikan sepat dapat bervariasi, namun biasanya ikan jantan cenderung lebih besar daripada ikan betina. Panjang tubuh ikan betina berkisar antara 5 hingga 7,5 cm, sedangkan untuk ikan jantan berkisaran 6 hingga 7,5 cm.

Sifat eksploratif

Sifat Ikan sepat mempunyai yaitu eksploratif. Mereka suka menjelajahi lingkungan sekitarnya, sehingga membutuhkan mainan dan aksesoris pada akuarium untuk menstimulasi mental ikan sepat.

Kepekaan terhadap perubahan lingkungan

Karakteristik lainnya yaitu ikan sepat juga peka terhadap perubahan lingkungannya yang berkaitan dengan kualitas air. Sehingga, perlu memperhatikan kualitas air dengan baik termasuk suhu, pH, tingkat ammonia, dan nitrit. Sebab, perubahan kualitas air yang drastis dapat membuat ikan sepat stress dan mengganggu kesehatannya.

Baca juga: 8 Jenis Ikan Channa Bercorak Indah, Harga, & Cara Merawatnya

Cara Memelihara Ikan Sepat di Aquarium

Jenis makanan

Ikan ini termasuk jenis ikan omnivora yang memakan segala jenis makanan baik berbasis daging atau tumbuhan. Di alam liar, mereka memakan serangga kecil, larva, dan makhluk hidup kecil di sekitarnya. Sedangkan, ketika mereka hidup di akuarium, makanan yang dapat Anda berikan berupa cacing, kutu air, dan jentik nyamuk.

Suhu dan pH air

Jenis ikan ini lebih baik hidup dalam kondisi air yang tenang dan terhindar dari suhu drastis. Kualitas air yang mereka perlukan berkisar 6,5 hingga 7,5 pH. Sedangkan untuk suhu berkisar antara 24 hingga 30 derajat Celcius. 

Kebutuhan ruang dan akuarium 

Ikan sepat memerlukan ruang yang cukup untuk bergerak dalam akuarium. Kalian yang ingin memelihara ikan sepat sebaiknya menyediakan akuarium dengan ukuran minimal 10 liter untuk satu ikan. Pastikan juga akuarium memiliki penutup yang pas untuk menghindari ikan sepat melompat keluar dari air jika mereka merasa terancam.

Jenis Makanan Ikan Sepat

Saat dipelihara dalam akuarium, Anda dapat memberikan jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ikan sepat merupakan jenis ikan omnivora yang memakan segala jenis makanan yang berbasis daging maupun tumbuhan.

Penting untuk memberikan jenis makanan ikan sepat yang bervariasi agar ikan mendapatkan kebutuhan nutrisi yang baik dan dapat aktif di dalam akuarium. Berikut ini beberapa jenis makanan ikan sepat yang dapat Anda berikan:

Cacing

cacing sutra
Sumber: mongabay

Cacing menjadi jenis makanan ikan sepat yang umumnya diberikan. Jenis cacing yang dapat Anda berikan yaitu cacing tubifex kering dan cacing sutra. Makanan ini mengandung protein yang tinggi dan merupakan pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan sepat. 

Kutu air

Kutu Air
Sumber: baaca

Jenis makanan ikan sepat selanjutnya yaitu kutu air. Makanan ini dapat Anda berikan sebagai variasi makanan. Kutu air mempunyai ukuran yang bervariasi, beberapa ada yang berukuran terlalu kecil untuk dijadikan makanan utama ikan sepat dewasa. Nutrisi yang terkandung dalam kutu air juga tidak terlalu banyak, sehingga tidak cocok dijadikan sebagai makanan utama.

Jentik nyamuk

jentik nyamuk
Sumber: tokopedia

Jenis makanan ikan sepat selanjutnya yaitu jentik nyamuk yang merupakan larva dari nyamuk yang hidup di air. Ukurannya yang kecil sangat cocok untuk ikan sepat yang masih kecil. Makanan ini juga mengandung nutrisi yang bagus untuk ikan sepat seperti protein dan lemak yang berguna bagi pertumbuhan ikan sepat.

Spirulina

spirulina sp
Sumber: deheus

Selain jenis makanan ikan sepat yang berbasis daging, Anda juga dapat memberikan makanan tambahan untuk meningkatkan warna pada ikan sepat. Jenis makanan tersebut yaitu spirulina dan makanan berbahan dasar tumbuhan lainnya yang terdapat kandungan karotenoid.

Baca juga: Mengenal Ikan Lele Albino Berwarna Unik yang Mulai Hilang

Cara Memberi Makan yang Tepat ke Ikan Sepat 

Dalam menjaga kesehatan ikan sepat, Anda perlu memperhatikan cara yang tepat dalam memberikan makanan. Berikut ini langkah-langkah yang tepat untuk memberi makan ikan sepat:

Jadwal yang konsisten

Buatlah jadwal pemberian makanan yang konsisten untuk ikan sepat. Sebaiknya, ikan sepat diberi makan dua kali sehari untuk ikan yang masih kecil dan tiga kali dalam sehari untuk ikan yang dewasa. 

Berikan makanan dalam porsi kecil dan jarak waktu pemberian yang tidak terlalu lama dan tidak terlalu singkat. Anda bisa sesuaikan waktu pemberian makanan yaitu pagi dan sore untuk ikan kecil. Sedangkan untuk ikan yang ukuran besar, dapat diberikan pagi, sore, dam malam.

Jenis makanan yang tepat

Pilihlah jenis makanan ikan sepat yang tepat seperti ukuran dan variasi makanannya agar nutrisinya dapat terpenuhi. Untuk ikan sepat yang masih berukuran kecil, sebaiknya beri makanan yang ukurannya tidak terlalu besar. Sedangkan, untuk ikan sepat yang sudah dewasa atau ukurannya sudah besar, dapat memberikan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya.

Jumlah porsi

Berikan jumlah porsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan ikan. Hindari untuk memberikan makanan dalam porsi yang terlalu banyak. Hal ini dapat menyebabkan pencemaran air dan menimbulkan masalah kesehatan pada ikan sepat. Untuk menentukan jumlah porsi yang sesuai dapat dipantau dari berat badan ikan sepat.

Kebersihan makanan

Hal penting yang perlu Anda perhatikan yaitu kebersihan makanan yang Anda berikan untuk ikan sepat. Pastikan makanan seperti cacing atau jentik nyamuk bebas dari penyakit yang dapat membahayakan ikan sepat.

Bersihkan sisa makanan

Setelah memberikan makanan untuk ikan sepat, selalu pastikan kebersihan akuarium dari sisa makanan yang tidak dimakan. Karena dari sisa makanan yang tidak dibersihkan akan membusuk dan menyebabkan pencemaran air serta memacu pertumbuhan alga yang berlebihan.

Baca juga: Mengenal Taksonomi Ikan Baung, Jenis, & Cara Budidaya

Sekian artikel mengenai karakteristik, cara memelihara, dan jenis makanan ikan sepat yang tepat, hingga cara untuk memberikan makanan yang benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat yaa…

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ikan Sepat: Karakteristik, Jenis makanan, & Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]