1. Kucing

Intip Cara Mengatasi Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Apa yang akan kalian lakukan jika melihat anabul tidak mau menyusui anaknya? Pasti kalian merasa worried kan? Selain anjing, kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang menyenangkan untuk dipelihara. Tenang saja kok, di artikel ini kalian akan mengetahui bagaimana cara mengatasi induk kucing tidak mau menyusui anaknya. Nah, apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini!

Cara Mengatasi Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Ada banyak faktor yang membuat induk kucing tidak mau memberikan asi kepada anaknya. Peristiwa ini cukup familiar terjadi di lingkungan sekitar. Adapun karena sang induk sakit atau usianya masih terlalu muda. Hmm, kira-kira apakah hanya itu penyebabnya? Berikut kami rangkum cara mengatasi induk kucing tidak mau menyusui anaknya. 

Anak Kucing Bau Tangan

Pernahkah kalian mendengar jika ada anak kucing baru lahir,  kalian dilarang untuk memegangnya secara langsung? Yap, itu ada benarnya,lho. Anak kucing bau tangan manusia bisa memicu induk kucing untuk tidak menyusui anaknya. Bulu anak kucing yang terkontaminasi tangan manusia membuat induk kucing tidak dapat mengenali baunya dengan baik. 

Nah, kabar baiknya adalah kalian bisa mengatasinya dengan menggunakan handuk basah. Ambil handuk basah dan usapkan ke pada bagian belakang induk kucing. Selanjutnya usapkan pula ke bagian belakang anak kucing. Lakukan secara rutin, maka anak kucing memiliki aroma yang sama dengan induknya. Secara tidak langsung, induk kucing akan mengenali dan mau menyusui anaknya.

Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Mencret Secara Alami, Patut Dicoba!

Periksa Kesehatan Induk Kucing

Periksa Kesehatan Induk Kucing
Periksa Kesehatan Induk Kucing

Cara mengatasi induk kucing tidak mau menyusui anaknya selanjutnya adalah dengan memeriksa kesehatan sang induk. Bisa jadi sang induk mengalami sakit dan akhirnya tidak mampu memproduksi air susu yang cukup untuk anak-anaknya. 

Kucing merasa sakit biasanya akan menunjukkan tanda-tanda yang bisa dikenali, seperti, tidak mau makan, tampak lesu, maupun tidak bergairah bergerak. Apabila hal itu terjadi, kalian bisa membawanya ke dokter supaya sehat kembali.

Induk Kucing Terlalu Muda

Nah, beberapa kasus ditemukan bahwa induk kucing yang melahirkan di usia muda lebih rentan untuk mengabaikan anaknya. Menurut bobo.grid.id, umur hewan yang terlalu muda terutama kucing mampu membuat kucing merasa tidak nyaman untuk menyusui. 

Solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini adalah membawa induk kucing ke dokter hewan terdekat Mungkin,kalian akan diminta untuk menambahkan asupan nutrisi yang lengkap sehingga induk kucing merasa nyaman untuk merawatnya. 

Ciptakan Lingkungan Bebas Gangguan

Ciptakan Tempat yang Aman dan Nyaman
Ciptakan Tempat yang Aman dan Nyaman

Faktor yang menyebabkan induk kucing tidak mau menyusui anaknya adalah lingkungan sekitar kurang nyaman. Dengan begitu, induk kucing tidak mau merawatnya dengan baik. Nah, cara mengatasi induk kucing tidak mau menyusui anaknya adalah dengan memastikan lingkungan aman dan nyaman.

Lakukan dengan membersihkan kandang kucing secara teratur, bersihkan litter box setiap hari dan jika perlu berikan parfum kandang dan berikan makanan yang berkualitas. Selanjutnya, sebisa mungkin hindari gangguan yang signifikan yang berpotensi mengganggu kenyamanan si kucing baik sang induk atau anaknya. 

Stimulasi Fisik

Cara mengatasi induk kucing tidak menyusui anaknya adalah melakukan stimulasi fisik. Maksudnya adalah membantu mengeluarkan asi dengan cara memijat lembut area sekitar putingnya. Dengan begitu, induk kucing akan merasa tenang sehingga mampu menyusui anaknya. 

Penggantian Susu Kucing

Mengganti Asi Dengan Susu Formula
Mengganti Asi Dengan Susu Formula

Apabila cara di atas tidak berhasil, kalian bisa mengganti susu kucing tersebut dengan susu formula yang disediakan di pasaran. Ini adalah cara terakhir yang bisa kalian pili.  Tentu pilihlah jenis susu yang sesuai dengan jenis kucing dan usianya. Pasalnya, memperhitungkan nutrisi pada takaran gizi sangat penting untuk tumbuh kembang si kucing.

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Kucing Flu yang Wajib Kamu Ketahui!

Kesimpulan 

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi induk kucing tidak mau menyusui anaknya. Bagaimana, sudah paham kan? So, jadi pastikan anabul kalian tetap sehat dan nyaman saat menyusui anaknya ya? Nantikan artikel seputar hewan lainnya hanya di Animalogi. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Intip Cara Mengatasi Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sebagian orang berpikir mencari belut di persawahan adalah hal yang merepotkan. Padahal apabila kita mengetahui caranya, ada banyak cara memancing belut yang sebenarnya bisa diterapkan dengan peralatan yang sederhana. Selain itu, beberapa teknik perlu kalian kuasai supaya mendapatkan tangkapan dengan mudah dan tidak mengulur waktu.  Memang secara umum, belut merupakan sejenis ikan yang hidup di […]

    Trending

    Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu cara  menyehatkan jiwa dan menentramkan pikiran. Bagi pecinta ikan hias, tentunya akan selalu antusias dengan perkembangan peliharaannya. Tapi, apa jadinya jika  ikan mengalami jamuran? Tenang saja, kalian perlu membawanya ke dokter hewan atau memberikannya obat yang tepat di petshop terdekat. Namun sebagai pemilik, ada baiknya kalian perlu mengetahui penyebab […]
    Memiliki anabul seperti kucing adalah sebuah kenikmatan yang luar biasa bagi sebagian orang. Tak dipungkiri, banyak dari mereka yang merasa “tidak bisa hidup” tanpa kehadiran mereka. Bahkan saat pemilik kucing berada di luar kota, tak segan-segan untuk mengirimkan hewan kesayangannya demi lebih dekat dengannya. Tapi, apakah kalian tahu bagaimana cara mengirim kucing ke luar kota […]
    Salah satu burung yang banyak ditemukan di alam adalah jalak suren. Mungkin bagi sebagian orang, tidak bisa membedakan perbedaan jalak suren jantan dan betina. Pengetahuan untuk membedakan ini cukup penting apabila kalian ingin memeliharanya di rumah. Terkenal dengan kemampuan ulung untuk menirukan suara orang lain, tak heran penggemar burung ini meningkat setiap tahunnya. Yuk, simak […]