1. Ikan

Mengenal Ciri Ciri Ikan Koi Dengan Berbagai Kondisi

Ikan koi adalah salah satu hewan yang sering ditemukan di toko ikan. Bagi pecinta ikan hias, spesies koi sangat cocok untuk dipelihara dan dijadikan sebagai koleksi. Mengingat, komoditas ikan hias di Indonesia memiliki peluang bisnis yang besar. Sebelum itu, Animalovers harus mengetahui terlebih dahulu mengenai ciri ciri ikan koin.

Berikut pembahasan lengkap seputar ciri ciri ikan koi untuk Animalovers yang ingin mengoleksi ikan cantik yang satu ini.

Sekilas Tentang Ikan Koi, Si Pembawa Keberuntungan

Koi merupakan ikan hias asli jepang yang berjenis karper dan masih satu keluarga dengan ikan mas. Selain itu, di negara asalnya, ikan koi biasa disebut nishikigoi. Ikan yang bersimbol cinta ini mempunyai motif warna yang sangat indah dan juga elegan.

Ikan Koi (sumber: Greenera)
Ikan Koi (sumber: Greenera)

Sementara itu, dilansir dari situs resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan, menyebutkan bahwa jenis ikan koi yang paling diminati di Indonesia adalah Kohaku, Showa dan Sanke.

Faktanya, hewan yang hidup di air ini juga bisa dibudidayakan di alam terbuka. Tidak hanya itu, koi masih menjadi primadona bagi setiap orang. Sebab, memiliki harga yang bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta. Sehingga, hampir semua golongan dapat mengoleksi hewan ini.

Selain memiliki motif yang cantik dan mampu memanjakan mata, ikan koi sudah tersebar di seluruh dunia, salah satunya Indonesia. Di Indonesia, pusat budidaya koi terletak di 4 daerah, yaitu Blitar, Tulungagung, Bogor dan Sukabumi.

Mengenal Ciri Ciri Ikan Koi Dengan Berbagai Kondisi

Di sisi lain, ikan koi juga memiliki ciri ciri yang beragam. Ciri ciri ikan koi adalah salah satu bagian penting dalam hewan. Sebab, dengan mengetahui ciri cirinya, Animalovers dapat terhindar dari kerugian, baik materi, tenaga dan uang. Berikut ciri ciri ikan koi dengan berbagai kondisi yang telah Animalovers rangkum.

Ciri Ciri Ikan Koi Jantan

Ketika Animalovers ingin membudidayakan ikan koi, terkadang hanya ingin mencari ikan koi yang jantan saja. Kini, Animalovers sudah merangkum beberapa ciri ciri ikan koi jantan berikut.

Bentuk Tubuh

Pada saat koi berumur 3 tahun, hewan tersebut mempunyai panjang tubuh sekitar 25 cm. Meskipun beragam, akan tetapi ikan yang satu ini sangat mudah dibedakan ketika sudah matang. Setelah matang, koi jantan memiliki bentuk tubuh yang kecil jika dibandingkan dengan betina.

Sirip

Ikan koi jantan memiliki sirip yang terletak di dekat kepala dan berbentuk runcing serta solid.

Cairan yang Terdapat di Perut Ikan Koi

Untuk mengetahui ciri ciri ikan koi jantan, Animalovers dapat menekan perut ikan secara perlahan sampai mengeluarkan cairan putih kental dari lubang anusnya. Cara tersebut merupakan hal yang ekstrim, karena dapat menyebabkan hewan menjadi lemas atau bahkan pingsan. Oleh sebab itu, berhati-hatilah ketika ingin menekannya.

Ciri Ciri Ikan Koi Betina

koi betina
Ciri Ciri Ikan Koi Betina (sumber: ikantani)

Berbeda dengan koi jantan, ciri ciri ikan koi betina dapat dilihat dari 3 hal, yaitu struktur tubuh, bentuk sirip dan cairan koi. Berikut penjelasan mengenai ciri ciri koi betina.

Struktur Tubuh

Ketika sang betina sudah dewasa, akan memiliki panjang sekitar 25 cm dan mempunyai struktur tubuh yang besar. Sebab, hal tersebut merupakan ciri ciri ikan koi bertelur. Apabila ikan betina tidak bertelur, maka tubuhnya akan kembali normal meskipun tetap terlihat besar.

Bentuk Sirip

Koi betina memiliki bentuk sirip yang bertekstur halus dan lembut. Maka dari itu, Animalovers dapat meraba terlebih dahulu bagian siripnya untuk memastikan bahwa ikan yang dipilih adalah betina.

Cairan Koi Betina

Ciri ciri ikan koi betina terakhir adalah cairannya. Untuk mengetahui cairan yang terdapat di dalam tubuhnya, Animalovers bisa menekan perut koi secara perlahan dan lembut. Kemudian, akan mengeluarkan cairan kuning dari lubang anusnya.

Ciri Ciri Ikan Koi Stress

ikan koi stress
Ciri Ciri Ikan Koi Stress (sumber: koindah.blogspot)

Walaupun hewan satu ini memiliki warna serta motif yang indah, ikan koi sangat rentan terhadap stress. Oleh sebab itu, Animalovers harus menjaga kebersihan kolam. Terkadang, perubahan cuaca juga bisa mempengaruhi kondisi ikan koi.

Warna Tubuh Berubah

Perubahan ini sangat terlihat jelas jika ikan nishikigoi mengalami stress. Biasanya, warna koi akan berubah menjadi kusam dan tidak mengkilap. Sehingga, kurang menarik untuk dilihat. Ketika stress, tubuh ikan koi akan menimbulkan beberapa garis yang dapat merusak tubuh indahnya.

Ciri ciri ikan stress adalah menurunnya nafsu makan. Hal ini sering terjadi pada makhluk hidup jika kesehatan menurun akan berdampak pada tingkah laku dan kebiasaannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Animalovers dapat memisahkannya terlebih dahulu. Apabila kesehatannya sudah membaik, maka bisa dipindahkan kembali ke tempat asalnya, seperti kolam atau akuarium.

Ciri Ciri Ikan Koi Impor

Ikan nishikigoi impor adalah ikan yang didatangkan langsung dari luar Indonesia. Negara yang terkenal sebagai penghasil koi terbaik adalah Jepang. Perbedaan yang terlihat antara koi lokal dengan impor, yaitu terletak pada warna. Untuk itu, Animalovers sudah mempersiapkan beberapa ciri ikan nishikigoi impor.

Harga Ikan Koi Impor

Harga yang ditawarkan untuk koi impor lebih mahal dibandingkan lokal. Hal tersebut disebabkan karena adanya biaya tambahan, seperti bea cukai.

Mata yang Lebih Besar

Spesies koi impor memiliki mata yang lebih besar dibandingkan ikan lokal. Mata yang dimilikinya tampak seperti timbul keluar dari kepala ikan tersebut.

Bentuk Tubuh Panjang

Nishikigoi mempunyai bentuk tubuh panjang, mulai dari bagian badan hingga ekor.

Sifat

Hewan yang satu ini bersifat jinak sehingga sangat mudah untuk ditangkap.

Ciri Ciri Ikan Koi Lokal

Ikan koi lokal adalah salah satu ikan nishikigoi yang dibudidayakan di Indonesia. Akan tetapi, ikan tersebut sudah berbeda generasi dari tempat asalnya. Di bawah ini merupakan ciri dari ikan lokal.

  • Harga yang ditawarkan tidak semahal ikan impor.
  • Memiliki mata yang berukuran kecil.
  • Mempunyai tubuh yang lebih pendek dibandingkan koi impor.
  • Bersifat liar.

Ciri Ciri Ikan Koi Berkualitas

Spesies koi yang berkualitas dapat dilihat dalam berbagai hal, diantaranya:

  • Mempunyai garis punggung lurus ataupun melengkung.
  • Memiliki kepala dan sirip yang sempurna.
  • Sisiknya bercorak.

Baca juga : 6 Resep Umpan Ikan Mas Juara, Murah & Dijamin Jitu!

Itulah informasi terkait ikan koi yang dapat menjadi referensi kamu untuk memelihara ikan dengan motif warna cantik ini. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan perawatannya ya, Animalovers agar mereka dapat hidup dalam jangka waktu yang lama.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Ciri Ciri Ikan Koi Dengan Berbagai Kondisi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]