1. Fakta Unik

Mengenal Lebih Jauh Perbedaan Piranha dan Bawal. Lengkap!

Salah satu hewan yang sering kita jumpai adalah ikan. Ikan merupakan hewan perairan yang hidup secara bebas seperti halnya ikan bawal dan piranha. Nah, seringkali orang awam tidak mengerti perbedaan piranha dan bawal. Sekilas bentuk tubuhnya lebar dan pipih. Namun tidak menutup kemungkinan kalian akan menemukan perbedaan yang signifikan ketika memperhatikan dengan seksama. 

Perbedaan Piranha dan Bawal

Nah, untuk lebih jelasnya berikut kami rangkum perbedaan mencolok ikan tersebut. Perbedaannya bisa dilihat berdasarkan ukuran tubuh, bentuk fisik, struktur gigi, corak hingga jenis makanan. Oke, simak sampai habis ya!

Ukuran Tubuh

Meskipun terlihat 11 12 ukuran tubuhnya, namun ikan bawal dewasa terlihat lebih besar daripada ikan piranha dewasa. Mayoritas ukuran ikan bawal bisa mencapai 50 cm dengan berat kurang lebih 40 kg. Sementara itu, ikan piranha memiliki panjang hingga 25 cm dengan berat hanya 3,9 kg. 

Bentuk Fisik

Berbicara mengenai bentuk fisik, mereka sama-sama mempunyai bentuk yang pipih, lebar, dan cukup besar. Namun, pada fisik ikan bawal cenderung memiliki warna putih keperakan. Hewan yang hidup di air tawar dengan sifat jinak ini memiliki sirip yang tegas dan lebih gelap. 

Oke, selanjutnya kita melihat pada bentuk mulutnya. Ikan bawal memiliki rahang yang cenderung bulat dan kecil namun sama besar di kedua bagiannya.Sementara itu, bentuk fisik ikan piranha adalah putih kemerahan. Matanya yang bulat dan lumayan besar adalah ciri-ciri yang menonjol setelah ukuran tubuhnya. Tak hanya itu, bentuk rahang bawah cenderung lancip dan kecil daripada ukuran atasnya. 

Baca Juga: Mengenal Jenis Ikan Oscar sebagai Ikan Hias yang Populer!

Jenis Makanan

Perbedaan signifikan lainnya adalah jenis makanannya. Ikan bawal merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. Biasanya dia memakan tumbuhan air seperti lumut, alga, atau tumbuhan-tumbuhan kecil lainnya. Lain halnya dengan piranha. Hewan yang hidup di perairan Amerika Selatan ini adalah karnivora atau pemakan daging. Dia bisa hidup dengan memakan daging ikan kecil yang hidup di perairan air tawar. 

Kelebihan Ikan Piranha dan Bawal

Setiap makhluk hidup mempunyai kelebihan masing-masing untuk bisa bertahan di lingkungannya. Apa saja kelebihan dari ikan piranha dan bawal? Simak ya!

Kelebihan Ikan Piranha

Kelebihan Ikan Piranha
Kelebihan Ikan Piranha

Selain memiliki gigitan tajam, berikut adalah kelebihan ikan piranha yang perlu kalian ketahui.

Ciri-ciri kelebihan yang dimiliki oleh ikan piranha, antara lain:

  1. Keindahan: Beberapa orang terutama pecinta ikan akan mengakui bahwa corak tubuh ikan piranha cukup eksotis.Sehingga, ia memiliki daya tarik tersendiri. 
  2. Ketangkasan: Ikan piranha terkenal dengan gesit dan kuat. Terkenal dengan gigitannya yang kuat bisa memangsa mangsa dengan cepat.
  3. Kebal dari penyakit: Piranha terkenal dengan kemampuannya yang bisa beradaptasi dengan lingkungan. Mereka mampu hidup di berbagai kondisi air, sehingga lebih kecil peluangnya untuk terkena penyakit. 
  4. Electro genecity: Tahukah kalian jika hewan ini terkenal dengan kemampuan isolator? Ia dapat menghantarkan listrik walaupun lemah. 
  5. Keuntungan Ekonomi: Bagi masyarakat setempat, piranha memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena sebagai sumber pendapatan industri pariwisata.

Kelebihan Ikan Bawal

Kelebihan Ikan Bawal
Kelebihan Ikan Bawal

Selanjutnya, setelah mengetahui kelebihan ikan piranha. Adapun kelebihan ikan bawal yang perlu kalian ketahui, antara lain:

  1. Mudah diperoleh: Tak seperti ikan sebelumnya, ikan bawal merupakan ikan perairan tawar yang di mana bibitnya bisa diperoleh dengan mudah. 
  2. Harga Terjangkau: Populasi ikan tawar ini melimpah, sehingga harganya juga terjangkau. Tak jarang banyak peternak memelihara ikan ini.
  3. Tahan lama: Ikan ini akan memiliki umur yang panjang apabila dirawat dengan baik. Jadi, buat kalian yang bukan tipe orang yang telaten, maka pertimbangkan merawat ikan ini. 
  4. Tampilan eksotis: Warna corak tubuh yang indah akan terlihat bagus jika dipelihara di dalam aquarium. 
  5. Toleran terhadap perubahan: Ikan bawal mudah beradaptasi terhadap kondisi suhu air, sehingga tidak mudah untuk sakit maupun mati. 

Baca Juga: Mengenal Ikan Lele Albino Berwarna Unik yang Mulai Hilang

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai perbedaan piranha dan bawal beserta kelebihannya. Memang makhluk hidup baik hewan dan tumbuhan memiliki kelebihan yang melekat untuk bisa bertahan hidup. Kira-kira kalian pilih yang mana untuk dipelihara di akuarium?

Bukanlah ide buruk untuk memelihara ikan ini di dalam ruang kerja atau belajar. Pasalnya, memelihara ikan bagus untuk kesehatan mata dan mental. Yu, nantikan artikel ikan dan hewan lainnya di Animalogi. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Lebih Jauh Perbedaan Piranha dan Bawal. Lengkap!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sebagian orang berpikir mencari belut di persawahan adalah hal yang merepotkan. Padahal apabila kita mengetahui caranya, ada banyak cara memancing belut yang sebenarnya bisa diterapkan dengan peralatan yang sederhana. Selain itu, beberapa teknik perlu kalian kuasai supaya mendapatkan tangkapan dengan mudah dan tidak mengulur waktu.  Memang secara umum, belut merupakan sejenis ikan yang hidup di […]

    Trending

    Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu cara  menyehatkan jiwa dan menentramkan pikiran. Bagi pecinta ikan hias, tentunya akan selalu antusias dengan perkembangan peliharaannya. Tapi, apa jadinya jika  ikan mengalami jamuran? Tenang saja, kalian perlu membawanya ke dokter hewan atau memberikannya obat yang tepat di petshop terdekat. Namun sebagai pemilik, ada baiknya kalian perlu mengetahui penyebab […]
    Memiliki anabul seperti kucing adalah sebuah kenikmatan yang luar biasa bagi sebagian orang. Tak dipungkiri, banyak dari mereka yang merasa “tidak bisa hidup” tanpa kehadiran mereka. Bahkan saat pemilik kucing berada di luar kota, tak segan-segan untuk mengirimkan hewan kesayangannya demi lebih dekat dengannya. Tapi, apakah kalian tahu bagaimana cara mengirim kucing ke luar kota […]
    Salah satu burung yang banyak ditemukan di alam adalah jalak suren. Mungkin bagi sebagian orang, tidak bisa membedakan perbedaan jalak suren jantan dan betina. Pengetahuan untuk membedakan ini cukup penting apabila kalian ingin memeliharanya di rumah. Terkenal dengan kemampuan ulung untuk menirukan suara orang lain, tak heran penggemar burung ini meningkat setiap tahunnya. Yuk, simak […]