1. Ikan

8 Jenis Ikan Guppy & Cara Merawatnya Agar Hidup Lama

Guppy adalah salah satu jenis ikan yang memiliki badan mungil namun bercorak sangat cantik. Di kalangan penggemar ikan, jenis ini sangat populer dan banyak dibudidayakan. Berikut penjelasan lengkap mengenai ikan guppy untuk Animalovers yang tertarik dengan ikan cantik yang satu ini.

Ikan Guppy, Si Mungil Bercorak Indah

ikan guppy
(Sumber: Pixabay)

Guppy adalah salah satu ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Selatan dan Karibia.  Ikan ini biasanya hidup di parit-parit dan sangat mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan. Mereka berukuran sangat kecil yakni sekitar 4 – 7 cm. 

Berdasarkan perkembangbiakkannya, masa reproduksi dari ikan mungil ini berkisar antara 21 – 30 hari, tergantung bagaimana kondisi suhu air mereka. Ikan ini melahirkan anaknya secara livebearers. Ketika melahirkan di mana betina dibuahi maka anus mereka akan mengalami bercak dan meluas warna gelapnya. Pada saat itulah dimana anak-anak ikan dapat melihat dari bagian dalam perut induknya yang sangat tipis.

Pada proses ini guppy langsung dapat memproduksi sekitar 100 ekor anak. Namun, kebanyakan dari mereka akan mati dan yang bertahan hidup hanya sekitar 5 – 30 ekor. Proses penyembuhan mereka juga sangat cepat. Ketika guppy telah selesai melahirkan, maka beberapa jam kemudian sang jantan dapat membuahi betina lagi.

Guppy termasuk dalam ikan yang senang hidup berkelompok sehingga ketika mereka dilahirkan mereka akan segera membentuk kelompok baru. Ketika mereka dewasa, guppy dewasa dan anakan harus dipisah karena mereka tidak segan-segan memakan guppy yang baru lahir.

Jenis-jenis Ikan Guppy Termahal & Terfavorit

Pada awal penyebaran masuk ke Indonesia, guppy digunakan sebagai alat untuk memakan jentik nyamuk dan mengurangi populasi nyamuk. Namun, dikarenakan warna dan coraknya yang cantik banyak pecinta ikan yang kemudian melirik ikan ini untuk dipelihara. Berikut jenis-jenis ikan guppy termahal yang dapat kamu pelihara.

1. Guppy Cobra

Ikan hias
(Sumber: Pixabay)

Salah satu jenis ikan yang paling populer adalah guppy cobra. Ikan ini memiliki corak yang mirip seperti ular yang sesuai dengan namanya. Seluruh tubuhnya didominasi warna hitam dan kuning. Berdasarkan coraknya ini, langsung dapat dikenali sebagai jenis guppy cobra. 

2. Guppy Tuxedo

guppy tuxedo
(Sumber: diapteron.uk)

Memiliki nama unik, ikan yang satu ini memiliki ukuran sirip sangat kecil yang tidak seperti guppy pada umumnya. Mereka memiliki warna gelap dibelakang tubuhnya dengan tingkat coverage yang berbeda. 

3. Guppy Japan Blue

guppy japan blue
(Sumber: IndiaMart)

Salah satu jenis ikan guppy termahal selanjutnya adalah guppy japan blue yang memiliki dominasi warna biru langit pada ekor dan sirip. Ikan ini berasal dari jepang dan hasil dari pengembangbiakkan dengan gen lain. Warnanya yang unik membuatnya banyak disukai dan semakin sering di kawin silangkan dengan jenis lain agar menghasilkan banyak jenis japan blue. Harga guppy yang satu ini  berkisar antara Rp100.000 – Rp350.000/ekor

4. Guppy Grass

ikan guppy grass
(Sumber: Biggo Id)

Memiliki motif mozaik, guppy grass sangat populer dikalangan pecinta ikan. Pada siripnya terdapat corak dengan warna yang berbeda-beda. Corak yang muncul pada ikan ini membuat mereka terlihat elegan. Pada awal kemunculannya sebenarnya mereka memiliki warna transparan, namun berubah memiliki motif mozaik seiring perkembangbiakkannya. Harga guppy grass ini cukup mahal yakni sekitar Rp150.000/ekor.

5. Guppy Mozaik

guppy mozaik
Guppy mozaik (sumber: Dunia Air)

Jenis mozaik sangat susah untuk didapatkan dan termasuk dalam kategori langka sehingga tidak heran jika harganya mencapai 200.000/ekor. Mereka sangat cantik dan dihasilkan dari gen mozaic dengan gen lainnya. 

6. Guppy Platinum Half Moon

Platinum Half Moon
(Sumber: Tankarium)

Guppy platinum half moon adalah ikan yang sangat cantik dengan warna seluruh tubuh yang silver. Ekor mereka akan mengembang ketika berada di air dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai hiasan di rumah. Kecantikan warnanya membuat ikan ini memiliki harga sekitar Rp200.000/ekor.

7. Guppy Swordtail

Guppy Swordtail
(Sumber: Wikipedia)

Ikan yang satu ini sangat unik dengan  ekor yang terlihat seperti pedang. Jadi untuk membedakan antara jenis swordtail dengan yang lain cukup dengan melihat ke ekornya saja. Harga ikan yang satu ini berkisar Rp150.000.

8. Guppy Koi

Guppy koi
(Sumber: Pick Fish)

Jika Animalovers lihat sekilas, ikan ini mirip dengan perpaduan koi dan guppy yang sesuai dengan namanya. Tidak seperti jenis lainnya, harga ikan ini sangat murah dan terjangkau yakni sekitar Rp15.000.

Penyebab Ikan Guppy Cepat Mati

Pada dasarnya guppy merupakan hewan yang cepat beradaptasi, namun ada beberapa faktor yang tetap mempengaruhi hidupnya. Maka dari itu kamu harus memperhatikan beberapa hal yang membuat mereka mati, yakni sebagai berikut:

1. Suhu Air yang Tidak Sesuai

Suhu air yang terlalu dingin maupun panas akan membuat guppy menjadi tidak nyaman sehingga mudah mati. Kamu dapat mengatur suhu dan menyesuaikan dengan habitat mereka agar mereka lebih nyaman sehingga dapat hidup lebih lama.

2. Akuarium yang Sempit

Akuarium yang sempit akan membuat ikan tidak mendapatkan space untuk berkembang sehingga mereka akan lebih cepat mati. 

3. Bahan Kimia yang Masuk ke Akuarium

Beberapa bahan kimia yang tidak sengaja masuk ke akuarium akan membahayakan ikan. Oleh karena itu, jauhkanlah bahan kimia agar mereka aman. Apabila hal ini terjadi segera bersihkan akuarium dan pindahkan ikan.

4. Keracunan Amonia

Zat amonia biasanya terdapat di dalam akuarium dan hal ini akan membawa dampak buruk bagi guppy kesayangan kamu. Sehingga usahakan agar selalu memeriksa filter air apakah masih berfungsi atau tidak.

5. Pemberian Pakan Terlalu Banyak

Selalu sesuaikan pakan ikan dengan perkembangan mereka ya, Animalovers. Terlalu banyak makan akan membuat ikan terserang penyakit. Sehingga selalu usahakan agar guppy makan sesuai dengan porsinya ya!

Cara Merawat Ikan Guppy

(Sumber: Wikipedia)

Agar guppy dapat hidup dengan jangka waktu yang lama, Animalovers harus mengetahui cara merawat guppy dengan benar. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pilih Aquarium yang Sesuai 

Selalu memilih akuarium yang sesuai dengan kapasitas ikan guppy. Meski mereka sangat kecil bukan berarti mereka dapat dimasukkan dalam akuarium yang berisi terlalu banyak ikan. Hal ini akan membuat mereka stress dan terkadang tidak bertumbuh.

2. Jauhkan Ikan Guppy dari Predator

Bahkan sesama jenis guppy dapat menjadi predator. Oleh karena itu selalu pisahkan antara guppy yang masih kecil dan sudah dewasa. Ikan yang satu ini dapat memakan ikan guppy yang masih sangat kecil.

3. Berikan Makanan Secara Rutin dan Tidak Berlebihan

Usahakan untuk memberikan makanan guppy secukupnya agar menghindari makanan yang tidak dimakan mengotori aquarium. Selain itu, memberi makan berlebihan juga tidak baik dan membuat mereka cepat mati.

4. Jaga Suhu Akuarium

Pastikan untuk selalu menjaga suhu aquarium sekitar 27 – 28 derajat agar mereka tetap nyaman. Suhu yang terlalu dingin maupun panas dapat membuat mereka menjadi lebih sensitif.

5. Perhatikan Kualitas Air

Selalu bersihkan akuarium secara berkala agar kualitas air terjaga. Agar tidak cepat kotor dapat menggunakan filter khusus aquarium.

Makanan Ikan Guppy

ikan hias air tawar
(Sumber: Wikipedia)

Ketika berada di alam liar biasanya makanan ikan guppy adalah rumput, plankton, jentik nyamuk, cacing, dan hewan kecil lainnya. Bahkan mereka juga memakan ikan guppy yang baru menetas. Bagi Animalovers yang ingin mencari makanan ikan guppy dapat mencari di toko khusus makanan ikan.

Harga Jenis Ikan Guppy Termahal 

JenisHarga
Harga ikan guppy cobraRp125.000
Harga ikan guppy tuxedoRp100.000
Harga ikan guppy japan blueRp100.000
Harga ikan guppy grassRp150.000
Harga ikan guppy mozaikRp200.000
Harga ikan guppy platinum half moonRp200.000
Harga ikan swordtailRp175.000
Harga ikan guppy koiRp15.000

Baca juga: Ikan Koi: Harga, Jenis, Ciri-ciri dan Cara Merawatnya

Setelah menyimak berbagai informasi di atas, dapat disimpulkan jika terdapat beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan terkait dengan pemeliharaan guppy. Semoga informasi tersebut dapat membantumu dan peliharaan kesayanganmu ya, Animalovers!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Jenis Ikan Guppy & Cara Merawatnya Agar Hidup Lama

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]