1. Fakta Unik

Simak 8 Cara Menjinakkan Sugar Glider, Dijamin Nurut!

Nah, mungkin banyak yang bingung bagaimana sih cara menjinakkan sugar glider yang efektif? Apakah harus ada di dekatnya setiap jam, setiap menit, setiap detik? Tentu tidak ya, untuk memperkuat bonding antara pemilik dan dia perlu adanya pendekatan-pendekatan yang menyenangkan dan tidak memaksa. 

Hewan yang tergolong endemik ini memiliki nama latin Petaurus breviceps atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan wupih sirsik. Mereka memiliki bentuk fisik yang mirip dengan bajing walaupun mereka tidak memiliki hubungan erat secara genetik. Untuk membedakannya dengan bajing adalah sugar glider memiliki kemampuan meluncur dari satu tempat ke tempat lain. 

Ciri-ciri lainnya yang membedakan adalah memiliki bulu-bulu halus yang lembut dan berwarna abu-abu sampai cokelat muda. Tak hanya itu, mayoritas di bagian tubuh bagian bawah memiliki pewarnaan bulu yang berbeda (countershading).  

Ajak Bermain

Cara Menjinakkan Sugar Glider
Cara Menjinakkan Sugar Glider

Cara menjinakkan sugar glider yang pertama adalah mengajaknya bermain. Tak ada aktivitas seru lainnya selain bermain bersama hewan peliharaan. Dengan bermain bersama, secara tidak langsung akan membantunya untuk mengenali pemilik, meningkatkan ikatan emosional dan meningkatkan kemampuan adaptasi dengan lingkungannya. 

Atur Penempatan Kandang yang Strategis

Cara menjinakkan sugar glider selanjutnya adalah dengan menempatkan kandang di tempat yang strategis. Maksudnya adalah tidak jauh dari lalu lintas orang yang melintas. Biarkan dia  melihat pemandangan orang-orang atau lingkungan sekitar. Aktivitas ini sangat bisa menaikkan kemampuan adaptasi dengan lingkungan. 

Sesekali biarkan mereka disapa oleh orang-orang yang melintas. Memang tidak akan membuatnya langsung berubah, namun akan membantunya menjadi lebih jinak. 

Baca Juga: Intip Cara Mengatasi Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Lakukan Handfeed

Nah, setelah langkah di atas sudah kalian lakukan dengan baik, tak ada salahnya untuk mencoba melakukan handfeed. Pakan yang cocok untuk mereka adalah nektar atau buah-buahan. Meskipun terlihat ngeri-ngeri sedap tapi kalian setidaknya harus mencobanya. Dengan begitu, ia akan terbiasa. Pastikan jari kalian tidak sampai kena gigit ya? Tahu sendiri kan rasanya bagaimana?

Mengenali Bau Keringat

Sugar glider memiliki indra penciuman yang peka, sehingga mereka akan mampu mengenali bau keringat pemiliknya dengan akurat. Biarkan mereka memanjat di lengan atau bahumu. Mengingat dia adalah hewan yang suka melompat kesana-kemari, jangan khawatir dia terjatuh. Dengan begitu, dia akan mencoba memperkuat hubungannya denganmu.

Buatlah Sebuah Kebiasaan Baru

Membangun sebuah kebiasaan baru tentu tidaklah mudah. Namun, jika kalian ingin membentuk ikatan emosional dengan baik, maka buatlah sebuah kebiasaan baru yang cocok untuk hewan peliharaanmu. 

Contoh kebiasaan-baru baru yang bisa diterapkan adalah dengan mengajaknya bermain di sore hari, melakukan hand feeding setiap pagi, dan sebagainya. Dengan begitu dia akan menjadi lebih jinak.

Pilih Waktu yang Tepat untuk Menjinakkan

Cara menjinakkan sugar glider selanjutnya adalah memilih waktu yang tepat. Hewan juga memiliki rasa atau emosi. Jadi, pastikan pilih waktu terbaik untuk melakukan penjinakkan. Contoh sederhananya adalah hindari mengajaknya bermain saat makan karena membuat mereka merasa tidak nyaman.

Biarkan Sugar Glider Menggigit Jarimu

Sesekali biarkan Sugar Glider Menggigitmu
Sesekali biarkan Sugar Glider Menggigitmu

Ingin tahu cara yang lebih ekstrim? Lakukan dengan cara memasukkan jari kedalam mulutnya. Reflek, pasti dia akan menggigit jarimu. Cara ini sebenarnya kurang aman, tapi jika kalian menyanggupinya tentu tidaklah masalah. 

Berikut adalah contoh bagaimana cara memegangnya dengan aman. 

  1. Genggam dia dengan tangan kanan. Kemudian, letakkan jempol di bawah lehern3ya. Genggam erat supaya tidak lepas.
  2. Sodorkan ibu jari ke dalam mulut dengan posisi terbalik lalu biarkan dia menggigit. Tahan selama 3 menit dan bisa juga ditiup kecil sampai dia tidak menggigit. Lakukan setiap hari. Apabila dia cepat jinak, maka dia akan berhenti menggigit.

Baca Juga: 10 Jenis Kura-Kura Lucu yang Cocok Dipelihara di Rumah

Berinteraksilah Secara Rutin

Melakukan interaksi secara rutin mampu membuat bonding antara kalian menjadi erat. Lambat laun, mereka akan mengerti dan berperilaku jinak dengan kalian. Lakukan secara intens, supaya perubahan perilakunya terjadi signifikan. 

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan bagaimana cara menjinakkan sugar glider secara efektif. Wah, di antara semua tips, manakah yang membuatmu tertarik? Nantikan artikel selanjutnya dan semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Simak 8 Cara Menjinakkan Sugar Glider, Dijamin Nurut!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Sebagian orang berpikir mencari belut di persawahan adalah hal yang merepotkan. Padahal apabila kita mengetahui caranya, ada banyak cara memancing belut yang sebenarnya bisa diterapkan dengan peralatan yang sederhana. Selain itu, beberapa teknik perlu kalian kuasai supaya mendapatkan tangkapan dengan mudah dan tidak mengulur waktu.  Memang secara umum, belut merupakan sejenis ikan yang hidup di […]

    Trending

    Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu cara  menyehatkan jiwa dan menentramkan pikiran. Bagi pecinta ikan hias, tentunya akan selalu antusias dengan perkembangan peliharaannya. Tapi, apa jadinya jika  ikan mengalami jamuran? Tenang saja, kalian perlu membawanya ke dokter hewan atau memberikannya obat yang tepat di petshop terdekat. Namun sebagai pemilik, ada baiknya kalian perlu mengetahui penyebab […]
    Memiliki anabul seperti kucing adalah sebuah kenikmatan yang luar biasa bagi sebagian orang. Tak dipungkiri, banyak dari mereka yang merasa “tidak bisa hidup” tanpa kehadiran mereka. Bahkan saat pemilik kucing berada di luar kota, tak segan-segan untuk mengirimkan hewan kesayangannya demi lebih dekat dengannya. Tapi, apakah kalian tahu bagaimana cara mengirim kucing ke luar kota […]
    Salah satu burung yang banyak ditemukan di alam adalah jalak suren. Mungkin bagi sebagian orang, tidak bisa membedakan perbedaan jalak suren jantan dan betina. Pengetahuan untuk membedakan ini cukup penting apabila kalian ingin memeliharanya di rumah. Terkenal dengan kemampuan ulung untuk menirukan suara orang lain, tak heran penggemar burung ini meningkat setiap tahunnya. Yuk, simak […]