1. Fakta Unik

Berapa Lama Kucing Hamil? Temukan Jawaban & Cirinya Disini!

Seperti yang sudah kita ketahui, kucing adalah hewan mamalia yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Namun, sebenarnya berapa lama kucing hamil? Pada kesempatan kali ini Animalogi akan mencoba memberikan jawabannya khusus untuk para Animalovers.

Yuk, simak pembahasan berapa lama kucing hamil lengkap dengan ciri ciri kucing hamil dan cara merawatnya berikut!

Berapa Lama Kucing Hamil?

Animalovers, seperti hewan mamalia pada umumnya, kucing betina juga mengalami masa subur. Hal ini mulai terjadi ketika usia mereka memasuki waktu 4 bulan. Yang perlu diingat, jika terjadi pembuahan selama masa subur, maka kucing betina bisa saja mengandung. Proses mengandung atau hamil ini biasa disebut dengan queening.

Berapa Lama Kucing Hamil? (sumber: Clever Pet Owners)
Berapa Lama Kucing Hamil? (sumber: Clever Pet Owners)

Lalu, mungkin kamu masih bertanya-tanya, sebenarnya berapa lama kucing hamil? Atau kucing hamil berapa bulan? Untuk waktu berapa lama kucing hamil pada umumnya berkisar 63 sampai 67 hari atau 2 bulan lebih. Meski begitu, ada juga kucing yang hanya melewati periode kehamilan selama 61 hari, sementara yang lainnya bisa saja sampai 72 hari.

Dari hal tersebut, dapat kita simpulkan jika berapa lama kucing hamil sulit untuk ditentukan secara pasti. Setiap kucing mempunyai proses kehamilan yang berbeda, maka dari itu diperlukan konsultasi langsung dengan dokter hewan untuk mengetahui kondisinya yang lebih lanjut.

Biasanya, pada awal kehamilan kucing betina tidak memperlihatkan gejala fisik yang jelas. Kamu mungkin baru dapat melihatnya beberapa minggu setelah perutnya mulai membesar. Dalam hal ini, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui fase atau periode kehamilan kucing sehingga dapat menerka sudah berapa lama kucing hamil dengan lebih pasti.

Periode Kehamilan Kucing

Sama halnya seperti kehamilan manusia, proses kehamilan kucing juga memiliki periode atau fasenya tersendiri. Dengan mengetahui periode ini, Animalovers dapat menerka sudah berapa lama kucing hamil sekaligus menentukan langkah atau tindakan apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan.

Periode Kehamilan Kucing (sumber: The Spruce Pets)
Periode Kehamilan Kucing (sumber: The Spruce Pets)

Karena umumnya waktu berapa lama kucing hamil berlangsung selama 9 bulan, maka periode kehamilannya pun terbagi menjadi 9 minggu. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

  • Minggu 1 & 2: Pada fase ini kucing betina biasanya belum memperlihatkan tanda tanda kucing hamil secara fisik. Oleh karena itu, sangat sulit untuk mengetahui bahwa seekor kucing betina sedang hamil pada fase ini.
  • Minggu 3: Saat memasuki minggu ketiga, puting milik kucing betina yang hamil biasanya akan terlihat lebih cerah.
  • Minggu 4: Di periode inilah perut serta puting kucing betina akan mulai membesar. Hal ini sekaligus menandai jika proses produksi susunya telah dimulai dan kemungkinan akan membuat nafsu makannya pun meningkat.
  • Minggu 5 & 6: Setelah perutnya membesar, kucing biasanya akan menjadi lebih malas untuk bergerak. Bukan hanya itu, mereka juga cenderung lebih manja dan suka dielus. Jika kamu meraba bagian perutnya, kamu sudah bisa merasakan keberadaan janin kucing yang sudah tumbuh cukup besar.
  • Minggu 7: Karena ukuran janin yang semakin besar dan memberi tekanan pada kandung kemih, kucing akan lebih sering buang air kecil.
  • Minggu 8: Dengan kandungan yang sudah terasa besar, kucing biasanya sadar bahwa waktu melahirkannya semakin dekat. Tak heran, jika di periode ini mereka mulai mencari tempat-tempat terpencil yang nyaman untuk melahirkan dan merawat anak mereka sementara.
  • Minggu 9: Memasuki minggu ke-9, pemilik kucing harus mulai mengawasinya dengan seksama karena tanda kelahiran bisa muncul kapan saja.

Ciri Ciri Kucing Hamil

Beberapa ciri kehamilan dapat memberi kita petunjuk sudah berapa lama kucing hamil. Hal ini bisa kita lihat di pembahasan sebelumnya mengenai periode. Namun, untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan jelas, berikut Animalogi rangkum kembali apa saja ciri ciri kucing hamil.

Ciri Ciri Kucing Hamil (sumber: Excited Cats)
Ciri Ciri Kucing Hamil (sumber: Excited Cats)

1. Nafsu Makan Bertambah

Jika nafsu makannya tiba-tiba bertambah secara rutin dan teratur, maka itu juga dapat menjadi tanda tanda kucing hamil. Itu karena kucing yang sedang mengandung akan secara otomatis mencari nutrisi yang bukan hanya untuk dirinya saja, tapi juga untuk para janin di kandungannya.

2. Siklus Birahi Berhenti

Umumnya, kucing mengalami siklus birahi secara rutin tiap 10 sampai 2 minggu sekali. Kucing yang sedang birahi biasanya suka berguling-guling di lantai atau melolong. Jika seekor kucing betina hamil, maka siklus ini pun akan berhenti.

3. Seringkali Muntah

Ternyata, bukan hanya manusia saja yang bisa mengalami morning sickness. Kucing betina yang sedang hamil juga berpotensi untuk mengalami hal tersebut, salah satu gejalanya adalah muntah yang teratur.

4. Perut Membesar

Meningkatnya berat badan dan perut yang membesar adalah ciri yang paling mudah dikenali dari kucing hamil. Hal ini juga dapat menjadi indikasi sudah berapa lama kucing hamil karena biasanya baru terjadi di minggu ketiga atau keempat kehamilan.

6. Mulai Mencari Tempat Terpencil

Menjelang akhir periode kehamilan, kucing akan mulai mencari tempat yang sesuai untuk melahirkan. Mereka menyukai tempat-tempat yang sepi dan terpencil sehingga anak kucing yang baru lahir nanti tidak akan terganggu. Jika ada binatang lain atau bahkan manusia yang mengganggu tempat tersebut, induk kucing bisa menjadi lebih agresif.

7. Mencari Perhatian yang Lebih

Bagi kucing sekalipun, proses kehamilan bukanlah hal yang mudah. Maka tidak heran jika biasanya mereka mulai mencari perhatian lebih kepada pemilik atau orang disekitarnya. Hal ini juga dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi pada kucing betina selama masa kehamilannya.

Cara Merawat Kucing Hamil

Kucing yang sedang hamil membutuhkan perhatian khusus agar kesehatan dan keselamatannya selalu terjaga. Animalovers bisa memulainya dengan memberi makanan yang lebih banyak dari biasanya.

Bukan hanya itu, kandungan gizi pun penting untuk diperhatikan. Sebaiknya beri makanan dengan kandungan protein dan kalsium yang tinggi agar proses menyusui setelah melahirkan dapat berjalan lancar. Untuk jenisnya sendiri, makanan basah atau wet food lebih direkomendasikan.

Demi kenyamanannya, kucing hamil juga sebaiknya dijauhkan dari hewan lain. Itu karena mereka bisa menjadi sangat gelisah dan agresif karena adanya keinginan yang kuat untuk melindungi anaknya. Kucing yang terus merasa gelisah dapat menjadi stress dan dikhawatirkan akan berpengaruh pada kesehatannya.

Jika ada gejala lain yang tidak biasa, sebaiknya Animalovers membawanya langsung ke dokter hewan. Dengan begitu penanganan dan tindakan lebih lanjut pun bisa ditentukan secara lebih pasti dan jelas.

Baca juga: Harga Kucing Bengal Terbaru, Jenis, Fakta, dan Cara Merawatnya

Itu dia pembahasan mengenai berapa lama kucing hamil dan berbagai ciri-cirinya. Penting sekali untuk mencari tahu informasi sebelumnya agar kamu lebih siap ketika harus merawat kucing yang sedang hamil. Nantikan juga berbagai bahasan dan fakta unik lainnya seputar hewan peliharaan hanya di Animalogi.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Berapa Lama Kucing Hamil? Temukan Jawaban & Cirinya Disini!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]