1. Fakta Unik

Fakta Anjing Kintamani, Jenis, Makanan, Sifat, & Cara Merawat

Anjing Kintamani adalah salah satu ras anjing yang berasal asli dari Bali, Indonesia. Anjing lucu yang satu ini telah dikembangbiakkan serta dipelihara oleh banyak orang dan telah mendapatkan pengakuan internasional. 

Permintaan pasar pun selalu tinggi untuk jenis anjing kintamani karena penampilan fisik mereka yang sangat lucu dan menarik. Bagi kamu yang penasaran dengan anjing asli asal Indonesia, yuk simak penjelasannya.

Fakta Anjing Kintamani, Ras Anjing Unik yang Hanya Ada di Bali

Kintamani Hitam
(Sumber: Wikipedia)

Kintamani berasal asli dari Indonesia. Pada dasarnya, kintamani sama seperti anjing pada umumnya, mereka termasuk ke dalam golong anjing domestik. Jenis anjing yang satu ini pertama kali ditemukan di desa Sukawana, kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Hal ini menjadikan kintamani sebagai maskot dari kabupaten tersebut.

Pengembangan jenis kintamani masih belum diketahui asal-usulnya secara pasti. Namun berdasarkan sebuah penelitian berjudul The Kintamani Dog: Genetic Profile of an Emerging Breed from Bali, Indonesia menjelaskan bahwa kintamani hasil perkawinan antara anjing Chow-chow dengan anjing lokal yang dibawah oleh seorang pria Tionghoa pada tahun 1400-an. 

Penelitian tersebut juga menjelaskan bahwa anjing yang terkenal di Bali itu memiliki hubungan yang lebih erat dengan anjing Dingo yang berasal dari Australia. Teori mengatakan bahwa Dingo dibawa manusia untuk mengikuti ekspansi ke pulau-pulau Asia Tenggara.

Pada tanggal 20 Februari 2019, Federation Cynologique Internationale (FCI) meresmikan anjing kintamani sebagai anjing trah (Purebred dog) dunia. Sehingga dapat dilihat bahwa anjing pemberani ini setara dengan anjing kelas dunia seperti Chow-chow dan Akita.

Ciri-Ciri Anjing Kintamani yang Paling Mencolok

Cute dog
Anjing Kintamani (Sumber: Global Dog Breeds)

Agar dapat membedakan kintamani dengan jenis anjing lainnya, berikut ciri-ciri anjing kintamani :

  • Memiliki telinga yang berbentuk seperti huruf V terbalik dengan ujung yang bulat berwarna oranye. 
  • Mata mereka berwarna coklat gelap dan bulu mata yang berwarna putih. 
  • Hidung berwarna coklat
  • Bibir berwarna coklat kehitaman
  • Kintamani jantan memiliki tinggi 45-55 cm dan betina 40-50cm 
  • Memiliki bulu yang tebal

Karakter Anjing Kintamani Paling Unik

Anjing Kintamani Karakteristik
(Sumber: 101 Dog Breeds)

Kintamani memiliki karakter yang unik, mereka sangat kuat dan cekatan. Sifat anjing kintamani  yang pemberani membuatnya dapat melindungi pemiliknya. Berikut karakter khas anjing kintamani agar kamu dapat mengenal anjing manis ini.

1. Bulunya Lebat dan Tidak Mudah Rontok

Kintamani memiliki bulu yang lebat karena mereka pada dasarnya tinggal di daerah pegunungan yang cukup dingin. Bulu mereka juga tidak mudah rontok sehingga tidak memerlukan perawatan khusus.

2. Ramah Tapi Pencemburu

Kintamani termasuk jenis anjing yang ramah dan senang bersosialisasi dengan manusia ataupun hewan lain. Namun, mereka menetapkan batasan bagi hewan lain agar tidak mengganggu wilayahnya. Mereka akan menyerang jika merasa cemburu ataupun terancam.

Apabila pemilik anjing sudah memiliki peliharaan lain seperti kucing ataupun jenis anjing yang lain, ada baiknya mengadopsi kintamani yang masih anakan agar mereka dapat beradaptasi lebih cepat dan tidak cemburu kepada hewan yang lain.

3. Usianya Bisa Bertahan Sampai 20 Tahun

Usia hidup kintamani terbilang cukup lama yakni sekitar 20 tahunan.Selain menjadi sahabat yang setia, mereka ini dapat menemani pemiliknya hingga waktu yang lama. Maka dari itu, selalu pastikan kintamani sehat ya, Animalovers!

4. Tidak Mudah Sakit

Kintamani adalah hewan yang jarang sakit dan tidak mudah terserang penyakit. Tubuh mereka begitu kuat meski tidak ada perawatan khusus. Hal ini menjadi nilai plus untuk Animalovers yang tidak terlalu bisa memberikan perawatan khusus.

Makanan Anjing Kintamani

Kintamani memiliki selara makan yang sama dengan kucing domestik pada umumnya. Makanan anjing kintamani adalah nasi, ketela, daging ayam, dan daging sapi. Pastikan untuk memberikan makanan dengan porsi yang pas dan nutrisi yang terjaga agar mereka sehat. Agar kintamani tidak bosan, pemilik dapat mengganti menu makanan secara rutin.

Info Harga Anjing Kintamani 2022

Anakan kintamani yang menggemaskan
Anakan anjing kintamani (Sumber: Halodoc)

Harga anak anjing kintamani kualitas unggul berkisar Rp5.000.000,00. Harga anakan anjing kintamani yang biasa dan telah memiliki sertifikat berkisar antara Rp2.000.000 – Rp2.500.000 dan untuk yang tidak memiliki sertifikat biasanya akan lebih murah yakni Rp1.000.000-an. Kamu dapat membeli langsung dari peternakan anjing kintamani di Bali.

Cara Merawat Anjing Kintamani

Cara merawat kintanami
(Sumber: Global Dog Breeds)

Kintamani tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus seperti ras anjing kecil. Mereka sangat mandiri dan memiliki tubuh yang jarang terkena penyakit. Namun Animalovers tetap harus memahami cara merawat anjing kintamani dengan benar.

1. Bersihkan Bulunya Tiap Seminggu Sekali

Memiliki bulu yang tebal membuat pemilik harus memperhatikan kebersihan bulunya. Melihat dari sifat kintamani yang senang berada di luar maka bulunya akan lebih cepat kotor. Animalovers dapat membersihkan bulunya setiap seminggu sekali.

2. Latih Kemampuannya Sejak Dini

Kintamani termasuk salah satu hewan yang pintar dan aktif. Kemampuan ini tentu tidak bisa disia-siakan untuk menjadikannya anjing yang unggul. Pemilik dapat memberikan pelatihan yang rutin di sela-sela waktu bermainnya dari anjing kintamani kecil.

3. Biasakan Interaksi dengan Anak Kecil Agar Tidak Galak

Terkadang Kintamani memiliki sifat yang sensitif dengan keberadaan orang asik. Mereka pemerhati yang baik dan cenderung protektif terhadap pemiliknya. Sehingga, agar kintamani tidak galak pemilik dapat membiarkannya berinteraksi dengan anak kecil sejak anjing kintamani kecil.

Baca juga: Jenis Anjing Husky, Harga, Sifat, dan Cara Merawat

Nah, itu tadi penjelasan lengkap mengenai kintamani yang berasal dari Bali. Anjing tersebut sangat cerdas dan dapat menjadi penjaga yang baik bagi pemiliknya. Apakah Animalovers tertarik untuk memelihara kintamani?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Fakta Anjing Kintamani, Jenis, Makanan, Sifat, & Cara Merawat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]