1. Fakta Unik

10 Hewan Paling Setia di Dunia, Pasangan Kamu Kalah!

Kesetiaan adalah hal yang sangat mahal, bahkan tidak bisa dibeli dengan uang. Siapa yang sangka, hewan juga bisa setia, lho. Mungkin beberapa dari kalian berpikiran bahwa hewan hanya naluri dan instingnya untuk hidup. Apa saja hewan- hewan paling setia di dunia? Yuk, simak informasi selengkapnya di artikel Animalogi kali ini!

Anjing

Hewan paling setia yang pertama adalah anjing. Tentu saja, hewan yang terkenal sebagai sahabat manusia ini menjadi nomor 1 dalam artikel kali ini. Sebutan ini pertama kali diungkapkan oleh Frederick II dari Prusia. Anjing sebagai sahabat manusia sudah terbukti melalui berbagai penelitian dan karya sastra. Anjing dapat disebut sebagai hewan paling setia kepada manusia.

Anjing sendiri memiliki sifat yang setia serta peka terhadap perasaan manusia. Sejak zaman dahulu, anjing sudah banyak dipelihara dan berguna dalam kehidupan manusia. Sifat setia dari anjing dapat terlihat dari perilakunya. Jika kamu pergi dan pulang ke rumah, anjingmu akan langsung menghampiri saat baru membuka pintu. Selain itu anjing juga dapat berpelukan jika kamu merasa kesepian.  

Merpati

Merpati termasuk ke dalam salah hewan paling setia. Ketika ada salah satu dari pasangan burung merpati yang mati, maka merpati yang masih hidup baru akan mencari pasangan lainnya. Hal ini dikarenakan merpati hanya akan memiliki 1 pasangan sampai salah satunya diantaranya mati. Selain itu, merpati jantan akan membuat saran bagi betinanya yang berfungsi sebagai tempat bertelur dan membesarkan anak-anaknya nanti.

Buaya

Jika ada yang menyebut kamu sebagai buaya, jangan khawatir karena pada dasarnya buaya adalah salah dari hewan paling setia yang ada di bumi. Orang-orang mungkin menjadikan sebutan buaya sebagai simbol orang yang suka berganti-ganti pasangan atau bahkan mempunyai pasangan lebih dari satu. Namun, semua itu hanya penyimbolan saja. Faktanya saja buaya hanya melakukan perkawinan sekali  untuk seumur hidupnya, sekitar 70% buaya biasanya memilih pasangan yang sama setiap musim kawin. Jadi, siapa diantara kalian yang sering disebut sebagai buaya? 

Angsa

Angsa adalah salah satu hewan paling setia berikutnya. Ketika musim dingin, angsa akan mencari pasangan yang terbaik baginya. Kemudian, angsa jantan dan angsa betina akan mendekat dan saling menarik satu sama lain, biasanya mereka melakukan gerakan leher khasnya. Untuk merawat telur, biasanya angsa betina akan bergantian dengan angsa jantan layaknya manusia. Angsa membangun hubungan berpasangan untuk jangka panjang. Bahkan ketika pasangannya mati, angsa tidak akan pernah mencari pasangan lagi.

Siamang

Selanjutnya adalah Siamang atau Owa. Hewan ini memiliki lengan yang panjang dan termasuk ke dalam keluarga kera. Siamang sendiri adalah hewan asli dari daerah Sumatera, Malaysia, bahkan Thailand. Siamang disebut sebagai hewan paling setia karena hubungan keluarganya mirip seperti hubungan keluarga layaknya manusia, hal ini bahkan dapat terlihat dari beberapa penelitian. Bahkan, siamang juga romantis, lho. Siamang jantan dan betina biasanya menghabiskan waktu saling untuk membersihkan dan bergelantungan bersama di pohon. Lucu bukan?

Serigala

Siapa yang sangka serigala yang terkenal sangar, garang, dan menakutkan ternyata mempunyai sisi soft lho. Serigala termasuk kedalam salah satu golongan hewan paling setia, baik ke pasangan maupun keluarganya. Serigala biasanya dapat ditemukan hidup secara berkelompok. Biasanya serigala menunjukkan kesetiaannya lewat sikap protektif kepada kawanan, keluarga atau pasangannya. Jika kamu memeliharanya, serigala juga dapat menjadi setia kepada kamu layaknya anjing rumahan. Namun perlu diingat bahwa serigala adalah hewan buas, jadi hati-hati ketika memeliharanya.

Elang Botak

Berikutnya adalah elang botak. Elang botak ini hanya kawin sekali seumur hidup dengan pasangannya. Elang botak termasuk ke dalam hewan paling setia karena tetap setia bersama pasangannya sampai mati. Sama seperti angsa, elang jantan dan betina bergantian untuk menjaga telur-telurnya. Setelah menetas, elang yang masih muda akan menetap di sarang sampai mereka dapat menjaga diri mereka sendiri. Pasangan elang botak biasanya membangun sarangnya bersama-sama.

Berang-Berang

Berang-berang termasuk ke dalam hewan monogami atau setia pada pasangannya sampai mati. Ketika pasangan berang-berang sudah mempunyai anak, berang-berang jantan dan betina bekerja sama untuk membuat sarang, membuat lubang besar, dan bergantian merawat anak-anaknya. Setelah anak berang-berang beranjak dewasa, mereka meninggalkan koloni dan kemudian membentuk koloni yang baru. Namun ketika terjadi kekurangan makanan, berang-berang akan menetap dengan keluarga sampai makanannya bertambah. Koloni yang baru biasanya juga tidak jauh dari orang tuanya.

Burung Hantu

Burung hantu adalah hewan paling setia berikutnya. Hewan ini setiap pada pasangannya sampai maut memisahkan. Hal ini tidak hanya berlaku pada musim kawin saja, tapi sepanjang tahun. Burung hantu jantan dan betina bekerja sama untuk merawat serta memberi makan anak-anaknya. Induk burung hantu juga bersifat sangat protektif kepada anak-anaknya. Tidak jarang, induk burung hantu mati ketika melindungi anak-anaknya. 

Kupu-Kupu

Selanjutnya adalah kupu-kupu. Hewan yang terkenal akan keindahannya ini hanya melakukan perkawinan sekali dalam seumur hidupnya. Selain itu, kupu-kupu juga hanya bertelur sekali selama hidupnya. Kupu-kupu sendiri memiliki rentan umur sekitar 2 sampai 4 minggu. Oleh karena itu, kupu-kupu dapat disebut sebagai hewan paling setia kepada pasangannya.

Burung Parkit

Selanjutnya adalah burung parkit. Burung ini adalah tipe burung yang membutuhkan teman supaya tidak merasakan kesepian. Jika sudah berkenalan dengan pasangannya, burung ini akan tidak meninggalkan satu sama lain. Kematian pasangan dapat membuat burung parkit sedih bahkan sampai menderita kecemasan yang parah sekali.

Baca juga:

Demikian pembahasan Animalogi kali ini mengenai hewan paling setia di dunia. Dari 10 hewan yang sudah disebutkan, yang mana hewan favoritmu? Semoga penjelasan kali ini bermanfaat untuk kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Hewan Paling Setia di Dunia, Pasangan Kamu Kalah!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]