1. Burung
  2. Fakta Unik

Fakta Unik Burung Madu Sriganti, Si Mungil Bersuara Merdu

Menjadi salah satu burung yang terkenal dengan kicauan merdunya, burung madu sriganti sering menjadi hewan yang dipelihara oleh sebagian orang. Namun, tahukah kamu, animalovers, ternyata beberapa spesies burung ini tergolong sebagai satwa yang dilindungi. Simak artikel animalogi kali ini hingga akhir untuk menemui fakta unik lainnya tentang burung madu ini!

Karakteristik Morfologis

Sumber: jenis

Secara morfologi, ukuran tubuh burung madu sriganti ini tergolong kecil. Beratnya hanya antara 6,7-11,9 gram. Bahkan untuk betina, beratnya lebih ringan, antara 6-10 gram saja. Panjang tubuhnya juga sekitar 10-11,4 cm. Paruhnya juga berbentuk lancip.

Kamu bisa membedakan burung jantan dan betina dari warna bulunya.Untuk burung jantan, bagian bawah tubuhnya memiliki corak kuning, serta corak hitam keunguan metalik di bagian dagu dan dada. Sedangkan, burung betina bagian bawahnya berwarna kuning pucat, serta corak kuning di alis serta warna coklat tua di bagian irisnya. Burung betina tidak memiliki warna hitam di bagian dagu dan dadanya. 

Taksonomi Burung Madu Sriganti

Seperti nama latinnya, Nectarinia jugularis, burung madu sriganti ini tergolong sebagai genus Nectarinia dan spesies Jugularis. Ia termasuk dari famili Nectariniidae, ordo Passeriformes, dan tentunya kelas Aves

Sesuai dengan klasifikasinya, burung ini memakan nektar atau madu sebagai makanan utamanya. Selain itu, hewan dengan ordo Passeriformes juga merupakan golongan burung pengicau. Oleh karena itu, burung ini sangat pintar ‘menyanyi’, sehingga banyak yang memeliharanya bahkan ‘mengadu’ nya dalam kontes berkicau. Suara burung ini dianggap sangat unik, bahkan konon katanya terdengar lebih merdu dari Kenari dan Cucok Ijo. 

Baca juga: Mengenal Taksonomi Ikan Baung, Jenis, & Cara Budidaya

Habitat & Persebaran

Sumber: mongabay

Meskipun kini banyak dipelihara, sebenarnya burung ini bisa kita temui di alam liar, tepatnya di area hutan hujan, mangrove, atau di semak belukar. Berdasarkan penelitian, burung madu sriganti juga kerap terbang ke area perkebunan warga untuk mencari makan, mulai dari madu atau buah-buahan. Namun, burung ini juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis serangga kecil, seperti belalang, ngengat atau laba-laba kecil. 

Lalu, setidaknya terdapat 22 jenis subspesies burung madu sriganti yang ada di berbagai daerah di dunia. Area dengan populasi paling besar, menurut beberapa ahli, ada di kepulauan Andaman serta Nikobar. Selain itu, para ahli juga menemukan burung ini di kawasan Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Sumatera. Di luar negeri, kita juga bisa menjumpainya di Filipina, Laos, Cina, hingga Malaysia. 

Status Konservasi

Sumber: blog nature

Pemerintah tidak secara spesifik menggolongkan burung madu sriganti ini sebagai satwa dilindungi, sehingga masih bebas diperjual belikan. Meski begitu, beberapa spesies burung madu masuk dalam hewan yang dilindungi karena berperan penting untuk pelestarian alam, yaitu bisa membantu penyerbukan alami pada tanaman di hutan serta perkebunan.  Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) No. p. 92/menlhk/setjen/kum.1/8/2018  tentang perubahan atas Permen LHK No.p.20/menlhk/setjen/kum.1/6/2018, tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi, ada lima jenis burung madu yang berstatus dilindungi negara, diantaranya berikut ini: 

  • Burung Madu Jawa (A. mystacalis)
  • Burung Madu Sepah-raja (A. siparaja)
  • Burung Madu Sangihe (A. duyvenbodei)
  • Burung Madu Leher-Merah (A. rhodolaemus)
  • Burung Madu Sumba (C. buettikoferi)

Oleh karena itu, pemerintah berusaha untuk mencegah eksploitasi beberapa jenis burung madu ini secara berlebih untuk menghindari potensi penurunan populasi. Melihat hal ini, dilansir dari mongabay, pihak yang ingin menangkap spesies burung ini harus memiliki dokumen SATS-DN atau Surat Angkut Tumbuhan dan Satwa Liar Dalam Negeri. Jika tidak, maka penangkapan burung ini tergolong ilegal. 

Baca juga: 7 Jenis Burung Hantu di Indonesia yang Unik & Bisa Dipelihara

Fakta Unik Burung Madu Sriganti

Sumber: etindonesia

Karena kicauannya, banyak orang menyebut burung madu sriganti dengan nama Sogok Ontong. Burung hias ini selain memiliki suara merdu, juga memiliki pergerakan yang sangat gesit dan aktif, bahkan mampu mengepakkan sayapnya hingga 90 kali/ detik. Tak hanya itu, burung ini juga bisa terbang mundur dengan kecepatan tinggi, mencapai 54 km/ jam atau sama dengan 15 meter/ detik. Unik bukan? 

Fakta unik lainnya yaitu burung ini bisa membuat sarang berbentuk kantong dari rumput terjalin, dahan pohon, ataupun kapas alang-alang.  Ia lalu akan meletakkan sarangnya di dahan pohon yang rendah. Karena inilah, beberapa orang tidak bertanggung jawab terkadang seenaknya mengambil sarang yang di dalamnya ada telur anakannya. Burung ini berbiak sepanjang tahun, dan sekali bertelur akan menghasilkan 2 butir telur. Warna telurnya bintik-bintik abu dan putih. 

Karena suaranya yang merdu, burung ini terkenal di kalangan kicaumania Indonesia. Kalau kamu tertarik memeliharanya, kamu bisa membeli anakan burung ini dengan harga yang cukup terjangkau, antara 20 hingga 50 ribu rupiah. Untuk yang terlatih dan sering ikut kontes, harganya mulai dari 100 ribu, bahkan ada yang di atas 200 ribu rupiah. 

Baca juga: 8 Jenis Ikan Channa Bercorak Indah, Harga, & Cara Merawatnya

Nah, itu dia animalovers, informasi lengkap tentang burung madu sriganti hingga fakta uniknya. Apakah kamu tertarik untuk menjadikannya peliharaan di rumah? 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Fakta Unik Burung Madu Sriganti, Si Mungil Bersuara Merdu

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]