1. Fakta Unik

Ada Ular Weling Masuk Rumah Kamu? Ketahui Aneka Mitosnya!

Pernahkah kamu memergoki seekor ular weling masuk rumahmu? Kedatangan ular ke rumah terkadang memang menjadi momen yang tidak menyenangkan bagi siapapun. Termasuk seekor ular weling, yang kedatangannya seringkali dianggap bisa membawa malapetaka bagi si tuan rumah.

Selain itu, bila kamu pernah menemukan ular weling masuk rumah, ada beberapa mitos yang harus kamu waspadai. Apa saja mitos tersebut? Simak penjelasan berikut ini!

Ular Weling, Hewan Melata yang Dianggap sebagai Pembawa Sial

Ular adalah salah satu reptil yang sering dijumpai di pemukiman warga. Ukuran dan tingkat racun atau bisanya juga beragam. Mulai yang sebesar jari kelingking hingga bermeter-meter. Dari yang sangat beracun hingga sama sekali tidak beracun.

Salah satu jenis ular berbisa tersebut adalah Ular Weling. Ular dengan nama ilmiah Bungarus candidus ini memiliki garis putih hitam di sekujur tubuhnya, tak lupa dengan sisik-sisik yang ada pada tubuhnya. Ular yang satu ini masuk ke rumah warga sudah menjadi kasus di beberapa wilayah. Tidak hanya menurut medis yang bahaya bisanya melebihi Ular Kobra, menurut mitos, siapa saja yang kediamannya dimasuki ular jenis ini akan tertimpa kesialan.

7 Mitos Ular Weling Masuk Rumah

Mitos Ular Weling (sumber - Detik)
Mitos Ular Weling (sumber – Detik)

Beberapa kalangan percaya ada makna tertentu jika Ular Weling memasuki rumah seseorang. Begitu pula dari pandangan primbon serta mitos daerah setempat. Yuk, simak mitos ular weling masuk rumah di bawah ini, ya!

1. Akan Kehilangan Anggota Keluarga

Mitos ular weling masuk rumah yang pertama yaitu sebagai pertanda bahwa pemilik rumah akan kehilangan anggota keluarganya. Mitos ini cukup menyeramkan karena kehilangan anggota keluarga biasanya dikonotasikan dengan ‘meninggal’. Namun, mitos ini bisa juga bermakna anggota keluarga akan pergi menjauh.

2. Rumah Akan Kedatangan Pencuri

Terkadang, kedatangan ular yang satu ini juga diartikan bahwa akan ada pencuri. Dilansir dari primbon jawa, ular selalu memiliki makna tersendiri ketika memasuki rumah. Mitos ular weling masuk rumah menurut primbon jawa yang satu ini menganggap ular weling sebagai sesuatu yang tercela dan merepresentasikan seseorang yang tercela sikapnya. Tidak lain adalah maling atau pencuri.

3. Mengalami Masalah Kesehatan

Mitos yang selanjutnya ini berhubungan dengan kesehatan. Ular yang masuk rumah memang telah lama diyakini oleh masyarakat akan membawa malapetaka. Salah satu malapetaka tersebut adalah sebagai tanda bahwa tuan rumah akan mengalami masalah kesehatan atau sakit di kemudian hari. Mitos ular weling masuk rumah menurut primbon jawa ini juga tak kalah menyeramkan di banding dengan mitos-mitos yang lain.

4. Terhindar dari Bahaya

Sebaliknya, selain malapetaka ular weling masuk rumah juga dapat dimaknai akan hadirnya keberuntungan. Keberuntungan yang akan didapat bisa dalam bentuk apapun. Terhindar dari marabahaya contohnya. Mitos ular weling masuk rumah memang tidak selamanya berbau hal yang negatif.

5. Sebagai Jelmaan Iblis

Mitos ular weling masuk rumah yang kelima yaitu ular yang masuk rumah sebagai jelmaan iblis atau makhluk tak kasat mata yang jahat. Mitos ini jelas menyebabkan bulu kuduk merinding karena berhubungan dengan makhluk halus.

6. Ada yang Tertarik 

Mitos selanjutnya juga tak kalah unik. Masyarakat percaya bahwa makna ular weling masuk ke rumah berarti ada seseorang yang tertarik atau menaruh hati kepada tuan rumah atau orang yang tinggal di rumah yang didatangi. Mitos ini dapat berlaku baik laki-laki maupun perempuan.

7. Pengingat Janji

Janji adalah suatu hal yang harus ditepati dan tidak dapat diingkari. Bahkan, Ular Weling yang masuk rumah juga kerap kali di cap oleh warga sebagai pertanda jika janji yang dimiliki oleh tuan rumah belum ditepati.

5 Cara Mencegah Ular Weling Masuk Rumah

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah (sumber - Indozone)
Cara Mencegah Ular Masuk Rumah (sumber – Indozone)

Setelah Sobat Animalovers mengetahui mitos dan makna Ular Weling masuk rumah, penting untuk mengetahui tindakan pencegahan untuk mencegah reptil yang satu ini masuk ke rumah. Simak terus penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Jangan Suka Menumpuk Barang

Terdapat banyak cara untuk merapikan barang-barang yang ada di rumah. Salah satunya dengan menumpuk barang tersebut hingga menjadi tumpukan yang tinggi. Namun, sebaiknya hindari menumpuk barang, baik yang sering digunakan atau tidak. Tumpukan barang biasanya gelap dan lembab. Hal ini dapat berpotensi menjadi tempat bersemayam yang sangat disukai ular.

2. Pasang Kawat Besi

Kawat besi dapat menjadi salah satu alternatif apabila rumah berada di lingkungan rawan atau tempat ular tinggal. Kawat besi berbentuk pagar cenderung lebih aman untuk mencegah ular weling masuk rumah daripada kawat melingkar yang diletakkan di atas pagar rumah karena rongga-rongganya yang berukuran kecil. Walau mitos ular weling masuk rumah akan selamanya menjadi mitos, ular tersebut juga memiliki bisa berbahaya yang tidak bisa disepelekan.

3. Pakai Kapur Barus 

Kapur barus adalah barang kecil dan serbaguna yang sangat mudah didapatkan di toko-toko terdekat. Selain untuk mengusir serangga, kapur barus juga dapat digunakan untuk mengusir ular. Caranya cukup dengan meletakkannya pada tempat-tempat tertentu yang rawan ditinggali ular.

4. Pangkas Rumput Secara Rutin

Sama halnya dengan tumpukan barang, rumput yang tumbuh terlalu tinggi dapat menjadi tempat ular bersarang. Sebelum hal ini terjadi, pastikan untuk selalu memangkas rumput yang ada di taman atau kebun sekitar rumah secara rutin

5. Gunakan Ijuk

Mungkin Sobat Animalovers bertanya-tanya, bagaimana bisa ijuk digunakan untuk mencegah ular weling masuk ke rumah? Perlu diketahui bahwa ular tidak menyukai benda-benda tajam yang dapat melukai sisiknya. Ijuk yang tajam tentu dapat melukai sisik ular. Penggunaan ijuk untuk mencegah ular masuk dapat melalui keset ijuk yang diletakkan di depan pintu rumah.

Baca juga: Pernah Mimpi Digigit Ular Kobra? Cari Tahu Artinya di Sini!

Nah, itu tadi adalah sederet informasi mengenai mitos-mitos ular yang masuk rumah, makna ular weling masuk ke rumah, disertai dengan cara pencegahannya. Mitos akan selalu menjadi mitos. Biarkan setiap individu yang memaknai mitos-mitos tersebut sesuai dengan keyakinan dan budaya yang dianut. Kalau dari Sobat Animalovers, paling familiar dengan mitos yang mana, nih? Atau jangan-jangan, sudah ada yang merasakan

Reaksi orang terhadap cerita ini.

Komentar untuk: Ada Ular Weling Masuk Rumah Kamu? Ketahui Aneka Mitosnya!

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

Trending

Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]