1. Burung

Mengenal Burung Sogok Ontong: Ciri, Cara Merawat, & Harganya

Sogok ontong (sogon) atau burung madu sriganti adalah jenis burung yang sering dijumpai di dataran rendah dan juga pegunungan.

Ciri yang paling terkenal dari burung sogon ini adalah kicauannya yang melengking dan merdu.

Itulah kenapa, sogon sering diikutkan dalam lomba burung berkicau. Nah, untuk mengenal burung sogon lebih lanjut, yuk simak artikel berikut ini sampai habis!

Ciri-Ciri Burung Sogok Ontong

Sogok ontong adalah jenis burung ovipar (bertelur) yang hidup berkelompok dan sering berpindah-pindah.

Jenis burung ini mudah ditemui di beberapa wilayah, termasuk dataran rendah dan pegunungan. Hal ini dikarenakan, jumlah burung sogon sangatlah melimpah.

Namun, banyak dari kita yang mungkin tidak sadar dengan keberadaan sogok ontong karena belum tahu apa saja ciri-cirinya. Oleh karena itu, mari kita bahas ciri-ciri burung sogok ontong.

Pertama-tama, ia memiliki ukuran tubuh yang mungil, yaitu sekitar 10-11,4 cm dengan bobot ringan.

Untuk sogon jantan sendiri, beratnya sekitar 6,7-11,9 gram. Semantara itu, sogon betina memiliki bobot yang lebih ringan, yaitu sekitar 6-10 gram saja.

Kedua, burung sogon memiliki paruh yang panjang, lancip, dan melengkung untuk memudahkannya mencari makanan.

burung sogok ontong
Sumber: Wikipedia

Ketiga, sogon memiliki warna kuning cerah di bagian bawah tubuhnya dan warna hijau zaitun pada bagian punggung serta sayapnya.

Pertanyaannya, bagaimana cara membedakan sogok ontong jantan dan betina? Mudah saja, Animalovers bisa melihat kombinasi warna di lehernya.

Sogon jantan memiliki leher yang berwarna biru kehitaman. Sementara itu, leher sogon betina hanya berwarna kuning saja tanpa ada tambahan warna apapun.

Kemudian ciri-ciri yang keempat, yaitu burung sogok ontong biasanya membuat sarang dari rumput dan kapas alang-alang.

Nah, fakta menariknya, burung jenis ini bisa mengepakkan sayapnya hingga 90 kali per detik lho Animalovers.

Bahkan, ia juga bisa terbang dengan kecepatan hingga 54 km/jam. Cepat juga, ya?

Makanan Burung Sogok Ontong

Dilihat dari bentuk paruhnya yang panjang, lancip, dan melengkung, berikut adalah beberapa makanan burung sogok ontong:

  • Nektar. Yap, makanan burung sogon di habitat aslinya adalah nektar bunga, mengingat ia merupakan jenis burung yang masuk dalam keluarga Nectariniidae. Inilah yang menjadi alasan kenapa, jenis burung satu ini memiliki peran penting dalam membantu proses penyerbukan bunga.
  • Buah-buahan. Selain nektar, sogon juga memakan buah-buahan, lho Animalovers. Menariknya, burung satu ini menyukai buah yang rasanya manis, seperti mangga dan jeruk manis.
  • Serangga. Jenis makanan burung sogon selanjutnya, yaitu serangga. Jika memelihara burung ini, kamu bisa memberinya berbagai jenis serangga, seperti kroto dan jangkrik. Tapi, perlu diingat, pilihlah jangkrik yang masih kecil, agar burung sogon bisa mencernanya dengan mudah.
  • Kental manis, air gula, dan madu. Saat burung sogon sudah menjadi hewan peliharaan, ia tidak bisa mendapatkan nektar asli dari bunga. Nah, untuk menggantikannya, kamu bisa memberi sogon minuman dari kental manis, air gula, atau madu.

Baca juga: Mengenal Burung Kepodang Jawa, Si Cantik yang Bersuara Gacor

Cara Merawat Burung Sogok Ontong

Meski terkenal memiliki kicauan yang merdu secara alami, tapi burung sogon juga tetap perlu dilatih lho Animalovers.

Sebab, saat menjadi hewan peliharaan, burung sogon membutuhkan stimulasi agar bersuara gacor.

Nah, adapun salah satu cara melatihnya, yaitu dengan memancing burung sogon menggunakan kicauan burung lainnya, baik melalui suara secara langsung ataupun rekaman.

Selain itu, berikut beberapa cara merawat burung sogok ontong agar bisa mengeluarkan kicauan yang indah:

  • Sesekali gantung sangkar burung sogon di pohon.
  • Hindari menjemur burung sogon di atas jam 9 pagi.
  • Embunkan burung sogon mulai jam 05.00-06.30 pagi, lalu masukkan ke dalam rumah.
  • Jemur sogon selama 15-30 menit setiap hari sebelum jam 9 pagi.
  • Setelah dijemur, letakkan sangkar burung sogon di tempat yang teduh dan sejuk.
  • Buat racikan makanan yang pas.
  • Berikan kroto agar burung sogon tidak kurus.
  • Beri madu setiap hari secara rutin. Hal ini ditujukan agar tubuh sogon sehat dan ideal. Namun, perlu diingat, usahakan menggunakan madu asli tanpa tambahan gula, ya.
  • Beri sogon minum menggunakan wadah cepuk besar.
  • Saat malam hari, tutup sangkar burung sogon menggunakan kain.

Harga Burung Sogok Ontong

Mengingat sogon adalah salah satu jenis burung yang mudah ditemui, kamu bisa membelinya dengan harga yang relatif terjangkau.

Biasanya, burung jenis ini dibandrol dengan harga sekitar Rp15.000 hingga Rp40.000 saja untuk yang belum terlatih.

Namun, jika sogok ontong sudah terlatih dan bisa berkicau dengan merdu, harganya akan lebih mahal, yaitu sekitar Rp100.000 hingga Rp250.000.

Nah, adapun tips membeli sogon di pasar burung, yaitu pilih yang paling aktif. Sebab, burung sogon yang aktif biasanya lebih mudah dilatih.

Itu dia penjelasan lengkap tentang burung sogok ontong, mulai dari ciri-ciri hingga harganya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Animalovers.

Baca juga: Burung Sriti: Mitos, Makanan, Harga, Sarang, dan Cara Merawatnya

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Burung Sogok Ontong: Ciri, Cara Merawat, & Harganya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]