1. Kucing

Rekomendasi Shampo Manusia yang Cocok Untuk Kucing

Bagi Animalovers yang terpaksa memandikan kucing padahal tidak memiliki shampo khusus kucing mungkin sangat kerepotan dan bingung harus memandikan kucing dengan shampo seperti apa. Berikut Animalogi sajikan informasi lengkap mengenai shampo manusia yang cocok untuk kucing beserta tips cara memandikannya.

Apakah Shampo Manusia Boleh Untuk Kucing?

Gambar kucing
(Sumber: Pixabay)

Memelihara kucing adalah hal yang paling menyenangkan untuk sebagian orang. Ketika memiliki hewan peliharaan, sudah menjadi kewajiban pemilik untuk mengurus, memelihara, dan membersihkan mereka agar tetap selalu terawat dan berkilau. 

Namun, tidak semua orang berpengalaman untuk memelihara kucing. Artikel kali ini akan membahas mengenai perawatan untuk memandikan kucing. Banyak pemilik akan bertanya bolehkan menggunakan shampo manusia untuk memandikan kucing?

Berdasarkan beberapa sumber, produk sampo manusia tidak disarankan digunakan untuk memandikan kucing kesayangan. Mengapa tidak boleh? Itu karena pH dari shampo manusia berbeda dengan kulit kucing. pH atau power of hydrogen merupakan tingkat kadar keasaman.

Kulit manusia memiliki pH pada skala 5,5 yang cenderung sangat asam. Disatu sisi kucing memiliki pH pada skala 6-7 yang menunjukkan bahwa kadar pH mereka cenderung normal dan tidak asam. Menggunakan shampo manusia untuk kucing akan memberikan dampak pada kucing dimana mereka akan mengalami kerontokan pada bulunya serta kulitnya yang mungkin akan terluka atau rusak. 

Perbedaan antara shampo manusia dan khusus kucing adalah biasanya shampo kucing lebih ringan dan tanpa mengandung bahan kimia sehingga sangat ramah terhadap kulit kucing. Untuk Animalovers yang tidak memiliki shampo untuk kucing dan dalam keadaan mendesak dapat menggunakan shampo manusia yang cocok untuk kucing dengan namun dianjurkan untuk tidak memakainya lebih dari sekali.

Rekomendasi Shampo Manusia yang Cocok Untuk Kucing

Meski tidak dianjurkan untuk, berikut beberapa rekomendasi shampo manusia yang cocok untuk kucing kampung dan ras. Selalu ingat jangan menggunakan produk ini secara berkelanjutan dan gunakan hanya jika terdesak saja ya, Animalovers agar tidak menyakiti hewan peliharaan kamu.

1. Shampo Bayi

Shampo zwitsal
Shampo bayi (Sumber: Sociolla)

Jenis shampo manusia yang cocok untuk kucing adalah shampo bayi. Mengapa shampo bayi bisa dijadikan sebagai shampo kucing? Karena di dalam shampo bayi memiliki kandungan dengan bahan kimia yang tidak terlalu tinggi. Kandungan bahan kimia yang tinggi tentu tidak akan menimbulkan efek yang parah jika digunakan kucing dibandingkan dengan produk shampo untuk orang dewasa. 

Shampo bayi juga tidak mengandung parfum yang berlebihan, terlebih pH nya pun tidak terlalu asam. Beberapa jenis atau merk shampo manusia yang cocok untuk kucing kampung dan ras:

  1. Johnson’s Zwitsal
  2. My Baby
  3. Cetaphil Baby Shampoo
  4. Cussons Almond Oil 
  5. Pigeon Baby Shampoo Chamomile

2. Shampo Herbal

Jika tidak ada shampo bayi, maka shampo manusia yang cocok untuk kucing selanjutnya adalah shampo herbal berbahan dasar herbal. Biasanya, shampo herbal sama sekali tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya dan memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi. 

Shampo ini akan lebih aman untuk memandikan kucing. Perhatikan pula komposisi bahan yang ada pada shampo tersebut agar kulit kucing tidak terluka atau iritasi. Hindari shampo herbal yang memiliki banyak busa dan wangi yang terlalu menyengat. Usahakan memilih shampo yang tidak berbusa dan tidak ada kandungan parfum.

3. Shampo Dengan Kandungan Minyak Kelapa

Rekomendasi shampo manusia yang cocok untuk kucing selanjutnya adalah shampo yang memiliki kandungan minyak kelapa. Tahukah Animalovers jika shampo dengan kandungan minyak kelapa sangat cocok untuk kucing yang terkena jamur. Sebagai catatan, tidak semua shampo dapat mengobati jamur kucing. 

Shampo dengan kandungan minyak kelapa memiliki kadar vitamin E yang sangat tinggi dan berfungsi mengurangi infeksi jamur pada kulit kucing yang sensitif. Namun, ada kekurangan pada shampo jenis ini, ketika mandi pemilik harus ekstra memperhatikan kucing agar mereka tidak menjilati shampo karena kandungannya berbahaya untuk kucing. 

Tips Aman Memilih Shampo yang Pas Untuk Kucing

Shampo kucing
Shampo kucing (Sumber: Tokopedia)

Meski beberapa produk ada yang cocok untuk kucing, ada baiknya Animalovers menggunakan shampo khusus untuk kucing. Selain membuat kulit mereka lebih aman, hal ini akan menjadi dan mengurangi iritasi. Tentu, kita tidak inginkan hewan lucu tersebut mengalami kerontokan bulu atau kerusakan pada kulitnya karena menggunakan shampo manusia?

Berikut tips memilih shampo yang cocok untuk kucing:

  1. Pilih sampo yang ditujukan khusus untuk kucing. Jangan menggunakan shampo untuk hewan lain seperti anjing atau manusia, karena seperti yang dijelaskan tadi pH setiap hewan dan manusia memiliki keasaman yang berbeda. Jadi, pilihlah yang khusus untuk kucing.
  2. Pilihlah shampo yang memiliki bahan alami, organik, dan tidak mengandung zat adiktif. Hal ini perlu diperhatikan agar kucing tidak mengalami masalah kulit karena alergi atau stress. Jadi berhati-hatilah dalam memilih shampo ya Animalovers!
  3. Shampo memiliki efek deodoran agar menghilangkan bau pesing serta kotoran. Jangan memilih yang mengandung pewangi.
  4. Hindari shampo yang mengandung parfum.
  5. Pilih shampo yang dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan kucing.

Cara Memandikan Kucing dengan Aman

Shampo kucing
(Sumber: 9GAG)

Untuk Animalovers yang masih baru dalam memelihara kucing, berikut tips untuk memandikan kucing dengan aman. 

1. Siapkan Air Hangat

Kulit kucing sangat sensitif layaknya anak bayi, sehingga jangan memandikan kucing dengan menggunakan air dingin, ya. Mereka bisa stres dan sedikit trauma ketika mandi dengan air keran yang dingin, jadi usahakan untuk menggunakan air hangat yang membuat mereka rileks dan tenang.

2. Masukkan Shampo Ke Dalam Air

Siapkan dua wadah, satu untuk air yang berisi shampo dan satu lagi untuk wadah air hangat yang bersih. Wadah yang pertama digunakan untuk membasuh kucing dan memandikannya dengan shampo. Setelah selesai, maka gunakan air bersih untuk membersihkan sisa sampo mereka. 

3. Siram Kucing Dengan Air Shampo

Elus kucing sebelum mandi, karena beberapa kucing sangat sensitif dengan air. Jangan paksa dan memarahi mereka karena akan membuat mereka memberontak. Siram kucing dengan air shampo secara perlahan, tidak lupa untuk mengajak mereka bermain agar lebih rileks. Bagi kucing Animalovers yang masih sangat garang, jangan lupa untuk melindungi tangan agar tidak terkena cakaran mereka.

4. Bilas Hingga Bersih

Setelah menggosok badannya, langkah selanjutnya adalah membilas badan mereka dengan menggunakan air hingga bersih. Selalu pastikan agar tidak mengenai mata mereka dan lakukan pembilasan dengan perlahan. 

5. Keringkan Bulu Kucing

Badan kucing sudah bersih, saatnya mengeringkan bulunya. Untuk kucing seperti persia, anggora, dan ras lainnya proses mengeringkan bulu ini memakan waktu yang cukup lama. Kamu dapat menjemur mereka selama 2-5 menit di bawah matahari secara tidak langsung maupun langsung menggunakan hair dryer.

Pastikan bahwa mereka dikeringkan dengan benar, dan tidak lembab. Kucing dengan bulu yang lembab dan tidak dikeringkan dengan benar akan memancing jamur datang, jadi harus hati-hati ya!

Baca juga: Mengenal Scabies Kucing dan Cara Ampuh Mengobatinya

Itu tadi informasi lengkap mengenai rekomendasi shampo manusia yang cocok untuk kucing. Seperti yang sudah dijelaskan, shampo manusia yang cocok untuk kucing ini tidak boleh dipakai secara berkelanjutan karena dapat menimbulkan dampak yang serius bagi kulit kucing ya, Animalovers.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Rekomendasi Shampo Manusia yang Cocok Untuk Kucing

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]